Tips dan Cara Pembibitan Anggur

Pengadaan benih terbaik direkomendasikan secara vegetatif yaitu perbanyakan stek/cutting dengan panjang standar sekitar 25 cm (3 ruas mata tunas), berwarna coklat matang, berdiameter 1 cm (pensil) yang diambil dari pohon induk berumur di atas satu

tahun. Metode pembibitan dilakukan dengan cara mencelupkan bagian bawah stek kedalam zat perangsang tumbuh (Rooting Up) kemudian disemai dalam polybag hitam berukuran 30 yang diletakan didalam green house selama enam bulan dan bibit siap dipindahkan kelapangan.

  1. Persiapan metan:
     Tanah gembur/berpasir
     Sekam bakar
     NPK
     Dolomit
     Pupuk kandang terfrementasi
     Polybag warna hitam
     Perbandingan Tanah 2: Sekam1: Pukam1: npk 1 sendok teh: puradan 1 sendok teh (untuk setiap polybag)
  2. Aduk semua media tanam dan sementara simpan selama minimal 1 minggu sebelum cutting ditancapkan.
  3. Setelah cutting ditanam sebaiknya ditempatkan ditempat yang terkena matahari tidak langsung/ terhalang plastik dengan tetap memperhatikan sirkulasi udarasupaya tunas yang sprout selalu sehat. Hindari penanaman cutting ditempat teduh atau bahkan tidak terjangkau sinar matahari karna akan mengundang jamur & tunas tidak sehat dan cepat layu.
  4. Penyiraman bisa dikondisikan dengan suhu setempat. Untuk anggur tidak mesti disiram setiap hari karna kalau terlalu becek akan berakibat akar busuk dan tunas layu, cukup masukan telunjuk kedalam polybag kalau masih terasa lembab tidak mesti disiram. Yang saya lakukan idealnya 3x1minggu dimusim hujan.
  5. Penyemprotan insektisida pembasmi hama juga harus diperhatikan sebelum terserang meskipun dalam ruangan semut/serangga pemakan daun selalu ada.
  6. Nutrisi daun bisa disemprotkan setelah cuting tumbuh daun beberapa helai. Bisa menggunakan POC atau apa saja yang terpenting ada asupan zat/unsur nutrisi yang dibutuhkan.
  7. Pemberian NPK bisa dilakukan 3 minggu 1x (1 sendok teh disetiap bagian pinggir polybag).
  8. Setelah umur bibit minimal 6 bulan bisa dipindahkan ketempat yang lebih besar atau ditanam ditanah langsung.

TMA

  • Cara Pemupukan Anggur (TMA)

    Cara Pemupukan Anggur.

    Pemupukan anggur dari mulai ditanam sampai menginjak masa pembuahan secara continue sangat penting untuk supaya maksimal. Meski kuantitas dan kualitas buah dipengaruhi faktor lain seperti pemangkasan/pruning, namun pemberian nutrisi dan gizi yang diperlukan akan saling berkorelasi dengan teknik pruning yang diterapkan. Sebalumnya bisa baca Teknik Pruning Terbaik 

    Baca juga artikel berhubungan Tips Pembuahan Anggur dan Cara Memangkas Anggur 

    Dalam masa pertumbuhan awal pohon anggur yang kita tanam sebenarnya sudah cukup dengan pemberian pupuk dasar ketika bibit ditanam seperti pupuk kandang terfrementasi. Tapi setelah tanaman tumbuh besar tentu akan memerlukan nutrisi tambahaan lain yang lebih banyak dari unsur hara yang dibutuhkan. Kadang kita sembrono memberikan pupuk diluar proporsi kebutuhan dengan alasan ingin supaya cepat tinggi dan subur, padahal teknik pemupukan yang baik menurut saya yaitu pemberian unsur hara makro & mikro setelah kita melihat dan mengamati gejala/indikasi kekurangan/kelebihanya pada tanaman tersebut.

    Tidak akan efektif ketika tanaman anggur Kita misalkan memiliki daun berwarna hijau tua lalu kita malah menambahkan lagi pupuk kandungan unsur N tinggi, konsekwnesi daun terlalu hijau dan subur akan mudah mengundang hama dan penyakit. Begitu juga sebaliknya, jika keadaan daun anggur kuning kemudian kita pelit memberikan pupuk kadar N tentu kurang bijak karna kurang tepat.

    Jadi menurut saya pribadi, semua pupuk itu bagus dan bermanfaat apapun bentuk dan merknya, tinggal kita yang lebih bijak dalam meilih dan memberikan takaran sesuai kebutuhan tanaman anggur kita. Maaf sampai saat ini saya sendiri tidak percaya jika ada yang merekomendasikan merek pupuk tertentu dengan iming bahwa bagus dan bisa membuat pohon anggur lebat. Semua tetap kembali kepada bagaimana kita mengaplikasikannya setelah kita mempelajari karakter tanaman dan pengetahuan tentang unsur hara makro & mikronya.

    Berikut catatan saya tentang cara pemupukan yang sudah diaplikasikan pada anggur jenis red globe.

    1.  Pemupukan Awal

    a. Pupuk kadang + NPK 16:16:16 (Awal penanaman) Pemberian NpK rutin 1 sendok teh setiap 2 minggu.
    b. Jika tanaman sudah lumayan besar dan mulai menginjak pase pemotongan primer, tingkatkan NPK 19:19:19, Rutin setiap 2 minggu 1x sampai batas pembentukan sekunder.
    c. Jika dalam masa tersebut terindikasi kekurangan unsur hara mikro dan urgent untuk diberikan, segera tambahkan POC daun/Gandasil D dengan harus sangat hati-hati karena biasanya suka OD dan membuat daun gosong. Berikan perlahan dengan dosis rendah.

    2. Pemupukan sebelum pangkas pembuahan (setelah pohon anggur benar-benar terbentuk dan memiliki cabang sempurna).

    a. Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi ph tanah,
    b. pemberian pupuk SP 36 atau MKP 2 sendok/pohon dan KCL 1 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.
    c. Stres Air ( selama 2 minggu-1 bulan total tidak dilakukan pengairan dan setelahnya pengairan secara priodik 2 hari 1 x. Dalam masa ini, pohon anggur akan ditandai dengan daun menguning akibat kehausan dan ranting akan menuju proses pematangan berubah warna kecoklatan, berarti pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.

    Ya, stres air jika tidak ada hujan atau tanaman berada didalam green house, tips ini sama saja bohong jika hujan terus menerus. :D ya siapa suruh pangkas dimusim hujan. hihi

    d. Setelah pemangkasan dilakukan, penyemprotan ZPT/Dormex jika menginginkanya, kemudian tambahkan NPK 19:19:19 + MKP dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.”(setiap pohon bertambah usia tentu dosis pupuk akan ditambah, takaran ini hanya untuk pangkas perdana sesuai umur pohon)Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada sekaligus over dosis.
    e. Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk kandungan unsur hara mikro “jika diperlukan atau terindikasi, tapi biasanya tunas-tunas baru akan segar dan tidak akan kekurangan unsur mikro tersebut”
    f. Inti dari pemupukan menuju masa generatif usahakan untuk pupuk berkandungan unsur P & K jangan sampai terlewat karna sangat penting.

    3. Pasca panen

    Setelah masa panen segera tambahkan kembali NPK 19:19:19. Biarkan pohon induk melalui masa istirahat minimal 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali. Ya ibu hamil habis melahirkan saja mesti istiraha tho…

    Sekali lagi masalah pemupukan yang baik belum tentu mengasilkan produksi yang baik/pohon anggur berbuah lebat. Jika tidak diimbangin dengan pemangkasan yang baik, ya akan sia-sia. Simpanan nutrisi banyak namun potensi cabang pembawa cluster buah tidak ada maka hasilnya kurang optimal.

    TMAGROUP

  • Dompet TMA bulan Agustus

    DOMPET TMA-GROUPSelain misi dalam mengajak semua member untuk selalu giat dan semangat dalam menanam anggur, TMA-GROUP berencana mencanangkan program santunan jompo, anak yatim dan piatu yang dananya akan dikumpulkan dari hasil donasi, penjualan dan lelang bibit amal. Kemudian setelah terkumpul dan mencapai angka yang pantas akan disalurkan melalui ketua korda/provinsi masing-masing yang telah ditunjuk dan disepakati.

    DAFTAR PENGURUS:

    -> Kang Yadi (Admin)
    -> Romi Ardiansyah (Admin)
    -> Raspo (Admin)
    -> Rawnaa Na (Admin)
    -> Yuliastuti (Bendahara)
    -> Hasan (Admin)
    -> Bayu W Giri (Admin)
    -> Hen Bobon (Admin)
    -> Ecko (Modrator)
    -> Noory Ali (Moderator)
    -> Windy (Modrator)
    -> Ahmad Syafei (Modrator)
     
    Info saldo dompet TMA-GROUP.
     
    Rekening A/N Yuli Widi Hastuti (BRI No.6912-01-025971-53-8)
    Link via group facebook disini
     
    Mari Kita menanam & beramal.
    TMA-GROUP
  • Peserta LGT-1 November

    Berikut daftar peserta lomba LGT-1 yang masih bertahan sampai batas waktu penutupan bulan desember.

    Total peserta tersisa 14 orang

    Klik untuk memperbesar gambar.

  • Program Free Market

    FREE MARKET

    Setelah melihat hasil polling sekaligus mempertimbangkan beberapa usulan penting, TMA memutuskan bahwa FREE MARKET resmi dibuka dengan syarat & ketentuan sbb:

    1. Dana transaksi melalui rekening pengurus (Opsional) bagi pembeli yang merasa kurang yakin karna penjual belum dikenal bisa menggunakan fasilitas ini.
    2. Hanya promosi bulanan dengan batas waktu promosi 3 hari (Produk ditawarkan dikolom yang akan disediakan setiap tanggal 1)
    3. Produk/Item yang dijual berupa peralatan tani,pupuk dan bibit anggur hanya berupa cutting (bukan yang sudah tumbuh “hasil grafting,cangkok atau hasil stek’)
    4. Wajib mencantumkan harga dan deskripsi produk. Khusus harga cutting anggur mengikuti standar pasar yang sudah berjalan diberbagai group anggur.

    #Ket:
    – Program ini merupakan solusi bagi anggota yang berniat berjualan tanpa status seller group.
    – Launcing program hari minggu tanggal 1-10-2017

    Siapkan produk terbaiknya.
    ——-
    TTD
    TMA GROUP

     

6 thoughts on “Tips dan Cara Pembibitan Anggur

Leave a Reply