Analisa Usaha Budidaya Anggur

Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
Let’s Go Together
 
#Pendahuluan:
 
Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
 
Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
 
Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
 
Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
 
Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
 
Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
 
#Kondisi_Alam:
 
Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
 
Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
 
Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
 
Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
 
Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
 
Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
 
#Tujuan:
 
Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
 
– Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
 
– Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
 
– Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
 
– Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
 
– Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
 
– Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
NEXT….
 
-> KOMPONEN:
-> METODE PENERAPAN:
-> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
 
TMAGROUP

  • Cara pangkas anggur yang baik

    Pruning adalah suatu proses pemangkasan dan pemeliharaan pohon anggur dari mulai pembentukan dimasa vegetatif sampai seterusnya yang diawali dengan pemotongan batang primer/utama setelah mencapai ketinggian para-para yang tujuanya untuk supaya batang utama tersebut tidak memanjang lagi dan untuk merangsang tumbuhnya cabang kedua/sekunder yang nantinya akan diatur dan diarahkan kearah berbeda. Saat cabang sekunder mencapai panjang 2 meter, ujungnya harus dipotong agar tumbuh cabang ketiga yaitu tersier selanjutnya pemangkasan pruduksi/pembuahan pada saat pohon anggur sudah sempurna atau memiliki cabang kedua dan ketiga.

    Untuk mengoptimalkan pemeliharaan dan pemangkasan didalam upaya peningkatan kwalitas dan kuantitas produksi pohon anggur, sebaiknya menerapkan metode yang sudah teruji dilapangan yaitu perpaduan antara spur dan cane.

    Pertama: Spur adalah timing backto 2 bud ( pemangkasan cabang ketiga/tersier dengan menyisakan 2 mata tunas yang kedua mata tunas tersebut akan selalu diremajakan disetiap pemangkasan)

    langkah pemangkasan model spur:

    kedua: Cane adalah pemangkasan dicabang ketiga/tersier dengan menyisakan 8-12 mata tunas yang secara praktek sama dengan metode spur.
    Langkah pemangkasan model cane:

    All For Grape.

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Vanessa

    Catatan Tentang Anggur Vanessa

    Vanessa seedless dikembangkan oleh HRIO di Canada pada tahun 1983, adaptasinya cukup baik dan vigorous untuk sekelas jenis anggur seedless lainya. Data hasil percobaan okulasi menggunakan rootstock Teleki 5C di Fredonia, New York, hasilnya menunjukan produksi buah buruk dengan ukuran sangat kecil. Namu untuk kawasan tertentu mungkin direkomendasikan memakai rootstock yang kompetible dalam upaya meningkatkan size buah.

    Deskripsi

    – Originally from Canada.
    – Parentage, Seneca x New York 45910.
    – Good in cooler climates.
    – Winter wood ripening is good – so can be grown both outdoors or under protection (greenhouse, polytunnel or conservatory).
    – Can be trained using either the cane replacement method or spur pruning.
    – Self fertile.
    – Seedless.
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile.
    – Hardiness: This Grape is hardy to minus 15° F.
    – Bearing Age: 2-3 years after planting.
    – Size at Maturity: 10-12 ft. in width on fence, trellis, arbor or other support.
    – Bloom Time: May
    – Ripening Time: Mid-September-October
    – Fruit deep rose, red, with very spicy, complex, sweet taste, 20 brix
    – Susceptibility to downy mildew low, powdery mildew medium, sprays control outbreaks
    – Early season harvest, right after Somerset, eight weeks of harvest 8/25 – 9/19, good storage
    – Clusters 0.342 lbs., average 16.77 lbs.
    – Vines medium vigor Medium winter hardiness – Excellent with good vine management

    Deskripsi made in INDONESIA

    By: Om Dwikary (Tabulampot Sidabowa)
    – Nama Varietas: Vanessa
    – Country of origin: Canada
    – seedless (tanpa biji) meskipun ada sebagian buah yang masih tersisa biji lunak.
    – Masa Pematangan buah: 100 HDP
    – Ujicoba Penanaman mdpl: 75 mdpl,
    – Bentuk buah: oval
    – Rasa: manis sedikit asam
    – Aroma: Harum manis
    – Tingkat adaptasi: Cukup Baik
    – Perlakuan Teknik pruning: 2 bud
    – untuk pengembangan dan pemantapan, silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan.

  • 11 Kunci Sukses Budidaya Anggur
    11 Kunci Sukses Budidaya Anggur
     
    1. Niat
    Ingat-ingat, tidak ada sebab akibat tanpa niat, maka tanamkanlah niat, dan luruskanlah :D
     
    2. Modal
    Niat menanam anggur sudah bulat tapi dompet kempes, BLT pun tak kunjung datang, hasilnya null.
     
    3. Bibit
    Tak ada bibit anggur ya beli atau ikut program LGT, pohon beringin mustahil berbuah anggur :D
     
    4. Praktek
    Teori tanpa praktek kadang membuat kepala botak :D bijaklah dalam penggunaan minyak rambut, :D
     
    5. lahan
    Gak mungkinlah panci dapur habis dan beralih fungsi, kecuali ricecooker kosong dan piring melayang :D
     
    6. Pengetahuan
    Jika berjalan malam biasakan bawa senter/obor, mungkin saja PLN gangguan.
     
    7. Yakin
    Make today amazing, tegap memandang hari esok yang lama biarlah berlalu.
     
    8. Berdo’a
    Penting! untuk melucuti kesombongan dalam diri
     
    9. Tawakkal
    tanam dan lupakan :D
     
    10. Memetik hasil
    hihi panen panen…
     
    11. Bersyukur
    Kontrol diri, kritik, intropeksi & beramal niscaya barokah dan anggurnya tambah subur.
    TAMAT.
  • Catatan & Deskripsi Anggur DIXON

    Cepetan deh siapin lobang dan cari bibitnya segera tanam dari pada diam dan hanya melihat buah anggur milik orang:D

    Gak peduli Anda pemula atau sebaliknya pokonya kudu wajib koleksi anggur jenis DIXON ya. Testimoninya seh sudah banyak yang berbuah dibeberapa daerah bahkan hasilnya mirip dengan deskripsi aslinya.

    Jika dilihat dari persentase pemburu bibit digroup, jenis ini selalu dicari bibitnya. Memang seh ngeri juga kalau lihat divideo, diameternya aja segede jempol,ditambah warna buahnya hijau mengkilap, kebayang deh jika buahnya bergelantungan dipekarangan rumah Kalian. jadi pingin deh :D

    Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Dixon
    Warna buah: Hijau-kuning
    Bentuk: Silinder
    Rasa: manis
    Berat butiran: 18-20 gram
    Berat tandan: 600-1000gram
    Brix: 17-22%
    Pematangan: 120-125 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

    Lihat videonya di YOUTUBE

Leave a Reply