Catatan & Spesifikasi Anggur Velez

VELEZ adalah salah satu jenis anggur Hybrid hasil persilangan Sofia X Rusbol oleh seorang pemulia tanaman anggur Zagorulko Vitaly Vladimirovich dari wilayah Zaporozhye. Jenis ini termasuk koleksi terbaik yang telah memenangkan medali emas pada kompetisi international di Simferopol dan membawanya sebagai jenis anggur paling populer dan memiliki prospek bagus diwilayah CIS Ukraina.

Diantara keunggulan jenis ini diantaranya termasuk kategory very early/pematangan tidak terlalu lama, hanya memakan waktu -+100-105 hari. Ukuran tandan buah beratnya bisa mencapai 1500 gram bahkan sering sekali mencapai ukuran yang sangat fantastik up 3 kg. Ditambah dengan polesan warna kulit luar pink dan bentuk buah oval sudah begitu menjadi daya tarik luar biasa.

Deskripsi:

– Nama Varietas: VELEZ/ВЕЛЕС
– Country of origin: Ukraina
– Masa Pematangan buah: very early (100-105 days)
– Bentuk buah: oval
– Rasa: manis
– Diameter Buah:
– Warna: pink
– Aroma: Muscat flavor
– Kulit Buah: Tipis
– Berat Tandan: 500-1500 g, up to 3 kg
– Berat Butiran: 4-6 g
– seeded: Berbiji
– Resistance terhadap jamur dan oidium: to mildew and oidium 3.5 points
– Frost resistance: -21 ° C;
– GA3 treatment: 40 mg/L (Pre Bloom stage – 10 hari setelahnya)
– Jenis Rootstock:No
– Dormex pasca pruning:
– Tingkat adaptasi: Baik
– Teknik pruning: cane (8 mata tunas)

Deskripsi diatas hanyalah hasil terjemahan dari situs саженец, jika ada kekeliruan ataupun yang perlu ditambahkan silahkan masukan dikolom komentar.

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Prabu Bestari
    1. Jenis Anggur Prabu Bestari (Table Grape)

    Klik dibagian gambar untuk memperbesar.

    Varietas anggur Prabu Bestar/ Redprince dengan kode aksesi BS89 sudah sejak lama dibudidayakan dikebun display balijestro yang berlokasi di Kp, Banjarsari-Probolinggo-JATIM. Berikut hasil rangkuman dari berbagi sumber tentang spesifikasi jenis prabu bestari

    – Nama Varietas: Redprince / Prabu bestari
    – Kebun Display: Kp, Banjarsari-Probolinggo
    – Pendaftaran Varietas No. 29/PPVHP/2008
    – Kode aksesi: BS89
    – Masa Pematangan buah: 120-135 HSP
    – Penanaman: 300 mdpl
    – Bentuk buah: Bulat Telur
    – Rasa: Manis
    – Warna: Merah
    – Aroma: alami
    – Daya simpan buah anggur ini mencapai 7-14 hari pada suhu ruangan.
    – Brix: 18 – 20 brix
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Rootstock: Isabela
    – Resistance terhadap hama dan ketahanan akar cukup kuat  (ownroot), namun jika kawan2 ingin memakai batang bawah bisa diperaktikan seperti contoh pohon yang ada digambar.
    – GA3 treatment: No
    – Dormex: No
    – Tingkat Adaptasi: Beradaptasi dengan baik disemua wilayah.
    – Training System: Para-para
    – Teknik Pruning: CANE 5-9 bud dengan potensi bud fruitful  berada diurutan mata tunas ke 5 up, bukan berarti urutan 5 kebawah tidak akan membawa cluster buah, namun lebih dominan diangka tersebut. Jadi jika menggunakan teknik cane pruning akan lebih optimal karna kemungkinanya tinggi.

    Demikian sekilas tentang anggur jenis prabu bestari, apakah om/tante tertarik untuk menanamnya..?

    TMAGROUP

  • Analisa Usaha Budidaya Anggur
    Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
    Let’s Go Together
     
    #Pendahuluan:
     
    Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
     
    Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
     
    Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
     
    Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
     
    Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
     
    Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
     
    #Kondisi_Alam:
     
    Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
     
    Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
     
    Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
     
    Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
     
    Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
     
    Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
     
    #Tujuan:
     
    Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
     
    – Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
     
    – Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
     
    – Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
     
    – Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
     
    – Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
     
    – Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
    NEXT….
     
    -> KOMPONEN:
    -> METODE PENERAPAN:
    -> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
     
    TMAGROUP
  • Tips Penanganan Bibit Anggur Pasca Pengiriman

    Bibit hidup:

    1. Jika membeli bibit dari seller TMA, usahakan ketika datang diphoto kondisinya kemudian laporkan kepada seller bersangkutan.
    2. Biarkan bibit ditempat wadah dan media bawaanya dan tambahkan media tanam sampai polybag penuh lalu siram.
    3. Sementara hindari kontak langsung berlebihan dengan sinar matahari sampai bibit pulih dari stres kecuali pagi supaya sehat.
    4. Minggu pertama hindari pemberian pupuk kimia.
    5. Jika sudah keluar tunas baru, bibit siap dipindahkan ketempat yang lebih besar.

    Cutting:

    1. Rendam cutting dengan anti jamur jika sebelumnya belum ditreatment.
    2. Sayat bagian bawah cutting bentuk horizontal dan celupkan/oles perangsang akar.
    3. cutting siap disemai.

    Sekian & Semoga membantu.

    Tips lainya tambahkan dikolom komentar.

    TMAGroup.

  • Tips pengendalian antraknosa pada anggur.

    Melakukan pembuahan dimusim hujan mempunyai tantangan tersendiri
    bagi setiap penghobi anggur.Penyakit kadang datang tak diundang pergi tak dihantar :D.

    keaadaan lingkungan dimusim hujan yang support terhadap perkembangan patogen seperti antraknosa
    harus selalu diwaspadai.Tidak menutup kemungkinan hari ini happy besok lemes alias cahuleun :D, kalau tiba-tiba
    buah anggur terindikasi penyakit ini.Ahhh ngeri ngeri sedap :D

    Back to Point…

    Scientific Name : Elsinoe ampelina ( antraknosa/antrak/patek)

    Identifikasi daun:

    – Daun anggur ditandai dengan bintik- bintik kecil, bulat gelap
    – Bintik meluas dan berkembang menjadi berwarna pucat putih dengan tepi berwarna coklat dan kemudian hitam
    – Membentuk lingkaran dan lobang pada daun.
    – Infeksi berat mengakibatkan daun cacat, mengkerut dan drop tanpa didahului menguning.

     

    Identifikasi tunas/shoots/ranting:

    – Membentuk garis lurus memanjang dengan tepi berwarna abu dan coklat kemerahan.
    – infeksi berat mengakibatkan ranting pecah dan rapuh.

     

     

    Identifikasi pada buah:

    – Size berry small (hanya mencapai diameter 6mm)
    – Ditemukan bintik merah melingkar & dibagian tengah lingkaran berwarna abu kehitaman.
    – Exstrimnya buah menjadi retak dan tidak membesar lagi akhirnya gugur.

     

    Masa priode infeksi:

    – Serangan penyakit ini akan dampak pasca pemangkasan ketika daun sudah tumbuh kembali sekitar 4-6 helai.
    – Kondisi rentan serangan terhadap buah sekitar 4 minggu pasca bloom/bunga mekar.

    Tips antisipasi:

    – Selalu rajin menabung, eh maksdnya memperhatikan kondisi daun terutama pada musim hujan.
    – Membuang daun, ranting dan buah ketika terindikasi gejala.
    – Penyemprotan pestisida pungsida seperti antracol secara rutin.Promosi dikit :D gpp.
    Jika suatu saat menemukan gejala seperti diatas/lebih jelasnya lihat contoh digambar, sudah dipastikan merupakan
    serangan antraknosa.

    Sumber gambar-> Ministry Of Agriculture

    TMA-GROUP.

Leave a Reply