Peserta LGT-4 November

Berikut nama peserta LGT-4 yang berhasil melanjutkan perlombaan. Bagi peserta yang belum tercatat No ID member atau belum terdaftar harap diinformasikan dikolom komentar.

[table id=1 /]

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Queen Nina

    Catatan Tentang Anggur Queen Nina

    Queen Nina adalah varietas anggur yang direlease pada tahun 1992 oleh National Agriculture and Food Research Organization, Institute of Fruit Tree Science, Akitsu (NIFTS) Jepang. Awal percobaan masal yang diuji di 36 lokasi pada tahun 2010-2004 yang kemudian pada tahun 2009 mendapat SK pelepasan sebagai anggur pilihan dan rekomendasi dengan daftar No. 20733 dibawah pengawasan ‘The Plant Variety and Seedling Act of Japan’

    Queen Nina hasil persilangan Akitsu-20 X Aki Queen’ yang mana Akitsu-20 sendiri adalah anggur hibryd hasil silang ‘Benizuiho’ × ‘Hakuho’. Buah dengan ukuran cukup besar Ini memiliki rasa manis, renyah, warna kulit merah, butiran buah mencapai 15 sampai 20 g dengan tingkat konsentrasi keasaman sangat rendah. Meskipun pada awalnya tergolong seedeed ‘berbiji namun berhasil dikonversi menjadi seedless dengan aplikasi GA3 pada stage full bloom + 15 hari dan hasil setelahnya menjadi varietas unggulan seedless.

    Pematangan pada akhir Agustus sampai awal September di Akitsu sekitar 4-7 hari lebih dini dari jenis Kyoho dan Pione. Ketahanan terhadap cuaca exstrim dingin diperkirakan cukup kuat daripada ‘Kyoho’, dan terkait perlakuan penjarangan Kluster bunga sangat direkomendasikan untuk mendapatkan kluster yang menarik selayaknya kultivar komersial lainya di Jepang.

    Deskripsi:

    – Prime name: QUEEN NINA (4N)
    – Color of berry skin: ROUGE
    – Variety number VIVC: 24056
    – Country of origin of the variety: JAPAN
    – Location of publication : Tsukuba
    – Species : VITIS INTERSPECIFIC CROSSING
    – Pedigree as given by breeder/bibliography: AKITSU 20 X AKI QUEEN
    – Prime name of parent 1: AKITSU 20 (4N)
    – Prime name of parent 2: AKI QUEEN (4N)
    – Year of crossing: 1992

    Mari kita lihat Deskripsi (made in indonesia)

    by: Om Handika Permana
    – Nama Varietas: QUEEN NINA
    – Country of origin:jepang
    – Masa Pematangan buah:100hsp
    – Ujicoba Penanaman mdpl: kurleb 80
    – Bentuk buah:bulat-oval
    – Rasa:manis
    – Warna:merah
    – Aroma:_
    – Brix:16-20
    – Seedless atau seeded:seeded
    – Resistance thdap jamur, air, hama:cukup tahan jamur
    – GA3 treatment:no
    – Tingkat adaptasi:bagus
    – Perlakuan Teknik pruning: sekedar potes
    – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga :
    – Dormex treatment:no
    – Berat buah 7,9-10gr

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • Selfie Terkece dan Terkeren versi TMA

    Setelah ditutupnya lomba selfie terkece versi TMA minggu kemarin yang hasil pilihan panitia tungal ‘Om Mas Ben menjagokan Tant Dewi Septiana Sulira sebagai urutan pertama.

    Karna Momen seperti ini mungkin sulit untuk diulangi lagi, maka Panitia berinisiaif mendokumentasikan karna bisa dibilang cukup spesial dan merupakan lomba selfie perdana yang diselenggarakan.

    Nah yuk bagi kita yang belum lihat bagaimana photo-photo kece dan kerenya mereka :D, lihat satu2. Klik untuk zoom gambar

    Gambar lagi diperbaiki.

  • Catatan & Deskripsi Anggur Transfiguration

    Belum kumplit jika Anda sebagai Kolektor belum menanam jenis ini, ya Transfiguration sudah sangat populer dikalangan pecinta anggur. Rasa buah tidak kalah dengan jenis lain, manis, warna menarik, sudah sangat beradaptasi ditanam diberbagai daerah dan mudah berbuah. Tidak heran jika sebagai pemula yang baru mengenal anggur akan mendapat rekomendasi menanam jenis ini.

    Ayo hiasi pekarangan rumah Anda dengan menanam anggur jenis Transfiguration, dijamin akan membuat perhatian orang lewat.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Transfiguration
    Warna buah: Merah kekuningan
    Bentuk: Oval
    Rasa: manis
    Berat tandan: 1000gram
    Berat butiran: 13-20gram
    Diameter rata2 buah: 2,5-3,5 cm
    Brix: 20-23%
    Pematangan: 110-120 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

    Lihat videonya dilink berikut YOUTUBE

    Bergbung dengan group Tips Menanam Anggur

    TMAgroup

  • Revisi Free Market (TMA)

    Revisi Free Market (TMA)
    ====================
    Mohon dibaca dengan baik.

    Berawal dari banyaknya member yang mengajukan diri untuk berpartisipasi menjadi seller dan kemudian TMA masih belum bisa menerimanya mengingat banyak syarat yang belum terpenuhi sebagaimana ketentuan.

    Namun disisi lain, TMA juga tidak ingin menutup jalan rezeki seseorang dan dirasa kurang fair jika ada kesan pilih kasih. Maka dari itu TMA membuat kebijakan baru untuk peraturan #FREE_MARKET dan semoga menjadi jalan penengah supaya lebih nyaman bagi semua pihak.

    Berikut revisi peraturan FM untuk acuan kedepan:

    #Ketentuan
    ==========
    1: Free market adalah program bulanan yang diadakan setiap satu minggu diawal bulan pertama dibawah pengawasan komunitas group. FM merupakan solusi bagi setiap warga yang berkeinginan mempromosikan lapaknya dari mulai bibit anggur, alat pertanian dan pupuk.

    Peraturan free market secara spesifik diatur dalam point berikut:

    #a: Pelapak menggunakan akun asli dengan nama manusia bukan tumbuhan, hewan atau sejenisnya. FM akan menolak akun yang diluar ketentuan.

    #b: Pelapak adalah member aktif digroup, bukan yang muncul tiba-tiba ketika FM berjalan.

    #c: Pelapak selain seller TMA hanya sebatas promosi dijadwal FM, jika dalam komentar diluar jadwal FM terdeteksi promosi akan dibanned.

    #d: Produk/Item yang dijual berupa peralatan tani, pupuk, obat pertanian, bibit anggur berupa cutting, bibit hidup hasil grafting, hasil cutting, cangkok atau bahkan dongkelan.

    #e: Hanya promosi bulanan dengan batas waktu promosi -+1 minggu (Produk ditawarkan dikolom yang akan disediakan setiap tanggal 1)

    #f: Wajib mencantumkan harga, deskripsi dan pendukung lainya jika diperlukan.

    #g: Wajib matermark photo produk dengan nama free market

    #h: Setiap pelaku yang berpartisipasi dalam program free market wajib bertanggung jawab atas keaslian dan kwalitas produk yang dijual sesuai spesifikasi yang ditawarkan.

    #i: Terkait sumber bibit yang diperjual belikan dikomunitas, baik berasal dari menanam sendiri, reseller, import sendiri dan lainya adalah diluar pengetahuan dan tanggung jawab group.

    #Persyaratan Bibit
    ===============
    #a: Untuk kategory bibit hidup asal grafting, minimal umur 2,5 bulan HSS (hari setelah sambung)

    #b: Untuk kategory bibit hidup asal cutting ,minimal umur 4 bulan & akar sdh keluar dr polybag.

    #c: Untuk category bibit bareroot (cabutan) minimal umur 6 bulan dan akar sudah gondrong.

    #d: Untuk kategory cutting, minimal 3 bud dengan diameter pensil & sudah berkayu. Wajib treatment pungsida & rooting up dan didistribusikan maksimal 2 hsp atau sebelum FM ditutup.

    #e: Untuk category bibit cangkok tidak diperbolehkan FC (masih fresh). Wajib sudah disimpan terlebih dahulu minimal 2 bulan dan sudah berdaun baru.

    #Harga
    ======
    a: Bibit anggur

    Pada dasarnya TMA tidak berhak untuk mengatur dan menentukan harga bibit karena itu merupakan hak seller dimedia manapun promosi termasuk TMA. Namun dalam hal ini group bertanggung jawab mengatur urusan internal supaya tertib dan teratur. TMA sendiri disamping kordinasi dengan berbagai seller terkait , akan terus mengikuti perkembangan harga pasar diberbagai group anggur dan media lainya.

    Harga bibit anggur standar pasar yang sudah berjalan yaitu:

    #Bibit category import

    – Cutting Rp. 25.000
    – Bibit asal grafting Rp. 125.000
    – Bibit hidup asal cutting Rp. 125.000
    – Bibit bareroot (cabutan) Rp. 150.000
    – Bibit hidup asal cangkok Rp. 150.000
    – Bibit asal dongkelan belum ada ketentuan karna masih jarang.

    #Bibit category lokal

    – Cutting Rp. 10.000
    – Bibit hidup asal cutting Rp. 45.000
    – Bibit bareroot (cabutan) Rp. 125.000
    – Bibit hidup asal cangkok Rp. 100.000
    – Bibit asal dongkelan Rp. 250.000

    b: Non bibit
    Harga produk non bibit tidak diatur dalan ketentuan FM, silahkan diajukan harga terbaiknya.
    Harga diatas adalah harga minimal yang wajib tercantum dilapak FM, adapun jika ada penawaran harga khusus via inbox, itu urusan buyer dan seller.

    2. Postingan FM berupa album, jadi setiap pelapak yang menawarkan produknya untuk menambahkan foto kedalam album supaya memudahkan monitoring dan tidak tercampur sama pelapak lain dalam satu komentar

    3. Batas waktu free market 5 hari dimulai dari tanggal 1-5

    4. TMA akan mengambil fee 5% dari total transaksi setiap pelapak yang akan dimasukan saldo DOMPET Group untuk kepentingan sosial.

    5: Dana transaksi melalui rekening pengurus (Opsional) bagi pembeli yang merasa kurang yakin jika pelapak belum dikenal bisa menggunakan fasilitas ini.

    #Bank BTPN Wow
    Nomor: 081542975046
    A.n Wibisono Bayu Giri Murti

    jika memakai fasilitas rekening bersama ada tambahan biaya trex ke seller 6500 + 5% fee buat Dompet Group.

    #Pelanggaran yang dilakukan diluar ketentuan diatas termasuk transaksi tidak amanah akan ditindaklanjuti dengan pemblokiran.
    #Ketentuan ini berlaku untuk FM bulan juli dan selanjunya jadi Siapkan produk terbaiknya.
    #Jika terjadi komplen akibat packing kurang baik atau bibit tidak sesuai yang ditawarkan, entah kesalahan varietas atau keluar dari deskripsi produk, maka pelapak wajib menggantinya 100%.

    14-Juni-2018
    ——-
    TTD
    TMA GROUP

Leave a Reply