3 Cara Kreatif Menanam Anggur

3 Cara Kreatif Menanam Anggur

By Ria Wijiati Ras

Menanam pohon anggur agar bisa tumbuh dan berbuah memang menjadi suatu tantangan tersendiri karena memerlukan perlakuan khusus mulai dari media, lingkungan hingga penanganan hama serta penyakit. Kemajuan jaman now begitu memudahkan para pecinta tanaman anggur untuk mendapatkan informasi tentang segala macam hal tentang tanaman anggur yang mereka tanam termasuk inspirasi menanam tanaman anggur agar terlihat bagus dipandang mata.

Ada tiga cara kreatif menanam anggur yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Menanam tanaman anggur langsung ditanah (grounding)
Kebanyakan tanaman anggur dapat tumbuh dengan baik ketika ditanam langsung dilahan. Namun kondisi lahan juga harus diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan tanaman anggur seperti kondisi tanah gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

Keadaan tanah yang terlalu lembab akan mengakibatkan pembusukan akar sehingga menghambat pertumbuhan tanaman anggur. Proses grounding lebih baik dilakukan pada awal musim kemarau karena intensitas hujan juga tidak banyak sehingga tanaman bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang tidak terlalu becek dan perakarannya sudah kuat ketika musim hujan tiba.

Tanaman anggur adalah tanaman yang tumbuh merambat, maka ketika tanaman sudah tumbuh tinggi perlu adanya pemangkasan untuk pembentukan batang sekunder dan batang tersier. Batang tersier ini yang nantinya akan membawa bunga dan buah anggur yang pasti akan memanjakan mata ketika sudah bergelantung manis diantara dedaunan.

[su_custom_gallery source="media: 3922,3923,3924,3925,3926,3927,3928,3929" limit="100" link="lightbox" width="60" height="60" title="never"]

 

2. Menanam tanaman anggur dalam pot (tanggurlampot)
Tren menanam pohon buah dalam pot memang banyak digunakan terutama bagi pecinta tanaman yang mempunyai lahan terbatas tapi tetap ingin menghijaukan rumah. Prinsip menanam anggur dalam pot hampir sama dengan grounding, tanah dalam pot yang digunakan untuk menanam harus gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

Selain itu ukuran pot yang digunakan juga harus menyesuaikan dengan besarnya tanaman agar pertumbuhan akar tidak stagnan sehingga produksitvitas pohon tetap bagus. Perlakuan tambahan seperti pupuk atau penanganan hama penyakit pun hampir sama dengan metode grounding.

[su_custom_gallery source="media: 3930,3931,3932,3933" limit="100" link="lightbox" width="60" height="60" title="never"]

3. Menanam tanaman anggur metode hidroponik
Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Tanaman anggur pun bisa ditanam menggunakan metode hidroponik seperti yang dilansir dari laman berikut bahwa tanaman anggur jenis Cabernet franc bisa ditanam menggunakan metode hidroponik. Batang bawah tanaman anggur diletakkan dalam ember besar yang ditengahnya terdapat net pot yang berisi batu agar posisi batang tetap stabil, sedangkan akar menjuntai melebihi net pot dan terendam larutan nutrisi beroksigen.

Sebuah stopper di setiap reservoir memungkinkan akses untuk memeriksa dan menjaga pH hara, tingkat air, dan EC (konduktivitas listrik) nutrisi. Setiap 10-14 hari nutrisi dalam ember nutrisi diganti dan nutrisi dalam ember tanaman anggur juga dibuang dan diganti dengan yang baru.

Metode penanaman menggunakan hidroponik biasanya menggunakan media tanam berupa rockwool, spons, kerikil, arang sekam, serbuk kayu, serbuk sabut kelapa (cocopeat), pasir, batang pakis, moss, kompos, pupuk kandang, pecahan batubata, humus, tanah liat, gabus/styrofoam. Ada media tanam lain yang masih jarang digunakan antara lain hydrogel, perlit, vermikulit, pumice dan expanded clay/hydroton.

[su_custom_gallery source="media: 3934,3935,3936" limit="100" link="lightbox" width="60" height="60" title="never"]

Sekedar inspirasi
Perakaran tanaman dapat ditingkatkan dengan membuat dua lubang disekitar tanaman dimana satu lubang bermanfaat sebagai aerasi agar oksigen dalam tanah meningkat dan sebagai drainase agar air dapat cepat meresap kedalam tanah.

Aerasi dan drainase saling mendukung sama lain, ketika drainase buruk maka aerasi tanah juga akan berkurang dan menyebabkan akar kekurangan oksigen dalam tanah. Satu lubang dibuat dengan menancapkan pipa pralon yang bagian pinggirnya telah dilubangi dan satu lubang lagi bisa menggunakan kawat ayak pasir yang digulung.

Pipa pralon bisa digunakan sebagai sarana irigasi, pemberian pupuk atau perlakuan lainnya. Sedangkan lubang berisi kawat ayak pasir sebagai pemasok oksigen dalam tanah.

Artikel ini hasil quis ‘ide kreatif menanam anggur’

TMAGROUP

 

  • Inilah 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia

    Buah anggur termasuk tanaman paling disukai tidak terkecuali warga TMA, Terdapat ribuan varietas anggur yang berbeda diseluruh dunia.  Selain dimakan secara langsung, anggur bisa kita konsumsi dalam berbagai ragam olahan atau minuman.  Berikut 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia versi TMAGROUP.

    Kapankah Negara Kita akan masuk urutan 5 terbesar ? … Mari semangat menanam


    TMAGROUP

    sumber -> kontan

  • Lomba Grafting Anggur Korda

    LOMBA GRAFTING ANTAR KORDA (Hardwood Vs Hardwood)

    #SYARAT & KETENTUAN:
    ————————————->
    1. Durasi lomba 2 bulan terhitung dari awal september – awal november 2017
    2. Pendaftaran hanya diajukan oleh ketua korda.
    3. Stek calon rootstock berjumlah 8 cutting dan calon scion berjumlah 10-12 bud/mata tunas. Kedua varietas tersebut rahasiah hanya panitia yang tahu.
    4. Setiap stek calon rootstock hanya boleh disambung dengan 1 bud, untuk lebihnya yaitu 2 bud/mata tunas boleh buat cadangan.
    5. Teknik sambung dibebaskan sesuai keahlian masing-masing. Silahkan dimusyawarahkan melalui forum kordanya.
    6. Peralatan grafting dibebaskan, pisau, grafting tool, plastik es, wrap, parafilm dll.
    7. Setelah proses sambung selesai, wajib ditancap langsung dipolybag warna hitam dengan media tanam bebas.
    8. Wajib dokumentasi mulai stek diterima sampai perlombaaan selesai.
    9. Konstribusi wajib Rp.100.000/korda (untuk packing, ongkos kirim dan sisanya buat tambahan hadiah)
    10. Pengiriman bahan lomba hanya melalui alamat ketua korda atau jika dalam suatu korda terkendala dengan jarak tempuh, boleh dikirim langsung ke masing2 anggotanya yang ditunjuk untuk mewakili dengan syarat ongkir diluar biaya diatas dan dokumentasi tetap melalui ketuanya.

    #KRITERIA JUARA.
    —————————>
    1. Prioritas bagi yang ke-10 grafting hidup, jika tidak ada akan diambil terbanyak.
    2. Berdasarkan tinggi bibit (diphoto menggunakan meteran).
    3. Berdaun paling banyak/rimbun.

    #HADIAH.
    ======
    1. Uang tunai senilai Rp. 500.000
    2. Piala
    3. Sumbangan bibit dari donatur (jika ada)

    BATAS AKHIR PENDAFTARAN DAN PELUNASAN ADMINISTRASI SAMPAI TANGGAL 30 AGUSTUS.

    -> Dana bisa ditransfer ke rekening bendahara TMA
    a.n Yuli widi hastuti
    BRI No.6912-01-025971-53-8

    Informasi link korda melalui -> KLIK DISINI

    #KET:
    -> Jika dalam perlombaan melanggar point 4,7 & 8, maka akan dianggap gugur.

    -> Jika peserta yang daftar hanya sedikit, akan dialihkan ke perorangan.
    ——————
    TMA GROUP
    cc: Yuliastuti, Raspo, Ridwan Ijan Thea, Romi Ardiansyah, Aanwar, Hen Bobon, Ahmad Syafei, W Bayu G Murti, Hasan, Nooray Ali, Ecko Famika, Windy DeWe.

  • Hama & Penyakit Tanaman Anggur

    Sahabat TMA yang baik hati & tidak sombong :D. Semoga beneran.Amin

    Dalam budidaya tanaman tidak terkecuali anggur, pasti Kita dihadapkan dengan berbagai kendala entah serangan hama atau infeksi penyakit yang kadang sulit mencari sulusinya. Liku perjuangan dari mulai menanam cutting/stek tidak sedikit menyita pikiran dan tenaga. Tapi tetap semangat dan berdoa meski hasilnya kadang keluar dari jalur yang diinginkan.

    Edisi kali ini Kita akan sedikit mengenal beberapa penyakit dan hama yang menjadi musuh bubuyutan tanaman anggur.

    Sebelumnya seperti biasa siapkan alat perang, eh tulis, kopi pahit, padud, terutama cemilan jangan terlewatkan :D.

    Back to point…

    • HAMA

    1. Phylloxera Vitifolia
    Hama ini menyerang tanaman anggur di semua umur baik tanaman yang masih bibit maupun yang sudah tua, dan akibat yang ditimbulkannya adalah kering dan mati. Infeksi bagian tanaman yang diserang adalah daun dan akar tanaman secara langsung. Gejala umum yaitu daun terbentuk bisul-bisul kecil sedangkan akar tanamannya membengkak seperti kutil. Letak hama Phylloxera Vitifolia menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.

    2. Kumbang Apogonia destructor
    Berbentuk kumbang kecil dan warnanya hitam mengkilat. Bagian yang diserang adalah daun anggur saat waktu malam hari dan karakteristik kumbang Apogonia destructor adalah mudah tertarik oleh sinar lampu.

    3. Wereng Daun
    Akibat yang ditimbulkan dari serangan wereng ini adalah menyebabkan daun anggur berbintik putih, kemudian menjadi kuning coklat kemudian gugur.

    4. Kutu Putih
    Akibat yang terlihat dari serangan kutu putih ini adalah dapat menyebabkan pucuk/tunas menjadi kerdil.

    5. Ulat Daun
    Sesuai dengan namanya bagian yang diserang adalah bagian daun yang menjadikan daun anggur sebagai makanannya.

    6. Rayap
    Akibat yang terlihat jika serangan rayap datang saat menggerogoti akar tanaman yang masih muda sehingga membuat jadi layu yang akhirnya akhirnya mati.

    Penanggulangan yaitu dengan menyemprotkan insektisida pada bagian yang terkena hama yang dilakukan secara rutin. Tanya tukang obat :D ‘ sesuai hama yang mau dibasmi.

    • PENYAKIT

    A. (Die-back) adalah terjadinya kematian ranting atau cabang pada tanaman anggur dari bagian ujung atas kemudian meluas kebagian bawah akibat serangan patogen tanaman “Eutypa armeniacae” yang mengakibatkan terjadinya perubahan seperti pada bentuk cabang, ukuran, warna, tekstur dan kwalitas buah. Juga merupakan akibat kandungan air dalam tanah yang tinggi dan miskin unsur Cu (logam)

    Gejala:

    • Terjadi perubahan bentuk dan warna cabang/ranting tidak normal disebabkan etioplas (kurangnya cahaya sinar matahari)mulanya ditandai dengan munculnya getah berwarna kuning mengkilap diujung cabang kemudian keropos, mengering.
    • Curl/keriting, menguning dan kerdil dibagian daun dari cabang yang terinfeksi.
    • Pertumbuhan cabang pembuahan tidak sempurna dan mengakibatkan bunga berguguran atau buah tidak matang dan kurang berkwalitas.

    B. Lichen/lumut kerak sebagai dua organisme komposit yang terdiri dari alga biru/hijau dengan jamur jenis Ascomycotina atau Basidiomycotina yang bisa kita temukan pada kulit, cabang/ ranting pohon anggur,terutama sering terjadi dibeberapa lingkungan yang memiliki cuaca panas extrim,tidak terkecuali Indonesia kalau datang musim kemarau bisa mudah terinfeksi.
    C. Downy Mildew (Jamur)
    Gejalanya fisik yang kelihatan adalah daun kelihatan kuning, di bagian bawah terlihat ada tepung warna putih-kuning. Daun, bunga maupun tandan muda bisa mati bila terkena penyakit ini terutama saat musim penghujan atau kelembaban yang tinggi.
    D. Powdery Mildew
    Gejala fisik yang terlihat adalah pada permukaan daun terdapat bedak tipis putih kelabu. Bagian yang diserang pada tanaman anggur adalah bagian pucuk, bunga dan buah muda bahkan dapat merusak ranting sehingga jadi kerdil dan rusak.
    E. Penyakit busuk hitam
    Akibat yang ditimbulkan dari penyakit busuk hitam ini adalah buah anggur menjadi keriput, busuk dan gugur.
    F. Phakospora Vitis
    Ciri fisik yang terlihat adalah daun bagian bawah tertutup tepung berwarna orange (massa sporanya).
    G. Peronospora
    Bagian yang diserang adalah bagian daun anggur. Jika keadaan udara terlalu lembab, maka jamur ini menyerang daun anggur dan dapat dikenali karena spora berwarna kuning di bawah daun.

    Penanggulangan penyakit secara mekanis dan kimia

    • Menata dan merapihkan ranting tanaman anggur dengan selalu diikat pada kawat rambatan.
    • Menjaga kelembaban sekitar tanaman anggur
    • Membuang ranting tidak produktif dan ranting terinfeksi yang kemudian membakarnya diluar area perkebunan.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif tembaga oksiklorida, (28,5%) /100 liter air dengan jarak semprot 250cm dari tanaman.
    • Penyemprotan fungisida dengan bahan aktif tembaga hidroksida 250 g / 100 liter air.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif Tembaga oksi sulfat (10%) atau belerang dengan kadar 125 g/100liter air.
    • Selalu menjaga kadar air tanah jangan sampai perakaran tanaman anggur tergenang air.
    • Menambahkan sedikit pupuk berunsur Cu (logam) bertujuan untuk pembentukan enzim-enzim dan pemulihan hijau daun (khlorofil)

    Sumber artikel: Kumpulan hasil searcing Mbah Google.

    TMA-Group

     

  • Tips Membentuk Pohon Anggur

    Pembentukan pohon anggur dari mulai primer, sekunder dan tersier sangat penting karena berperan dalam menentukan cabang yang akan dipangkas ketika masa gerneratif atau menginjang pangkas pembahan. Berikut ini langkah step  by step dari masa penanaman sampai pembuahan.

    • Biarkan pohon anggur tumbuh lurus keatas mengikuti tiang ajir untuk membentuk batang primernya.
    • Setelah tingginya 3 m atau diameter sebesar pensil harus segera dipotong diketinggian sama dengan tinggi tiang. Pemotongan bertujuan untuk membentuk cabang sekunder yang nantinya ketika sudah dipotong akan keluar dari bud/mata tunas batang utama.
    • Ketika masa pertumbuhan diatas, cabang yang keluar dari ketiak daun akan selalu dibuang supaya pertumbuhanya cepat.
      Banyaknya cabang sekunder yang dipelihara idealnya tidak lebih dari 4 cabang atau minimal 2 cabang (cordon)
    • Pengaturan cabang sekunder/kedua diarahkan kearah berbeda dan diikat rapi.
      Setelah cabang sekunder memiliki diameter pensil harus dipotong untuk merangsang pertumbuhan cabang ketiga/tersier.
    • Perlakuan ketika memelihara sekunder sama dengan ketika pemeliharaan primer yaitu setiap cabang yang keluar dari ketiak selalu dibuang.
    • Selanjutnya ketika sekunder sudah dipotong nanti akan keluar tersier dari setiap bud/mata tunas sekunder dan siap dipelihara.
    • Setelah tersier berdiameter pensil harus dipotong untuk dilakukan ketahap pembuahan dengan perpaduan metode spur & cane.
      Jarak setiap cabang tersier tidak terlalu rapat maksimal berjarak 1 jengkal.

    Selanjutnya masuk ketahap pemupukan baca selengkapnya disini

Leave a Reply