3 cara memangkas anggur.

Untuk menjadikan suatu varietas yang kita tanam supaya memberikan hasil produksi baik tidak semudah membalikan telapak tangan. Tahap pemeliharaan dan persentase adaptasi suatu jenis diwilayah tertentu akan sangat menentukan nasibnya. Jenis A ditanam didaerah A belum tentu sama dengan jenis A yang ditanam didaerah B. Maka dari itu perlu adanya uji coba menanam berbagai varietas dibeberapa daerah yang alhamdulillah sampai sekarang hal itu sudah terealisasi.

Langkah selanjutnya yaitu bagaimana Kita mengumpulkan data dari hasil uji coba didaerahnya masing-masing dengan basis penanganan & pengaruh lingkungan adaptasi berbeda yang kemudian kita rangkum dan simpulkan sebagai bahan rekomendasi kepada kawan yang serius mengembangkanya tanpa harus menghabiskan energy dalam mencari referensi sistem pruning yang baik dan uji coba pemangkasan yang cocok untuk jenis yang ditanamnya.

Basis Pruning types.

1. High cultivars menggunakan Short spurs (2 buds)
2. Medium cultivars Half-long/short canes (5-8 buds)
3. Low cultivarsCanes menyisakan (10-14 buds)

Sebab tidak semua cultivars hasil riset orang bule bisa kita ketahui lewat internet, jadi menurut saya kita harus lebih giat lagi mencoba dalam menentukan pemangkasan mana yang cocok untuk jenis yang kita tanam.

Urgensitas mengetaahui Bud position and fruitfulness, saya kira tidak bisa kita diremehkan meski hal tersebut sangat sulit karna dipengaruhi intensitas cahaya, suhu setempat bahkan mungkin pemupukan.

Jika pada kenyataanya kita sekarang hanya menggunakan pemangkasan bebas tanpa didasari niat menjadikan suatu varietas yang kita tanam benar2 menjadi andalan dengan spesifikasi dari hasil uji coba kita sendiri.

Mulai saat ini, Saya berharap kawan-kawan yang sudah menanamnya dan berbuah untuk bisa sharing setidaknya sebagai acuan pertama untuk lebih baik kedepan. Menurut hemat saya untuk antisipasi mendapatkan potensi fruitful ada dibagian ujung ranting, sebaiknya kita mencoba dari cane-long-pruned, baru setelah karakternya kita pahami sedikit demi sedikit kita kurangi sampai pada batas kecocokan jenis tersebut.

Data berikut adalah teknik pruning sebagian varietas yang direkomendasikan dinegara luar tapi bukan berarti akan cocok kita adopsi karna dengan berbagai alasan diatas.

Untuk lebih memahami teknik pruning diatas lihat ilustrasi dilink berikut KLIK

KLIK UNTUK FULL PICTURE

TMA GROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Vanessa

    Catatan Tentang Anggur Vanessa

    Vanessa seedless dikembangkan oleh HRIO di Canada pada tahun 1983, adaptasinya cukup baik dan vigorous untuk sekelas jenis anggur seedless lainya. Data hasil percobaan okulasi menggunakan rootstock Teleki 5C di Fredonia, New York, hasilnya menunjukan produksi buah buruk dengan ukuran sangat kecil. Namu untuk kawasan tertentu mungkin direkomendasikan memakai rootstock yang kompetible dalam upaya meningkatkan size buah.

    Deskripsi

    – Originally from Canada.
    – Parentage, Seneca x New York 45910.
    – Good in cooler climates.
    – Winter wood ripening is good – so can be grown both outdoors or under protection (greenhouse, polytunnel or conservatory).
    – Can be trained using either the cane replacement method or spur pruning.
    – Self fertile.
    – Seedless.
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile.
    – Hardiness: This Grape is hardy to minus 15° F.
    – Bearing Age: 2-3 years after planting.
    – Size at Maturity: 10-12 ft. in width on fence, trellis, arbor or other support.
    – Bloom Time: May
    – Ripening Time: Mid-September-October
    – Fruit deep rose, red, with very spicy, complex, sweet taste, 20 brix
    – Susceptibility to downy mildew low, powdery mildew medium, sprays control outbreaks
    – Early season harvest, right after Somerset, eight weeks of harvest 8/25 – 9/19, good storage
    – Clusters 0.342 lbs., average 16.77 lbs.
    – Vines medium vigor Medium winter hardiness – Excellent with good vine management

    Deskripsi made in INDONESIA

    By: Om Dwikary (Tabulampot Sidabowa)
    – Nama Varietas: Vanessa
    – Country of origin: Canada
    – seedless (tanpa biji) meskipun ada sebagian buah yang masih tersisa biji lunak.
    – Masa Pematangan buah: 100 HDP
    – Ujicoba Penanaman mdpl: 75 mdpl,
    – Bentuk buah: oval
    – Rasa: manis sedikit asam
    – Aroma: Harum manis
    – Tingkat adaptasi: Cukup Baik
    – Perlakuan Teknik pruning: 2 bud
    – untuk pengembangan dan pemantapan, silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan.

  • Tips dan Cara Pembibitan Anggur

    Pengadaan benih terbaik direkomendasikan secara vegetatif yaitu perbanyakan stek/cutting dengan panjang standar sekitar 25 cm (3 ruas mata tunas), berwarna coklat matang, berdiameter 1 cm (pensil) yang diambil dari pohon induk berumur di atas satu

    tahun. Metode pembibitan dilakukan dengan cara mencelupkan bagian bawah stek kedalam zat perangsang tumbuh (Rooting Up) kemudian disemai dalam polybag hitam berukuran 30 yang diletakan didalam green house selama enam bulan dan bibit siap dipindahkan kelapangan.

    1. Persiapan metan:
       Tanah gembur/berpasir
       Sekam bakar
       NPK
       Dolomit
       Pupuk kandang terfrementasi
       Polybag warna hitam
       Perbandingan Tanah 2: Sekam1: Pukam1: npk 1 sendok teh: puradan 1 sendok teh (untuk setiap polybag)
    2. Aduk semua media tanam dan sementara simpan selama minimal 1 minggu sebelum cutting ditancapkan.
    3. Setelah cutting ditanam sebaiknya ditempatkan ditempat yang terkena matahari tidak langsung/ terhalang plastik dengan tetap memperhatikan sirkulasi udarasupaya tunas yang sprout selalu sehat. Hindari penanaman cutting ditempat teduh atau bahkan tidak terjangkau sinar matahari karna akan mengundang jamur & tunas tidak sehat dan cepat layu.
    4. Penyiraman bisa dikondisikan dengan suhu setempat. Untuk anggur tidak mesti disiram setiap hari karna kalau terlalu becek akan berakibat akar busuk dan tunas layu, cukup masukan telunjuk kedalam polybag kalau masih terasa lembab tidak mesti disiram. Yang saya lakukan idealnya 3x1minggu dimusim hujan.
    5. Penyemprotan insektisida pembasmi hama juga harus diperhatikan sebelum terserang meskipun dalam ruangan semut/serangga pemakan daun selalu ada.
    6. Nutrisi daun bisa disemprotkan setelah cuting tumbuh daun beberapa helai. Bisa menggunakan POC atau apa saja yang terpenting ada asupan zat/unsur nutrisi yang dibutuhkan.
    7. Pemberian NPK bisa dilakukan 3 minggu 1x (1 sendok teh disetiap bagian pinggir polybag).
    8. Setelah umur bibit minimal 6 bulan bisa dipindahkan ketempat yang lebih besar atau ditanam ditanah langsung.

    TMA

  • Tips & Teknik Grafting Anggur

    Dalam dunia sambung menyambung ada istilah scions ( entres atau batang atas yang dipakai buat sambungan) dan stock atau rootstock ( batang bawah buat nempelin entres).

    Tujuan dilakukanya okulasi adalah:

    1. Memperoleh bibit atau pohon anggur hasil sambungan yang Kita harapkan lebih baik sesuai label varietasnya.
    2. Menjadikan pohon anggur yang lebih vigor dan cepat berproduksi.
    3. Membuat pohon anggur lebih kokoh dan tahan terhadap serangan hama sesuai dengan spesifikasi dan ketahanan rootstock yang digunakan.
    4. Memperbaiki jenis tanaman yang telah tumbuh dengan jenis yang diharapkan.
    5. Menghasilkan pohon anggur dengan berbagai macam jenis varietas bermacam-macam.

    Sebanarnya kalau melihat referensi, batang bawah yang biasa dijadikan rootstock hanya dari varietas tertentu yang spesifikasinya sudah memenuhi standar untuk dijadikan batang bawah dan dari vitis rupertis X riparia atau berlandieri X riparia seperti jenis SO4, Richter, 5BB, 5C, Freedom, Paulsen dll, yang mana sudah diuji karakternya terhadap serangan nematoda, phylloxera dan beradaptasi tinggi terhadap lingkungan setempat.

    Akan tetepi karna jenis diatas sangat sulit didapatkan bahkan mungkin saja belum ada yang punya atau masih disembunyikan :D, maka kita berbondong-bondong mencari solusi penggantinya dan ditemukanlah jenis bandel, kecut, tahan banting, tidak manja, termasuk miss primadona dan rajin berbuah adalah Isabella dari vitis labrusca yang menurut jumhur peng-anggur-an cukup baik digunakan. Ngikut ae lah, heuheuh.

    Back to grafting

    Pada praktek sambung batang anggur ini bisa dilakukan dengan berbagai metode dan variasi. Edisi kali ini akan diambil 2 teknik yang lazim dan tidak begitu sulit dilakukan ” menurut saya” :D

    Sebelumnya persiapkan terlebih dahulu entres dan rootstocknya, untuk entres bisa diambil dari batang muda atau tua tidak masalah dan untuk stock bisa yang sudah berakar (Rootstock), masih cutting/stek atau sudah berupa pohon, yang terpenting usahakan keduanya berdiameter sama atau mendekati.

    Kodenya seperti ini: —>
    Entres batang muda VS Rootstock (Bareroot)
    Entres batang muda VS Pohon (ditempel)
    Entres batang muda VS Cutting Hijau ( Don’t try bisa lembek :D)
    Entres batang tua VS Rootstock
    Entres batang tua VS pohon (ditempel)
    Entres batang tua VS Cutting Tua

    kedua yang harus dipersiapkan adalah pisau tajam/silet/cutter/ golok boleh :D dan tape grafting atau tali plastik buat mengikat. Semua harus bersih dan steril untuk menghindari infeksi bakteri.

    Praktek—>

    1. Model Cleft Graft / V graft
    – Bagian Scions/entres dipotong miring kiri kanan membentuk hurup V
    – Bagian stock dibelah tengah
    – Tempel dan ikat kencang dengan tape grape
    – Done.


    2. Model Whip Graft
    – Bagian sction dipotong miring satu arah
    – Bagian stock dipotong miring satu arah
    – Tempel dan ikat kencang jangan sampai air masuk atau angin :D
    – Done.


    TMA Group

  • Catatan & Deskripsi Anggur Transfiguration

    Belum kumplit jika Anda sebagai Kolektor belum menanam jenis ini, ya Transfiguration sudah sangat populer dikalangan pecinta anggur. Rasa buah tidak kalah dengan jenis lain, manis, warna menarik, sudah sangat beradaptasi ditanam diberbagai daerah dan mudah berbuah. Tidak heran jika sebagai pemula yang baru mengenal anggur akan mendapat rekomendasi menanam jenis ini.

    Ayo hiasi pekarangan rumah Anda dengan menanam anggur jenis Transfiguration, dijamin akan membuat perhatian orang lewat.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Transfiguration
    Warna buah: Merah kekuningan
    Bentuk: Oval
    Rasa: manis
    Berat tandan: 1000gram
    Berat butiran: 13-20gram
    Diameter rata2 buah: 2,5-3,5 cm
    Brix: 20-23%
    Pematangan: 110-120 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

    Lihat videonya dilink berikut YOUTUBE

    Bergbung dengan group Tips Menanam Anggur

    TMAgroup

Leave a Reply