Analisa Usaha Budidaya Anggur

Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
Let’s Go Together
 
#Pendahuluan:
 
Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
 
Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
 
Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
 
Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
 
Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
 
Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
 
#Kondisi_Alam:
 
Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
 
Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
 
Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
 
Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
 
Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
 
Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
 
#Tujuan:
 
Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
 
– Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
 
– Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
 
– Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
 
– Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
 
– Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
 
– Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
NEXT….
 
-> KOMPONEN:
-> METODE PENERAPAN:
-> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
 
TMAGROUP

  • Catatan Tentang Anggur Angelica

    Catatan Tentang Anggur Angelica/Анжелика/Xenia

    Varietas Angelica/Анжелика/Xenia hasil persilangan alisman x Kish-mish radiant,It was received by VN Krajonov and already identified by Voroniuk I.N. Dengan ciri khas buah bentuk oval memanjang, daging padat, renyah, ketebalan kulit sedang. Pertumbuhan jenis ini cukup vigor dan tahan terhadap jamur sehingga respont petani untuk memilih dan mengembangkan varietas ini sangat baik dan menjanjikan.

    Berikut deskripsinya:

    – Country of origin: Ukraina
    – Variety Name: Angelica/Анжелика/Xenia
    – Parentage: Talisman x Kish-mish radiant
    – Ripening: Early (115-125 days)
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile (bisexual)
    – Color of berry skin: Red
    – Bushes: vigorous
    – Brix – 20-25% dengan keasaman 5 g / l.
    – Berry weight: 10-12 g, sometimes 15-20 g
    – Bunch weight: 800-1500 g, individual up to 2 kg
    – The sugar content is up to 25% brix with an acidity of 5 g / l.
    – Taste Berries: Harmonious
    – Seeded
    – Resistance to diseases:high.
    – Frost resistance: -24 ° С;

    Deskripsi made in INDONESIA

    by: Om R Shodik Manunggal
    – Nama Varietas: Angelica/Анжелика
    – Country of origin: Ukraina
    – Masa Pematangan buah: 100-110 hsp
    – Ujicoba Penanaman: 0-10 mdpl
    – Bentuk buah: bulat memanjang silindrik
    – Rasa : very sweet and crunch
    – Diameter Buah: 1.5 cm -2.2cm
    – Warna: orange
    – Aroma: cukup
    – Daging Buah: crunch
    – Berat Tandan: 500 gr – 1.000 (belum max)
    – Berat Butiran: 7-14 gr
    – Brix: 22 -26
    – Seedless/seeded: seeded (seedless with GA)
    – Resistance terhadap jamur/air: cukup kuat
    – GA3 treatment: ya
    – Dormex pasca pruning: no
    – Tingkat adaptasi: sangat baik
    – Teknik pruning: spur 3-5 bud

    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Crimson

    Catatan Tentang Crimson Seedless.

    Sumber: Crimson seedless promise WA table grape boon
    Oleh: Ian Cameron Link

    Crimson Seedless

    -> Crimson termasuk jenis anggur pematangan lambat dibandingkan jenis lainya.
    -> Menggunakan Own Root tidak direkomendasikan karna berdampak hasil produksi rendah, kualitas buah buruk.

    -> Rekomendasi menggunakan RootStock vigor akan  meningkatkan ukuran berry.
    -> Suhu panas saat malam hari berdampak mengurangi pewarnaan buah.
    -> Tahan disimpan hingga 6 bulan dalam pendingin.
    -> Kadar asam tinggi, berpadu dengan kadar gula tinggi, menghasilkan karakteristik rasa yang bagus.
    -> Buah tergolong tahan  hujan sampai matang dibanding varian lainya yang kebanyakan rawan pecah akibat hujan.
    -> Waktu Pruning/pemangkasan yang tepat akan memberikan nilai positif terhadap peningkatan hasil produksi. Waktu pruning sangat vital, jadi jika terlalu dini maka produksi akan rendah.

    Tanah:

    -> Direkomendasikan ditanam pada tanah dalam (lapisan top soil minimal 40cm). Makin dalam makin bagus. Perakaran yang bagus mempengaruhi pertumbuhan pohon dan penyaluran nutrisi akan baik untuk ukuran berry ketika pembuahan.
    -> Warna buah lebih menarik pada jenis tanah berpasir dan kurang subur. Dengan catatan, irigasi dan nutrisi dimajanemen dengan baik. Koreksi defisiensi nutrisi diperlukan.

    Penggunaan Rootstock:

    -> Direkomendasikan menanam jenis ini dengan menggunakan rootstock.
    -> Menggunakan RS yang tepat bisa melipat gandakan hasil panen dan meningkatkan prosentase buah kategori premium hingga 84℅.
    -> Penggunaan Ramsey atau K51-32 terbukti cocok pada tanah berpasir.
    -> Ruggery dan 99 Richter menghasilkan berry yang besar.
    -> Grafting pada pohon induk Red Globe, Calmeria, Sultana dan Chordinary menghasilkan produksi yang bagus tetapi pewarnaan buah buruk.

    Jarak Tanam:

    -> Ideal 3,3 meter. Pada tanah dalam 2,4 meter. Sedang 2,7 meter.
    -> Penggunaan RS 99 Richter dan 110 Richter tercatat cocok pada beragam jenis tanah.

    Manajemen:

    -> Crimson tercatat masuk kedalam varian vigor di dunia.
    -> Pertumbuhan pohon perlu dikendalikan dan perhatian maksimal/
    -> Jika menggunakan trellis, disarankan untuk memisah kanopi dengan bentuk Y.
    Pemangkasan pucuk dan perampingan pohon dimusim panas perlu dilakukan guna menghindari jamur.
    -> Pruning Cane. Disesusaikan dengan umur dan vigoritas pohon. Diawali dengan 2 cane pendek pada musim pertama. Ditambah jadi 4 cane, 6-8, 6-10 cane pada musim-musim berikutnya.
    -> Produksi pohon dewasa 25-45 tandan/pohon, 25-30 ton/hektar

    Pematangan Buah:

    -> Tidak mengalami pematangan setelah dipetik.
    -> Dipanen setelah kadar gula di atas 21 brix

    TMAGROUP

  • Catatan & Spesifikasi Tentang Anggur Rizamat

    Catatan Tentang Anggur Rizamat/Ризамат

    Varietas rizamat berasal dari Uzbekistan hasil persilangan jenis Katta-Kurgan X Parkent. Sejahrah penamaan dengan rizamat dikaitkan dengan seorang pemerhati/petani anggur uzbekistan bernama Rizamat Musamukhamedov. Jenis ini termasuk table grape yang memiliki tingkat adaptasi pertumbuhan cukup baik dan menghasilkan tandan besar dengan butiran buah rata-rata 14 gram tanpa treatment GA3, adapun jika aplikasi ga3 diperkirakan bisa mencapai 20g/berries.

    Menurut deskripsi aslinya bahwa kwalitas akar rizamat tanpa grafting (ownroot) cukup baik dan kuat dibandingkan varietas lainya, namun tidak menutup kemungkina jika digunakan batang bawah (rootstock) akan lebih meningkatkan kwalitas.

    Berikut deskripsinya:

    – Country of origin: Uzbekistan
    – Variety Name: Rizamat/Ризамат
    – Parentage: Katta-Kurgan x Parkent
    – Ripening: Early-middle (125-135 days)
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile (bisexual)
    – Color of berry skin: Red
    – Brix – 20-25% dengan keasaman 5 g / l.
    – Berry weight: 9-14 g (45 x 25 mm)
    – Bunch weight: 600-1000 g
    – The sugar content is up to 25% brix with an acidity of 5 g / l.
    – Taste Berries: Harmonious & pulp is fleshy, skin is not felt when eating
    – Seeded
    – Resistance to : Oidiumlow, -18 ° С

      Deskripsi made in INDONESIA

    by: Om R Shodik Manunggal
    – Nama Varietas: Rizamat/Ризамат
    – Country of origin: Ukraina
    – Masa Pematangan buah: 140-150 hsp
    – Ujicoba Penanaman: 0-10 mdpl
    – Bentuk buah: bulat memanjang
    – Rasa: kombinasi fleshy dan crunch
    – Diameter Buah: 1.8 cm -2.3cm
    – Warna: merah kehitam
    – Aroma: normal
    – Daging Buah:
    – Berat Tandan: 500 gr – 1.000 (belum max)
    – Berat Butiran: 8 -14 gr
    – Brix: 18-20
    – Seedless/seeded: seeded
    – Resistance terhadap jamur/air: cukup kuat
    – GA3 treatment: ya
    – Dormex pasca pruning: no
    – Tingkat adaptasi: sangat baik
    – Teknik pruning: spur 3-5 bud

    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • 3 Tips Memperhatikan Tanaman Anggur (Musim Hujan)

    Anggur sebagai tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah yang relatif sedikit dibanding tanaman lain akan sedikit mabuk :D dan kejang-jenag  jika diguyur air hujan terus menerus. Meskipun belum menemukan data pasti untuk daerah kita berapa banyak pasokan air yang dibutuhkan tanaman anggur secara proporsional.  Usaha kita hanya berdo’a dan memberikan perhatian exstra ketika musim penghujan datang karna bukan cerita lagi jika dimusim hujan akan banyak menemui kendala dan tantangan.

    Berikut 3 hal yang mesti diwaspadai:

    1. Populasi OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) meningkat.
    Jika dimusim kemarau Kita kadang hanya dihadapkan dengan sedikit serangan hama dan penyakit, untuk musim hujan seperti ini saatnya kita masuk SIAGA-1, siapkan alat tempur terbaik (pestisida insektisida & pestisida pungisida).

    Serangan OPT Downy Mildew yang sering sekali menyerang bagian pucuk daun bahkan bunga anggur akan sangat menyeramkan, ditambah dengan serangan grilya antraknosa rasanya sudah cukup beban penderitaan anggur kesayangan kita. ‘Ah ngeri ngeri sedap.!’ Untuk itu, Kita harus ekstra waspada, selalu memonitoring dan antisipasi sebelum semuanya terlambat.

    Baca juga tips pembibitan cutting anggur 

    dan cara pangkas pohon anggur yang baik

    Gejala akibat serangan kedua OPT tersebut:

    1. Downy Mildew (Jamur)

    Gejala fisik awal biasanya berupa bercak kecil berwarna kuning, kemudian jika dibiarkan akan terus merambat sampai daun kelihatan kuning totol coklat mirip terbakar dan kadang  jika serangan penyakit parah, daun-daun tersebut dapat mengering sehingga daun akan mudah hancur dan tentu memiliki dampak negatif terhadap pertumbuhan pohon anggur secara keseluruhan akibat kerusakan dan kinerja daun tidak optimal. “Begono ceritane, cukup mengerikan bukan :D”

    2. Antakronsa (gambar detail bisa dilihat dilik berikut Read)

    a. Indikasi pada daun
    – Daun anggur ditandai dengan bintik- bintik kecil, bulat gelap
    – Bintik meluas dan berkembang menjadi berwarna pucat putih dengan tepi berwarna coklat dan kemudian hitam
    – Membentuk lingkaran dan lobang pada daun.
    – Infeksi berat mengakibatkan daun cacat, mengkerut dan drop tanpa didahului menguning.

    b. Indikasi pada tunas/shoots/ranting
    – Membentuk garis lurus memanjang dengan tepi berwarna abu dan coklat kemerahan.
    – infeksi berat mengakibatkan ranting pecah dan rapuh.

    c. Indikasi pada buah
    – Size berry small (hanya mencapai diameter 6mm)
    – Ditemukan bintik merah melingkar & dibagian tengah lingkaran berwarna abu kehitaman.
    – Exstrimnya buah menjadi retak dan tidak membesar lagi akhirnya gugur.

    Tips Antisipasi Mekanis:

    – Rajin memperhatikan dan membuang daun atau ranting yang terindikasi infeksi kedua opt ini.
    – Memperhatikan drainase setiap saat supaya bagian area penanaman anggur tidak tergenang.
    – Membuat GH jika ada modal lebih :D
    – Membuat pernyataan mundur jadi pengANGGURan ( jangan terlalu baperan )kikikkk
    – Ya intinya sering patroli siang dan malam, begitu.

     

    Tips Antisipasi Kimia:

    – Siapkan alat tempur bermerk antacol (pestisida pungsida) lalu disemprotkan secara rutin.
    – Nanti nunggu tukang obat berkomentar jika mau tahu merk merknya :D

    2. Perebutan Nutrisi

    Biji2an yang kadang kita buang dimusim kemarau saatnya menampakan kehidupan, ya salah siapa buang sampah tidak pada tempatnya :D. Perebutan nutrisi tanaman anggur kita VS gulma-gulma berkeliaran cukup mengganggu dan menguras tenaga. Selalu bawa pacul dan parang kemanapun Anda pergi, hihi, Kasihan dunk anggurnya masa malah gulma yang subur sedangkan anggur kerdil.

    3. Kurang Intensitas Matahari

    Yaaa mendung lagi, kapan mataharinya keluar, namanya juga musim hujan mak ya ademmm. Tanaman anggur kita tidak mau tahu bagaimana jalanya yang pasti mereka butuh sinar matahari yang cukup untuk berfotosintesis. Solusi bijaknya jika kita sayang sama itu anggur yaitu dengan cara mengatur tanaman jangan sampai terlalu rimbun supaya sinar masuk merata dan mengenai sasaran. Potongin aja yang kira2 mengahalangi, bisa terapkan jurus “potestock” siapa tahu bawa bunga. hihi.

    TAMAT

    TMAGROUP

     

     

     

Leave a Reply