Anggur Chocolate yang perlu Anda coba

Tma-Group
4.9
(965)
Read Time1 Minute, 15 Seconds

Tentang Chocolate

Anggur jenis ini di tempat saya termasuk yang paling tangguh dibanding yang lainya.
Karakter daunnya tebal, liat, lebar, hijau tua mantap, bersih dan mulus. Mungkin karena itulah, daun jenis ini relatif utuh. Serangga lebih memilih daun dari pohon jenis lain.

Saya memiliki Varian ini 2 pohon. Ownroot peranakan Pangalengan dan grafted pada Red Master, anakannya dan keduanya ditanam di tanah langsung.

Pertumbuhan keduanya sama-sama vigour. Namun anehnya, walau tumbuh pesat, ruas tetap terjaga tidak terlalu panjang. Justru cenderung pendek.

Dan ajaib, bahwa seperti tidak terpengaruh dengan gangguan kutu bercangkang keras yang sempat menyerang batang. Atau mungkin ada pengaruh, namun tidak signifikan dan tak kasat.

Saya heran mendapati batang bekas tempat kutu bersarang (menempel) tidak menunjukkan infeksi. Jaringan terluar, lapisan di bawah kulit kering, masih utuh.
Anda akan faham maksud saya, jika tanaman anggur anda juga sering diserang kutu jenis ini.

Pun, kemampuannya menahan siksaan fungi, sepertinya sangat tertolong oleh karakter daunnya yang tebal dan liat. Pada lokasi yang sama, kondisi yang relatif sama, tingkatan serangan yang juga tidak berbeda jauh, beliau lebih kuat mempertahankan daun tetap hidup dan menempel pada tangkainya lebih lama. Jaringan daun tidak se-gampang rusak, seperti pada varian lain.

Jika punya anak bandel, itu tidak menyenangkan, maka memelihara pohon yang “bandel” jurtru sebaliknya.
Semoga saatnya pembuahan nanti, istilah “bandel” tidak mengikuti. Bandel, dalam arti susah dibuahkan.

||| Lihat Jenis dan Deskripsi Anggur

Namun, walau bagaimana, menemukan ada beberapa tanaman anggur yang relatif tidak rewel, itu menggembirakan.
Toh, urusan buah, akan berbuah pada saatnya nanti.

Wisma Pardan
November 2019
@bapakgalak

1 0

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 965

Leave a Reply

Next Post

Tips Agar Mata Tunas Tumbuh Serempak

4.9 (965) Membentuk percabangan para-para. Ini adalah cordon yang saya bentuk bertahap. Pemotongan dilakukan saat batang masih muda. Saat pertumbuhan sedang pesat, bud lebih mudah tumbuh. Per tahap pemotongan, cordon dibatasi hanya 5 ruas, 3 atau 4 diantara tunas yang tumbuh dijadikan calon spur. 1 sisanya adalah perpanjangan cordon. Pemotongan […]

Subscribe US Now