Analisa Usaha Budidaya Anggur

Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
Let’s Go Together
 
#Pendahuluan:
 
Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
 
Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
 
Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
 
Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
 
Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
 
Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
 
#Kondisi_Alam:
 
Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
 
Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
 
Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
 
Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
 
Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
 
Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
 
#Tujuan:
 
Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
 
– Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
 
– Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
 
– Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
 
– Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
 
– Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
 
– Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
NEXT….
 
-> KOMPONEN:
-> METODE PENERAPAN:
-> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
 
TMAGROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Julian

    Catatan Tentang Anggur Julian / Юлиан

    Siapa yang sudah menanam jenis ini acung tangan dikolom komentar :D

    Anggur jenis julian termasuk category table grape dengan masa panen cukup early/singkat hanya membutuhkan 95-105 hari. Awal percobaan dikebun ukraina dengan memakai ownroot menghasilkan pertumbuhan yang sangat baik, tandan buah besar dan panjang, bentuk buah anggur hampir mirip buyutnya yaitu jenis Rizamat. Direkomendaskan menggunakan rootstock untuk meningkatkan kwalitas buah yang lebih optimal, dan memang pada kenyataanya jenis julian sangat compitable dengan batang bawah.

    Jenis ini memiliki warna buah merah jamu/pink ketika 100 % matang, dengan ukuran butiran mencapai 42-40 x 26-28 mm, dengan textur daging yang renyah, padat, rasa manis, anggur ini termasuk favorite dikalangan kolektor ukraina.

    Berikut deskripsinya:

    – Country of origin: UKRAINA
    – Variety Name: Julian / Юлиан
    – Parentage: [Kesha × Rizamat] – Ripening period: early 95 – 105 days.
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile.
    – Color of berry skin: Pink.
    – Berry size: 42-40 x 26-28 mm
    – Taste Berries: harmonious and imperceptible skin
    – Rootstock Use : Root-owned but The variety has good compatibility with rootstocks.
    – The bunches: very large
    – Seeded
    – Resistance to : gray rot, mildew, oidium; withstands frost to -24 ° С.

    Deskripsi made in INDONESIA
    by: Om Handika Permana

    – Nama Varietas: Julian
    – Country of origin: ukraina
    – Masa Pematangan buah: 100-110 hsp
    – Ujicoba Penanaman mdpl: kurleb 80mdl
    – Bentuk buah:oval
    – Rasa:manis
    – Warna:hijau kemerahan karna dokumentasi sebelum full matang.
    – Aroma: _
    – Brix: 16-18
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Resistance thdap jamur, air, hama: cukup tahan jamur
    – GA3 treatment: –
    – Tingkat adaptasi: bagus namun pecah krna ujan
    – Perlakuan Teknik pruning: cane
    – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga :
    – Dormex treatment:
    – Berat buah 7-8,5gr

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • Catatan Tentang Anggur Tuzbordo

    Catatan Tentang Anggur Tuzbordo/Туз Бордо/Ace Bordeaux

    Setiap varietas anggur memiliki keunikan tersendiri, mulai bentuk buah, warna, struktur, aroma dan rasa. Belum lagi ditambah dengan karakter bawaan masing-masing pastinya akan menambah tantangan para pengANGGURAn.

    Berikut deskripsinya:

    – Country of origin: UKRAINA
    – Variety Name: Tuzbordo/Туз Бордо/Ace Bordeaux
    – Parentage: [P8 x pollen mix] – Ripening: (July 24-26)
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile.
    – Color of berry skin: Red
    – Berry weight: 15 gram
    – Bunch weight: 900-1500 gram
    – Taste Berries: Harmonious & pulp is fleshy, skin is not felt when eating
    – Seeded
    – Resistance to : Diseases, kept to -23 ° C

    Deskripsi made in INDONESIA

    by: Om St Alamsyah
    – Nama Varietas: Tuzbordo/Туз Бордо/Ace Bordeaux
    – Country of origin: Ukraina
    – Masa Pematangan buah: 115 – 130hsp
    – Ujicoba Penanaman: 300 mdpl-up
    – Bentuk buah: bulat
    – Rasa: manis lumer dimulut
    – Diameter Buah: 2cm
    – Warna: merah gelap
    – Aroma: tidak kentara
    – Daging Buah: lumer / lembut
    – Berat Tandan: –
    – Berat Butiran: –
    – Brix:
    – Seedless/seeded: seeded
    – Resistance terhadap jamur/air:. Kurang tahan jamur
    – GA3 treatment: no
    – Jenis Rootstock: isabella
    – Dormex pasca pruning: no
    – Tingkat adaptasi: Baik
    – Teknik pruning: cane 10 bud up
    – Lain-lain: termasuk jenis pohon bongsor

    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • Tips & Teknik Grafting Anggur

    Dalam dunia sambung menyambung ada istilah scions ( entres atau batang atas yang dipakai buat sambungan) dan stock atau rootstock ( batang bawah buat nempelin entres).

    Tujuan dilakukanya okulasi adalah:

    1. Memperoleh bibit atau pohon anggur hasil sambungan yang Kita harapkan lebih baik sesuai label varietasnya.
    2. Menjadikan pohon anggur yang lebih vigor dan cepat berproduksi.
    3. Membuat pohon anggur lebih kokoh dan tahan terhadap serangan hama sesuai dengan spesifikasi dan ketahanan rootstock yang digunakan.
    4. Memperbaiki jenis tanaman yang telah tumbuh dengan jenis yang diharapkan.
    5. Menghasilkan pohon anggur dengan berbagai macam jenis varietas bermacam-macam.

    Sebanarnya kalau melihat referensi, batang bawah yang biasa dijadikan rootstock hanya dari varietas tertentu yang spesifikasinya sudah memenuhi standar untuk dijadikan batang bawah dan dari vitis rupertis X riparia atau berlandieri X riparia seperti jenis SO4, Richter, 5BB, 5C, Freedom, Paulsen dll, yang mana sudah diuji karakternya terhadap serangan nematoda, phylloxera dan beradaptasi tinggi terhadap lingkungan setempat.

    Akan tetepi karna jenis diatas sangat sulit didapatkan bahkan mungkin saja belum ada yang punya atau masih disembunyikan :D, maka kita berbondong-bondong mencari solusi penggantinya dan ditemukanlah jenis bandel, kecut, tahan banting, tidak manja, termasuk miss primadona dan rajin berbuah adalah Isabella dari vitis labrusca yang menurut jumhur peng-anggur-an cukup baik digunakan. Ngikut ae lah, heuheuh.

    Back to grafting

    Pada praktek sambung batang anggur ini bisa dilakukan dengan berbagai metode dan variasi. Edisi kali ini akan diambil 2 teknik yang lazim dan tidak begitu sulit dilakukan ” menurut saya” :D

    Sebelumnya persiapkan terlebih dahulu entres dan rootstocknya, untuk entres bisa diambil dari batang muda atau tua tidak masalah dan untuk stock bisa yang sudah berakar (Rootstock), masih cutting/stek atau sudah berupa pohon, yang terpenting usahakan keduanya berdiameter sama atau mendekati.

    Kodenya seperti ini: —>
    Entres batang muda VS Rootstock (Bareroot)
    Entres batang muda VS Pohon (ditempel)
    Entres batang muda VS Cutting Hijau ( Don’t try bisa lembek :D)
    Entres batang tua VS Rootstock
    Entres batang tua VS pohon (ditempel)
    Entres batang tua VS Cutting Tua

    kedua yang harus dipersiapkan adalah pisau tajam/silet/cutter/ golok boleh :D dan tape grafting atau tali plastik buat mengikat. Semua harus bersih dan steril untuk menghindari infeksi bakteri.

    Praktek—>

    1. Model Cleft Graft / V graft
    – Bagian Scions/entres dipotong miring kiri kanan membentuk hurup V
    – Bagian stock dibelah tengah
    – Tempel dan ikat kencang dengan tape grape
    – Done.


    2. Model Whip Graft
    – Bagian sction dipotong miring satu arah
    – Bagian stock dipotong miring satu arah
    – Tempel dan ikat kencang jangan sampai air masuk atau angin :D
    – Done.


    TMA Group

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Viking

    Anggur Jenis viking hasil persilangan Vostorg Krasnyj x Kodrianka. Dengan bentuk buah menarik, rasa manis dan cripsy, viking diantara jenis anggur yang wajib dimiliki setiap pengANGURAan :D.

    Deskripsi:

    – Nama Varietas: VIKING/ВИКИНГ
    – Country of origin: Ukraina
    – Hasil Persilangan: Vostorg Krasnyj x Kodrianka
    – Masa Pematangan buah: Early (100-11O days)
    – Bentuk buah: oval
    – Rasa: manis
    – Diameter Buah: (22 x 34 mm)
    – Warna: Hitam
    – Aroma: Harmonious
    – Kulit Buah: Tipis dengan daging padat
    – Berat Tandan: 500-700 g, up to 1 kg
    – Berat Butiran: 8-13 g
    – seeded: Berbiji
    – Resistance: mildew 3.5-4 points, to oidium – 3 points.
    – Frost resistance: -21 ° C;
    – Pollination Requirements: This Grape is (bisexual)
    – Jenis Rootstock:No
    – Dormex pasca pruning: no
    – Tingkat adaptasi: Baik
    – Teknik pruning: cane and spur

    Deskripsi diatas adalah hasil terjemahan dari situs саженец, jika ada kekeliruan ataupun yang perlu  ditambahkan silahkan masukan dikolom komentar.

Leave a Reply