Manfaat Giberrelin GA3 Untuk Anggur.

Aplikasi Giberrelin GA3 Pada Anggur.

klik gambar untuk zoom

Asam Gibberellic (GA3) adalah senyawa alami/hormon tanaman yang disebut gib-berellins. Ada 2 respont pasca aplikasi GA3 pada cluster yaitu:

Respon Positif:
a. Biasanya anggur kategory seedless (tanpa biji) memiliki ukuran diameter standar secara alami, namun setelah aplikasi gibrelin sering kali secara dramatis meningkatkan size berry. kenapa ? presumably because they partially substitute for the natural production of gibberellins from seeds.

b. Aplikasi GA3 pertama pada waktu midbloom/timing bloom tidak hanya bisa meningkatkan ukuran berry namun pada beberapa varietas tertentu bisa mengurangi jumlah butiran buah per/cluster. Waktu optimum untuk aplikasi dalam upaya meningkatkan ukuran buah sering dilakukan pada timing berry berdiameter 4 sampai 12 mm, dengan 1 atau 2 kali semprot/celup.

c. Aplikasi percobaan GA3 untuk varietas tanpa biji yang sebelumnya belum pernah dilakukan treatment GA3 dengan konsentrasi 40-50 ppm hasilnya cukup efektif, namun kadang hanya 25 ppm yang harus digunakan pada jenis tertentu seperti ‘venesa dan hanya 5 ppm yang dianggap optimal untuk beberapa varietas lainya.

Respon Negatif:
a. Aplikasi GA3 juga memiliki efek negatif pada buah anggur, pengaruh terhadap rasa buah, penuruan ketahanan pada musim dingin dan penurunan tingkat kesuburan. Jadi gunakanlah dengan bijaksana dan sesuai aturan.

b. Regulator pertumbuhan tanaman (PGRs), seperti GA3, diklasifikasikan sebagai pestisida dan mungkin disebagian wilayah tertentu penggunaanya tidak direkomendasikan untuk anggur atau untuk kultivar tertentu.

c. Memiliki efek pada homeostasis redoks, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel (we found that GA3 application had an effect on redox homeostasis, which could potentially cause cell damage and subsequent seed abortion.)

Pertanyaanya adalah Kenapa cluster/tandan buah yang terlalu bergerombol sering kali bermasalah dan membuat buah tidak optimal..?

Karna pada beberapa varietas anggur, ketika set buah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu berdesakan yang berdampak pada buah rentan membusuk dan size tidak serempak. Dengan demikian, kita sering melakukan penjarangan jumlah buah dalam 1 tandan, terutama pada categori table grape. Maka dari itu, penjarangan buah dan aplikasi asam giberelat (GA3), dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal diatas.

Aplikasi & Dosis:

Jumlah GA3 yang dibutuhkan untuk optimalisasi size berry tergantung pada varietas dan beberapa faktor lainnya, namun 10 sampai 60 g /H adalah termasuk tingkat dosis pada umumnya. GA3 juga dapat diterapkan 1x atau beberapa kali pada varietas tertentu.

Waktu aplikasi sangat penting dan juga bervariasi , bagi banyak varietas, aplikasi pertama dilakukan pada awal ketika kondisi bunga mekar (Timing bloom) 50%-90%,  selanjutnya pada timing  size berry, atau ketika diameter buah mencapai sekitar 3-5 mm,6-7mm,4-5mm,8-10mm dan 12-15mm. Telat Aplikasi akan berdampak pada waktu pematangan buah terlambat dan bisa menghambat terhadap penyempurnaan set warna buah.

Pada Anggur seeded(Berbiji) umumnya aplikasi dengan GA3 sekitar tiga minggu sebelum mekar dengan larutan yang mengandung 1 sampai 10 mg/L, hanya hasilnya akan kurang responsif terhadap perlakuan GA3 dibandingkan varietas seedless. Maka dari itu, penggunaan GA3 terhadap jenis anggur berbiji dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran/size buah tidak terlalu banyak dilakukan.

Adapun untuk anggur seedless (Tanpa biji) pada umumnya berlaku antara 0,5 sampai 20 g / hektar dan jenis seedless lebih toleran terhadap GA3 daripada anggur seeded.

Berikut table hasil percobaan terhadap anggur jenis  Berbiji jenis Khoyo-Red Globe-Thomson Seedless

[su_spoiler title="Figure1" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure2" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure3" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure4" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure5" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler] [su_spoiler title="Figure6" icon="folder-2"]Lihat disini[/su_spoiler]

Karna artikel ini hasil terjemahan sealakadarnya dari beberapa sumber, jadi jika ada kesalahan terjemah yang kurang sesuai atau informasi yang terlampir kurang tepat dan tidak sama dengan referensi yang om/tante temukan diartikel berbeda, mohon dikoreksi dan diluruskan.

NEXT Article:
-> PGR for improving grape berry color
-> Forchlorfenuron (CPPU), a synthetic cytokinin

TMAGROUP

  • Analisa Usaha Budidaya Anggur
    Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
    Let’s Go Together
     
    #Pendahuluan:
     
    Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
     
    Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
     
    Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
     
    Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
     
    Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
     
    Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
     
    #Kondisi_Alam:
     
    Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
     
    Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
     
    Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
     
    Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
     
    Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
     
    Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
     
    #Tujuan:
     
    Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
     
    – Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
     
    – Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
     
    – Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
     
    – Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
     
    – Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
     
    – Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
    NEXT….
     
    -> KOMPONEN:
    -> METODE PENERAPAN:
    -> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
     
    TMAGROUP
  • Laporan Dompet TMA (Desember 2017)

    Selain misi dalam mengajak semua member untuk selalu giat dan semangat dalam menanam anggur, TMA-GROUP berencana mencanangkan program santunan jompo, anak yatim dan piatu yang dananya akan dikumpulkan dari hasil donasi, penjualan dan lelang bibit amal. Kemudian setelah terkumpul dan mencapai angka yang pantas akan disalurkan melalui ketua korda/provinsi masing-masing yang telah ditunjuk dan disepakati.

    Info saldo dompet TMA-GROUP bulan desember 2017.

    KET: PENGAMBILAN DANA GRAFTING (SISA DANA PENDAFTARAN DARI MASING2 KORDA YANG DISIMPAN DALAM REKENING DOMPET TMA) YANG KEMUDIAN DIANGGARKAN BUAT PIALA SEBESAR Rp 200.000 & Hadiah Rp.500.000. UNTUK KEKURANGANYA SUDAH DITUTUP SAMA PANITIA LOMBA.

    Info saldo sebelumnya disini

    DAFTAR PENGURUS:

    -> Kang Yadi (Admin)
    -> Romi Ardiansyah (Admin)
    -> Raspo (Admin)
    -> Rawnaa Na (Admin)
    -> Yuliastuti (Bendahara)
    -> Hasan (Admin)
    -> Bayu W Giri (Admin)
    -> Hen Bobon (Admin)
    -> Ecko (Modrator)
    -> Noory Ali (Moderator)
    -> Windy (Modrator)
    -> Ahmad Syafei (Modrator)

    Rekening A/N Yuli Widi Hastuti (BRI No.6912-01-025971-53-8)
    Link via group facebook disini

    Mari Kita menanam & beramal.
    TMA-GROUP

  • Syarat & Ketentuan LGT-4

    PERATURAN LGT-4
    =================

    LGT (Lets Grow Together )adalah program yang rutin diadakan oleh TMA GROUP dalam rangka bersama-sama menanam dan berusaha menumbuhkan stek anggur sampai pohon tersebut benar-benar memiliki cabang/ranting sempurna dan siap dibuahkan
    LGT-4 diisi oleh varietas anggur RUBY SEEDLESS & MU7 dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

    1. Peserta adalah semua anggota TMA.
    2. Peserta mempunyai semangat dalam bercocok tanam & memajukan perANGGURan.
    3. Sanggup mentaati peraturan group dan khususnya lomba yang diselenggarakan.
    4. Lomba berlangsung selama 6 bulan terhitung dari perlombaan dibuka & stek dibagikan ( bulan agustus)
    5. Teknik awal penyemaian bebas suka-suka. Media air, tancap polybag langsung, pendam dll.
    6. Wajib menginformasikan jikalau peserta memundurkan diri diperjalanan lomba.
    7. Dalam jangka 1 minggu dan maksimalnya 2 minggu dari mulai tanam, setiap peserta wajib update proses pertumbuhanya dengan disertakan photo penampakan dikolom khusus yang disediakan setiap bulan.
    8. Media tanam bebas yang penting gembur dan subur kaya akan unsur hara. Bisa campuran tanah, kompos, pukan, sekam bakar atau metan siap saji.
    9. Tidak diperkenankan mengganti stek selain yang telah diberikan.
    10. Bagi yang tidak ada laporan setiap bulan akan masuk diskualifikasi.
    11. Penanaman dalam pot atau tanah langsung tidak termasuk ketentuan. Jadi silahkan berkreasi bebas & suka-suka.
    12. Wajib share tips diakhir lomba dari mulai penanaman, penanganan, dll bagi yang masuk kategori terpilih 1,2 & 3 versi TMA.

    Kriteria Penilaian:

    1. Penilaian akan terfokus pada stuktur pohon anggur, primer, skunder & tersier.
    2. Prioritas bagi yang kedua stek tersebut hidup, tapi bukan berarti layak jikalau pertumbuhanya stagnan. Jadi meskipun 1 stek yang berhasil dipelihara masih banyak kesempatan menjadi terpilih.
    3. Penilaian peserta dalam menggunakan kaidah pruning (pemangkasan) entah spur, cane, atau kolaborasi keduanya akan sangat penting.

    Hadiah:

    -> Terpilih Pertama:

    1. Piala
    2. 3 bibit Red Globe
    3. Souvenir gantungan kunci TMA
    4. Mug sablon TMA
    5. 1 bibit white round malta (dari Om Ahmad Riezqo)
    6. 1 bibit chocolate (dari Om Ahmad Riezqo)

    -> Terpilih Kedua:

    1. Piala
    2. 2 bibit Red Globe
    3. 1 bibit chocolate (dari Om Ahmad Riezqo)
    4. Souvenir gantungan kunci TMA
    5. Mug sablon TMA

    -> Terpilih Ketiga:

    1. Piala
    2. 1 bibit Red Globe
    3. 1 bibit chocolate (dari Om Ahmad Riezqo​)
    4. Souvenir gantungan kunci TMA
    5. Mug sablon TMA

    ——————————
    Kolom laporan perdana diposting melalui link berikut-> https://www.facebook.com/groups/743331959143089/permalink/979734335502849/
    Bagi donatur yang berkenan menambah hadiah sangat diharapkan supaya lebih semangat.

    Kolom laporan bulan september melalui link berikut -> KLIK DISINI 

    Terimakasih kepada relawan khususnya om Yunus Indrapraja​, panitia, donatur dan jajaran pengurus Group TMA.

    TMA GROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Laura

    Anggur Jenis Laura

    Diantara sekian banyak daftar varietas kategori table grape asal Ukraina yang masuk kedalam  varietas unggul, sekarang sudah berhasil dibuahkan dinegri Kita yaitu jenis “LAURA/Лора”

    Spesifikasi & Hasil Ujicoba

    Klik untuk memperbesar gambar

    – Nama Varietas: “LAURA/Лора”
    – Country of origin: Ukraina
    – Pematangan buah: 110-115 HSP+ dan untuk wilayah BANDUNG-JABAR membutuhkan waktu ± 100 HSP termasuk early.
    – Uji coba penanaman: 1600 mdpl.
    – Bentuk buah: silinder atau oval
    – Memiliki Rasa Manis dan kulit buah cendrung tipis
    – Aroma: kurang dominan dibanding jenis lainya.
    – Brix: None
    – Memiliki biji 1-2 untuk buah yg besar dan seedless untuk buah sedang dan kecil
    – Cukup Tahan terhadap hujan.
    – Adaptasi terhadap lingkungan baru cukup fleksibel.
    – Teknik pruning: none
    – Potensi bud fruitful : none

    Bagaimana apakah Om/tante tertarik menanamnya..?

    TMAGROUP

Leave a Reply