Catatan & Spesifikasi Anggur Laura

Anggur Jenis Laura

Diantara sekian banyak daftar varietas kategori table grape asal Ukraina yang masuk kedalam  varietas unggul, sekarang sudah berhasil dibuahkan dinegri Kita yaitu jenis “LAURA/Лора”

Spesifikasi & Hasil Ujicoba

Klik untuk memperbesar gambar

– Nama Varietas: “LAURA/Лора”
– Country of origin: Ukraina
– Pematangan buah: 110-115 HSP+ dan untuk wilayah BANDUNG-JABAR membutuhkan waktu ± 100 HSP termasuk early.
– Uji coba penanaman: 1600 mdpl.
– Bentuk buah: silinder atau oval
– Memiliki Rasa Manis dan kulit buah cendrung tipis
– Aroma: kurang dominan dibanding jenis lainya.
– Brix: None
– Memiliki biji 1-2 untuk buah yg besar dan seedless untuk buah sedang dan kecil
– Cukup Tahan terhadap hujan.
– Adaptasi terhadap lingkungan baru cukup fleksibel.
– Teknik pruning: none
– Potensi bud fruitful : none

Bagaimana apakah Om/tante tertarik menanamnya..?

TMAGROUP

  • 3 Penyebab Gagal Menanam Anggur

    1. Pesimistis
    Tidak sedikit kawan-kawan yang baru mengenal tanaman anggur merasa putus asa dan hilang semangat ketika pohon anggur kesayanganya tidak sesuai harapan. Proses dari menumbuhkan stek sampai pohon dewasa tidak semudah membalikan telapak tangan, bahkan mulai memelihara dari yang sudah hidup juga pasti banyak kendala.

    Kita semua mungkin berpotensi dihadapkan rasa pesimistis dan tidak lagi memiliki semangat menanam anggur. Ya, itu manusiawi dan wajar. Untuk selalu konsisten dan mempunyai jiwa pengANGGURan sejati, ada beberapa tips yang akan membantu motivasi ketika semangat mulai kendor.

    1.) Silaturahmi antar pengANGGURan. Tips ini sangat jitu dan bermanfaat karna mengandung nilai positif dan bisa merangsang kembal semangat menanam.
    interaksi dan saling memotivasi secara langsung akan lebih baik untuk menumbuhkan kembali gairah yang sempat hilang.

    2.) Aktif diberbagai group tanaman anggur. Ini penting karena disamping saling berbagi tips dan wadah berdiskusi, group juga sebagai sarana informasi.

    2. Tidak ada kemauan
    ‘Where there is a will there is a way’. Kenapa kita menanam anggur? karna kita ingin semua orang tahu bahwa anggur bisa berbuah, karna kita suka buah anggur,
    karna untuk peneduh pekarangan, karna kita suka koleksi anggur, atau mungkin karna kita mau membuka agrowisata anggur.

    “well, semua orang pasti punya alasan masing-masing. Intinya ada kemauan yang terus dipupuk apapun tujuanya.

    3. Minim Informasi
    Kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai jenis anggur yang kita tanam, terutama bagi yang baru mulai terjun dan mengenal anggur bisa berpotensi menjadikan seseorang pensiun dini.

    Bagaimana tidak, sudah menanam bertahun-tahun ternyata rasa buahnya kecut tidak enak dikonsumsi. Pada akhirnya ditebang dan tidak mau lagi menanam karna trauma. Apalagi ketika awal membeli bibit tersebut diimingi dengan rasa buah manis, genjah dan memiliki warna nan elok.

    Untuk itu sangatlah perlu untuk menggali informasi dan menambah wawasan terkait jenis anggur yang kita tanam sebelum menyesal dikemudian.

    Grape For All

    TMAGROUP

  • Peserta LGT-1 November

    Berikut daftar peserta lomba LGT-1 yang masih bertahan sampai batas waktu penutupan bulan desember.

    Total peserta tersisa 14 orang

    Klik untuk memperbesar gambar.

  • Catatan & Deskripsi Anggur Siyana

    Satu lagi jenis table grape yang menjadi incaran koleksi pecinta anggur yaitu jenis anggur #Siyana. Awal pemulaan jenis ini oleh Dimitar Todorov di Institut Pertanian dan Produksi Benih Sifovtsov Chiflik, Ruse, Bulgaria dan sudah terdaftar dalam list varietas anggur di Bulgaria pada tahun 2007.

    Masa pematangan cukup lama rata-rata 115 – 125, meskipun hampir menembus 151 hari dibagian wilayah Bulgaria selatan dan 181 hari dibagian utara. Pertumbuhanya tidak terlalu vigor alias sedang layaknya anggur seperti biasanya, cukup memiliki ketahanan terhadap embun beku dimusim dingin dan juga cukup tahan terhadap phylloxera, jamur, oidium, busuk abu-abu.

    Berikut rangkumanya:

    Ingin melihat lebih jelas bentuk buahnya lihat vidieonya di YOUTUBE_TMA

    Jelajahi deskripsi jenis anggur lainya disini

    Join FB Group disini

  • Media Tanam Anggur Terbaik

    Media tanam anggur terbaik (versi TMA)

    Artikel ini sebenarnya sudah ada dalam artikel Tips Pembibitan Anggur hanya sedikit perapihan dan modifikasi supaya lebih spesifik.

    Baca juga 3 Cara Kreatif Menanam Anggur

    Dalam Memilih dan menentukan struktur tanah sebagai media tanam sangatlah penting, mengingat bahwa proses pertumbuhan akar suatu tanaman merupakan cermin dari akar sehat dalam memberikan hasil maksimal.

    Media tanam senantiasa disesuaikan dengan karakteristik jenis tanamanya, media padat atau terlalu poros sering sekali menjadi faktor penyebab tanaman anggur kita tidak dapat tumbuh dengan baik. Ya, permasalahan serius akan berdampak pada tanaman anggur Kita stagnan ataupun busuk akar. Memang banyak alasan, namun secara umum yang menjadi pemicu tersebut biasanya dari media tanam yang kita gunakan.

    Nah, untuk itu dalam membuat/mencampur komposisi bahan-bahan yang akan kita jadikan media sebaiknya menjadi bahan pertimbangan terutama untuk media tabulampot dan polybag. Bagi kawan-kawan bisa mencoba resep berikut sesuai pengalaman pribadi, siapa tahu cocok dan berhasil.

    METAN (Media tanam) pilihan:

    1. Tanah gembur (Om/tante bisa mengambilnya dari daerah yang banyak ditanami bamboo/jagung atau tanah bekas ditumbuhin tanaman berakar serabut seperti bekas menanam bawang, cabe, kentang dll.
    2. Kompos / Bokashi (pupuk kandang terfermentasi)
    3. Arang sekam
    4. Cocopeat atau sabut kelapa yang dihaluskan
    5. dolomit / kapur pertanian secukupnya
    6. Pupuk kandang terfrementasi
    7. Tambkan NPK 16:16:16

    perbandinga tanah2 : kompos2: arang sekam1: cocopeat1: pukan1:
    Aduk semua media dan simpan selama -+2 minggu baru siap digunakan.

    TMAGROUP

Leave a Reply