4.9
(3867)

By Ria Wijiati Ras

Menanam pohon anggur agar bisa tumbuh dan berbuah memang menjadi suatu tantangan tersendiri karena memerlukan perlakuan khusus mulai dari media, lingkungan hingga penanganan hama serta penyakit.

Kemajuan jaman now begitu memudahkan para pecinta tanaman anggur untuk mendapatkan informasi tentang segala macam hal tentang tanaman anggur yang mereka tanam termasuk inspirasi menanam tanaman anggur agar terlihat bagus dipandang mata.

Ada tiga cara kreatif menanam anggur yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Menanam tanaman anggur langsung ditanah (grounding)

Kebanyakan tanaman anggur dapat tumbuh dengan baik ketika ditanam langsung dilahan.

Namun kondisi lahan juga harus diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan tanaman anggur seperti kondisi tanah gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

Keadaan tanah yang terlalu lembab akan mengakibatkan pembusukan akar sehingga menghambat pertumbuhan tanaman anggur.

Proses grounding lebih baik dilakukan pada awal musim kemarau karena intensitas hujan juga tidak banyak sehingga tanaman bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang tidak terlalu becek dan perakarannya sudah kuat ketika musim hujan tiba.

Tanaman anggur adalah tanaman yang tumbuh merambat, maka ketika tanaman sudah tumbuh tinggi perlu adanya pemangkasan untuk pembentukan batang sekunder dan batang tersier.

Batang tersier ini yang nantinya akan membawa bunga dan buah anggur yang pasti akan memanjakan mata ketika sudah bergelantung manis diantara dedaunan.

2. Menanam tanaman anggur dalam pot (tanggurlampot)

Tren menanam pohon buah dalam pot memang banyak digunakan terutama bagi pecinta tanaman yang mempunyai lahan terbatas tapi tetap ingin menghijaukan rumah.

Prinsip menanam anggur dalam pot hampir sama dengan grounding, tanah dalam pot yang digunakan untuk menanam harus gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

Selain itu ukuran pot yang digunakan juga harus menyesuaikan dengan besarnya tanaman agar pertumbuhan akar tidak stagnan sehingga produksitvitas pohon tetap bagus.

Perlakuan tambahan seperti pupuk atau penanganan hama penyakit pun hampir sama dengan metode grounding.

3. Menanam tanaman anggur metode hidroponik

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Tanaman anggur pun bisa ditanam menggunakan metode hidroponik seperti yang dilansir dari laman berikut bahwa tanaman anggur jenis Cabernet franc bisa ditanam menggunakan metode hidroponik.

Batang bawah tanaman anggur diletakkan dalam ember besar yang ditengahnya terdapat net pot yang berisi batu agar posisi batang tetap stabil, sedangkan akar menjuntai melebihi net pot dan terendam larutan nutrisi beroksigen.

Sebuah stopper di setiap reservoir memungkinkan akses untuk memeriksa dan menjaga pH hara, tingkat air, dan EC (konduktivitas listrik) nutrisi. Setiap 10-14 hari nutrisi dalam ember nutrisi diganti dan nutrisi dalam ember tanaman anggur juga dibuang dan diganti dengan yang baru.

Metode penanaman menggunakan hidroponik biasanya menggunakan media tanam berupa rockwool, spons, kerikil, arang sekam, serbuk kayu, serbuk sabut kelapa (cocopeat), pasir, batang pakis, moss, kompos, pupuk kandang, pecahan batubata, humus, tanah liat, gabus/styrofoam.

Ada media tanam lain yang masih jarang digunakan antara lain hydrogel, perlit, vermikulit, pumice dan expanded clay/hydroton.

Sekedar inspirasi
Perakaran tanaman dapat ditingkatkan dengan membuat dua lubang disekitar tanaman dimana satu lubang bermanfaat sebagai aerasi agar oksigen dalam tanah meningkat dan sebagai drainase agar air dapat cepat meresap kedalam tanah.

||| Baca juga Tips Menanam Anggur Dalam Pot

Aerasi dan drainase saling mendukung sama lain, ketika drainase buruk maka aerasi tanah juga akan berkurang dan menyebabkan akar kekurangan oksigen dalam tanah.

Satu lubang dibuat dengan menancapkan pipa pralon yang bagian pinggirnya telah dilubangi dan satu lubang lagi bisa menggunakan kawat ayak pasir yang digulung.

Pipa pralon bisa digunakan sebagai sarana irigasi, pemberian pupuk atau perlakuan lainnya. Sedangkan lubang berisi kawat ayak pasir sebagai pemasok oksigen dalam tanah.

Artikel ini hasil quis ‘ide kreatif menanam anggur’

TMAGROUP

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 3867

No votes so far! Be the first to rate this post.