Cara pangkas anggur yang baik

Pruning adalah suatu proses pemangkasan dan pemeliharaan pohon anggur dari mulai pembentukan dimasa vegetatif sampai seterusnya yang diawali dengan pemotongan batang primer/utama setelah mencapai ketinggian para-para yang tujuanya untuk supaya batang utama tersebut tidak memanjang lagi dan untuk merangsang tumbuhnya cabang kedua/sekunder yang nantinya akan diatur dan diarahkan kearah berbeda. Saat cabang sekunder mencapai panjang 2 meter, ujungnya harus dipotong agar tumbuh cabang ketiga yaitu tersier selanjutnya pemangkasan pruduksi/pembuahan pada saat pohon anggur sudah sempurna atau memiliki cabang kedua dan ketiga.

Untuk mengoptimalkan pemeliharaan dan pemangkasan didalam upaya peningkatan kwalitas dan kuantitas produksi pohon anggur, sebaiknya menerapkan metode yang sudah teruji dilapangan yaitu perpaduan antara spur dan cane.

Pertama: Spur adalah timing backto 2 bud ( pemangkasan cabang ketiga/tersier dengan menyisakan 2 mata tunas yang kedua mata tunas tersebut akan selalu diremajakan disetiap pemangkasan)

langkah pemangkasan model spur:

kedua: Cane adalah pemangkasan dicabang ketiga/tersier dengan menyisakan 8-12 mata tunas yang secara praktek sama dengan metode spur.
Langkah pemangkasan model cane:

All For Grape.

  • Management Practices & Grapevine Nutrition
  • Revisi Free Market (TMA)

    Revisi Free Market (TMA)
    ====================
    Mohon dibaca dengan baik.

    Berawal dari banyaknya member yang mengajukan diri untuk berpartisipasi menjadi seller dan kemudian TMA masih belum bisa menerimanya mengingat banyak syarat yang belum terpenuhi sebagaimana ketentuan.

    Namun disisi lain, TMA juga tidak ingin menutup jalan rezeki seseorang dan dirasa kurang fair jika ada kesan pilih kasih. Maka dari itu TMA membuat kebijakan baru untuk peraturan #FREE_MARKET dan semoga menjadi jalan penengah supaya lebih nyaman bagi semua pihak.

    Berikut revisi peraturan FM untuk acuan kedepan:

    #Ketentuan
    ==========
    1: Free market adalah program bulanan yang diadakan setiap satu minggu diawal bulan pertama dibawah pengawasan komunitas group. FM merupakan solusi bagi setiap warga yang berkeinginan mempromosikan lapaknya dari mulai bibit anggur, alat pertanian dan pupuk.

    Peraturan free market secara spesifik diatur dalam point berikut:

    #a: Pelapak menggunakan akun asli dengan nama manusia bukan tumbuhan, hewan atau sejenisnya. FM akan menolak akun yang diluar ketentuan.

    #b: Pelapak adalah member aktif digroup, bukan yang muncul tiba-tiba ketika FM berjalan.

    #c: Pelapak selain seller TMA hanya sebatas promosi dijadwal FM, jika dalam komentar diluar jadwal FM terdeteksi promosi akan dibanned.

    #d: Produk/Item yang dijual berupa peralatan tani, pupuk, obat pertanian, bibit anggur berupa cutting, bibit hidup hasil grafting, hasil cutting, cangkok atau bahkan dongkelan.

    #e: Hanya promosi bulanan dengan batas waktu promosi -+1 minggu (Produk ditawarkan dikolom yang akan disediakan setiap tanggal 1)

    #f: Wajib mencantumkan harga, deskripsi dan pendukung lainya jika diperlukan.

    #g: Wajib matermark photo produk dengan nama free market

    #h: Setiap pelaku yang berpartisipasi dalam program free market wajib bertanggung jawab atas keaslian dan kwalitas produk yang dijual sesuai spesifikasi yang ditawarkan.

    #i: Terkait sumber bibit yang diperjual belikan dikomunitas, baik berasal dari menanam sendiri, reseller, import sendiri dan lainya adalah diluar pengetahuan dan tanggung jawab group.

    #Persyaratan Bibit
    ===============
    #a: Untuk kategory bibit hidup asal grafting, minimal umur 2,5 bulan HSS (hari setelah sambung)

    #b: Untuk kategory bibit hidup asal cutting ,minimal umur 4 bulan & akar sdh keluar dr polybag.

    #c: Untuk category bibit bareroot (cabutan) minimal umur 6 bulan dan akar sudah gondrong.

    #d: Untuk kategory cutting, minimal 3 bud dengan diameter pensil & sudah berkayu. Wajib treatment pungsida & rooting up dan didistribusikan maksimal 2 hsp atau sebelum FM ditutup.

    #e: Untuk category bibit cangkok tidak diperbolehkan FC (masih fresh). Wajib sudah disimpan terlebih dahulu minimal 2 bulan dan sudah berdaun baru.

    #Harga
    ======
    a: Bibit anggur

    Pada dasarnya TMA tidak berhak untuk mengatur dan menentukan harga bibit karena itu merupakan hak seller dimedia manapun promosi termasuk TMA. Namun dalam hal ini group bertanggung jawab mengatur urusan internal supaya tertib dan teratur. TMA sendiri disamping kordinasi dengan berbagai seller terkait , akan terus mengikuti perkembangan harga pasar diberbagai group anggur dan media lainya.

    Harga bibit anggur standar pasar yang sudah berjalan yaitu:

    #Bibit category import

    – Cutting Rp. 25.000
    – Bibit asal grafting Rp. 125.000
    – Bibit hidup asal cutting Rp. 125.000
    – Bibit bareroot (cabutan) Rp. 150.000
    – Bibit hidup asal cangkok Rp. 150.000
    – Bibit asal dongkelan belum ada ketentuan karna masih jarang.

    #Bibit category lokal

    – Cutting Rp. 10.000
    – Bibit hidup asal cutting Rp. 45.000
    – Bibit bareroot (cabutan) Rp. 125.000
    – Bibit hidup asal cangkok Rp. 100.000
    – Bibit asal dongkelan Rp. 250.000

    b: Non bibit
    Harga produk non bibit tidak diatur dalan ketentuan FM, silahkan diajukan harga terbaiknya.
    Harga diatas adalah harga minimal yang wajib tercantum dilapak FM, adapun jika ada penawaran harga khusus via inbox, itu urusan buyer dan seller.

    2. Postingan FM berupa album, jadi setiap pelapak yang menawarkan produknya untuk menambahkan foto kedalam album supaya memudahkan monitoring dan tidak tercampur sama pelapak lain dalam satu komentar

    3. Batas waktu free market 5 hari dimulai dari tanggal 1-5

    4. TMA akan mengambil fee 5% dari total transaksi setiap pelapak yang akan dimasukan saldo DOMPET Group untuk kepentingan sosial.

    5: Dana transaksi melalui rekening pengurus (Opsional) bagi pembeli yang merasa kurang yakin jika pelapak belum dikenal bisa menggunakan fasilitas ini.

    #Bank BTPN Wow
    Nomor: 081542975046
    A.n Wibisono Bayu Giri Murti

    jika memakai fasilitas rekening bersama ada tambahan biaya trex ke seller 6500 + 5% fee buat Dompet Group.

    #Pelanggaran yang dilakukan diluar ketentuan diatas termasuk transaksi tidak amanah akan ditindaklanjuti dengan pemblokiran.
    #Ketentuan ini berlaku untuk FM bulan juli dan selanjunya jadi Siapkan produk terbaiknya.
    #Jika terjadi komplen akibat packing kurang baik atau bibit tidak sesuai yang ditawarkan, entah kesalahan varietas atau keluar dari deskripsi produk, maka pelapak wajib menggantinya 100%.

    14-Juni-2018
    ——-
    TTD
    TMA GROUP

  • Peraturan Lomba Grafting Anggur

    KOLOM PENDAFTARAN LOMBA GRAFTING BAREROOT VS SCION (PERORANGAN)
    =============================
    Terbuka untuk semua warga.

    Seperti yang sudah dibahas beberapa hari kebelakang melalui group TMA Tips Menanam Anggur, Bahwa dalam rangka menyambut tahun baru 2018 Kita akan mengadakan edukasi grafting bersama yang dikemas dalam bentuk perlombaan.

    #KETENTUAN:

    1. Media lomba batang bawah/rootstock menggunakan bareroot/rootstock dipolibag yang sudah berakar maksimal umur 6 bulan.
    2. Penanaman dalam pot/planterbag minimal diameter 25 cm (wajib ditandai nama EDUKASI GRAFTING 2018). Penyemaian sementara pasca grafting boleh dipolybag kemudian jika sudah kuat dipindah tempat.
    3. Peserta terdaftar wajib memiliki bahan roostock/bareroot sendiri.
    4. Jenis Rootstock bebas
    5. Jenis scion bebas dengan syarat menyebutkan diawal perlombaan. jika tidak tersidia ada alternatif Jenis Scion menggunakan Transfiguran/luchisty/Jupiter/Bogatyanovsky dari panitia.
    6. Setiap calon peserta wajib mencantumkan photo rootstock yang akan diikutsertakan dikolom komentar ketika pendaftaran untuk dilihat kelayakanya.
    7. Wajib update laporan dikolom yang akan disediakan dengan catatan setiap pengambilan photo wajib dilokasi yang sama dan dari arah yang sama.

    #TEKNIS:

    1. Model/cara grafting bebas.
    2. Grafting dibagian batang tua (Hardwood)
    3. Scion hanya 1 bud/mata
    Detail bisa dilihat disini

    #KRITERIA_PENILAIAN:

    1. Bibit paling tinggi & subur
    2. Bibit tidak terindikasi hama/penyakit
    3. Diambil 5 besar lalu polling.
    4. Pemenang hanya 3 orang 1.2.3.

    #HADIAH:

    Akan diinformasikan setelah melihat dana dari jumlah peserta.

    -> Pembukaan dimulai dari sekarang sampai 25 desember.
    -> Dana registrasi wajib Rp.25.000/peserta.
    -> Setiap peserta terdaftar akan terus diupdate dikolom komentar ini.
    -> Ketentuan yang dianggap perlu akan diupdate kemudian.
    -> Durasi 3 bulan minggu pertama januari – april 2018

    Link pendaftaran melalui -> DAFTAR

    ‘Jangan merasa bosan untuk belajar’
    —————
    TTD
    Panitia
    cc: All pengurus

  • Media Tanam Anggur Terbaik

    Media tanam anggur terbaik (versi TMA)

    Artikel ini sebenarnya sudah ada dalam artikel Tips Pembibitan Anggur hanya sedikit perapihan dan modifikasi supaya lebih spesifik.

    Baca juga 3 Cara Kreatif Menanam Anggur

    Dalam Memilih dan menentukan struktur tanah sebagai media tanam sangatlah penting, mengingat bahwa proses pertumbuhan akar suatu tanaman merupakan cermin dari akar sehat dalam memberikan hasil maksimal.

    Media tanam senantiasa disesuaikan dengan karakteristik jenis tanamanya, media padat atau terlalu poros sering sekali menjadi faktor penyebab tanaman anggur kita tidak dapat tumbuh dengan baik. Ya, permasalahan serius akan berdampak pada tanaman anggur Kita stagnan ataupun busuk akar. Memang banyak alasan, namun secara umum yang menjadi pemicu tersebut biasanya dari media tanam yang kita gunakan.

    Nah, untuk itu dalam membuat/mencampur komposisi bahan-bahan yang akan kita jadikan media sebaiknya menjadi bahan pertimbangan terutama untuk media tabulampot dan polybag. Bagi kawan-kawan bisa mencoba resep berikut sesuai pengalaman pribadi, siapa tahu cocok dan berhasil.

    METAN (Media tanam) pilihan:

    1. Tanah gembur (Om/tante bisa mengambilnya dari daerah yang banyak ditanami bamboo/jagung atau tanah bekas ditumbuhin tanaman berakar serabut seperti bekas menanam bawang, cabe, kentang dll.
    2. Kompos / Bokashi (pupuk kandang terfermentasi)
    3. Arang sekam
    4. Cocopeat atau sabut kelapa yang dihaluskan
    5. dolomit / kapur pertanian secukupnya
    6. Pupuk kandang terfrementasi
    7. Tambkan NPK 16:16:16

    perbandinga tanah2 : kompos2: arang sekam1: cocopeat1: pukan1:
    Aduk semua media dan simpan selama -+2 minggu baru siap digunakan.

    TMAGROUP

10 thoughts on “Cara pangkas anggur yang baik

Leave a Reply