Manfaat Giberrelin GA3 Untuk Anggur.

Aplikasi Giberrelin GA3 Pada Anggur.

klik gambar untuk zoom

Asam Gibberellic (GA3) adalah senyawa alami/hormon tanaman yang disebut gib-berellins. Ada 2 respont pasca aplikasi GA3 pada cluster yaitu:

Respon Positif:
a. Biasanya anggur kategory seedless (tanpa biji) memiliki ukuran diameter standar secara alami, namun setelah aplikasi gibrelin sering kali secara dramatis meningkatkan size berry. kenapa ? presumably because they partially substitute for the natural production of gibberellins from seeds.

b. Aplikasi GA3 pertama pada waktu midbloom/timing bloom tidak hanya bisa meningkatkan ukuran berry namun pada beberapa varietas tertentu bisa mengurangi jumlah butiran buah per/cluster. Waktu optimum untuk aplikasi dalam upaya meningkatkan ukuran buah sering dilakukan pada timing berry berdiameter 4 sampai 12 mm, dengan 1 atau 2 kali semprot/celup.

c. Aplikasi percobaan GA3 untuk varietas tanpa biji yang sebelumnya belum pernah dilakukan treatment GA3 dengan konsentrasi 40-50 ppm hasilnya cukup efektif, namun kadang hanya 25 ppm yang harus digunakan pada jenis tertentu seperti ‘venesa dan hanya 5 ppm yang dianggap optimal untuk beberapa varietas lainya.

Respon Negatif:
a. Aplikasi GA3 juga memiliki efek negatif pada buah anggur, pengaruh terhadap rasa buah, penuruan ketahanan pada musim dingin dan penurunan tingkat kesuburan. Jadi gunakanlah dengan bijaksana dan sesuai aturan.

b. Regulator pertumbuhan tanaman (PGRs), seperti GA3, diklasifikasikan sebagai pestisida dan mungkin disebagian wilayah tertentu penggunaanya tidak direkomendasikan untuk anggur atau untuk kultivar tertentu.

c. Memiliki efek pada homeostasis redoks, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel (we found that GA3 application had an effect on redox homeostasis, which could potentially cause cell damage and subsequent seed abortion.)

Pertanyaanya adalah Kenapa cluster/tandan buah yang terlalu bergerombol sering kali bermasalah dan membuat buah tidak optimal..?

Karna pada beberapa varietas anggur, ketika set buah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu berdesakan yang berdampak pada buah rentan membusuk dan size tidak serempak. Dengan demikian, kita sering melakukan penjarangan jumlah buah dalam 1 tandan, terutama pada categori table grape. Maka dari itu, penjarangan buah dan aplikasi asam giberelat (GA3), dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal diatas.

Aplikasi & Dosis:

Jumlah GA3 yang dibutuhkan untuk optimalisasi size berry tergantung pada varietas dan beberapa faktor lainnya, namun 10 sampai 60 g /H adalah termasuk tingkat dosis pada umumnya. GA3 juga dapat diterapkan 1x atau beberapa kali pada varietas tertentu.

Waktu aplikasi sangat penting dan juga bervariasi , bagi banyak varietas, aplikasi pertama dilakukan pada awal ketika kondisi bunga mekar (Timing bloom) 50%-90%,  selanjutnya pada timing  size berry, atau ketika diameter buah mencapai sekitar 3-5 mm,6-7mm,4-5mm,8-10mm dan 12-15mm. Telat Aplikasi akan berdampak pada waktu pematangan buah terlambat dan bisa menghambat terhadap penyempurnaan set warna buah.

Pada Anggur seeded(Berbiji) umumnya aplikasi dengan GA3 sekitar tiga minggu sebelum mekar dengan larutan yang mengandung 1 sampai 10 mg/L, hanya hasilnya akan kurang responsif terhadap perlakuan GA3 dibandingkan varietas seedless. Maka dari itu, penggunaan GA3 terhadap jenis anggur berbiji dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran/size buah tidak terlalu banyak dilakukan.

Adapun untuk anggur seedless (Tanpa biji) pada umumnya berlaku antara 0,5 sampai 20 g / hektar dan jenis seedless lebih toleran terhadap GA3 daripada anggur seeded.

Berikut table hasil percobaan terhadap anggur jenis  Berbiji jenis Khoyo-Red Globe-Thomson Seedless

[su_spoiler title="Figure1" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure2" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure3" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure4" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure5" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure6" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler]

Karna artikel ini hasil terjemahan sealakadarnya dari beberapa sumber, jadi jika ada kesalahan terjemah yang kurang sesuai atau informasi yang terlampir kurang tepat dan tidak sama dengan referensi yang om/tante temukan diartikel berbeda, mohon dikoreksi dan diluruskan.

NEXT Article:
-> PGR for improving grape berry color
-> Forchlorfenuron (CPPU), a synthetic cytokinin

TMAGROUP

  • Tips Membuahkan Pohon Angur Supaya Lebat

    Tips Pembuahan
    Ada dua teori penting yang perlu diperhatikan tentang pembuahan pohon anggur.

    • Pembungaan / pembuahan tidak akan optimal kecuali dirangsang (diinduksi).
    • Tidak terjadi pembungaan dikarenakan kondisi cuaca tidak sesuai dan adanya kandungan zat atau jaringan penghambat dalam pohon yang mesti Kita cegah.

     

    Dari kedua teori diatas bisa simpulkan bahwa untuk membuat pohon anggur keluar bunga ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

    1. Stres air ( tidak disiram selama beberapa waktu kalau terkendala hujan bisa direkayasa dengan penutupan bagian perakaran dengan mulsa perak dan memperbaiki drainese.  Stres air sangat penting karna kondisi kering memacu pertumbuhan generatif jadi untuk mengoptimalkan induksi pembungaan, pertumbuham vegetatif harus ditekan semaksimal mungkin.
    2. Mengatur suhu udara, dalam hal ini bisa dilakukan dengan pemasangam green house.
    3. Stabilisasi Ph tanah supaya tetap diantara 6-7 (pemberian dolomit rutin)
    4. Pemberian nutrisi pupuk makro dan mikro (N,P,K,CA,BORON,ZINC,CU,FE dll.)
      Saya sendiri aplikasi pakai NPK, kalium Nitrat (kno3), gandasil D&B. Kcl atau mkp.
    5. Penyemprotan zpt. Hal yang mungkin dilakukan untuk merangsang pembungaan adalah dengan penyemprotan ZPT tujuanya untuk menurunkan enzim proteolitik dan meningkatkan protein yang menunjang terjadinya pembungaan. biasanya saya menggunakan pupuk hantu atau pilih apa saja yang ada ditoko.
    6. Aplikasi teknik girdling.
      Girdling adalah proses menguliti kulit pohon atau cabang yang akan diinduksi pembungaanya selebar 2.5mm tergantung diameter pohonya.Keberhasilan girdling dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kodisi tanaman, waktu yang tepat saat diaplikasikan & prosedur atau tekniknya.Tingkat keberhasilan gridling yaitu pada saat kambium literal aktif dan ketika kulit mudah dikuliti. (sebelum kemarau tiba). Sehinga pemberesihan floem & xilem mudah dilakukan tanpa melukai bagian dalam batang.Ketika Xilem yang berfungsi untuk mengangkut bahan fotosintesis yang berupa mineral dan air dan floem yang berfungsi untuk mengangkut hasil dari fotosintesis berupa nutrsisi makanan dari daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan dihambat dengan proses gridling, maka semua nutrisi akan terfokus dibagian atas pohon anggur karena pertumbuhan vegetatif dan akumulasi karbohidrat dibagian atas akan meningkat. Efeknya dapat merangsang dan mempercepat proses pembungaan. Disamping itu untuk mengoptimalkan berry size, tingkat brix dan color.Untuk memastikan proses pembersihanjaringan floem sempurna, bisa ditunggu sekitar 30 menit kalau masih tersisa segera dibersihkan. Setelah proses selesai biasanya jaringan——–

    TMA-Group

  • Menanam Anggur Bersama TMA (LGT)

    Jika pada event LGT (Lets Grow Together ) sebelumnya masih bergelut seputar menumbuhkan stek/cutting anggur, untuk lgt6 2019 kali ini ada yang berbeda dan lebih menantang bagi para pejuang LGT mengingat target dari perlombaan adalah kwalitas buah.

    Ini menjadi daya tarik bagi penghobi untuk berusaha seoptimal mungkin dan membawa varietas jagoanya dijuara tiga besar.

    Tentunya menjadi juara bukan hal utama yang lebih penting dari itu semua adalah konsistensi & kontinuitas dalam menjalin persatuan dan kebersamaan sehobi sepeng-anggur-an.

    LGT#6 (2019) akan dikemas menjadi dua seri lomba yaitu.

    #SeriA “Lomba membuahkan” dengan bahan pohon induk yang dimiliki setiap peserta
    #SeriB “Lomba membuahkan” dari mulai menanam cutting/grafting

    Berikut syarat & mekanisme #LGT6_SeriA

    1. Bahan & Teknis

    a. Bahan lomba adalah pohon induk yang dimiliki peserta
    b. Umur pohon tidak dibatasi
    c. Varietas bebas (“Lokal/Import”)
    d. Model pruning bebas
    e. Treatment bebas

    2. Kategori Point & Penilaian:
    a. Jumlah tandan/pohon = 20 point
    b. Berat tandan = 25 point
    c. Berat butiran buah = 5 point
    d. Banyak butiran/tandan = 5 point
    e. Kwalitas warna buah = 10 point.
    f. Mulus tidak berjamur 25 point
    g. Dokumentasi + tips diakhir lomba = 10 point

    Kenapa varietasnya bebas …?
    1. Karena tidak setiap orang memiliki induk jenis tertentu.
    2. Supaya lebih variatif mengingat setiap jenis berbeda karakter dan hasil, begitu juga pengaruh alam dan campur tangan pemiliknya.

    Contoh: Peserta No1 memilih varietas A, anggap saja genjah, mudah berbuah, mantep, top markotop bla, bla,bla. Namun hasil akhir belum tentu mendapatkan ke-7 point diatas yang berjumlah 100 point. Semua kemungkinan bisa terjadi meskipun mengandalkan varietas biasa.

    #Pemenang
    adalah yang berhasil mengumpulkan 100 point, jika tidak ada akan diambil yang paling besar. Pertama, kedua dan ketiga.

    #Diskualifikasi
    – Peserta yang pohon anggurnya zonk pasca pruning “tidak membawa bunga”, otomatis dianggap gugur.
    – Peserta yang tidak laporan bulanan otomatis gugur

    #Waktu_Pruning
    Waktu pemangkasan akan diberlakukan awal bulan 3 (maret) sampai akhir. Bagi peserta lomba bisa memilih tanggal tertentu dibulan 3 dan harus mendokumentasikanya untuk laporan pertama.

    #Dana_konstribusi
    Untuk menambah biaya pengadaan hadiah cuma-cuma diakhir lomba, setiap peserta akan dibebani sejumlah Rp. 25.000 (Transfer ke dompet TMA)

    #Hadiah
    Hadiah berupa uang tunai dan pernak pernik lainya akan diinfokan setelah melihat calon terdaftar.

    #Pendaftaran
    Waktu pendaftaran dibuka mulai sekarang dan bisa diajukan dikolom komentar link disini

    dengan format: Nama + Varietas + Umur pohon Contoh: Bayu + Isabela

    Yukk meriahkan LGT kali ini dengan warna warni buah anggur dan ajukan varietas terbaik-mu diajang #LGT6_SeriA.

    #Ketentuan yang dianggap perlu akan ditambahkan kemudian.

    #Silahkan untuk mengajukan saran & pertanyaan jika kurang difahami.

    Tim LGT#6TMAgroup

  • Laporan LGT-1/Bulan Mei

    1. Adji -> Update
    2. Abdul -> diskualifikasi
    3. Ayu -> diskualifikasi
    4. Achmad -> diskualifikasi
    5. Arifin -> diskualifikasi
    6. Andi -> diskualifikasi
    7. Adi RACHMAN -> Update
    8. Agus Purwanto -> Update
    9. Alfa Alfaris -> diskualifikasi
    10. Arya Nareswara -> diskualifikasi
    11. S Hadi -> diskualifikasi
    12. Asgar Ikamaja -> diskualifikasi
    13. sam -> Update
    14. Budiyanto -> Update
    15. Badrudin -> diskualifikasi
    16. cholis -> diskualifikasi
    17. cornelia -> diskualifikasi
    18. Chandra -> diskualifikasi
    19. Dadan -> diskualifikasi
    20. Dodo suhanda -> Update
    21. Domex -> Update
    22. Yuyun -> update
    23. Dewi -> diskualifikasi
    24. Diny -> diskualifikasi
    25. Eri Permadi -> diskualifikasi
    26. Edy kusnanto -> Update
    27. Anwar -> Update
    28. Glondo Wiharto -> Update
    29. Hadian -> diskualifikasi
    30. Hendry -> Update
    31. Hendri Tan -> Update
    32. Husain -> Update
    33. Haris Athok -> diskualifikasi
    34. Hairul -> diskualifikasi
    35. Indra -> Update
    36. Iwan Setiawan -> diskualifikasi
    37. wahyu -> diskualifikasi
    38. Ina YATI -> diskualifikasi
    39. Isnaeni -> diskualifikasi
    40. IHSAN -> diskualifikasi
    41. Jarwanto -> Update
    42. Khurmen -> diskualifikasi
    43. liza -> diskualifikasi
    44. Mara Bunta -> diskualifikasi
    45. Marles -> diskualifikasi
    46. Mey Ridwan -> diskualifikasi
    47. Mulyadi -> Update
    48. Mustakwa -> diskualifikasi
    49. MUhsoni -> diskualifikasi
    50. M aries -> diskualifikasi
    51. M aslam -> diskualifikasi
    52. Maulana widagdo -> update
    53. M Azhar -> Update
    54. Nurdin -> diskualifikasi
    55. Nur Kholis -> diskualifikasi
    56. Nur Ali -> Update
    57. Kang puguh -> diskualifikasi
    58. Robi Obink -> diskualifikasi
    59. Rini syarif -> Update
    60. Romi Ardiansyah -> Update
    61 Rapso diskualifikasi
    62 Resnu Aldin -> diskualifikasi
    63 Rahmat -> diskualifikasi
    64 M sodiq -> diskualifikasi
    65 Rustaman -> Update
    66 Rosyid -> diskualifikasi
    67 Rio Aditya -> Update
    68 Ridwan Thea -> Update
    69 Rizky Eka -> diskualifikasi
    70 Siti Alfiyah -> diskualifikasi
    71 Syamsudin -> diskualifikasi
    72 Sugianto -> diskualifikasi
    73 Sigit- -> diskualifikasi
    74 Suparjan- -> Update
    75. Suntoro -> diskualifikasi
    76 Setyo Wibowo -> diskualifikasi
    77 Syarif Pavin -> diskualifikasi
    78 Samirzon -> Update
    79 Sonny -> diskualifikasi
    80 Taufik Hidayat -> Update
    81 Teguh Riyanto -> diskualifikasi
    82 Tri Wahyuni -> Update
    83 Tarjo -> diskualifikasi
    84 Tutut Setiyani -> diskualifikasi
    85 Uwes Hujjatul -> diskualifikasi
    86 Vitri Anggriani -> Update
    87 Wisbar -> Update
    88 Kang Yadi -> diskualifikasi
    89 Yudi Hariyanto -> diskualifikasi
    90 M.Ardan -> diskualifikasi
    91. yuliastuti -> diskualifikasi
    92. Yusa -> diskualifikasi
    93. Yadi -> diskualifikasi
    94. Yunus -> Update
    95. Yudhi -> Update
    96. Tutin sitianah -> diskualifikasi
    97. Ahmad jauhari -> diskualifikasi
    98. Uli bebek -> diskualifikasi
    99. Kang warso -> diskualifikasi
    100. Lutfhi Alphonso -> diskualifikasi
    101. Yudhi karawang -> update
    102. cipto -> diskualifikasi
    103. Agus susanto -> diskualifikasi
    104. Markus -> diskualifikasi
    105. Nikki Zaen -> Update
    106. Wahid -> diskualifikasi
    107. M yusuf -> Update
    108. Arifin arzi -> diskualifikasi
    109. Dedi heryanto -> Update
    110. supri handoko -> Update
    111. dian triadi -> diskualifikasi
    112. M alatsari -> Update
    113. Rini Djauhari -> diskualifikasi
    114. Febriyanto -> diskualifikasi
    115. Heriyansyah -> diskualifikasi
    116. setiadi -> Update
    117. saiful anwar -> Update
    118. Nurmiati -> diskualifikasi
    119. Wibisini bgm -> Update
    120. Bambang dwi -> Update
    121. Arisun -> diskualifikasi
    122. Aryo -> Update
    123. Eko yulianto -> diskualifikasi
    124. Mansyur -> diskualifikasi
    125. Agus prawijaya -> diskualifikasi
    126. Ade umy -> diskualifikasi
    127. Taroni -> diskualifikasi
    128. Windy dw -> diskualifikasi
    129. Ardiansyah -> diskualifikasi
    130. Kaerudin -> Update
    131. ANANG -> diskualifikasi
    132. Sasa -> Update
    133. Ibad -> diskualifikasi
    134. I made sutarma -> Update
    135. Tini Suwartini -> Update
    136. Yusep -> Update
    137. Dyah layung -> Update
    138. Catur pamungkas -> diskualifikasi
    139. Buyung kurbua -> diskualifikasi
    140. Rahmad HN -> Update
    141. Muslehadi -> Update
    142. M mursyid -> diskualifikasi
    143. HAEDAR IN -> diskualifikasi
    144. Dwi martawi -> Update
    145. Ridwan Effd -> diskualifikasi
    146. Ludiono -> diskualifikasi
    147. Tony -> diskualifikasi
    148. Agus suntoro -> Update
    149. Setia bangun -> diskualifikasi
    150. Openg -> diskualifikasi
    152. Tjom Kaswrin -> Update

    ======================================

    NEXT PESERTA LGT-1 ADALAH 53 ORANG (40% DARI TOTAL PESERTA KESELURUHAN)

    1. Adji -> Update
    7. Adi RACHMAN -> Update
    8. Agus Purwanto -> Update
    13. sam -> Update
    14. Budiyanto -> Update
    21. Domex -> Update
    22. Yuyun -> update
    26. Edy kusnanto -> Update
    27. Anwar -> Update
    28. Glondo Wiharto -> Update
    30. Hendry -> Update
    31. Hendri Tan -> Update
    32. Husain -> Update
    35. Indra -> Update
    41. Jarwanto -> Update
    47. Mulyadi -> Update
    53. M Azhar -> Update
    56. Nur Ali -> Update
    59. Rini syarif -> Update
    60. Romi Ardiansyah -> Update
    65 Rustaman -> Update
    67 Rio Aditya -> Update
    68 Ridwan Thea -> Update
    74 Suparjan- -> Update
    78 Samirzon -> Update
    80 Taufik Hidayat -> Update
    82 Tri Wahyuni -> Update
    86 Vitri Anggriani -> Update
    87 Wisbar -> Update
    94. Yunus -> Update
    95. Yudhi -> Update
    101. Yudhi karawang -> update
    105. Nikki Zaen -> Update
    107. M yusuf -> Update
    109. Dedi heryanto -> Update
    110. supri handoko -> Update
    112. M alatsari -> Update
    116. setiadi -> Update
    117. saiful anwar -> Update
    119. Wibisini bgm -> Update
    120. Bambang dwi -> Update
    122. Aryo -> Update
    130. Kaerudin -> Update
    132. Sasa -> Update
    134. I made sutarma -> Update
    135. Tini Suwartini -> Update
    136. Yusep -> Update
    137. Dyah layung -> Update
    140. Rahmad HN -> Update
    141. Muslehadi -> Update
    144. Dwi martawi -> Update
    148. Agus suntoro -> Update
    152. Tjom Kaswrin -> Update

    ================================

    CATATAN:

    1. LAPORAN INI DIPUBLIKASIKAN/BULAN MEI
    2. JIKALAU ADA PESERTA DENGAN STATUS DISKUALIFIKASI KARNA ADA KESALAHAN DALAM PENGECEKAN SILAHKAN INFO DIKOLOM KOMENTAR.
    3. MULAI SAAT LAPORAN INI DIPUBLIKASIKAN, KEPADA SEMUA NEXT PESERTA UNTUK MEMINDAHKAN BIBITNYA PADA PLANTERBAG/POT SEBAGAIMANA DALAM KETENTUAN.
    4. LAPORAN INI AKAN DIPUBLIKASIKAN SETIAP AWAL BULAN.

    ================================
    SUPAYA TETAP SEMANGAT, INILAH HADIAH LGT PART-1

    JUARA 1:
    1. Bareroot/Fc Akademik/Joy Seedless/Angelica
    2. Bareroot Red Globe
    3. Bareroot Giovani
    4. Bareroot Cardinal
    5. Bareroot Maroo Seedless
    6. Bareroot Red Prince
    7. Bareroot Yelow Belgia
    8. Bareroot Isabela
    9. 1 botol dormex isi 50 ml
    10. 1 sct Ga3 isi 2.5 gram
    11. Beberapa entres varietas RG, Black Autumn, Codrianka, Red Flame Seedles buat bahan grafting.
    12. Grafring modern, galahad, ninel ( donasi om Roni Tiger)
    13. 3 Cutting Souvenir (donasi Om Ahmad Jauhari)
    14. 2 Fc MF (donasi Om Asgar Ikamaja)
    15. Donasi senilai Rp. 100.000

    JUARA2:
    1. Bareroot/Fc Akademik/Joy Seedless/Angelica
    2. Bareroot Red Globe
    3. Bareroot Cardinal
    4. Bareroot Maroo Seedless
    5. Bareroot Red Prince
    6. Bareroot Yelow Belgia
    7. Bareroot Isabela
    8. 1 botol dormex isi 50 ml
    9. Beberapa entres varietas RG, Black Autumn, Codrianka, Red Flame Seedles buat bahan grafting.
    10. Grafring galahad dan ninel ( donasi om Roni tiger)
    11. 1 Cutting Souvenir (donasi Om Ahmad Jauhari)
    12. 2 Fc MF (donasi Om Asgar Ikamaja)
    13. Donasi senilai Rp. 100.000

    JUARA3:
    1. Bareroot Red Globe
    2. Bareroot Giovani
    3. Bareroot Cardinal
    4. Bareroot Maroo Seedless
    5. Bareroot Red Prince
    6. Bareroot Yelow Belgia
    7. Bareroot Isabela
    8. 1 botol dormex isi 50 ml
    9. Grafting ninel (donasi om Roni Tiger)
    10. 1Cutting Souvenir (donasi Om Ahmad Jauhari)
    11. 1 Fc MF (donasi Om Asgar Ikamaja)
    12. Donasi senilai Rp. 100.000

    JUARA FAVORITE:
    #khusus tabulampot favorite akan mendapatkan varietas #hussain_red yg nnti akan tentukan langsung pilihanya sama donatur Om Roni Tiger​.
    DEMIKIAN LAPORAN LGT PART-1, KAMI SEGENAP PANITIA MENGUCAPKAN TERIMAKASIH ATAS PARTISIPASINYA.

    LGT-PART1
    ———
    TMA-GROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Red Globe

    Jenis anggur Red Globe memang sudah sangat familiar dan tidak asing ditelinga kita, ketika musim panen anggur tiba, supermarket lokal sudah pasti dibanjiri jenis hasil import. Meski sudah banyak yang sudah merasakan buah anggur red globe, tapi untuk pemerhati/pecinta masih sangat sedikit yang tertarik menanamnya.

    Berikut sekilas informasi tentang red globe, semoga menjadi bahan pertimbangan bagi yang berniat menanamnya.

    – Nama Varietas: Red Globe
    – Country of origin: USA
    – Masa Pematangan buah: 110-120 HSP
    – Ujicoba Penanaman: 600-800 mdpl
    – Bentuk buah: Bulat/Globe
    – Rasa: Manis
    – Diameter Buah: Koin 500
    – Warna: Merah kalau sudah kematangan menjadi agak gelap.
    – Aroma: Biasa Normal
    – Daging Buah: Padat
    – Brix: minimum 15-17.5° brix.
    – Seedless/seeded: Berniji keras.
    – Resistance terhadap jamur/air: Sensitivity terhadap fungi dan powdery mildew, rawan busuk buah.
    – GA3 treatment: Yes, 40 ppm (pase 6-8 mm timing berry) tapi banyak referensi yang tidak merekomendasikanya.
    – Bud break pasca pruning: Early
    – Jenis Rootstock: no (ownroot)
    – Dormex pasca pruning: yes 2 hsp
    – Tingkat adaptasi: Cukup adaptasi dengan baik terutama untuk dataran rendah
    – Teknik pruning: kolaborasi cane + spur (2-10 bud )

    Keterangan diatas adalah hasil pengamatan & pengalaman , jadi pasti ada banyak ketidak sesuaian dengan deskripsi hasil penanaman dinegara lain (iklim subtropika) terutama untuk brix dan size berry. Namun dengan hasil sekarang meski hanya koleksi 2 induk karna 1 mati mendadak hasilnya lumayan memuaskan.

    Semua kembali kepada tratment & pemeliharaan.

    TMAGROUP

Leave a Reply