Peraturan Lomba Grafting Anggur

KOLOM PENDAFTARAN LOMBA GRAFTING BAREROOT VS SCION (PERORANGAN)
=============================
Terbuka untuk semua warga.

Seperti yang sudah dibahas beberapa hari kebelakang melalui group TMA Tips Menanam Anggur, Bahwa dalam rangka menyambut tahun baru 2018 Kita akan mengadakan edukasi grafting bersama yang dikemas dalam bentuk perlombaan.

#KETENTUAN:

1. Media lomba batang bawah/rootstock menggunakan bareroot/rootstock dipolibag yang sudah berakar maksimal umur 6 bulan.
2. Penanaman dalam pot/planterbag minimal diameter 25 cm (wajib ditandai nama EDUKASI GRAFTING 2018). Penyemaian sementara pasca grafting boleh dipolybag kemudian jika sudah kuat dipindah tempat.
3. Peserta terdaftar wajib memiliki bahan roostock/bareroot sendiri.
4. Jenis Rootstock bebas
5. Jenis scion bebas dengan syarat menyebutkan diawal perlombaan. jika tidak tersidia ada alternatif Jenis Scion menggunakan Transfiguran/luchisty/Jupiter/Bogatyanovsky dari panitia.
6. Setiap calon peserta wajib mencantumkan photo rootstock yang akan diikutsertakan dikolom komentar ketika pendaftaran untuk dilihat kelayakanya.
7. Wajib update laporan dikolom yang akan disediakan dengan catatan setiap pengambilan photo wajib dilokasi yang sama dan dari arah yang sama.

#TEKNIS:

1. Model/cara grafting bebas.
2. Grafting dibagian batang tua (Hardwood)
3. Scion hanya 1 bud/mata
Detail bisa dilihat disini

#KRITERIA_PENILAIAN:

1. Bibit paling tinggi & subur
2. Bibit tidak terindikasi hama/penyakit
3. Diambil 5 besar lalu polling.
4. Pemenang hanya 3 orang 1.2.3.

#HADIAH:

Akan diinformasikan setelah melihat dana dari jumlah peserta.

-> Pembukaan dimulai dari sekarang sampai 25 desember.
-> Dana registrasi wajib Rp.25.000/peserta.
-> Setiap peserta terdaftar akan terus diupdate dikolom komentar ini.
-> Ketentuan yang dianggap perlu akan diupdate kemudian.
-> Durasi 3 bulan minggu pertama januari – april 2018

Link pendaftaran melalui -> DAFTAR

‘Jangan merasa bosan untuk belajar’
—————
TTD
Panitia
cc: All pengurus

  • Tips Membuahkan Pohon Angur Supaya Lebat

    Tips Pembuahan
    Ada dua teori penting yang perlu diperhatikan tentang pembuahan pohon anggur.

    • Pembungaan / pembuahan tidak akan optimal kecuali dirangsang (diinduksi).
    • Tidak terjadi pembungaan dikarenakan kondisi cuaca tidak sesuai dan adanya kandungan zat atau jaringan penghambat dalam pohon yang mesti Kita cegah.

     

    Dari kedua teori diatas bisa simpulkan bahwa untuk membuat pohon anggur keluar bunga ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

    1. Stres air ( tidak disiram selama beberapa waktu kalau terkendala hujan bisa direkayasa dengan penutupan bagian perakaran dengan mulsa perak dan memperbaiki drainese.  Stres air sangat penting karna kondisi kering memacu pertumbuhan generatif jadi untuk mengoptimalkan induksi pembungaan, pertumbuham vegetatif harus ditekan semaksimal mungkin.
    2. Mengatur suhu udara, dalam hal ini bisa dilakukan dengan pemasangam green house.
    3. Stabilisasi Ph tanah supaya tetap diantara 6-7 (pemberian dolomit rutin)
    4. Pemberian nutrisi pupuk makro dan mikro (N,P,K,CA,BORON,ZINC,CU,FE dll.)
      Saya sendiri aplikasi pakai NPK, kalium Nitrat (kno3), gandasil D&B. Kcl atau mkp.
    5. Penyemprotan zpt. Hal yang mungkin dilakukan untuk merangsang pembungaan adalah dengan penyemprotan ZPT tujuanya untuk menurunkan enzim proteolitik dan meningkatkan protein yang menunjang terjadinya pembungaan. biasanya saya menggunakan pupuk hantu atau pilih apa saja yang ada ditoko.
    6. Aplikasi teknik girdling.
      Girdling adalah proses menguliti kulit pohon atau cabang yang akan diinduksi pembungaanya selebar 2.5mm tergantung diameter pohonya.Keberhasilan girdling dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kodisi tanaman, waktu yang tepat saat diaplikasikan & prosedur atau tekniknya.Tingkat keberhasilan gridling yaitu pada saat kambium literal aktif dan ketika kulit mudah dikuliti. (sebelum kemarau tiba). Sehinga pemberesihan floem & xilem mudah dilakukan tanpa melukai bagian dalam batang.Ketika Xilem yang berfungsi untuk mengangkut bahan fotosintesis yang berupa mineral dan air dan floem yang berfungsi untuk mengangkut hasil dari fotosintesis berupa nutrsisi makanan dari daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan dihambat dengan proses gridling, maka semua nutrisi akan terfokus dibagian atas pohon anggur karena pertumbuhan vegetatif dan akumulasi karbohidrat dibagian atas akan meningkat. Efeknya dapat merangsang dan mempercepat proses pembungaan. Disamping itu untuk mengoptimalkan berry size, tingkat brix dan color.Untuk memastikan proses pembersihanjaringan floem sempurna, bisa ditunggu sekitar 30 menit kalau masih tersisa segera dibersihkan. Setelah proses selesai biasanya jaringan——–

    TMA-Group

  • Inilah 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia

    Buah anggur termasuk tanaman paling disukai tidak terkecuali warga TMA, Terdapat ribuan varietas anggur yang berbeda diseluruh dunia.  Selain dimakan secara langsung, anggur bisa kita konsumsi dalam berbagai ragam olahan atau minuman.  Berikut 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia versi TMAGROUP.

    Kapankah Negara Kita akan masuk urutan 5 terbesar ? … Mari semangat menanam


    TMAGROUP

    sumber -> kontan

  • Analisa Usaha Budidaya Anggur
    Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
    Let’s Go Together
     
    #Pendahuluan:
     
    Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
     
    Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
     
    Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
     
    Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
     
    Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
     
    Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
     
    #Kondisi_Alam:
     
    Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
     
    Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
     
    Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
     
    Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
     
    Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
     
    Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
     
    #Tujuan:
     
    Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
     
    – Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
     
    – Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
     
    – Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
     
    – Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
     
    – Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
     
    – Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
    NEXT….
     
    -> KOMPONEN:
    -> METODE PENERAPAN:
    -> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
     
    TMAGROUP
  • Cara Mudah Semai Cutting/Stek Anggur (LENGKAP)

    Banyak cara yang digunakan untuk meyemai cutting/stek anggur berikut media yang digunakan. Mulai dari semai air, pendam dengan cocopeat, sampai tancap masal dalam satu wadah besar. Terlepas dari semua itu, berikut tips semai cutting anggur termudah dengan megunakan media sederhana dan tingkat keberhasilan cukup tinggi.

    By: Hasan

    Media tanam yang digunakan:

    1. Tanah diambil dari bekas galian pohon pisang 25 kg
    2. Kohe kambing 5 kg
    3. Sekam bakar 1/4 karung ukuran 50 kg
    4. Tambahkan EM4 secukupnya kemudian semua media campuran harus didiamkan selama -+ 3 minggu.

    Langkah:

    • Siapkan wadah berisi air sumur, pam atau air hujan, kemudian campurkan fungisida+atonik+B1 sesuai dosis dalam kemasan.
    • Kenali posisi mata tunas jangan sampai terbalik ketika tancap. Bagian bawah biasanya terdapat goresan bekas tangkai daun.
    • Potong bagian bawah cutting sekitar +- 2cm dari mata tunas.
    • Sayat 3 atau 4 goresan pada bagian bawah cutting secara horizontal.
    • Selanjutnya cutting direndam dengan air yang sudah dicampur fungisida selama 1 malam. lalu ketika sudah setelah proses perendaman angkat dan tiriskan.
    • Dihari berikutnya, ambil sedikit air dari sisa rendaman cutting ke dalam wadah secukupnya, Lalu tuangkan perangsang akar bentuk powder/pasta//cair, bebas sesuai yang dipesiapkan kemudian aduk hingga merata.
    • Rendam bagian bawah cutting dengan larutan perangsang akar beberapa saat sekitar 1/2jam, kemudian angkat dan diamkan selama beberapa saat.
    • Selanjutnya bungkus bagian atas cutting dengan plastik wrap/parfilm/lilin untuk menjaga kelembaban ketika kita semai.
    • Sediakan wadah semai berupa polybag atau cup pop ice atau apa saja yang bisa dipergunakan untuk penyemaian.
    • Masukan media tanam yang sudah kita persiapkan kedalam polibag lalu padatkan, pastikan media benar-benar padat dengan cara menekanya dengan jari. Cutting siap disemai.

    Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply