Bibit Anggur Gratis

Dalam rangka syukuran salah seorang Cucu, yang putrinya bertambah usia, Mbah diamanati untuk membagikan hibah bibit.

Syarat & Ketentuan:

Penerima hibah, diutamakan adalah mereka yang belum punya jenis introduksi/import. Jadi yang merasa sudah punya, harap tiarap dulu. Berikan kesempatan kepada yang lebih membutuhkan.

Jika ternyata semua member sudah punya, maka dialihkan kepada mereka yang belum punya banyak. Misal, baru punya satu.

Bibit hibah diharapkan dirawat dan dipelihara dengan penuh kasih sayang. Dan semoga menjadi berkah untuk penerima dan pemberi.

Member grup yang belum pernah sama sekali aktif, tidak bisa menerima hibah ini. Keaktifan anggota (posting, komentar, respon like) bisa dicek oleh pengurus.

Semoga Allah Subhanahu Wata’ala Membalas kebaikan pemberi hibah dengan berlipat ganda & Semoga bermanfaat dan membawa berkah untuk kita semua.

Berikut daftar penerima hibah:

Daftar penerima hibah:

  1. Lutfi Zubad
  2. Sis Wae
  3. Sri Sumarahati
  4. Ayik Widodo
  5. Syaiful Kalam
  6. Dudi Di’x
  7. Ayesha
  8. Icko Icky
  9. Verra Newrecruitment
  10. Maftuh
  11. Anggie Ctq
  12. Yanto Jaya
  13. Thahir Mardani
  14. Dwi Setyo
  15. Mahdy Raziq Hanan

Lihat jenis yang dihibahkan via YOUTUBE

Ikuti info via group Fb TMA disini

Terimakasih atas partisipasinya.

  • Peserta LGT-1 November
    Berikut daftar peserta lomba LGT-1 yang masih bertahan sampai batas waktu penutupan bulan desember. Total peserta tersisa 14 orang Klik untuk memperbesar gambar.
  • Tips & Teknik Grafting Anggur
    Dalam dunia sambung menyambung ada istilah scions ( entres atau batang atas yang dipakai buat sambungan) dan stock atau rootstock ( batang bawah buat nempelin entres). Tujuan dilakukanya okulasi adalah: 1. Memperoleh bibit atau pohon anggur hasil sambungan yang Kita harapkan lebih baik sesuai label varietasnya. 2. Menjadikan pohon anggur yang lebih vigor dan cepat berproduksi. 3. Membuat pohon anggur lebih kokoh dan tahan terhadap serangan hama sesuai dengan spesifikasi dan ketahanan rootstock yang digunakan. 4. Memperbaiki jenis tanaman yang telah tumbuh dengan jenis yang diharapkan. 5. Menghasilkan pohon anggur dengan berbagai macam jenis varietas bermacam-macam. Sebanarnya kalau melihat referensi, batang bawah yang biasa dijadikan rootstock hanya dari varietas tertentu yang spesifikasinya sudah memenuhi standar untuk dijadikan batang bawah dan dari vitis rupertis X riparia atau berlandieri X riparia seperti jenis SO4, Richter, 5BB, 5C, Freedom, Paulsen dll, yang mana sudah diuji karakternya terhadap serangan nematoda, phylloxera dan beradaptasi tinggi terhadap lingkungan setempat. Akan tetepi karna jenis diatas sangat sulit didapatkan bahkan mungkin saja belum ada yang punya atau masih disembunyikan :D, maka kita berbondong-bondong mencari solusi penggantinya dan ditemukanlah jenis bandel, kecut, tahan banting, tidak manja, termasuk miss primadona dan rajin berbuah adalah Isabella dari vitis labrusca yang menurut jumhur peng-anggur-an cukup baik digunakan. Ngikut ae lah, heuheuh. Back to grafting… Pada praktek sambung batang anggur ini bisa dilakukan dengan berbagai metode dan variasi. Edisi kali ini akan diambil 2 teknik yang lazim dan tidak begitu sulit dilakukan ” menurut saya” :D Sebelumnya persiapkan terlebih dahulu entres dan rootstocknya, untuk entres bisa diambil dari batang muda atau tua tidak masalah dan untuk stock bisa yang sudah berakar (Rootstock), masih cutting/stek atau sudah berupa pohon, yang terpenting usahakan keduanya berdiameter sama atau mendekati. Kodenya seperti ini: —> Entres batang muda VS Rootstock (Bareroot) Entres batang muda VS Pohon (ditempel) Entres batang muda VS Cutting Hijau ( Don’t try bisa lembek :D) Entres batang tua VS Rootstock Entres batang tua VS pohon (ditempel) Entres batang tua VS Cutting Tua kedua yang harus dipersiapkan adalah pisau tajam/silet/cutter/ golok boleh :D dan tape grafting atau tali plastik buat mengikat. Semua harus bersih dan steril untuk menghindari infeksi bakteri. Praktek—> 1. Model Cleft Graft / V graft – Bagian Scions/entres dipotong miring kiri kanan membentuk hurup V – Bagian stock dibelah tengah – Tempel dan ikat kencang dengan tape grape – Done. 2. Model Whip Graft – Bagian sction dipotong miring satu arah – Bagian stock dipotong miring satu arah – Tempel dan ikat kencang jangan sampai air masuk atau angin :D – Done.
    TMA Group
  • Catatan & Spesifikasi Tentang Anggur Rizamat
    Catatan Tentang Anggur Rizamat/Ризамат Varietas rizamat berasal dari Uzbekistan hasil persilangan jenis Katta-Kurgan X Parkent. Sejahrah penamaan dengan rizamat dikaitkan dengan seorang pemerhati/petani anggur uzbekistan bernama Rizamat Musamukhamedov. Jenis ini termasuk table grape yang memiliki tingkat adaptasi pertumbuhan cukup baik dan menghasilkan tandan besar dengan butiran buah rata-rata 14 gram tanpa treatment GA3, adapun jika aplikasi ga3 diperkirakan bisa mencapai 20g/berries. Menurut deskripsi aslinya bahwa kwalitas akar rizamat tanpa grafting (ownroot) cukup baik dan kuat dibandingkan varietas lainya, namun tidak menutup kemungkina jika digunakan batang bawah (rootstock) akan lebih meningkatkan kwalitas. Berikut deskripsinya:
    – Country of origin: Uzbekistan – Variety Name: Rizamat/Ризамат – Parentage: Katta-Kurgan x Parkent – Ripening: Early-middle (125-135 days) – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile (bisexual) – Color of berry skin: Red – Brix – 20-25% dengan keasaman 5 g / l. – Berry weight: 9-14 g (45 x 25 mm) – Bunch weight: 600-1000 g – The sugar content is up to 25% brix with an acidity of 5 g / l. – Taste Berries: Harmonious & pulp is fleshy, skin is not felt when eating – Seeded – Resistance to : Oidiumlow, -18 ° С
      Deskripsi made in INDONESIA
    by: Om R Shodik Manunggal – Nama Varietas: Rizamat/Ризамат – Country of origin: Ukraina – Masa Pematangan buah: 140-150 hsp – Ujicoba Penanaman: 0-10 mdpl – Bentuk buah: bulat memanjang – Rasa: kombinasi fleshy dan crunch – Diameter Buah: 1.8 cm -2.3cm – Warna: merah kehitam – Aroma: normal – Daging Buah: – Berat Tandan: 500 gr – 1.000 (belum max) – Berat Butiran: 8 -14 gr – Brix: 18-20 – Seedless/seeded: seeded – Resistance terhadap jamur/air: cukup kuat – GA3 treatment: ya – Dormex pasca pruning: no – Tingkat adaptasi: sangat baik – Teknik pruning: spur 3-5 bud
    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.
  • Catatan & Spesifikasi Anggur Jupiter
    Catatan Tentang Anggur Jupiter Varietas anggur Jupiter seedless (tanpa biji)pertama kali dikembangkan dan dipatenkan oleh University of Arkansas pada tahun 1998. Jenis ini sangat direkomendasikan karna bisa produktif dan beradaptasi dengan baik diberbagai darah dengan suhu berbeda, hasil produksi/H berpotensi mencapai 13 ton, pencapaian diangka tersebut cukup baik untuk mendorong pelaku usaha perkebunan anggur komersial dalam pengembanganya. Berikut deskripsinya:
    Grape Color: Blue, Black Primary Use: Table The variety can attain: 21 Brix Berry weight : 4 to 5 g in Arkansas Resistance to : fungal diseases Wine Color: Not Applicable Variety Origin: University of Arkansas Parents: Arkansas 1258 x Arkansas 1762 Pseudonym (Tested As): ARK 1985 Year Released: 1998 Harvest Season: Early Season USDA Hardiness Zone: 5 Sulfur Sensitivity: Not susceptible Vine Vigor: Medium Vigor Growth Habit: Trailing Suggested Distance Between Vines: 6 ft – 8 ft Vine Training System: Modified Munson Bud Break: Mid-Season with Concord Percobaan penanaman dinegri kita, ternyata jenis ini tidak begitu jauh dengan deskripsi aslinya, sangat mudah beradaptasi, tahan jamur dan tidak terlalu sulit dibuahkan. Untuk pengembangan dan pemantapan, silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri. By Tant Ina Ramdhani Nama Varietas: Jupiter Seedless – Country of origin: USA – Masa Pematangan buah: 100-110 HSP – Ujicoba Penanaman mdpl: 20mdpl – Bentuk buah: Oval – Rasa: Harmonis (harum manis) – Warna: Merah tua to blue and black – Aroma: Kuat – Brix: – – Seedless atau seeded: seeded – Resistance: Sangat Baik terhadap jamur – GA3 treatment: tidak pakai – Tingkat adaptasi: Sangat Baik – Perlakuan Teknik pruning: 4-9 bud – Pengamatan Potensi bud fruitful : 7 up – Lain-lain: foto buah 85 hsp, tanam 1-2-2017 ‘belum matang 100% jadi diphoto masih kelihatan berwarna merah’ Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan

Leave a Reply