Bibit Anggur Gratis

Dalam rangka syukuran salah seorang Cucu, yang putrinya bertambah usia, Mbah diamanati untuk membagikan hibah bibit.

Syarat & Ketentuan:

Penerima hibah, diutamakan adalah mereka yang belum punya jenis introduksi/import. Jadi yang merasa sudah punya, harap tiarap dulu. Berikan kesempatan kepada yang lebih membutuhkan.

Jika ternyata semua member sudah punya, maka dialihkan kepada mereka yang belum punya banyak. Misal, baru punya satu.

Bibit hibah diharapkan dirawat dan dipelihara dengan penuh kasih sayang. Dan semoga menjadi berkah untuk penerima dan pemberi.

Member grup yang belum pernah sama sekali aktif, tidak bisa menerima hibah ini. Keaktifan anggota (posting, komentar, respon like) bisa dicek oleh pengurus.

Semoga Allah Subhanahu Wata’ala Membalas kebaikan pemberi hibah dengan berlipat ganda & Semoga bermanfaat dan membawa berkah untuk kita semua.

Berikut daftar penerima hibah:

Daftar penerima hibah:

  1. Lutfi Zubad
  2. Sis Wae
  3. Sri Sumarahati
  4. Ayik Widodo
  5. Syaiful Kalam
  6. Dudi Di’x
  7. Ayesha
  8. Icko Icky
  9. Verra Newrecruitment
  10. Maftuh
  11. Anggie Ctq
  12. Yanto Jaya
  13. Thahir Mardani
  14. Dwi Setyo
  15. Mahdy Raziq Hanan

Lihat jenis yang dihibahkan via YOUTUBE

Ikuti info via group Fb TMA disini

Terimakasih atas partisipasinya.

  • Optimalisasi Warna Buah Anggur
    Ethephon adalah seyawa 2-chloroethyl phosphonic acid yang jika diaplikasikan akan berpengaruh terhadap pematangan buah dan pengaturan warna. Berdasarkan beberapa hasil penelitian ternyata pemberian atau pemakaian Ethephon memang dapat meningkatkan kemasakan yang seragam pada buah anggur dengan catatan keberhasilan dipengaruhi oleh konsentrasi, cara penggunaan,dan varietasnya. Konsentrasi yang direkomendasikan hasil penelitian dimaroco pada percobaan beberapa kultivar anggur di dua perkebunan komersial adalah berkisar 100 sampai 960 ppm dengan efek dan hasil berbeda. Seperti aplikasi ketika masa veraison dengan konsentrasi 300 ppm untuk jenis thompson seedless, cardinal dan red flame dan 500 ppm untuk jenis beauty seedless cendrung meningkatkan berat buah, level brix dan pematangan serempak yang cukup signifikan Efek dari konsentrasi ethephonn terlalu tinggi dapat enyebabkan warna anggur kusam dan kerusakan apikal meristem. Tentunya  juga karna termasuk bahan kimia jadi akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan jika kurang bijaksana dalam penggunaanya. Berikut artikel pdf download dibawah. Link-1 Link-2 TMAGROUP
  • Lomba Grafting Anggur Korda
    LOMBA GRAFTING ANTAR KORDA (Hardwood Vs Hardwood) #SYARAT & KETENTUAN: ————————————-> 1. Durasi lomba 2 bulan terhitung dari awal september – awal november 2017 2. Pendaftaran hanya diajukan oleh ketua korda. 3. Stek calon rootstock berjumlah 8 cutting dan calon scion berjumlah 10-12 bud/mata tunas. Kedua varietas tersebut rahasiah hanya panitia yang tahu. 4. Setiap stek calon rootstock hanya boleh disambung dengan 1 bud, untuk lebihnya yaitu 2 bud/mata tunas boleh buat cadangan. 5. Teknik sambung dibebaskan sesuai keahlian masing-masing. Silahkan dimusyawarahkan melalui forum kordanya. 6. Peralatan grafting dibebaskan, pisau, grafting tool, plastik es, wrap, parafilm dll. 7. Setelah proses sambung selesai, wajib ditancap langsung dipolybag warna hitam dengan media tanam bebas. 8. Wajib dokumentasi mulai stek diterima sampai perlombaaan selesai. 9. Konstribusi wajib Rp.100.000/korda (untuk packing, ongkos kirim dan sisanya buat tambahan hadiah) 10. Pengiriman bahan lomba hanya melalui alamat ketua korda atau jika dalam suatu korda terkendala dengan jarak tempuh, boleh dikirim langsung ke masing2 anggotanya yang ditunjuk untuk mewakili dengan syarat ongkir diluar biaya diatas dan dokumentasi tetap melalui ketuanya. #KRITERIA JUARA. —————————> 1. Prioritas bagi yang ke-10 grafting hidup, jika tidak ada akan diambil terbanyak. 2. Berdasarkan tinggi bibit (diphoto menggunakan meteran). 3. Berdaun paling banyak/rimbun. #HADIAH. ====== 1. Uang tunai senilai Rp. 500.000 2. Piala 3. Sumbangan bibit dari donatur (jika ada) BATAS AKHIR PENDAFTARAN DAN PELUNASAN ADMINISTRASI SAMPAI TANGGAL 30 AGUSTUS. -> Dana bisa ditransfer ke rekening bendahara TMA a.n Yuli widi hastuti BRI No.6912-01-025971-53-8 Informasi link korda melalui -> KLIK DISINI #KET: -> Jika dalam perlombaan melanggar point 4,7 & 8, maka akan dianggap gugur. -> Jika peserta yang daftar hanya sedikit, akan dialihkan ke perorangan. —————— TMA GROUP cc: Yuliastuti, Raspo, Ridwan Ijan Thea, Romi Ardiansyah, Aanwar, Hen Bobon, Ahmad Syafei, W Bayu G Murti, Hasan, Nooray Ali, Ecko Famika, Windy DeWe.
  • Catatan & Spesifikasi Anggur Schiava Grossa
    Sekilas tentang anggur Schiava grossa/Black Hamburg/Trolyn. Dinegara Jerman nama varietas ini dikenal dengan sinonim Trollinger yang kemungkinan pertama kali ditanam di daerah South Tyrol dan Trentino, kemudian versi lain mengatakan bahwa jenis anggur ini berasal dari negara itailia yang dikenal dengan nama sinonimnya Schiava. Namun saat ini hampir secara eksklusif dibudidayakan diwilayah Württemberg Baden-Württemberg. Sebagai anggur meja, varietas ini kadang-kadang dikenal sebagai Black Hamburg dan kadang namanya suka tertukar dengan sinonim serupa yaitu Black Muscat (varietas yang sebenarnya hasil persilangan Trollinger dan Muscat dari Alexandria. Berikut deskripsi hasil ujicoba dinegri kita. by: Om Jimy
    – Nama Varietas: Schiava grossa/Black Hamburg/Trolyn. – Country of origin: Italia – Masa Pematangan buah: 120 hari – Ujicoba Penanaman:400 mdpl – Bentuk buah: bulat – Rasa: sedikit asam,dan manis bila pematangan sempurna – Diameter Buah: 20mm – Warna: Merah keunguan – mendekati hitam. – Daging Buah: kulit tebal – Berat Tandan: 100-125 gram – Brix: 18 -20 brix – Seedless/seeded: Seeded – Resistance terhadap jamur/air: yellow mildew – GA3 treatment: tidak – Jenis Rootstock: Roptstock – Dormex pasca pruning: no – Tingkat adaptasi: adaptif di dataran rendah sampai sedang – Teknik pruning: pangkas batang, cane, spur, potes pun jadi. :D
    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk pengembangan dan pemantapan, silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.
  • Tips Membuahkan Pohon Angur Supaya Lebat
    Tips Pembuahan Ada dua teori penting yang perlu diperhatikan tentang pembuahan pohon anggur.
    • Pembungaan / pembuahan tidak akan optimal kecuali dirangsang (diinduksi).
    • Tidak terjadi pembungaan dikarenakan kondisi cuaca tidak sesuai dan adanya kandungan zat atau jaringan penghambat dalam pohon yang mesti Kita cegah.
      Dari kedua teori diatas bisa simpulkan bahwa untuk membuat pohon anggur keluar bunga ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.
    1. Stres air ( tidak disiram selama beberapa waktu kalau terkendala hujan bisa direkayasa dengan penutupan bagian perakaran dengan mulsa perak dan memperbaiki drainese.  Stres air sangat penting karna kondisi kering memacu pertumbuhan generatif jadi untuk mengoptimalkan induksi pembungaan, pertumbuham vegetatif harus ditekan semaksimal mungkin.
    2. Mengatur suhu udara, dalam hal ini bisa dilakukan dengan pemasangam green house.
    3. Stabilisasi Ph tanah supaya tetap diantara 6-7 (pemberian dolomit rutin)
    4. Pemberian nutrisi pupuk makro dan mikro (N,P,K,CA,BORON,ZINC,CU,FE dll.) Saya sendiri aplikasi pakai NPK, kalium Nitrat (kno3), gandasil D&B. Kcl atau mkp.
    5. Penyemprotan zpt. Hal yang mungkin dilakukan untuk merangsang pembungaan adalah dengan penyemprotan ZPT tujuanya untuk menurunkan enzim proteolitik dan meningkatkan protein yang menunjang terjadinya pembungaan. biasanya saya menggunakan pupuk hantu atau pilih apa saja yang ada ditoko.
    6. Aplikasi teknik girdling. Girdling adalah proses menguliti kulit pohon atau cabang yang akan diinduksi pembungaanya selebar 2.5mm tergantung diameter pohonya.Keberhasilan girdling dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kodisi tanaman, waktu yang tepat saat diaplikasikan & prosedur atau tekniknya.Tingkat keberhasilan gridling yaitu pada saat kambium literal aktif dan ketika kulit mudah dikuliti. (sebelum kemarau tiba). Sehinga pemberesihan floem & xilem mudah dilakukan tanpa melukai bagian dalam batang.Ketika Xilem yang berfungsi untuk mengangkut bahan fotosintesis yang berupa mineral dan air dan floem yang berfungsi untuk mengangkut hasil dari fotosintesis berupa nutrsisi makanan dari daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan dihambat dengan proses gridling, maka semua nutrisi akan terfokus dibagian atas pohon anggur karena pertumbuhan vegetatif dan akumulasi karbohidrat dibagian atas akan meningkat. Efeknya dapat merangsang dan mempercepat proses pembungaan. Disamping itu untuk mengoptimalkan berry size, tingkat brix dan color.Untuk memastikan proses pembersihanjaringan floem sempurna, bisa ditunggu sekitar 30 menit kalau masih tersisa segera dibersihkan. Setelah proses selesai biasanya jaringan——–
    TMA-Group

Leave a Reply