Cara pangkas anggur yang baik

Pruning adalah suatu proses pemangkasan dan pemeliharaan pohon anggur dari mulai pembentukan dimasa vegetatif sampai seterusnya yang diawali dengan pemotongan batang primer/utama setelah mencapai ketinggian para-para yang tujuanya untuk supaya batang utama tersebut tidak memanjang lagi dan untuk merangsang tumbuhnya cabang kedua/sekunder yang nantinya akan diatur dan diarahkan kearah berbeda. Saat cabang sekunder mencapai panjang 2 meter, ujungnya harus dipotong agar tumbuh cabang ketiga yaitu tersier selanjutnya pemangkasan pruduksi/pembuahan pada saat pohon anggur sudah sempurna atau memiliki cabang kedua dan ketiga.

Untuk mengoptimalkan pemeliharaan dan pemangkasan didalam upaya peningkatan kwalitas dan kuantitas produksi pohon anggur, sebaiknya menerapkan metode yang sudah teruji dilapangan yaitu perpaduan antara spur dan cane.

Pertama: Spur adalah timing backto 2 bud ( pemangkasan cabang ketiga/tersier dengan menyisakan 2 mata tunas yang kedua mata tunas tersebut akan selalu diremajakan disetiap pemangkasan)

langkah pemangkasan model spur:

kedua: Cane adalah pemangkasan dicabang ketiga/tersier dengan menyisakan 8-12 mata tunas yang secara praktek sama dengan metode spur.
Langkah pemangkasan model cane:

All For Grape.

  • 3 Penyebab Gagal Menanam Anggur

    1. Pesimistis
    Tidak sedikit kawan-kawan yang baru mengenal tanaman anggur merasa putus asa dan hilang semangat ketika pohon anggur kesayanganya tidak sesuai harapan. Proses dari menumbuhkan stek sampai pohon dewasa tidak semudah membalikan telapak tangan, bahkan mulai memelihara dari yang sudah hidup juga pasti banyak kendala.

    Kita semua mungkin berpotensi dihadapkan rasa pesimistis dan tidak lagi memiliki semangat menanam anggur. Ya, itu manusiawi dan wajar. Untuk selalu konsisten dan mempunyai jiwa pengANGGURan sejati, ada beberapa tips yang akan membantu motivasi ketika semangat mulai kendor.

    1.) Silaturahmi antar pengANGGURan. Tips ini sangat jitu dan bermanfaat karna mengandung nilai positif dan bisa merangsang kembal semangat menanam.
    interaksi dan saling memotivasi secara langsung akan lebih baik untuk menumbuhkan kembali gairah yang sempat hilang.

    2.) Aktif diberbagai group tanaman anggur. Ini penting karena disamping saling berbagi tips dan wadah berdiskusi, group juga sebagai sarana informasi.

    2. Tidak ada kemauan
    ‘Where there is a will there is a way’. Kenapa kita menanam anggur? karna kita ingin semua orang tahu bahwa anggur bisa berbuah, karna kita suka buah anggur,
    karna untuk peneduh pekarangan, karna kita suka koleksi anggur, atau mungkin karna kita mau membuka agrowisata anggur.

    “well, semua orang pasti punya alasan masing-masing. Intinya ada kemauan yang terus dipupuk apapun tujuanya.

    3. Minim Informasi
    Kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai jenis anggur yang kita tanam, terutama bagi yang baru mulai terjun dan mengenal anggur bisa berpotensi menjadikan seseorang pensiun dini.

    Bagaimana tidak, sudah menanam bertahun-tahun ternyata rasa buahnya kecut tidak enak dikonsumsi. Pada akhirnya ditebang dan tidak mau lagi menanam karna trauma. Apalagi ketika awal membeli bibit tersebut diimingi dengan rasa buah manis, genjah dan memiliki warna nan elok.

    Untuk itu sangatlah perlu untuk menggali informasi dan menambah wawasan terkait jenis anggur yang kita tanam sebelum menyesal dikemudian.

    Grape For All

    TMAGROUP

  • Dokumentasi LGT 1

    Lomba perdana yang diikuti 150 peserta akhirnya menyisakan 16 peserta yang berhasil lanjut sampai batas penutupan bulan desember. Lihat syarat lgt-1 disini

    Semoga ke3 pemenang nantinya sesuai kriteria yang ditetapkan.

  • Manfaat Giberrelin GA3 Untuk Anggur.

    Aplikasi Giberrelin GA3 Pada Anggur.

    klik gambar untuk zoom

    Asam Gibberellic (GA3) adalah senyawa alami/hormon tanaman yang disebut gib-berellins. Ada 2 respont pasca aplikasi GA3 pada cluster yaitu:

    Respon Positif:
    a. Biasanya anggur kategory seedless (tanpa biji) memiliki ukuran diameter standar secara alami, namun setelah aplikasi gibrelin sering kali secara dramatis meningkatkan size berry. kenapa ? presumably because they partially substitute for the natural production of gibberellins from seeds.

    b. Aplikasi GA3 pertama pada waktu midbloom/timing bloom tidak hanya bisa meningkatkan ukuran berry namun pada beberapa varietas tertentu bisa mengurangi jumlah butiran buah per/cluster. Waktu optimum untuk aplikasi dalam upaya meningkatkan ukuran buah sering dilakukan pada timing berry berdiameter 4 sampai 12 mm, dengan 1 atau 2 kali semprot/celup.

    c. Aplikasi percobaan GA3 untuk varietas tanpa biji yang sebelumnya belum pernah dilakukan treatment GA3 dengan konsentrasi 40-50 ppm hasilnya cukup efektif, namun kadang hanya 25 ppm yang harus digunakan pada jenis tertentu seperti ‘venesa dan hanya 5 ppm yang dianggap optimal untuk beberapa varietas lainya.

    Respon Negatif:
    a. Aplikasi GA3 juga memiliki efek negatif pada buah anggur, pengaruh terhadap rasa buah, penuruan ketahanan pada musim dingin dan penurunan tingkat kesuburan. Jadi gunakanlah dengan bijaksana dan sesuai aturan.

    b. Regulator pertumbuhan tanaman (PGRs), seperti GA3, diklasifikasikan sebagai pestisida dan mungkin disebagian wilayah tertentu penggunaanya tidak direkomendasikan untuk anggur atau untuk kultivar tertentu.

    c. Memiliki efek pada homeostasis redoks, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel (we found that GA3 application had an effect on redox homeostasis, which could potentially cause cell damage and subsequent seed abortion.)

    Pertanyaanya adalah Kenapa cluster/tandan buah yang terlalu bergerombol sering kali bermasalah dan membuat buah tidak optimal..?

    Karna pada beberapa varietas anggur, ketika set buah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu berdesakan yang berdampak pada buah rentan membusuk dan size tidak serempak. Dengan demikian, kita sering melakukan penjarangan jumlah buah dalam 1 tandan, terutama pada categori table grape. Maka dari itu, penjarangan buah dan aplikasi asam giberelat (GA3), dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal diatas.

    Aplikasi & Dosis:

    Jumlah GA3 yang dibutuhkan untuk optimalisasi size berry tergantung pada varietas dan beberapa faktor lainnya, namun 10 sampai 60 g /H adalah termasuk tingkat dosis pada umumnya. GA3 juga dapat diterapkan 1x atau beberapa kali pada varietas tertentu.

    Waktu aplikasi sangat penting dan juga bervariasi , bagi banyak varietas, aplikasi pertama dilakukan pada awal ketika kondisi bunga mekar (Timing bloom) 50%-90%,  selanjutnya pada timing  size berry, atau ketika diameter buah mencapai sekitar 3-5 mm,6-7mm,4-5mm,8-10mm dan 12-15mm. Telat Aplikasi akan berdampak pada waktu pematangan buah terlambat dan bisa menghambat terhadap penyempurnaan set warna buah.

    Pada Anggur seeded(Berbiji) umumnya aplikasi dengan GA3 sekitar tiga minggu sebelum mekar dengan larutan yang mengandung 1 sampai 10 mg/L, hanya hasilnya akan kurang responsif terhadap perlakuan GA3 dibandingkan varietas seedless. Maka dari itu, penggunaan GA3 terhadap jenis anggur berbiji dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran/size buah tidak terlalu banyak dilakukan.

    Adapun untuk anggur seedless (Tanpa biji) pada umumnya berlaku antara 0,5 sampai 20 g / hektar dan jenis seedless lebih toleran terhadap GA3 daripada anggur seeded.

    Berikut table hasil percobaan terhadap anggur jenis  Berbiji jenis Khoyo-Red Globe-Thomson Seedless

    Karna artikel ini hasil terjemahan sealakadarnya dari beberapa sumber, jadi jika ada kesalahan terjemah yang kurang sesuai atau informasi yang terlampir kurang tepat dan tidak sama dengan referensi yang om/tante temukan diartikel berbeda, mohon dikoreksi dan diluruskan.

    NEXT Article:
    -> PGR for improving grape berry color
    -> Forchlorfenuron (CPPU), a synthetic cytokinin

    TMAGROUP

  • Situs anggur yang wajib Om/Tante kunjungi sebagai referensi.

    Itulah sebagian situs yang wajib Om/Tant kunjungi, Jika ada situs penting lainya tuliskan dikomentar ya.

     

10 thoughts on “Cara pangkas anggur yang baik

Leave a Reply