Bibit Anggur Gratis

Dalam rangka syukuran salah seorang Cucu, yang putrinya bertambah usia, Mbah diamanati untuk membagikan hibah bibit.

Syarat & Ketentuan:

Penerima hibah, diutamakan adalah mereka yang belum punya jenis introduksi/import. Jadi yang merasa sudah punya, harap tiarap dulu. Berikan kesempatan kepada yang lebih membutuhkan.

Jika ternyata semua member sudah punya, maka dialihkan kepada mereka yang belum punya banyak. Misal, baru punya satu.

Bibit hibah diharapkan dirawat dan dipelihara dengan penuh kasih sayang. Dan semoga menjadi berkah untuk penerima dan pemberi.

Member grup yang belum pernah sama sekali aktif, tidak bisa menerima hibah ini. Keaktifan anggota (posting, komentar, respon like) bisa dicek oleh pengurus.

Semoga Allah Subhanahu Wata’ala Membalas kebaikan pemberi hibah dengan berlipat ganda & Semoga bermanfaat dan membawa berkah untuk kita semua.

Berikut daftar penerima hibah:

Daftar penerima hibah:

  1. Lutfi Zubad
  2. Sis Wae
  3. Sri Sumarahati
  4. Ayik Widodo
  5. Syaiful Kalam
  6. Dudi Di’x
  7. Ayesha
  8. Icko Icky
  9. Verra Newrecruitment
  10. Maftuh
  11. Anggie Ctq
  12. Yanto Jaya
  13. Thahir Mardani
  14. Dwi Setyo
  15. Mahdy Raziq Hanan

Lihat jenis yang dihibahkan via YOUTUBE

Ikuti info via group Fb TMA disini

Terimakasih atas partisipasinya.

  • Laporan Dompet TMA (Desember 2017)
    Selain misi dalam mengajak semua member untuk selalu giat dan semangat dalam menanam anggur, TMA-GROUP berencana mencanangkan program santunan jompo, anak yatim dan piatu yang dananya akan dikumpulkan dari hasil donasi, penjualan dan lelang bibit amal. Kemudian setelah terkumpul dan mencapai angka yang pantas akan disalurkan melalui ketua korda/provinsi masing-masing yang telah ditunjuk dan disepakati.
    Info saldo dompet TMA-GROUP bulan desember 2017.
    KET: PENGAMBILAN DANA GRAFTING (SISA DANA PENDAFTARAN DARI MASING2 KORDA YANG DISIMPAN DALAM REKENING DOMPET TMA) YANG KEMUDIAN DIANGGARKAN BUAT PIALA SEBESAR Rp 200.000 & Hadiah Rp.500.000. UNTUK KEKURANGANYA SUDAH DITUTUP SAMA PANITIA LOMBA. Info saldo sebelumnya disini
    DAFTAR PENGURUS: -> Kang Yadi (Admin) -> Romi Ardiansyah (Admin) -> Raspo (Admin) -> Rawnaa Na (Admin) -> Yuliastuti (Bendahara) -> Hasan (Admin) -> Bayu W Giri (Admin) -> Hen Bobon (Admin) -> Ecko (Modrator) -> Noory Ali (Moderator) -> Windy (Modrator) -> Ahmad Syafei (Modrator) Rekening A/N Yuli Widi Hastuti (BRI No.6912-01-025971-53-8) Link via group facebook disini Mari Kita menanam & beramal. TMA-GROUP
  • Selfie Terkece dan Terkeren versi TMA
    Setelah ditutupnya lomba selfie terkece versi TMA minggu kemarin yang hasil pilihan panitia tungal ‘Om Mas Ben menjagokan Tant Dewi Septiana Sulira sebagai urutan pertama. Karna Momen seperti ini mungkin sulit untuk diulangi lagi, maka Panitia berinisiaif mendokumentasikan karna bisa dibilang cukup spesial dan merupakan lomba selfie perdana yang diselenggarakan. Nah yuk bagi kita yang belum lihat bagaimana photo-photo kece dan kerenya mereka :D, lihat satu2. Klik untuk zoom gambar Gambar lagi diperbaiki.
  • Laporan LGT#5 Desember 2018

    DAFTAR PESERTA BERTAHAN LGT5, Update ke#8 (Desember) 2018.

    Perlu diperhatikan bahwa laporan peserta setiap bulan sifatnya wajib, jadi jika tdk ada akan diskualifikasi dari lomba.

    Format Laporan #No_Varietas

    3. Bie Moeslem ✓Update
    6. Anna Widyanti ✓Update
    7. Saifudin ✓Update
    9. Muh Har ✓Update
    11. Aryo Haryono Hry ✓Update
    16. Sarif Paving ✓Update
    21. Dani Setiawan ✓Update
    32. Pa Itam ✓Update
    38. Samli Marrung Jaya ✓Update
    46. Dharma Sirait ✓Update
    50. Saifudin St ✓Update
    70. Cecep Mangku Langit ✓Update
    73. Yusuf Anwari ✓Update
    75. Muhammad Mursyid ✓Update
    79. Adenk Deni ✓Update
    87. Hendry Tan ✓Update
    89. Uzie Tok ✓Update
    93. Trisha oh Trisha ✓Update
    97. Tsukumo Mutsu ✓Update
    100. Arifin Sumar ✓Update
    101. Dhe Susanto ✓Update
    102. Yudi Marsudiharjo ✓Update
    104. Nazhirul Asrofi Hanan ✓Update
    105. Alin Sardjito ✓Update
    109. Supri Handoko ✓Update
    112. Suparno Anotesa ✓Update
    115. Cacai Gunawan ✓Update
    116. Rahman dental ✓Update
    118. Putri Putri ✓Update
    119. Syafran Riyadi ✓Update

    Update via group klik disini

    TMA
    Panitia LGT#5

  • Hama & Penyakit Tanaman Anggur
    Sahabat TMA yang baik hati & tidak sombong :D. Semoga beneran.Amin Dalam budidaya tanaman tidak terkecuali anggur, pasti Kita dihadapkan dengan berbagai kendala entah serangan hama atau infeksi penyakit yang kadang sulit mencari sulusinya. Liku perjuangan dari mulai menanam cutting/stek tidak sedikit menyita pikiran dan tenaga. Tapi tetap semangat dan berdoa meski hasilnya kadang keluar dari jalur yang diinginkan. Edisi kali ini Kita akan sedikit mengenal beberapa penyakit dan hama yang menjadi musuh bubuyutan tanaman anggur. Sebelumnya seperti biasa siapkan alat perang, eh tulis, kopi pahit, padud, terutama cemilan jangan terlewatkan :D. Back to point…
    • HAMA
    1. Phylloxera Vitifolia Hama ini menyerang tanaman anggur di semua umur baik tanaman yang masih bibit maupun yang sudah tua, dan akibat yang ditimbulkannya adalah kering dan mati. Infeksi bagian tanaman yang diserang adalah daun dan akar tanaman secara langsung. Gejala umum yaitu daun terbentuk bisul-bisul kecil sedangkan akar tanamannya membengkak seperti kutil. Letak hama Phylloxera Vitifolia menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar. 2. Kumbang Apogonia destructor Berbentuk kumbang kecil dan warnanya hitam mengkilat. Bagian yang diserang adalah daun anggur saat waktu malam hari dan karakteristik kumbang Apogonia destructor adalah mudah tertarik oleh sinar lampu. 3. Wereng Daun Akibat yang ditimbulkan dari serangan wereng ini adalah menyebabkan daun anggur berbintik putih, kemudian menjadi kuning coklat kemudian gugur. 4. Kutu Putih Akibat yang terlihat dari serangan kutu putih ini adalah dapat menyebabkan pucuk/tunas menjadi kerdil. 5. Ulat Daun Sesuai dengan namanya bagian yang diserang adalah bagian daun yang menjadikan daun anggur sebagai makanannya. 6. Rayap Akibat yang terlihat jika serangan rayap datang saat menggerogoti akar tanaman yang masih muda sehingga membuat jadi layu yang akhirnya akhirnya mati. Penanggulangan yaitu dengan menyemprotkan insektisida pada bagian yang terkena hama yang dilakukan secara rutin. Tanya tukang obat :D ‘ sesuai hama yang mau dibasmi.
    • PENYAKIT
    A. (Die-back) adalah terjadinya kematian ranting atau cabang pada tanaman anggur dari bagian ujung atas kemudian meluas kebagian bawah akibat serangan patogen tanaman “Eutypa armeniacae” yang mengakibatkan terjadinya perubahan seperti pada bentuk cabang, ukuran, warna, tekstur dan kwalitas buah. Juga merupakan akibat kandungan air dalam tanah yang tinggi dan miskin unsur Cu (logam) Gejala:
    • Terjadi perubahan bentuk dan warna cabang/ranting tidak normal disebabkan etioplas (kurangnya cahaya sinar matahari)mulanya ditandai dengan munculnya getah berwarna kuning mengkilap diujung cabang kemudian keropos, mengering.
    • Curl/keriting, menguning dan kerdil dibagian daun dari cabang yang terinfeksi.
    • Pertumbuhan cabang pembuahan tidak sempurna dan mengakibatkan bunga berguguran atau buah tidak matang dan kurang berkwalitas.
    B. Lichen/lumut kerak sebagai dua organisme komposit yang terdiri dari alga biru/hijau dengan jamur jenis Ascomycotina atau Basidiomycotina yang bisa kita temukan pada kulit, cabang/ ranting pohon anggur,terutama sering terjadi dibeberapa lingkungan yang memiliki cuaca panas extrim,tidak terkecuali Indonesia kalau datang musim kemarau bisa mudah terinfeksi. C. Downy Mildew (Jamur) Gejalanya fisik yang kelihatan adalah daun kelihatan kuning, di bagian bawah terlihat ada tepung warna putih-kuning. Daun, bunga maupun tandan muda bisa mati bila terkena penyakit ini terutama saat musim penghujan atau kelembaban yang tinggi. D. Powdery Mildew Gejala fisik yang terlihat adalah pada permukaan daun terdapat bedak tipis putih kelabu. Bagian yang diserang pada tanaman anggur adalah bagian pucuk, bunga dan buah muda bahkan dapat merusak ranting sehingga jadi kerdil dan rusak. E. Penyakit busuk hitam Akibat yang ditimbulkan dari penyakit busuk hitam ini adalah buah anggur menjadi keriput, busuk dan gugur. F. Phakospora Vitis Ciri fisik yang terlihat adalah daun bagian bawah tertutup tepung berwarna orange (massa sporanya). G. Peronospora Bagian yang diserang adalah bagian daun anggur. Jika keadaan udara terlalu lembab, maka jamur ini menyerang daun anggur dan dapat dikenali karena spora berwarna kuning di bawah daun. Penanggulangan penyakit secara mekanis dan kimia
    • Menata dan merapihkan ranting tanaman anggur dengan selalu diikat pada kawat rambatan.
    • Menjaga kelembaban sekitar tanaman anggur
    • Membuang ranting tidak produktif dan ranting terinfeksi yang kemudian membakarnya diluar area perkebunan.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif tembaga oksiklorida, (28,5%) /100 liter air dengan jarak semprot 250cm dari tanaman.
    • Penyemprotan fungisida dengan bahan aktif tembaga hidroksida 250 g / 100 liter air.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif Tembaga oksi sulfat (10%) atau belerang dengan kadar 125 g/100liter air.
    • Selalu menjaga kadar air tanah jangan sampai perakaran tanaman anggur tergenang air.
    • Menambahkan sedikit pupuk berunsur Cu (logam) bertujuan untuk pembentukan enzim-enzim dan pemulihan hijau daun (khlorofil)

    Sumber artikel: Kumpulan hasil searcing Mbah Google. TMA-Group  

Leave a Reply