Cara Pemupukan Anggur (TMA)

Cara Pemupukan Anggur.

Pemupukan anggur dari mulai ditanam sampai menginjak masa pembuahan secara continue sangat penting untuk supaya maksimal. Meski kuantitas dan kualitas buah dipengaruhi faktor lain seperti pemangkasan/pruning, namun pemberian nutrisi dan gizi yang diperlukan akan saling berkorelasi dengan teknik pruning yang diterapkan. Sebalumnya bisa baca Teknik Pruning Terbaik 

Baca juga artikel berhubungan Tips Pembuahan Anggur dan Cara Memangkas Anggur 

Dalam masa pertumbuhan awal pohon anggur yang kita tanam sebenarnya sudah cukup dengan pemberian pupuk dasar ketika bibit ditanam seperti pupuk kandang terfrementasi. Tapi setelah tanaman tumbuh besar tentu akan memerlukan nutrisi tambahaan lain yang lebih banyak dari unsur hara yang dibutuhkan. Kadang kita sembrono memberikan pupuk diluar proporsi kebutuhan dengan alasan ingin supaya cepat tinggi dan subur, padahal teknik pemupukan yang baik menurut saya yaitu pemberian unsur hara makro & mikro setelah kita melihat dan mengamati gejala/indikasi kekurangan/kelebihanya pada tanaman tersebut.

Tidak akan efektif ketika tanaman anggur Kita misalkan memiliki daun berwarna hijau tua lalu kita malah menambahkan lagi pupuk kandungan unsur N tinggi, konsekwnesi daun terlalu hijau dan subur akan mudah mengundang hama dan penyakit. Begitu juga sebaliknya, jika keadaan daun anggur kuning kemudian kita pelit memberikan pupuk kadar N tentu kurang bijak karna kurang tepat.

Jadi menurut saya pribadi, semua pupuk itu bagus dan bermanfaat apapun bentuk dan merknya, tinggal kita yang lebih bijak dalam meilih dan memberikan takaran sesuai kebutuhan tanaman anggur kita. Maaf sampai saat ini saya sendiri tidak percaya jika ada yang merekomendasikan merek pupuk tertentu dengan iming bahwa bagus dan bisa membuat pohon anggur lebat. Semua tetap kembali kepada bagaimana kita mengaplikasikannya setelah kita mempelajari karakter tanaman dan pengetahuan tentang unsur hara makro & mikronya.

Berikut catatan saya tentang cara pemupukan yang sudah diaplikasikan pada anggur jenis red globe.

1.  Pemupukan Awal

a. Pupuk kadang + NPK 16:16:16 (Awal penanaman) Pemberian NpK rutin 1 sendok teh setiap 2 minggu.
b. Jika tanaman sudah lumayan besar dan mulai menginjak pase pemotongan primer, tingkatkan NPK 19:19:19, Rutin setiap 2 minggu 1x sampai batas pembentukan sekunder.
c. Jika dalam masa tersebut terindikasi kekurangan unsur hara mikro dan urgent untuk diberikan, segera tambahkan POC daun/Gandasil D dengan harus sangat hati-hati karena biasanya suka OD dan membuat daun gosong. Berikan perlahan dengan dosis rendah.

2. Pemupukan sebelum pangkas pembuahan (setelah pohon anggur benar-benar terbentuk dan memiliki cabang sempurna).

a. Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi ph tanah,
b. pemberian pupuk SP 36 atau MKP 2 sendok/pohon dan KCL 1 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.
c. Stres Air ( selama 2 minggu-1 bulan total tidak dilakukan pengairan dan setelahnya pengairan secara priodik 2 hari 1 x. Dalam masa ini, pohon anggur akan ditandai dengan daun menguning akibat kehausan dan ranting akan menuju proses pematangan berubah warna kecoklatan, berarti pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.

Ya, stres air jika tidak ada hujan atau tanaman berada didalam green house, tips ini sama saja bohong jika hujan terus menerus. :D ya siapa suruh pangkas dimusim hujan. hihi

d. Setelah pemangkasan dilakukan, penyemprotan ZPT/Dormex jika menginginkanya, kemudian tambahkan NPK 19:19:19 + MKP dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.”(setiap pohon bertambah usia tentu dosis pupuk akan ditambah, takaran ini hanya untuk pangkas perdana sesuai umur pohon)Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada sekaligus over dosis.
e. Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk kandungan unsur hara mikro “jika diperlukan atau terindikasi, tapi biasanya tunas-tunas baru akan segar dan tidak akan kekurangan unsur mikro tersebut”
f. Inti dari pemupukan menuju masa generatif usahakan untuk pupuk berkandungan unsur P & K jangan sampai terlewat karna sangat penting.

3. Pasca panen

Setelah masa panen segera tambahkan kembali NPK 19:19:19. Biarkan pohon induk melalui masa istirahat minimal 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali. Ya ibu hamil habis melahirkan saja mesti istiraha tho…

Sekali lagi masalah pemupukan yang baik belum tentu mengasilkan produksi yang baik/pohon anggur berbuah lebat. Jika tidak diimbangin dengan pemangkasan yang baik, ya akan sia-sia. Simpanan nutrisi banyak namun potensi cabang pembawa cluster buah tidak ada maka hasilnya kurang optimal.

TMAGROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Prabu Bestari
    1. Jenis Anggur Prabu Bestari (Table Grape)

    Klik dibagian gambar untuk memperbesar.

    Varietas anggur Prabu Bestar/ Redprince dengan kode aksesi BS89 sudah sejak lama dibudidayakan dikebun display balijestro yang berlokasi di Kp, Banjarsari-Probolinggo-JATIM. Berikut hasil rangkuman dari berbagi sumber tentang spesifikasi jenis prabu bestari

    – Nama Varietas: Redprince / Prabu bestari
    – Kebun Display: Kp, Banjarsari-Probolinggo
    – Pendaftaran Varietas No. 29/PPVHP/2008
    – Kode aksesi: BS89
    – Masa Pematangan buah: 120-135 HSP
    – Penanaman: 300 mdpl
    – Bentuk buah: Bulat Telur
    – Rasa: Manis
    – Warna: Merah
    – Aroma: alami
    – Daya simpan buah anggur ini mencapai 7-14 hari pada suhu ruangan.
    – Brix: 18 – 20 brix
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Rootstock: Isabela
    – Resistance terhadap hama dan ketahanan akar cukup kuat  (ownroot), namun jika kawan2 ingin memakai batang bawah bisa diperaktikan seperti contoh pohon yang ada digambar.
    – GA3 treatment: No
    – Dormex: No
    – Tingkat Adaptasi: Beradaptasi dengan baik disemua wilayah.
    – Training System: Para-para
    – Teknik Pruning: CANE 5-9 bud dengan potensi bud fruitful  berada diurutan mata tunas ke 5 up, bukan berarti urutan 5 kebawah tidak akan membawa cluster buah, namun lebih dominan diangka tersebut. Jadi jika menggunakan teknik cane pruning akan lebih optimal karna kemungkinanya tinggi.

    Demikian sekilas tentang anggur jenis prabu bestari, apakah om/tante tertarik untuk menanamnya..?

    TMAGROUP

  • Laporan Dompet TMA (Desember 2017)

    Selain misi dalam mengajak semua member untuk selalu giat dan semangat dalam menanam anggur, TMA-GROUP berencana mencanangkan program santunan jompo, anak yatim dan piatu yang dananya akan dikumpulkan dari hasil donasi, penjualan dan lelang bibit amal. Kemudian setelah terkumpul dan mencapai angka yang pantas akan disalurkan melalui ketua korda/provinsi masing-masing yang telah ditunjuk dan disepakati.

    Info saldo dompet TMA-GROUP bulan desember 2017.

    KET: PENGAMBILAN DANA GRAFTING (SISA DANA PENDAFTARAN DARI MASING2 KORDA YANG DISIMPAN DALAM REKENING DOMPET TMA) YANG KEMUDIAN DIANGGARKAN BUAT PIALA SEBESAR Rp 200.000 & Hadiah Rp.500.000. UNTUK KEKURANGANYA SUDAH DITUTUP SAMA PANITIA LOMBA.

    Info saldo sebelumnya disini

    DAFTAR PENGURUS:

    -> Kang Yadi (Admin)
    -> Romi Ardiansyah (Admin)
    -> Raspo (Admin)
    -> Rawnaa Na (Admin)
    -> Yuliastuti (Bendahara)
    -> Hasan (Admin)
    -> Bayu W Giri (Admin)
    -> Hen Bobon (Admin)
    -> Ecko (Modrator)
    -> Noory Ali (Moderator)
    -> Windy (Modrator)
    -> Ahmad Syafei (Modrator)

    Rekening A/N Yuli Widi Hastuti (BRI No.6912-01-025971-53-8)
    Link via group facebook disini

    Mari Kita menanam & beramal.
    TMA-GROUP

  • Dokumentasi KORDA

    Markas masing-masing KORDA bisa dikunjungi melalui link berikut:

    Korda KEBUMEN -> KLIK DISINI

    Korda RIAU -> KLIK DISINI

    Korda KARAWANG-> KLIK DISINI

    Korda PALEMBANG -> KLIK DISINI

    Korda KALIMANTAN -> KLIK DISINI

    Korda TANGERANG -> KLIK DISINI

    Korda BOGOR -> KLIK DISINI

    Korda JOGJA -> KLIK DISINI

    Korda SEMARANG -> KLIK DISINI

    Korda NGAPAK -> KLIK DISINI

    Korda MEDAN-> KLIK DISINI

    Korda CIAYUMAJALUNING -> KLIK DISINI

    Korda KEDIRI -> KLIK DISINI

    Korda SUKABUMI -> KLIK DISINI

    Korda NAD -> KLIK DISINI

    Korda NAD 1-> KLIK DISINI

    Korda NAD 2-> KLIK DISINI

    Korda Belitung -> KLIK DISINI

    ——————-
    TMA GROUP

  • Syarat & Ketentuan LGT-4

    PERATURAN LGT-4
    =================

    LGT (Lets Grow Together )adalah program yang rutin diadakan oleh TMA GROUP dalam rangka bersama-sama menanam dan berusaha menumbuhkan stek anggur sampai pohon tersebut benar-benar memiliki cabang/ranting sempurna dan siap dibuahkan
    LGT-4 diisi oleh varietas anggur RUBY SEEDLESS & MU7 dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

    1. Peserta adalah semua anggota TMA.
    2. Peserta mempunyai semangat dalam bercocok tanam & memajukan perANGGURan.
    3. Sanggup mentaati peraturan group dan khususnya lomba yang diselenggarakan.
    4. Lomba berlangsung selama 6 bulan terhitung dari perlombaan dibuka & stek dibagikan ( bulan agustus)
    5. Teknik awal penyemaian bebas suka-suka. Media air, tancap polybag langsung, pendam dll.
    6. Wajib menginformasikan jikalau peserta memundurkan diri diperjalanan lomba.
    7. Dalam jangka 1 minggu dan maksimalnya 2 minggu dari mulai tanam, setiap peserta wajib update proses pertumbuhanya dengan disertakan photo penampakan dikolom khusus yang disediakan setiap bulan.
    8. Media tanam bebas yang penting gembur dan subur kaya akan unsur hara. Bisa campuran tanah, kompos, pukan, sekam bakar atau metan siap saji.
    9. Tidak diperkenankan mengganti stek selain yang telah diberikan.
    10. Bagi yang tidak ada laporan setiap bulan akan masuk diskualifikasi.
    11. Penanaman dalam pot atau tanah langsung tidak termasuk ketentuan. Jadi silahkan berkreasi bebas & suka-suka.
    12. Wajib share tips diakhir lomba dari mulai penanaman, penanganan, dll bagi yang masuk kategori terpilih 1,2 & 3 versi TMA.

    Kriteria Penilaian:

    1. Penilaian akan terfokus pada stuktur pohon anggur, primer, skunder & tersier.
    2. Prioritas bagi yang kedua stek tersebut hidup, tapi bukan berarti layak jikalau pertumbuhanya stagnan. Jadi meskipun 1 stek yang berhasil dipelihara masih banyak kesempatan menjadi terpilih.
    3. Penilaian peserta dalam menggunakan kaidah pruning (pemangkasan) entah spur, cane, atau kolaborasi keduanya akan sangat penting.

    Hadiah:

    -> Terpilih Pertama:

    1. Piala
    2. 3 bibit Red Globe
    3. Souvenir gantungan kunci TMA
    4. Mug sablon TMA
    5. 1 bibit white round malta (dari Om Ahmad Riezqo)
    6. 1 bibit chocolate (dari Om Ahmad Riezqo)

    -> Terpilih Kedua:

    1. Piala
    2. 2 bibit Red Globe
    3. 1 bibit chocolate (dari Om Ahmad Riezqo)
    4. Souvenir gantungan kunci TMA
    5. Mug sablon TMA

    -> Terpilih Ketiga:

    1. Piala
    2. 1 bibit Red Globe
    3. 1 bibit chocolate (dari Om Ahmad Riezqo​)
    4. Souvenir gantungan kunci TMA
    5. Mug sablon TMA

    ——————————
    Kolom laporan perdana diposting melalui link berikut-> https://www.facebook.com/groups/743331959143089/permalink/979734335502849/
    Bagi donatur yang berkenan menambah hadiah sangat diharapkan supaya lebih semangat.

    Kolom laporan bulan september melalui link berikut -> KLIK DISINI 

    Terimakasih kepada relawan khususnya om Yunus Indrapraja​, panitia, donatur dan jajaran pengurus Group TMA.

    TMA GROUP

Leave a Reply