3 Cara Kreatif Menanam Anggur

3 Cara Kreatif Menanam Anggur

By Ria Wijiati Ras

Menanam pohon anggur agar bisa tumbuh dan berbuah memang menjadi suatu tantangan tersendiri karena memerlukan perlakuan khusus mulai dari media, lingkungan hingga penanganan hama serta penyakit. Kemajuan jaman now begitu memudahkan para pecinta tanaman anggur untuk mendapatkan informasi tentang segala macam hal tentang tanaman anggur yang mereka tanam termasuk inspirasi menanam tanaman anggur agar terlihat bagus dipandang mata.

Ada tiga cara kreatif menanam anggur yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Menanam tanaman anggur langsung ditanah (grounding)
Kebanyakan tanaman anggur dapat tumbuh dengan baik ketika ditanam langsung dilahan. Namun kondisi lahan juga harus diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan tanaman anggur seperti kondisi tanah gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

Keadaan tanah yang terlalu lembab akan mengakibatkan pembusukan akar sehingga menghambat pertumbuhan tanaman anggur. Proses grounding lebih baik dilakukan pada awal musim kemarau karena intensitas hujan juga tidak banyak sehingga tanaman bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang tidak terlalu becek dan perakarannya sudah kuat ketika musim hujan tiba.

Tanaman anggur adalah tanaman yang tumbuh merambat, maka ketika tanaman sudah tumbuh tinggi perlu adanya pemangkasan untuk pembentukan batang sekunder dan batang tersier. Batang tersier ini yang nantinya akan membawa bunga dan buah anggur yang pasti akan memanjakan mata ketika sudah bergelantung manis diantara dedaunan.

[su_custom_gallery source="media: 3922,3923,3924,3925,3926,3927,3928,3929" limit="100" link="lightbox" width="60" height="60" title="never"]

 

2. Menanam tanaman anggur dalam pot (tanggurlampot)
Tren menanam pohon buah dalam pot memang banyak digunakan terutama bagi pecinta tanaman yang mempunyai lahan terbatas tapi tetap ingin menghijaukan rumah. Prinsip menanam anggur dalam pot hampir sama dengan grounding, tanah dalam pot yang digunakan untuk menanam harus gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

Selain itu ukuran pot yang digunakan juga harus menyesuaikan dengan besarnya tanaman agar pertumbuhan akar tidak stagnan sehingga produksitvitas pohon tetap bagus. Perlakuan tambahan seperti pupuk atau penanganan hama penyakit pun hampir sama dengan metode grounding.

[su_custom_gallery source="media: 3930,3931,3932,3933" limit="100" link="lightbox" width="60" height="60" title="never"]

3. Menanam tanaman anggur metode hidroponik
Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Tanaman anggur pun bisa ditanam menggunakan metode hidroponik seperti yang dilansir dari laman berikut bahwa tanaman anggur jenis Cabernet franc bisa ditanam menggunakan metode hidroponik. Batang bawah tanaman anggur diletakkan dalam ember besar yang ditengahnya terdapat net pot yang berisi batu agar posisi batang tetap stabil, sedangkan akar menjuntai melebihi net pot dan terendam larutan nutrisi beroksigen.

Sebuah stopper di setiap reservoir memungkinkan akses untuk memeriksa dan menjaga pH hara, tingkat air, dan EC (konduktivitas listrik) nutrisi. Setiap 10-14 hari nutrisi dalam ember nutrisi diganti dan nutrisi dalam ember tanaman anggur juga dibuang dan diganti dengan yang baru.

Metode penanaman menggunakan hidroponik biasanya menggunakan media tanam berupa rockwool, spons, kerikil, arang sekam, serbuk kayu, serbuk sabut kelapa (cocopeat), pasir, batang pakis, moss, kompos, pupuk kandang, pecahan batubata, humus, tanah liat, gabus/styrofoam. Ada media tanam lain yang masih jarang digunakan antara lain hydrogel, perlit, vermikulit, pumice dan expanded clay/hydroton.

[su_custom_gallery source="media: 3934,3935,3936" limit="100" link="lightbox" width="60" height="60" title="never"]

Sekedar inspirasi
Perakaran tanaman dapat ditingkatkan dengan membuat dua lubang disekitar tanaman dimana satu lubang bermanfaat sebagai aerasi agar oksigen dalam tanah meningkat dan sebagai drainase agar air dapat cepat meresap kedalam tanah.

Aerasi dan drainase saling mendukung sama lain, ketika drainase buruk maka aerasi tanah juga akan berkurang dan menyebabkan akar kekurangan oksigen dalam tanah. Satu lubang dibuat dengan menancapkan pipa pralon yang bagian pinggirnya telah dilubangi dan satu lubang lagi bisa menggunakan kawat ayak pasir yang digulung.

Pipa pralon bisa digunakan sebagai sarana irigasi, pemberian pupuk atau perlakuan lainnya. Sedangkan lubang berisi kawat ayak pasir sebagai pemasok oksigen dalam tanah.

Artikel ini hasil quis ‘ide kreatif menanam anggur’

TMAGROUP

 

  • Pengendalian Busuk Akar Pada Anggur

    Pengendalian Busuk Akar Pada Anggur


    Jangan heran ketika tanaman anggur kita tiba-tiba layu atau mati mendadak, kemungkinan terbesar yang terjadi adalah disebabkan busuk akar dimana hal tersebut disebabkan kedua faktor berikut:

    1. Busuk akar bisa terjadi akibat infeksi patogen jamur seperti fusarium solani, Rhizoctonia solani dkk yang menyerang area perakara tanaman anggur kita. Indikasi awal ditandai dengan daun menguning-mengering-berguguran sampai ranting gosong yang mengakibatkan pertumbuhan terhambat dan menyebabkan kematian.

    2. Busuk akar akibat kadar air tanah berlebih. Bukan rahasiah lagi bahwa disamping berkahnya musim penghujan tiba, adakalanya menjadi momok menyeramkan bagi kita selalu pecinta anggur, ya karna dampak dari air berlebih bisa mengancam keselamatan anggur kesayangan.

    Gejala:

    a. Tanaman anggur yang terkena busuk akar biasanya kerdil dan pertumbuhan stagnan karena terhambat.
    b. Tanaman anggur kurang kokoh dan ketika tanaman dicabut akar melepuh busuk.
    c. selain kedua point diatas juga dapat ditemukan benang (hifa) berwarna putih beraroma bau busuk.
    d. Gejala dini bisa dilihat dari daun yang dihasilkan tidak normal atau kecil dibandingkan dengan tanaman sehat seusianya.

    Pengendalian mekanis dan kimia:

    1. Selalu memperhatikan dan memperbaikin drainese aliran air sehingga media tanam atau seputar tanaman anggur kita tidak tergenang.
    2. Mengurangi penggunaan pupuk berunsur Nitrogen tinggi dan mulai aplikasi pupuk berkalium untum memperkokoh bagian perakaran.
    3. Menaburkan kapur pertanian (dolomit) seputar tanaman.
    4. Memperhatikan & menjaga supaya jangan sampai perakaran terkena luka atau goresan benda tajam.
    5. Pemberian trichoderma dan PGPR dengan terget meminimalisir serangan patogen jahat.
    6. Siapkan fungisida antracol/dithane dan sejenisnya kemudian dikocor pada bagian perakaran anggur.

    Semoga Bermanfaat.

    TMAGROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Red Globe

    Jenis anggur Red Globe memang sudah sangat familiar dan tidak asing ditelinga kita, ketika musim panen anggur tiba, supermarket lokal sudah pasti dibanjiri jenis hasil import. Meski sudah banyak yang sudah merasakan buah anggur red globe, tapi untuk pemerhati/pecinta masih sangat sedikit yang tertarik menanamnya.

    Berikut sekilas informasi tentang red globe, semoga menjadi bahan pertimbangan bagi yang berniat menanamnya.

    – Nama Varietas: Red Globe
    – Country of origin: USA
    – Masa Pematangan buah: 110-120 HSP
    – Ujicoba Penanaman: 600-800 mdpl
    – Bentuk buah: Bulat/Globe
    – Rasa: Manis
    – Diameter Buah: Koin 500
    – Warna: Merah kalau sudah kematangan menjadi agak gelap.
    – Aroma: Biasa Normal
    – Daging Buah: Padat
    – Brix: minimum 15-17.5° brix.
    – Seedless/seeded: Berniji keras.
    – Resistance terhadap jamur/air: Sensitivity terhadap fungi dan powdery mildew, rawan busuk buah.
    – GA3 treatment: Yes, 40 ppm (pase 6-8 mm timing berry) tapi banyak referensi yang tidak merekomendasikanya.
    – Bud break pasca pruning: Early
    – Jenis Rootstock: no (ownroot)
    – Dormex pasca pruning: yes 2 hsp
    – Tingkat adaptasi: Cukup adaptasi dengan baik terutama untuk dataran rendah
    – Teknik pruning: kolaborasi cane + spur (2-10 bud )

    Keterangan diatas adalah hasil pengamatan & pengalaman , jadi pasti ada banyak ketidak sesuaian dengan deskripsi hasil penanaman dinegara lain (iklim subtropika) terutama untuk brix dan size berry. Namun dengan hasil sekarang meski hanya koleksi 2 induk karna 1 mati mendadak hasilnya lumayan memuaskan.

    Semua kembali kepada tratment & pemeliharaan.

    TMAGROUP

  • Situs anggur yang wajib Om/Tante kunjungi sebagai referensi.

    Itulah sebagian situs yang wajib Om/Tant kunjungi, Jika ada situs penting lainya tuliskan dikomentar ya.

     

  • Dokumentasi KORDA

    Markas masing-masing KORDA bisa dikunjungi melalui link berikut:

    Korda KEBUMEN -> KLIK DISINI

    Korda RIAU -> KLIK DISINI

    Korda KARAWANG-> KLIK DISINI

    Korda PALEMBANG -> KLIK DISINI

    Korda KALIMANTAN -> KLIK DISINI

    Korda TANGERANG -> KLIK DISINI

    Korda BOGOR -> KLIK DISINI

    Korda JOGJA -> KLIK DISINI

    Korda SEMARANG -> KLIK DISINI

    Korda NGAPAK -> KLIK DISINI

    Korda MEDAN-> KLIK DISINI

    Korda CIAYUMAJALUNING -> KLIK DISINI

    Korda KEDIRI -> KLIK DISINI

    Korda SUKABUMI -> KLIK DISINI

    Korda NAD -> KLIK DISINI

    Korda NAD 1-> KLIK DISINI

    Korda NAD 2-> KLIK DISINI

    Korda Belitung -> KLIK DISINI

    ——————-
    TMA GROUP

Leave a Reply