3 Cara Kreatif Menanam Anggur

3 Cara Kreatif Menanam Anggur

By Ria Wijiati Ras

Menanam pohon anggur agar bisa tumbuh dan berbuah memang menjadi suatu tantangan tersendiri karena memerlukan perlakuan khusus mulai dari media, lingkungan hingga penanganan hama serta penyakit. Kemajuan jaman now begitu memudahkan para pecinta tanaman anggur untuk mendapatkan informasi tentang segala macam hal tentang tanaman anggur yang mereka tanam termasuk inspirasi menanam tanaman anggur agar terlihat bagus dipandang mata.

Ada tiga cara kreatif menanam anggur yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Menanam tanaman anggur langsung ditanah (grounding)
Kebanyakan tanaman anggur dapat tumbuh dengan baik ketika ditanam langsung dilahan. Namun kondisi lahan juga harus diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan tanaman anggur seperti kondisi tanah gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

Keadaan tanah yang terlalu lembab akan mengakibatkan pembusukan akar sehingga menghambat pertumbuhan tanaman anggur. Proses grounding lebih baik dilakukan pada awal musim kemarau karena intensitas hujan juga tidak banyak sehingga tanaman bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang tidak terlalu becek dan perakarannya sudah kuat ketika musim hujan tiba.

Tanaman anggur adalah tanaman yang tumbuh merambat, maka ketika tanaman sudah tumbuh tinggi perlu adanya pemangkasan untuk pembentukan batang sekunder dan batang tersier. Batang tersier ini yang nantinya akan membawa bunga dan buah anggur yang pasti akan memanjakan mata ketika sudah bergelantung manis diantara dedaunan.

[su_custom_gallery source="media: 3922,3923,3924,3925,3926,3927,3928,3929" limit="100" link="lightbox" width="60" height="60" title="never"]

 

2. Menanam tanaman anggur dalam pot (tanggurlampot)
Tren menanam pohon buah dalam pot memang banyak digunakan terutama bagi pecinta tanaman yang mempunyai lahan terbatas tapi tetap ingin menghijaukan rumah. Prinsip menanam anggur dalam pot hampir sama dengan grounding, tanah dalam pot yang digunakan untuk menanam harus gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

Selain itu ukuran pot yang digunakan juga harus menyesuaikan dengan besarnya tanaman agar pertumbuhan akar tidak stagnan sehingga produksitvitas pohon tetap bagus. Perlakuan tambahan seperti pupuk atau penanganan hama penyakit pun hampir sama dengan metode grounding.

[su_custom_gallery source="media: 3930,3931,3932,3933" limit="100" link="lightbox" width="60" height="60" title="never"]

3. Menanam tanaman anggur metode hidroponik
Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Tanaman anggur pun bisa ditanam menggunakan metode hidroponik seperti yang dilansir dari laman berikut bahwa tanaman anggur jenis Cabernet franc bisa ditanam menggunakan metode hidroponik. Batang bawah tanaman anggur diletakkan dalam ember besar yang ditengahnya terdapat net pot yang berisi batu agar posisi batang tetap stabil, sedangkan akar menjuntai melebihi net pot dan terendam larutan nutrisi beroksigen.

Sebuah stopper di setiap reservoir memungkinkan akses untuk memeriksa dan menjaga pH hara, tingkat air, dan EC (konduktivitas listrik) nutrisi. Setiap 10-14 hari nutrisi dalam ember nutrisi diganti dan nutrisi dalam ember tanaman anggur juga dibuang dan diganti dengan yang baru.

Metode penanaman menggunakan hidroponik biasanya menggunakan media tanam berupa rockwool, spons, kerikil, arang sekam, serbuk kayu, serbuk sabut kelapa (cocopeat), pasir, batang pakis, moss, kompos, pupuk kandang, pecahan batubata, humus, tanah liat, gabus/styrofoam. Ada media tanam lain yang masih jarang digunakan antara lain hydrogel, perlit, vermikulit, pumice dan expanded clay/hydroton.

[su_custom_gallery source="media: 3934,3935,3936" limit="100" link="lightbox" width="60" height="60" title="never"]

Sekedar inspirasi
Perakaran tanaman dapat ditingkatkan dengan membuat dua lubang disekitar tanaman dimana satu lubang bermanfaat sebagai aerasi agar oksigen dalam tanah meningkat dan sebagai drainase agar air dapat cepat meresap kedalam tanah.

Aerasi dan drainase saling mendukung sama lain, ketika drainase buruk maka aerasi tanah juga akan berkurang dan menyebabkan akar kekurangan oksigen dalam tanah. Satu lubang dibuat dengan menancapkan pipa pralon yang bagian pinggirnya telah dilubangi dan satu lubang lagi bisa menggunakan kawat ayak pasir yang digulung.

Pipa pralon bisa digunakan sebagai sarana irigasi, pemberian pupuk atau perlakuan lainnya. Sedangkan lubang berisi kawat ayak pasir sebagai pemasok oksigen dalam tanah.

Artikel ini hasil quis ‘ide kreatif menanam anggur’

TMAGROUP

 

  • Catatan & Deskripsi Anggur Nizina

    Bukan hoak namun nyatanya benar bahwa jenis anggur nizina sangat mudah dibuahkan bahkan tanpa melalui pemangkasan secara normal “alias sembarang dipotes pucuknya” bisa mengeluarkan bunga. Tidak jauh beda dengan jenis ninel,souvenir dari sisi mudah berbuah.

    Jika dilihat dari postingan kawan-kawan digroup, jenis ini cukup digemari dan dimasukan list koleksi dipekarangan mereka atau bahkan dikebun.

    Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Nizinia
    Persilangan: Talisman x Tomaysky
    Warna buah: merah/violet
    Bentuk: Bulat
    Rasa: manis
    Berat butiran: 12-16gram
    Berat tandan: 600-800gram
    Brix: 19,5%
    Pematangan: 110-120 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

    Lihat videonya di YOUTUBE

    TMAgroup

  • Catatan & Spesifikasi Tentang Anggur Rizamat

    Catatan Tentang Anggur Rizamat/Ризамат

    Varietas rizamat berasal dari Uzbekistan hasil persilangan jenis Katta-Kurgan X Parkent. Sejahrah penamaan dengan rizamat dikaitkan dengan seorang pemerhati/petani anggur uzbekistan bernama Rizamat Musamukhamedov. Jenis ini termasuk table grape yang memiliki tingkat adaptasi pertumbuhan cukup baik dan menghasilkan tandan besar dengan butiran buah rata-rata 14 gram tanpa treatment GA3, adapun jika aplikasi ga3 diperkirakan bisa mencapai 20g/berries.

    Menurut deskripsi aslinya bahwa kwalitas akar rizamat tanpa grafting (ownroot) cukup baik dan kuat dibandingkan varietas lainya, namun tidak menutup kemungkina jika digunakan batang bawah (rootstock) akan lebih meningkatkan kwalitas.

    Berikut deskripsinya:

    – Country of origin: Uzbekistan
    – Variety Name: Rizamat/Ризамат
    – Parentage: Katta-Kurgan x Parkent
    – Ripening: Early-middle (125-135 days)
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile (bisexual)
    – Color of berry skin: Red
    – Brix – 20-25% dengan keasaman 5 g / l.
    – Berry weight: 9-14 g (45 x 25 mm)
    – Bunch weight: 600-1000 g
    – The sugar content is up to 25% brix with an acidity of 5 g / l.
    – Taste Berries: Harmonious & pulp is fleshy, skin is not felt when eating
    – Seeded
    – Resistance to : Oidiumlow, -18 ° С

      Deskripsi made in INDONESIA

    by: Om R Shodik Manunggal
    – Nama Varietas: Rizamat/Ризамат
    – Country of origin: Ukraina
    – Masa Pematangan buah: 140-150 hsp
    – Ujicoba Penanaman: 0-10 mdpl
    – Bentuk buah: bulat memanjang
    – Rasa: kombinasi fleshy dan crunch
    – Diameter Buah: 1.8 cm -2.3cm
    – Warna: merah kehitam
    – Aroma: normal
    – Daging Buah:
    – Berat Tandan: 500 gr – 1.000 (belum max)
    – Berat Butiran: 8 -14 gr
    – Brix: 18-20
    – Seedless/seeded: seeded
    – Resistance terhadap jamur/air: cukup kuat
    – GA3 treatment: ya
    – Dormex pasca pruning: no
    – Tingkat adaptasi: sangat baik
    – Teknik pruning: spur 3-5 bud

    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • Manfaat Giberrelin GA3 Untuk Anggur.

    Aplikasi Giberrelin GA3 Pada Anggur.

    klik gambar untuk zoom

    Asam Gibberellic (GA3) adalah senyawa alami/hormon tanaman yang disebut gib-berellins. Ada 2 respont pasca aplikasi GA3 pada cluster yaitu:

    Respon Positif:
    a. Biasanya anggur kategory seedless (tanpa biji) memiliki ukuran diameter standar secara alami, namun setelah aplikasi gibrelin sering kali secara dramatis meningkatkan size berry. kenapa ? presumably because they partially substitute for the natural production of gibberellins from seeds.

    b. Aplikasi GA3 pertama pada waktu midbloom/timing bloom tidak hanya bisa meningkatkan ukuran berry namun pada beberapa varietas tertentu bisa mengurangi jumlah butiran buah per/cluster. Waktu optimum untuk aplikasi dalam upaya meningkatkan ukuran buah sering dilakukan pada timing berry berdiameter 4 sampai 12 mm, dengan 1 atau 2 kali semprot/celup.

    c. Aplikasi percobaan GA3 untuk varietas tanpa biji yang sebelumnya belum pernah dilakukan treatment GA3 dengan konsentrasi 40-50 ppm hasilnya cukup efektif, namun kadang hanya 25 ppm yang harus digunakan pada jenis tertentu seperti ‘venesa dan hanya 5 ppm yang dianggap optimal untuk beberapa varietas lainya.

    Respon Negatif:
    a. Aplikasi GA3 juga memiliki efek negatif pada buah anggur, pengaruh terhadap rasa buah, penuruan ketahanan pada musim dingin dan penurunan tingkat kesuburan. Jadi gunakanlah dengan bijaksana dan sesuai aturan.

    b. Regulator pertumbuhan tanaman (PGRs), seperti GA3, diklasifikasikan sebagai pestisida dan mungkin disebagian wilayah tertentu penggunaanya tidak direkomendasikan untuk anggur atau untuk kultivar tertentu.

    c. Memiliki efek pada homeostasis redoks, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel (we found that GA3 application had an effect on redox homeostasis, which could potentially cause cell damage and subsequent seed abortion.)

    Pertanyaanya adalah Kenapa cluster/tandan buah yang terlalu bergerombol sering kali bermasalah dan membuat buah tidak optimal..?

    Karna pada beberapa varietas anggur, ketika set buah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu berdesakan yang berdampak pada buah rentan membusuk dan size tidak serempak. Dengan demikian, kita sering melakukan penjarangan jumlah buah dalam 1 tandan, terutama pada categori table grape. Maka dari itu, penjarangan buah dan aplikasi asam giberelat (GA3), dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal diatas.

    Aplikasi & Dosis:

    Jumlah GA3 yang dibutuhkan untuk optimalisasi size berry tergantung pada varietas dan beberapa faktor lainnya, namun 10 sampai 60 g /H adalah termasuk tingkat dosis pada umumnya. GA3 juga dapat diterapkan 1x atau beberapa kali pada varietas tertentu.

    Waktu aplikasi sangat penting dan juga bervariasi , bagi banyak varietas, aplikasi pertama dilakukan pada awal ketika kondisi bunga mekar (Timing bloom) 50%-90%,  selanjutnya pada timing  size berry, atau ketika diameter buah mencapai sekitar 3-5 mm,6-7mm,4-5mm,8-10mm dan 12-15mm. Telat Aplikasi akan berdampak pada waktu pematangan buah terlambat dan bisa menghambat terhadap penyempurnaan set warna buah.

    Pada Anggur seeded(Berbiji) umumnya aplikasi dengan GA3 sekitar tiga minggu sebelum mekar dengan larutan yang mengandung 1 sampai 10 mg/L, hanya hasilnya akan kurang responsif terhadap perlakuan GA3 dibandingkan varietas seedless. Maka dari itu, penggunaan GA3 terhadap jenis anggur berbiji dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran/size buah tidak terlalu banyak dilakukan.

    Adapun untuk anggur seedless (Tanpa biji) pada umumnya berlaku antara 0,5 sampai 20 g / hektar dan jenis seedless lebih toleran terhadap GA3 daripada anggur seeded.

    Berikut table hasil percobaan terhadap anggur jenis  Berbiji jenis Khoyo-Red Globe-Thomson Seedless

    Karna artikel ini hasil terjemahan sealakadarnya dari beberapa sumber, jadi jika ada kesalahan terjemah yang kurang sesuai atau informasi yang terlampir kurang tepat dan tidak sama dengan referensi yang om/tante temukan diartikel berbeda, mohon dikoreksi dan diluruskan.

    NEXT Article:
    -> PGR for improving grape berry color
    -> Forchlorfenuron (CPPU), a synthetic cytokinin

    TMAGROUP

  • Dokumentasi KORDA

    Markas masing-masing KORDA bisa dikunjungi melalui link berikut:

    Korda KEBUMEN -> KLIK DISINI

    Korda RIAU -> KLIK DISINI

    Korda KARAWANG-> KLIK DISINI

    Korda PALEMBANG -> KLIK DISINI

    Korda KALIMANTAN -> KLIK DISINI

    Korda TANGERANG -> KLIK DISINI

    Korda BOGOR -> KLIK DISINI

    Korda JOGJA -> KLIK DISINI

    Korda SEMARANG -> KLIK DISINI

    Korda NGAPAK -> KLIK DISINI

    Korda MEDAN-> KLIK DISINI

    Korda CIAYUMAJALUNING -> KLIK DISINI

    Korda KEDIRI -> KLIK DISINI

    Korda SUKABUMI -> KLIK DISINI

    Korda NAD -> KLIK DISINI

    Korda NAD 1-> KLIK DISINI

    Korda NAD 2-> KLIK DISINI

    Korda Belitung -> KLIK DISINI

    ——————-
    TMA GROUP

Leave a Reply