Manfaat Giberrelin GA3 Untuk Anggur.

Aplikasi Giberrelin GA3 Pada Anggur.

klik gambar untuk zoom

Asam Gibberellic (GA3) adalah senyawa alami/hormon tanaman yang disebut gib-berellins. Ada 2 respont pasca aplikasi GA3 pada cluster yaitu:

Respon Positif:
a. Biasanya anggur kategory seedless (tanpa biji) memiliki ukuran diameter standar secara alami, namun setelah aplikasi gibrelin sering kali secara dramatis meningkatkan size berry. kenapa ? presumably because they partially substitute for the natural production of gibberellins from seeds.

b. Aplikasi GA3 pertama pada waktu midbloom/timing bloom tidak hanya bisa meningkatkan ukuran berry namun pada beberapa varietas tertentu bisa mengurangi jumlah butiran buah per/cluster. Waktu optimum untuk aplikasi dalam upaya meningkatkan ukuran buah sering dilakukan pada timing berry berdiameter 4 sampai 12 mm, dengan 1 atau 2 kali semprot/celup.

c. Aplikasi percobaan GA3 untuk varietas tanpa biji yang sebelumnya belum pernah dilakukan treatment GA3 dengan konsentrasi 40-50 ppm hasilnya cukup efektif, namun kadang hanya 25 ppm yang harus digunakan pada jenis tertentu seperti ‘venesa dan hanya 5 ppm yang dianggap optimal untuk beberapa varietas lainya.

Respon Negatif:
a. Aplikasi GA3 juga memiliki efek negatif pada buah anggur, pengaruh terhadap rasa buah, penuruan ketahanan pada musim dingin dan penurunan tingkat kesuburan. Jadi gunakanlah dengan bijaksana dan sesuai aturan.

b. Regulator pertumbuhan tanaman (PGRs), seperti GA3, diklasifikasikan sebagai pestisida dan mungkin disebagian wilayah tertentu penggunaanya tidak direkomendasikan untuk anggur atau untuk kultivar tertentu.

c. Memiliki efek pada homeostasis redoks, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel (we found that GA3 application had an effect on redox homeostasis, which could potentially cause cell damage and subsequent seed abortion.)

Pertanyaanya adalah Kenapa cluster/tandan buah yang terlalu bergerombol sering kali bermasalah dan membuat buah tidak optimal..?

Karna pada beberapa varietas anggur, ketika set buah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu berdesakan yang berdampak pada buah rentan membusuk dan size tidak serempak. Dengan demikian, kita sering melakukan penjarangan jumlah buah dalam 1 tandan, terutama pada categori table grape. Maka dari itu, penjarangan buah dan aplikasi asam giberelat (GA3), dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal diatas.

Aplikasi & Dosis:

Jumlah GA3 yang dibutuhkan untuk optimalisasi size berry tergantung pada varietas dan beberapa faktor lainnya, namun 10 sampai 60 g /H adalah termasuk tingkat dosis pada umumnya. GA3 juga dapat diterapkan 1x atau beberapa kali pada varietas tertentu.

Waktu aplikasi sangat penting dan juga bervariasi , bagi banyak varietas, aplikasi pertama dilakukan pada awal ketika kondisi bunga mekar (Timing bloom) 50%-90%,  selanjutnya pada timing  size berry, atau ketika diameter buah mencapai sekitar 3-5 mm,6-7mm,4-5mm,8-10mm dan 12-15mm. Telat Aplikasi akan berdampak pada waktu pematangan buah terlambat dan bisa menghambat terhadap penyempurnaan set warna buah.

Pada Anggur seeded(Berbiji) umumnya aplikasi dengan GA3 sekitar tiga minggu sebelum mekar dengan larutan yang mengandung 1 sampai 10 mg/L, hanya hasilnya akan kurang responsif terhadap perlakuan GA3 dibandingkan varietas seedless. Maka dari itu, penggunaan GA3 terhadap jenis anggur berbiji dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran/size buah tidak terlalu banyak dilakukan.

Adapun untuk anggur seedless (Tanpa biji) pada umumnya berlaku antara 0,5 sampai 20 g / hektar dan jenis seedless lebih toleran terhadap GA3 daripada anggur seeded.

Berikut table hasil percobaan terhadap anggur jenis  Berbiji jenis Khoyo-Red Globe-Thomson Seedless

[su_spoiler title="Figure1" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure2" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure3" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure4" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure5" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure6" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler]

Karna artikel ini hasil terjemahan sealakadarnya dari beberapa sumber, jadi jika ada kesalahan terjemah yang kurang sesuai atau informasi yang terlampir kurang tepat dan tidak sama dengan referensi yang om/tante temukan diartikel berbeda, mohon dikoreksi dan diluruskan.

NEXT Article:
-> PGR for improving grape berry color
-> Forchlorfenuron (CPPU), a synthetic cytokinin

TMAGROUP

  • Catatan Tentang Anggur Julian

    Catatan Tentang Anggur Julian / Юлиан

    Siapa yang sudah menanam jenis ini acung tangan dikolom komentar :D

    Anggur jenis julian termasuk category table grape dengan masa panen cukup early/singkat hanya membutuhkan 95-105 hari. Awal percobaan dikebun ukraina dengan memakai ownroot menghasilkan pertumbuhan yang sangat baik, tandan buah besar dan panjang, bentuk buah anggur hampir mirip buyutnya yaitu jenis Rizamat. Direkomendaskan menggunakan rootstock untuk meningkatkan kwalitas buah yang lebih optimal, dan memang pada kenyataanya jenis julian sangat compitable dengan batang bawah.

    Jenis ini memiliki warna buah merah jamu/pink ketika 100 % matang, dengan ukuran butiran mencapai 42-40 x 26-28 mm, dengan textur daging yang renyah, padat, rasa manis, anggur ini termasuk favorite dikalangan kolektor ukraina.

    Berikut deskripsinya:

    – Country of origin: UKRAINA
    – Variety Name: Julian / Юлиан
    – Parentage: [Kesha × Rizamat] – Ripening period: early 95 – 105 days.
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile.
    – Color of berry skin: Pink.
    – Berry size: 42-40 x 26-28 mm
    – Taste Berries: harmonious and imperceptible skin
    – Rootstock Use : Root-owned but The variety has good compatibility with rootstocks.
    – The bunches: very large
    – Seeded
    – Resistance to : gray rot, mildew, oidium; withstands frost to -24 ° С.

    Deskripsi made in INDONESIA
    by: Om Handika Permana

    – Nama Varietas: Julian
    – Country of origin: ukraina
    – Masa Pematangan buah: 100-110 hsp
    – Ujicoba Penanaman mdpl: kurleb 80mdl
    – Bentuk buah:oval
    – Rasa:manis
    – Warna:hijau kemerahan karna dokumentasi sebelum full matang.
    – Aroma: _
    – Brix: 16-18
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Resistance thdap jamur, air, hama: cukup tahan jamur
    – GA3 treatment: –
    – Tingkat adaptasi: bagus namun pecah krna ujan
    – Perlakuan Teknik pruning: cane
    – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga :
    – Dormex treatment:
    – Berat buah 7-8,5gr

    Photo buah belum 100%matang

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

    Lihat juga deskripsi anggur jenis lainya:

    Catatan Tentang Anggur Bazhena

    Catatan Tentang Anggur Tuzbordo

    Catatan Anggur Jenis Beauty

    Catatan Anggur Red Globe

    Catatan Anggur Galahad (Table Grape)

    Catatan Anggur Black Panther

    Catatan Anggur Schiava Grossa

    Catatan Tentang Anggur Jupiter

    Catatan Tentang Anggur Crimson Seedless

    Catatan Tentang Anggur Julian

    Catatan Anggur Prabu Bestari (Table Grape)

  • 3 Destinasi Wisata Kebun Anggur

    Nah mungpung sebentar lagi tahun baru dan bagi warga TMA yang berniat menghabiskan liburan dikebun anggur, daftar dibawah ini bisa dimasukan agenda target wisata. Tapi jangan lupa jika pulang bawa cutting ya :D.

    1. France

    Data terakhir versi United States Department of Agriculture bahwa Prancis termasuk 10 besar negara penghasil anggur dunia dan disana terdapat sedikitnya 110.000 vineyard (perkebunan anggur) seluas 920.000 hektar yang tersebar di seluruh wilayah.

    Bukan hanya itu, kebun anggur di francis juga menawarkan destinasi wisata untuk penikmat dan pecinta anggur, sebut saja “Les Sources des Caudalies” kawasan yang terletak di kota Bordeaux menyuguhkan pemandangan kebun anggur yang luar biasa, diarea seluas 56 hektar ini, Om/Tante bisa bebas menghabiskan liburan sepuasnya.

    Jangan khawatir tidak mendapatkan pelayanan memuaskan karna disana sudah disediakan hotel paling mewah dan terbaik di Eropa versi majalah Condé Naste Traveller. Penasaran lihat detail

    2. Afrika Selatan

    Afrika selatan termasuk daftar no urut 9 penghasil anggur dunia tahun 2016, jadi tidak heran jika disana banyak destinasi wisata anggur yang disuguhkan untuk memanjakan para pecinta anggur.

    Contohnya penginapan atau kebun anggur Franschoek Pass villa yang terletak dilembah Franschoek Pass. Tempat ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan pemandangan kebun anggur sekaligus salah satu lembah Afrika yang paling spektakuler!. Disini Om/Tante bisa menghabiskan liburan hanya sekedar berjalan-jalan, main golf atau renang dengan panorama alam indah dan menakjubkan. Supaya tidak penasaran kunjungi situs resminya

    3. Australia

    Jika berlibur ke France atau afrika selatan terlalu jauh :D coba dengan destinasi wisata yang lebih dekat, yeah Kita bisa mencoba berlibur ke Australia.

    Kawasan wisata yang Terletak diatas bukit dengan pemandangan ribuan hektar kebun anggur yang subur dirancang dalam gaya kontemporer dengan menyediakan hotel mewah yang memiliki restoran terbaik yang ada di Australia menjadikan target wisata populer. yaitu”the Louise Hotel is at the heart of the Barossa wine country.” visit here

    Tambahkan destinasi wisata terbaik menurut kalian dikomentar.

    TMAGROUP

  • Catatan Anggur Jenis Ruslan

    Dengan tingkat adaptasi dan ketahanan terhadap mildew cukup baik, Jenis hasil dari persilangan Kuban X Zaporozhye Gift” ini sangat diminati dan diburu para petani lokal karena disamping ukuran buah diatas rata-rata, dari segi rasa juga tidak mengecewakan.

    Berikut Deskripsinya:

    – Nama Varietas: Ruslan/РУСЛАН
    – Country of origin: –
    – Hasil Persilangan: Kuban X Zaporozhye Gift
    – Masa Pematangan buah: very early 105-110 days
    – Bentuk buah: oval
    – Rasa: manis
    – Diameter Buah: (22 x 34 mm)
    – Warna: Biru Tua
    – Brix: 17,5
    – Teste: Harmonious
    – Berat Tandan: 700-1500 g
    – Berat Butiran: 12-16 g
    – seeded: Berbiji
    – Resistance: mildew and oidium about 3 points
    – Frost resistance: -21 ° C;
    – Pollination Requirements: This Grape is (bisexual)
    – GA3 treatment: –
    – Jenis Rootstock: –
    – Dormex pasca pruning: –
    – Tingkat adaptasi: Sangat Baik
    – Teknik pruning: –

    Deskripsi diatas adalah hasil terjemahan dari situs саженец.com, jika ada kekeliruan ataupun yang perlu ditambahkan silahkan masukan dikolom komentar.

    Catatan Tentang Anggur Viking

    Catatan Anggur Jenis Velez

    Catatan Anggur Red Globe

    Catatan Anggur Jenis Beauty


    http://tma-group.net/2017/catatan-tentang-anggur-

  • Catatan Anggur Schiava Grossa

    Sekilas tentang anggur Schiava grossa/Black Hamburg/Trolyn.

    Dinegara Jerman nama varietas ini dikenal dengan sinonim Trollinger yang kemungkinan pertama kali ditanam di daerah South Tyrol dan Trentino, kemudian versi lain mengatakan bahwa jenis anggur ini berasal dari negara itailia yang dikenal dengan nama sinonimnya Schiava. Namun saat ini hampir secara eksklusif dibudidayakan diwilayah Württemberg Baden-Württemberg.

    Sebagai anggur meja, varietas ini kadang-kadang dikenal sebagai Black Hamburg dan kadang namanya suka tertukar dengan sinonim serupa yaitu Black Muscat (varietas yang sebenarnya hasil persilangan Trollinger dan Muscat dari Alexandria.

    Berikut deskripsi hasil ujicoba dinegri kita.

    by: Om Jimy

    – Nama Varietas: Schiava grossa/Black Hamburg/Trolyn.
    – Country of origin: Italia
    – Masa Pematangan buah: 120 hari
    – Ujicoba Penanaman:400 mdpl
    – Bentuk buah: bulat
    – Rasa: sedikit asam,dan manis bila pematangan sempurna
    – Diameter Buah: 20mm
    – Warna: Merah keunguan – mendekati hitam.
    – Daging Buah: kulit tebal
    – Berat Tandan: 100-125 gram
    – Brix: 18 -20 brix
    – Seedless/seeded: Seeded
    – Resistance terhadap jamur/air: yellow mildew
    – GA3 treatment: tidak
    – Jenis Rootstock: Roptstock
    – Dormex pasca pruning: no
    – Tingkat adaptasi: adaptif di dataran rendah sampai sedang
    – Teknik pruning: pangkas batang, cane, spur, potes pun jadi. :D

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan.

    Untuk pengembangan dan pemantapan, silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

    Lihat juga deskripsi anggur jenis lainya:

    Catatan Tentang Anggur Ninel

    Catatan Anggur Prabu Bestari (Table Grape)

    Catatan Tentang Anggur Julian

    Catatan Anggur Laura (Table Grape)

    Catatan Tentang Anggur Crimson Seedless

    Catatan Tentang Anggur Jupiter

    Catatan Anggur Schiava Grossa

    Catatan Anggur Black Panther

    Catatan Anggur Galahad (Table Grape)

    Catatan Anggur Red Globe

    Catatan Anggur Jenis Beauty

    Catatan Tentang Anggur Tuzbordo

    Catatan Tentang Anggur Bazhena

    Catatan Tentang Anggur Vanessa

    TMAGROUP