Analisa Usaha Budidaya Anggur

Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
Let’s Go Together
 
#Pendahuluan:
 
Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
 
Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
 
Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
 
Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
 
Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
 
Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
 
#Kondisi_Alam:
 
Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
 
Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
 
Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
 
Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
 
Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
 
Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
 
#Tujuan:
 
Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
 
– Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
 
– Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
 
– Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
 
– Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
 
– Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
 
– Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
NEXT….
 
-> KOMPONEN:
-> METODE PENERAPAN:
-> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
 
TMAGROUP

  • Gejala unsur hara pada anggur

    Mungpung malam minggu jadi lumayan hasil ngeranda, opss ngeronda sambil nyari referensi.
    Kadang indikasi nampaknya kekurangan unsur hara sudah terindikasi tapi kadang Kita bingung termasuk kedalam kategori yang mana dan
    bagaimana cara menanggulanginya. ah lieur…to the point ae.!
    1. Nitrogen

    Unsur Nitrogen sangat diperlukan dari mulai masa vegetatif, fruit bud formation, fruit set, size, kwalitas produksi.
    maka cara paling mudah Mengenal tanaman anggur yang kekurangan nitrogen adalah dari daun.

    a. Indikasi kekurangan:

    – Pertumbuhan stagnan ( kurang ceria alias cahuleun:D)
    – Warna hijau daun pucat dan kekuningan. ( Bukan pucat muka dimalam minggu karna dompet tipis pastinya :D).
    – Tunas muda, tangkai daun dan cluster cendrung pink bahkan kemerahan.
    – Tunas/shoots kurang semangat tumbuh.
    – Lebih exstrim bisa kering dan rontok.

    b. indikasi kelebihan

    – Ruas ranting/dahan ( internodes) pertumbuhanya cepat memanjang dan besar.
    – Literal shoots atau tunas akan tumbuh berkembang secara berlebihan.
    – warna daun cendrung hijau tua gelap ( bukan tua keladi :D)
    – set buat anggur lemah dari masa bloom (mekar) sampai pematangan akan lambat.
    – proses pematangan ranting lama, wuihh gak matang2 kapan pruningnya ya…hiii

    Catatan# Pemberian nitrogen sangat dianjurkan secara proporsional dan sesuai ketentuan yang direkomendasikan
    setelah analisis gejala dan hindari penggunaan unsur N ketika masa akhir pematangan buah karna bisa memperlambat proses pematangan.

    2. Potassium/Kalium
    Disamping baik untuk merangsang proses pembungaan, unsur kalium sangat penting untuk set warna buah, tahan rotok, pertumbuhan pohon dan tahan terhadap penyakit.

    a. Indikasi kekurangan & kelebihan

    – Daun tua cendrung purple-keunguan, tulang daun agak hijau gelap, margin daun tidak normal, ceking alias begang, mengering dari ujung dan mungkin menggulung kebagian bawah atau atas.
    – lebih exstrim dapat mempengaruhi ketahanan pohon anggur dan kwalitas pembuahan menurun.
    – Gejala kelebihan unsur K biasanya terjadi setelah pohon anggur melalui masa pembuahan yang akan ditandai dengan daun berwarna coklat kehitaman.

    Catatan# terkena gejala kekurangan unsur kalium Karena kekurangan biasanya diakibatkan tergangguna proses penyerapan, entah dengan genangan air, media tanah padat dan kering. dan tingginya kandungan kalsium, magnesium, natrium dan nitrogen bisa mempengaruhi proses penyerapan.
    tips: – perbaikan tanah
    – perbaikan drainese/saluran pembuangan air.
    – pemberian pupuk K dengan semprot.

    3. Boron
    Boron memainkan peran penting dalam struktur dinding sel dan set buah karna merupakan komponen protein dan metabolisme karbohidrat.

    a. indikasi pada ranting:
    – Shoots atau ranting muda dan cluster layu bahkan bisa mati.

    b. indikasi pada daun

    – Daun berwarna lebih gelap dibanding daun normal.
    – small size alias kerdil dan mengkerut
    – Ujung daun kuning dan mengalami nekrosis

    c. Indikasi pada buah
    – dari 1 tandan hanya beberapa biji yang bisa selamat.
    – small size dan tidak normal bentuk.

    Catatan# kekurangan boron dapat diamati pada tanah yang basa/Ph tinggi,
    Tips: Pengukuran ph tanah sebelum menanam atau netralisir dengan dolomit adalah anjuran untuk mengkonfirmasi tinggkat kandungan bioron dalam tanah.
    bisa semprotkan gandasil D/nutrisi daun kandungan boron.

    4. Iron/zat besi (fe)
    Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan klorofil, respirasi tanaman dan pembentukan beberapa protein.

    indikasi gejala:

    – Daun menguning diantara bagian urat daun.
    – Daun muda tampak putih karena kurang klorofil.
    – Daun bisa kering dan rontok.
    – Tunas yang mulai tumbuh bisa meti dampak dari kekurangan yang tidak diantisipasi.
    – adapun kelebihan zat besi bisa mengakibatkan bintik hitam pada daun.

    Catatan# tips: karna faktor kekurangan zat besi lebih dominan dipengaruhi ph tanah tinggi, kandungan magnesium, boron dll. maka dianjurkan perbaikan
    tanah terutama dengan memberikan bahan2 organik yang cukup dapat membantu stabilisasi kandungan zat besi dalam tanah.
    – Penyemprotan daun sesuai anjuran atau dosis.

    5. Magnesium
    Magnesium merupakan bagian penting dari klorofil dan membantu dalam pembentukan gula, minyak dan lemak. Analisis daun merupakan cara terbaik untuk mengevaluasi kebutuhan magnesium

    indikasi kekurangan:

    – daun tua cendrung pucat yang pada awalnya bintik coklat kecil dekat tulang daun dan menyebar.
    – selanjutnya garis kuning akan terbentuk dari mulai tepi daun sampai membentang ke bagian tengan berbentuk garis.
    – kemudian dibagian tengah akan terdapat garis hijau akhirnya menggulung dan kering rontok.
    – Proses pematangan buah bakal early/prematur dan mempunyai warna kontras.

    tips: – Aplikasi/pemberian kalium tinggi dapat menyebabkan gejala defisiensi magnesium pada tanah.
    – Penyemprotam daun dapat digunakan tetapi tergantung pada keparahan kekurangan.

    6. Mangan
    Mangan terlibat dalam fotosintesis dan klorofil karna membantu mengaktifkan enzim dalam distribusi pengatur tumbuh.
    Meski tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak tetapi tetap sangat diurgen bagi tanaman anggur.

    Indikasi/gejala:

    – Gejala awal biasa nampak pada daun muda.
    – Ketika masuk kemarau biasanya daun mulai pucat dan terkena bintik kuning kemudian
    menyebar dibagian tepi daun.
    – Size daun dan bentuk biasanya normal akan tetapi bintik kuning akan terus menyebar.
    – Jika dibiarkan berkepanjangan akan berakibat pada petumbuhan tunas, buah dan pematangan ranting lambat.

    Catatan# Kekurangan mangan dapat muncul di awal dalam kondisi kelembaban yang berlebihan dan lebih umum terjadi ketika pH tanah tinggi.
    Tips: – Aplikasi tinggi magnesium atau fosfour dapat menyebabkan gejala defisiensi mangan pada tanah.
    jadi gunakan pupuk secara proporsional setelah melihat indikasinya.

    7. Zink
    Zinc sangat penting dalam pertumbuhan tanaman awal dan dalam pembentukan biji. Ini juga memainkan peran dalam klorofil dan karbohidrat produksi.

    Indikasi pada daun:

    – Gejala akan muncul di ujung tunas muda.
    – daun kerdil dan mengkerut ( kayak kerupuk kehujanan :D)kadang menggulung akhirnya kering dan rontok.
    – ujung daun berubah menjadi hijau muda kekunigan kadang merah sementara urat daun terlihat jelas dengan sekatan corak hijau.

    indikasi pada berry

    – size small, cilik.
    – warna buah kuning pucat
    – dalam satu tandan becorak ceria ada yg kecil dan besar dan sama2 abnormal :D, haha
    – bentuk buah tidak karuan, yang seharusnya termasuk varian lonjong jadi bentuk benjol gak tentu.
    Tips: – aplikasi pemberian fosfour berlebih dapat membuat ketersediaan unsur zink berkurang.
    – seperti biasa lakukan penyemprotan daun sesuai anjuran. Jangan tanya merk ntr disangka promosi :D, tanya saja sama ahli pupuk.

    segitu dulu lah capek nyari referensinya apalagi khusus anggur kudu rajin nanya2 om google baru dapat.

    kekurangan bisa ditambahkan dikolom komentar buat dokumentasi biar kedepan kalau ada kawan yang membutuhkan tidak repot nyari.
    ————————————
    SUMBER: MINISTRY OF AGRICULTURE

    TMA-GROUP.

  • Tips dan Cara Pembibitan Anggur

    Pengadaan benih terbaik direkomendasikan secara vegetatif yaitu perbanyakan stek/cutting dengan panjang standar sekitar 25 cm (3 ruas mata tunas), berwarna coklat matang, berdiameter 1 cm (pensil) yang diambil dari pohon induk berumur di atas satu

    tahun. Metode pembibitan dilakukan dengan cara mencelupkan bagian bawah stek kedalam zat perangsang tumbuh (Rooting Up) kemudian disemai dalam polybag hitam berukuran 30 yang diletakan didalam green house selama enam bulan dan bibit siap dipindahkan kelapangan.

    1. Persiapan metan:
       Tanah gembur/berpasir
       Sekam bakar
       NPK
       Dolomit
       Pupuk kandang terfrementasi
       Polybag warna hitam
       Perbandingan Tanah 2: Sekam1: Pukam1: npk 1 sendok teh: puradan 1 sendok teh (untuk setiap polybag)
    2. Aduk semua media tanam dan sementara simpan selama minimal 1 minggu sebelum cutting ditancapkan.
    3. Setelah cutting ditanam sebaiknya ditempatkan ditempat yang terkena matahari tidak langsung/ terhalang plastik dengan tetap memperhatikan sirkulasi udarasupaya tunas yang sprout selalu sehat. Hindari penanaman cutting ditempat teduh atau bahkan tidak terjangkau sinar matahari karna akan mengundang jamur & tunas tidak sehat dan cepat layu.
    4. Penyiraman bisa dikondisikan dengan suhu setempat. Untuk anggur tidak mesti disiram setiap hari karna kalau terlalu becek akan berakibat akar busuk dan tunas layu, cukup masukan telunjuk kedalam polybag kalau masih terasa lembab tidak mesti disiram. Yang saya lakukan idealnya 3x1minggu dimusim hujan.
    5. Penyemprotan insektisida pembasmi hama juga harus diperhatikan sebelum terserang meskipun dalam ruangan semut/serangga pemakan daun selalu ada.
    6. Nutrisi daun bisa disemprotkan setelah cuting tumbuh daun beberapa helai. Bisa menggunakan POC atau apa saja yang terpenting ada asupan zat/unsur nutrisi yang dibutuhkan.
    7. Pemberian NPK bisa dilakukan 3 minggu 1x (1 sendok teh disetiap bagian pinggir polybag).
    8. Setelah umur bibit minimal 6 bulan bisa dipindahkan ketempat yang lebih besar atau ditanam ditanah langsung.

    TMA

  • Daftar Peserta LGT-3

    Daftar peserta LGT-3
    ————————-

    1. Bhre Chakrabhumi -> ID 273
    2. Atik Indriyani -> ID 211
    3. Ayung Cecy Almeera -> ID 137
    4. Tri Indra Jaelani
    5. Hening Hening DIDIN -> ID 293
    6. Muhammad Mursyid -> ID 142
    7. W Bayu G Murti -> ID 119
    8. Arif Mbelah
    9. Andre Perindo -> ID 340
    10. Ahmad Syafei -> ID 192
    12. Mulyadi Ayahe Callista -> ID 47
    13. Jeffry Alfiansyah -> ID 263
    14. Ade Umy Ade -> ID 126
    15. bie moeslem -> ID 163
    16. Hanafi kentos -> ID 346
    17. YULIA LATIEF -> ID 221
    18. Samirzon Radisma -> ID 78
    19. beny kurniawan -> ID 199
    20. IncubiFarm -> ID 342
    21. Ina Ramdhani -> ID 38
    22. Wahyu Abu Muadzah
    23. Tini suwartini -> ID 135
    24. Hasan -> ID 339
    25. Tabulampot Sidabowa -> ID 120
    26. Made Sumardhana -> ID 134
    27. Domex -> ID 21
    28. KangBro Bin MasBro ->
    29. DAFTAR LUDIONO -> ID 146
    30. Ridwan Effendi -> ID 145
    31. Dhe Susanto
    32. Sonny D’Shichibukai
    33. Kodok Idjoe -> ID 156
    34. Dika Rafli Andika -> ID 191
    35. Ayahe Aulia Kamila -> ID 269
    36. Nooray Ali -> ID 56
    37. Teddy Irawan -> ID 361
    38. Erfan Hannz Mansiz -> ID 288
    39. Jarwanto -> ID 29
    40. Dèw? Sépt -> ID 23
    41. Amoen Buteres El Achmad
    42. Ira Afrizal Ira -> ID 358
    43. Rini Sarif -> ID 59
    44. FahmiRakha -> ID 255
    45. Fajriansyah Jie -> ID 359
    46. Kaerudin Didin -> ID 130
    47. Algca Vatira -> ID 170
    48. idwan Ijan Thea -> ID 68
    49. Sarif Paving
    50. Sai syaifuddin -> ID 351
    51. Yusep Bray -> ID 136
    52. MDwim -> ID 144
    53. Sentra Tin
    54. Siti Mulyani -> ID 287
    55. Tutut Setiyani
    56. Hen Bobon -> ID 30
    57. Diny Hy -> ID 24
    58. Wahyu -> ID 37
    59. Rochmandolop -> ID 226
    60. Yenny Hartono -> ID 278
    61. Yeni Djarkasih -> ID 325
    62. Mas Yadi Kokka -> ID 93
    63. Pak Ros Canarys -> ID 66
    64. Amy Jbi -> ID 175
    65. Aridhayani Aziz Nani
    66. Nurul Farida -> ID 304
    67. Setiawan Iwan -> ID 198
    68. Dian ning nida
    69. Nikki Niki Zaen -> ID 105
    70. Sigit Murhofiq -> ID 344
    71. M Hary Adv -> ID 202
    72. Catur Pamungkas Aji -> ID 138
    73. Mase Jeporo
    74. agus Soesanto -> ID 103
    75. Aryono Arya Lingga
    76. Dian T. Lubis -> ID 111
    77. Iput Syarifuddin -> ID 258
    78. Sony Zmp -> ID 264
    79. Selis Tyanto -> ID 173
    80. Cipto Jimon -> ID 102
    81. Mey Ridwana -> ID 4
    82. Qulo SeTyo -> ID 76
    83. Indra Giri -> ID 162
    84. Huseinbasyuni -> ID 32
    85. Ayu Jogja -> ID 3
    86. Badarudin Safe’i -> ID 15
    87. Agung Epo Darmawan
    88. Rizki Alid -> ID 362
    89. Bella Rita Nurjannah
    90. Titin Sutianah -> ID 96
    91. Ihsan Murri S -> ID 180
    92. Batik Hadi Wijaya
    93. Khair Khaizuran Ali
    94. Ibni Ihsan -> ID 203
    95. Saipul Anwar -> ID 117
    96. Diny Leeyou -> ID 24
    97. Jath Satari -> ID 205
    98. Tony Iton -> ID 147
    99. Enjang Jamaludin -> ID 244
    100. Hendry Tan -> ID 31
    101. Marles Hutabalian -> ID 45
    102. Widaya Na Fitri
    103. Ikrom Manggar -> ID 185
    104. Uyep Rahmat -> ID 180
    105. Eliss Elisajja -> ID 204
    106. Nashrul Alam -> ID 159
    107. Aris Munandar -> ID 355
    108. cornelia -> ID 17
    109. Muhammad Ilham
    110. Rizal Nasa -> ID 187
    111. Ode Jaya
    112. Dadan Kurniawan -> ID 19
    113. Dedes Said
    114. Khurmen -> ID 42
    115. Indra Syafri -> ID 338
    116. At Tin
    ————–

    TMA-GROUP

  • Catatan & Deskripsi Anggur Nizina

    Bukan hoak namun nyatanya benar bahwa jenis anggur nizina sangat mudah dibuahkan bahkan tanpa melalui pemangkasan secara normal “alias sembarang dipotes pucuknya” bisa mengeluarkan bunga. Tidak jauh beda dengan jenis ninel,souvenir dari sisi mudah berbuah.

    Jika dilihat dari postingan kawan-kawan digroup, jenis ini cukup digemari dan dimasukan list koleksi dipekarangan mereka atau bahkan dikebun.

    Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Nizinia
    Persilangan: Talisman x Tomaysky
    Warna buah: merah/violet
    Bentuk: Bulat
    Rasa: manis
    Berat butiran: 12-16gram
    Berat tandan: 600-800gram
    Brix: 19,5%
    Pematangan: 110-120 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

    Lihat videonya di YOUTUBE

    TMAgroup

Leave a Reply