Analisa Usaha Budidaya Anggur

Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
Let’s Go Together
 
#Pendahuluan:
 
Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
 
Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
 
Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
 
Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
 
Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
 
Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
 
#Kondisi_Alam:
 
Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
 
Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
 
Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
 
Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
 
Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
 
Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
 
#Tujuan:
 
Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
 
– Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
 
– Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
 
– Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
 
– Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
 
– Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
 
– Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
NEXT….
 
-> KOMPONEN:
-> METODE PENERAPAN:
-> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
 
TMAGROUP

  • Tips Membeli dan Memilih Bibit Anggur

    Jaman dahulu kala, banyak keluhan berseliweran dari warga yang baru mengenal anggur dan ingin mulai nanam, jika ternyata jenis anggur yang dibelinya tidak sesuai varietas alias kena tipu.

    Dari ribuan jenis anggur didunia yang sebagian kecil sudah beredar di Kita, tidak menutup kemungkinan banyak Oknum yang memanfaatkan keadaan. Sangat memungkinkan bilang emas padahal isinya tembaga atau saat dijual bilang emas, beberapa tahun setelah terbukti berbuah sama Pembelinya, dia bilang bla,bla,bla :D

    Nah bagi Anda yang belum terlanjur membelinya dan supaya tidak menyesal dikemudian hari, Om Demit akan berbagi tips dan coba deh ikuti, semoga tidak nyasar.

    1). Langkah pertama join dan gali informasi diberbagai group anggur. Ingat group anggur ya, bukan group elektronik apalagi kuliner 😀. Om Demit laparrr.

    Nih Om Demit kasih bocoranya dibawah.

    – Budi Daya Tanaman Anggur
    – Pecinta Tanaman Anggur
    – Belajar Budidaya Anggur
    – Anggur Indonesia
    – Seni Menanam Anggur
    – Komunitas Pecinta Tanaman Anggur
    – Anggur Mania Karawang
    – Tips Menanam Anggur

    Tunggu apalagi ayoo langsung join dan gali informasinya.

    2). Sebelum Anda membeli bibit, sangat penting Anda mengetahui jam terbang seller terkait, supaya yakin jelajahi wall pribadinya apa benar penjual bibit atau abal-abal.

    Pertanyakan juga apakah dia mengetahui informasi varietas yang dijualnya atau sekedar mencari untung belaka, supaya keaslian varietasnya valid. Jangan sampai Anda mencari jenis anggur Isabela malah dikasihnya Rubi Roman, Misalkan :D

    3). Pastikan bibit ketika ingin dibeli dalam keadaan sehat walafiyat, tidak berpenyakit, daun bagus tidak terkena hama dan minta garansi jika bibit rusak diperjalanan atau tidak sesuai spesifikasi seperti yang Anda lihat dicatalog yang disajikan.

    4). Jika Anda benar2 pemulia baru mengenal anggur, Om Demit rekomendasikan membeli bibit jenis yang sudah adaptasi dan tidak sulit dibuahkan. Caranya pieee ? sering nongkrong dan scroll group, lalu lihat testimoni orang lain.

    Sebagian sudah didokumentasikan dilink berikut.-> Disini

    5). Sayangi tanaman Anda, mulailah memahami karakternya dan cara merawatnya. Jangan hanya beli lalu ditanam namun dibiarkan dan tidak dipelihara.

    Sekian tips kali ini semoga bermanfaat.

  • Situs anggur yang wajib Om/Tante kunjungi sebagai referensi.

    Itulah sebagian situs yang wajib Om/Tant kunjungi, Jika ada situs penting lainya tuliskan dikomentar ya.

     

  • Hama & Penyakit Tanaman Anggur

    Sahabat TMA yang baik hati & tidak sombong :D. Semoga beneran.Amin

    Dalam budidaya tanaman tidak terkecuali anggur, pasti Kita dihadapkan dengan berbagai kendala entah serangan hama atau infeksi penyakit yang kadang sulit mencari sulusinya. Liku perjuangan dari mulai menanam cutting/stek tidak sedikit menyita pikiran dan tenaga. Tapi tetap semangat dan berdoa meski hasilnya kadang keluar dari jalur yang diinginkan.

    Edisi kali ini Kita akan sedikit mengenal beberapa penyakit dan hama yang menjadi musuh bubuyutan tanaman anggur.

    Sebelumnya seperti biasa siapkan alat perang, eh tulis, kopi pahit, padud, terutama cemilan jangan terlewatkan :D.

    Back to point…

    • HAMA

    1. Phylloxera Vitifolia
    Hama ini menyerang tanaman anggur di semua umur baik tanaman yang masih bibit maupun yang sudah tua, dan akibat yang ditimbulkannya adalah kering dan mati. Infeksi bagian tanaman yang diserang adalah daun dan akar tanaman secara langsung. Gejala umum yaitu daun terbentuk bisul-bisul kecil sedangkan akar tanamannya membengkak seperti kutil. Letak hama Phylloxera Vitifolia menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.

    2. Kumbang Apogonia destructor
    Berbentuk kumbang kecil dan warnanya hitam mengkilat. Bagian yang diserang adalah daun anggur saat waktu malam hari dan karakteristik kumbang Apogonia destructor adalah mudah tertarik oleh sinar lampu.

    3. Wereng Daun
    Akibat yang ditimbulkan dari serangan wereng ini adalah menyebabkan daun anggur berbintik putih, kemudian menjadi kuning coklat kemudian gugur.

    4. Kutu Putih
    Akibat yang terlihat dari serangan kutu putih ini adalah dapat menyebabkan pucuk/tunas menjadi kerdil.

    5. Ulat Daun
    Sesuai dengan namanya bagian yang diserang adalah bagian daun yang menjadikan daun anggur sebagai makanannya.

    6. Rayap
    Akibat yang terlihat jika serangan rayap datang saat menggerogoti akar tanaman yang masih muda sehingga membuat jadi layu yang akhirnya akhirnya mati.

    Penanggulangan yaitu dengan menyemprotkan insektisida pada bagian yang terkena hama yang dilakukan secara rutin. Tanya tukang obat :D ‘ sesuai hama yang mau dibasmi.

    • PENYAKIT

    A. (Die-back) adalah terjadinya kematian ranting atau cabang pada tanaman anggur dari bagian ujung atas kemudian meluas kebagian bawah akibat serangan patogen tanaman “Eutypa armeniacae” yang mengakibatkan terjadinya perubahan seperti pada bentuk cabang, ukuran, warna, tekstur dan kwalitas buah. Juga merupakan akibat kandungan air dalam tanah yang tinggi dan miskin unsur Cu (logam)

    Gejala:

    • Terjadi perubahan bentuk dan warna cabang/ranting tidak normal disebabkan etioplas (kurangnya cahaya sinar matahari)mulanya ditandai dengan munculnya getah berwarna kuning mengkilap diujung cabang kemudian keropos, mengering.
    • Curl/keriting, menguning dan kerdil dibagian daun dari cabang yang terinfeksi.
    • Pertumbuhan cabang pembuahan tidak sempurna dan mengakibatkan bunga berguguran atau buah tidak matang dan kurang berkwalitas.

    B. Lichen/lumut kerak sebagai dua organisme komposit yang terdiri dari alga biru/hijau dengan jamur jenis Ascomycotina atau Basidiomycotina yang bisa kita temukan pada kulit, cabang/ ranting pohon anggur,terutama sering terjadi dibeberapa lingkungan yang memiliki cuaca panas extrim,tidak terkecuali Indonesia kalau datang musim kemarau bisa mudah terinfeksi.
    C. Downy Mildew (Jamur)
    Gejalanya fisik yang kelihatan adalah daun kelihatan kuning, di bagian bawah terlihat ada tepung warna putih-kuning. Daun, bunga maupun tandan muda bisa mati bila terkena penyakit ini terutama saat musim penghujan atau kelembaban yang tinggi.
    D. Powdery Mildew
    Gejala fisik yang terlihat adalah pada permukaan daun terdapat bedak tipis putih kelabu. Bagian yang diserang pada tanaman anggur adalah bagian pucuk, bunga dan buah muda bahkan dapat merusak ranting sehingga jadi kerdil dan rusak.
    E. Penyakit busuk hitam
    Akibat yang ditimbulkan dari penyakit busuk hitam ini adalah buah anggur menjadi keriput, busuk dan gugur.
    F. Phakospora Vitis
    Ciri fisik yang terlihat adalah daun bagian bawah tertutup tepung berwarna orange (massa sporanya).
    G. Peronospora
    Bagian yang diserang adalah bagian daun anggur. Jika keadaan udara terlalu lembab, maka jamur ini menyerang daun anggur dan dapat dikenali karena spora berwarna kuning di bawah daun.

    Penanggulangan penyakit secara mekanis dan kimia

    • Menata dan merapihkan ranting tanaman anggur dengan selalu diikat pada kawat rambatan.
    • Menjaga kelembaban sekitar tanaman anggur
    • Membuang ranting tidak produktif dan ranting terinfeksi yang kemudian membakarnya diluar area perkebunan.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif tembaga oksiklorida, (28,5%) /100 liter air dengan jarak semprot 250cm dari tanaman.
    • Penyemprotan fungisida dengan bahan aktif tembaga hidroksida 250 g / 100 liter air.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif Tembaga oksi sulfat (10%) atau belerang dengan kadar 125 g/100liter air.
    • Selalu menjaga kadar air tanah jangan sampai perakaran tanaman anggur tergenang air.
    • Menambahkan sedikit pupuk berunsur Cu (logam) bertujuan untuk pembentukan enzim-enzim dan pemulihan hijau daun (khlorofil)

    Sumber artikel: Kumpulan hasil searcing Mbah Google.

    TMA-Group

     

  • Catatan & Spesifikasi Tentang Anggur B-2

    Catatan Tentang Anggur B-2

    Ini dia varietas anggur yang wajib om/tant tambahkan ke etalase koleksi anggur yaitu  jenis B-2 yang  berhasil berbuah di 1700 mdpl, saya kira jika dilihat dari bentuk buah, warna dan daging siapapun akan tergodanya. Saya punya feeling  sepertinya tidak akan lama lagi bakal ada kiriman 1 dompol buat testy :D.

    Berikut deskripsi made in ukraina:

    – Country Of Origin: Ukraina
    – Variety Name: B-2
    – Parentage: Zaporozhye Gift” x “Viking
    – Ripening Period: 125-135 days
    – Bushes: very strong variety.
    – Pollination Requirements: Yes, Female Flower
    – Color of berry skin: Blue
    – Berry weight: 18×45 mm in length, up to 16 g.
    – Taste Berries: Harmonious taste with good sugar accumulation
    – seedless
    – Resistance to: mildew, oidium 3 points. Frost resistance -22C.

    Deskripsi made in INDONESIA

    by: Om Ale Suryadi
    – Nama Varietas: B-2
    – Masa Pematangan buah: 120 hsp
    – Ujicoba Penanaman: 1700 m dpl
    – Bentuk buah: oval lonjong.
    – Daging: crisp
    – Rasa : manis
    – Warna: blue kehitaman
    – Aroma: sedap
    – Kulit Buah: Tipis
    – Brix: Tidak sempat diuji (perkiraan 17 up)
    – Seedless : Tanpa biji
    – Resistance terhadap jamur: Baik terhadap mildew
    – GA3 treatment: No
    – Dormex pasca pruning: No
    – Tingkat adaptasi: baik
    – Teknik polinasi: Alami karna ditanam berbarengan dengan jenis lain.
    – Teknik pruning: –

    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

Leave a Reply