Manfaat Giberrelin GA3 Untuk Anggur.

Must Read

Anggur Centennial seedless

Anggur jenis Centennial seedless hasil persilangan dari GOLD X Q 25-6 (EMPEROR X PIROVANO 75) F2 yang dikembangkan pada...

Anggur Alvika

Satu lagi varietas anggur dari daratan Ukraina yang menggiurkan yaitu jenis Alvika hasil persilangan Jimat X Velika yang pertama...

Anggur In memory of Smolnikov

Anggur jenis In memory of Smolnikov hasil persilangan (Wax X Charrel) berhasil dikembangkan oleh Kapelyushny V.U dan banyak dilirik...

4.8
(1767)

Aplikasi Giberrelin GA3 Pada Anggur.

klik gambar untuk zoom

Asam Gibberellic (GA3) adalah senyawa alami/hormon tanaman yang disebut gib-berellins. Ada 2 respont pasca aplikasi GA3 pada cluster yaitu:

Respon Positif:

  • Biasanya anggur kategory seedless (tanpa biji) memiliki ukuran diameter standar secara alami, namun setelah aplikasi gibrelin sering kali secara dramatis meningkatkan size berry.

kenapa ? presumably because they partially substitute for the natural production of gibberellins from seeds.

  • Aplikasi GA3 pertama pada waktu midbloom/timing bloom tidak hanya bisa meningkatkan ukuran berry namun pada beberapa varietas tertentu bisa mengurangi jumlah butiran buah per/cluster.

Waktu optimum untuk aplikasi dalam upaya meningkatkan ukuran buah sering dilakukan pada timing berry berdiameter 4 sampai 12 mm, dengan 1 atau 2 kali semprot/celup.

  • Aplikasi percobaan GA3 untuk varietas tanpa biji yang sebelumnya belum pernah dilakukan treatment GA3 dengan konsentrasi 40-50 ppm hasilnya cukup efektif

Namun terkadang hanya 25 ppm yang harus digunakan pada jenis tertentu seperti ‘venesa dan hanya 5 ppm yang dianggap optimal untuk beberapa varietas lainya.

Respon Negatif:

  • Aplikasi GA3 juga memiliki efek negatif pada buah anggur, pengaruh terhadap rasa buah, penuruan ketahanan pada musim dingin dan penurunan tingkat kesuburan. Jadi gunakanlah dengan bijaksana dan sesuai aturan.
  • Regulator pertumbuhan tanaman (PGRs), seperti GA3, diklasifikasikan sebagai pestisida dan mungkin disebagian wilayah tertentu penggunaanya tidak direkomendasikan untuk anggur atau untuk kultivar tertentu.
  • Memiliki efek pada homeostasis redoks, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel (we found that GA3 application had an effect on redox homeostasis, which could potentially cause cell damage and subsequent seed abortion.)

Pertanyaanya adalah Kenapa cluster/tandan buah yang terlalu bergerombol sering kali bermasalah dan membuat buah tidak optimal..?

Karna pada beberapa varietas anggur, ketika set buah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu berdesakan yang berdampak pada buah rentan membusuk dan size tidak serempak.

Dengan demikian, kita sering melakukan penjarangan jumlah buah dalam 1 tandan, terutama pada categori table grape.

Maka dari itu, penjarangan buah dan aplikasi asam giberelat (GA3), dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal diatas.

Aplikasi & Dosis:

Jumlah GA3 yang dibutuhkan untuk optimalisasi size berry tergantung pada varietas dan beberapa faktor lainnya

Namun 10 sampai 60 g /H adalah termasuk tingkat dosis pada umumnya. GA3 juga dapat diterapkan 1x atau beberapa kali pada varietas tertentu.

Waktu aplikasi sangat penting dan juga bervariasi , bagi banyak varietas, aplikasi pertama dilakukan pada awal ketika kondisi bunga mekar (Timing bloom) 50%-90%.

||| Baca juga Optimalisasi Warna Buah

Selanjutnya pada timing  size berry, atau ketika diameter buah mencapai sekitar 3-5 mm,6-7mm,4-5mm,8-10mm dan 12-15mm. Telat Aplikasi akan berdampak pada waktu pematangan buah terlambat dan bisa menghambat terhadap penyempurnaan set warna buah.

Pada Anggur seeded(Berbiji) umumnya aplikasi dengan GA3 sekitar tiga minggu sebelum mekar dengan larutan yang mengandung 1 sampai 10 mg/L, hanya hasilnya akan kurang responsif terhadap perlakuan GA3 dibandingkan varietas seedless.

Maka dari itu, penggunaan GA3 terhadap jenis anggur berbiji dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran/size buah tidak terlalu banyak dilakukan.

Adapun untuk anggur seedless (Tanpa biji) pada umumnya berlaku antara 0,5 sampai 20 g / hektar dan jenis seedless lebih toleran terhadap GA3 daripada anggur seeded.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.8 / 5. Vote count: 1767

No votes so far! Be the first to rate this post.

Berita sebelumyaAnggur Beauty
Berita berikutnya11 Kunci Sukses Budidaya Anggur

Tinggalkan Komentar

Latest News

Anggur Centennial seedless

Anggur jenis Centennial seedless hasil persilangan dari GOLD X Q 25-6 (EMPEROR X PIROVANO 75) F2 yang dikembangkan pada...

Anggur Alvika

Satu lagi varietas anggur dari daratan Ukraina yang menggiurkan yaitu jenis Alvika hasil persilangan Jimat X Velika yang pertama kali dikembangkan oleh Kalugin Viktor...

Anggur In memory of Smolnikov

Anggur jenis In memory of Smolnikov hasil persilangan (Wax X Charrel) berhasil dikembangkan oleh Kapelyushny V.U dan banyak dilirik Petani dataran Ukraina. Masa pematangan anggur...

Anggur Glory

Anggur jenis Glory berhasil dikembangkan oleh Vishnevetsky N.P. di wilayah selatan Rusia. Masa pematangan membutuhkan waktu 100-105 hari yang biasanya panen jatuh pada bulan...

Anggur Rosalind

Rosalind hasil persilangan  menghasilkan buah dengan masa pematangan cukup dini yaitu 100-110 hari. Menurut Voronyuk I.N. dan Kapelyushny V.U. Jenis ini full matang pada...

More Articles Like This