Cara Mudah Semai Cutting/Stek Anggur (LENGKAP)

Banyak cara yang digunakan untuk meyemai cutting/stek anggur berikut media yang digunakan. Mulai dari semai air, pendam dengan cocopeat, sampai tancap masal dalam satu wadah besar. Terlepas dari semua itu, berikut tips semai cutting anggur termudah dengan megunakan media sederhana dan tingkat keberhasilan cukup tinggi.

By: Hasan

Media tanam yang digunakan:

  1. Tanah diambil dari bekas galian pohon pisang 25 kg
  2. Kohe kambing 5 kg
  3. Sekam bakar 1/4 karung ukuran 50 kg
  4. Tambahkan EM4 secukupnya kemudian semua media campuran harus didiamkan selama -+ 3 minggu.

Langkah:

  • Siapkan wadah berisi air sumur, pam atau air hujan, kemudian campurkan fungisida+atonik+B1 sesuai dosis dalam kemasan.
  • Kenali posisi mata tunas jangan sampai terbalik ketika tancap. Bagian bawah biasanya terdapat goresan bekas tangkai daun.
  • Potong bagian bawah cutting sekitar +- 2cm dari mata tunas.
  • Sayat 3 atau 4 goresan pada bagian bawah cutting secara horizontal.
  • Selanjutnya cutting direndam dengan air yang sudah dicampur fungisida selama 1 malam. lalu ketika sudah setelah proses perendaman angkat dan tiriskan.
  • Dihari berikutnya, ambil sedikit air dari sisa rendaman cutting ke dalam wadah secukupnya, Lalu tuangkan perangsang akar bentuk powder/pasta//cair, bebas sesuai yang dipesiapkan kemudian aduk hingga merata.
  • Rendam bagian bawah cutting dengan larutan perangsang akar beberapa saat sekitar 1/2jam, kemudian angkat dan diamkan selama beberapa saat.
  • Selanjutnya bungkus bagian atas cutting dengan plastik wrap/parfilm/lilin untuk menjaga kelembaban ketika kita semai.
  • Sediakan wadah semai berupa polybag atau cup pop ice atau apa saja yang bisa dipergunakan untuk penyemaian.
  • Masukan media tanam yang sudah kita persiapkan kedalam polibag lalu padatkan, pastikan media benar-benar padat dengan cara menekanya dengan jari. Cutting siap disemai.

Sekian dan semoga bermanfaat.

  • Panduan Menanam Anggur Dalam Pot (TMA).

    Panduan Menanam Anggur Dalam Pot (TMA).

    Siapa tidak tergiur dengan pemandangan tabulampot anggur yang sedang berbuah, semua orang pasti ingin memilikinya.
    Nah berikut tips cara membuat tabulampot anggur (versi TMA)
    sebelumnya baca mengenai cara membibitkan anggur.

    Persiapan:
    1. Siapkan bibit yang sudah melalui proses pembibitan.
    2. Siapkan pot minimal berdiameter 25 cm.
    3. Pasang 3 tiang penyangga berikut 2 lingkaran kawat atas dan tengah untuk rambatan.

    Pemeliharaan:
    1. Setelah bibit ditanam, pelihara 1 batang utama lalu rambatkan lurus mengikuti tiang samai batas ketinggian maksimal.
    2. Potong bagain ujung batang utama supaya pertumbuhanya terhenti sampai batas yang kita potong.
    3. Setelah keluar cabang kedua dari batang utama tersebut, rambatkan menelusuri kawat yang posisinya ditengah.
    4. Setelah cabang kedua panjang, wajib dipotong kembali seperti batang utama.
    5. Nah sekarang kita fokus dicabang ke 3 (tersier pembawa buah) yang akan dirambatkan dikawat paling atas sehingga hasilnya nanti buah bergelantung pas diposisi tengah.

    Pemupukan:
    1, Dari awal penanaman bisa mencampur media tanam dengan kohe kambing terfrementasi.
    2. Masa pertumbuhan cukup menambahkan NPK 16:16:16 atau 19:19:19
    3. Untuk melaju ketahap selanjutnya yaitu setelah cabang kedua (skunder) dipotong bisa tambahkan MKP atau KNO3 secara teratur.

    Tips Penempatan & Penyiraman:
    1. Tempatkan tabulampot diarea yang terkena matahari supaya sehat.
    2. Penyiraman dikondisikan sesuai media yang dipakai, cara termudah mendeteksi tanaman anggur memerlukan penyiraman adalah dengan mamasukan telunjuk kedalam media, jika terasa masih lembab jangan terburu-buru disiram.

    Selamat berkarya dan jangan lupa berdo’a.
    TMAGROUP.

  • 3 Alasan mengapa anggur disukai banyak orang

    Inilah rangkuman hasil survey melalui warga TMA

    1. Dari segi vertikultura
    Bukan hanya buahnya yang lezat kita santap, anggur juga memiliki keistimewaan dan daya tarik tersendiri yang begitu mempesona. Variasi bentuk yang indah & eksotis merupakan salah satu daya pikat yang membuat klepek2. Sebagai pengANGGURan kita selalu mengkreasikan berbagai cara untuk membuat anggur yang kita tanam terlihat menggoda dan mendapatkan hasil yang sempurna.

    Mulai dari tempat menanam, media rambatan dll semua kita siapkan yang terbaik, kita atur sedemikian rupa supaya indah dan elok dipandang. Jika suatu saat tiba-tiba layu paniknya bukan main, tanya sana sini, keluarkan semua alat, obat dan vitamin, tanya kawan,tanya google, kunjungi TMA, makan tak enak, ngopi pun pahit rasanya :D.

    Itulah cara kita memperhatikannya, pagi ditatap, siang ditengok, malam pun tak luput dari menatap indahnya dedaunan dan buah bergelantungan “untung tak berulat”. Hanya satu kata terlontar’akan ku tetap menjaga dikau seumur hidup’

    2. Dari segi Farmakologi.
    Ya, nilai kandungan gizi yang terkadung dalam anggur sudah tidak kita ragukan lagi banyak manfaat yang bisa kita ambil bagi kesehatan maupun pengobatan alami, sudah banyak penelitian ilmiyah yang bisa kita jadikan rujukan, sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara proporsional sesuai butuhan, apalagi jika hasil menanam sendiri akan terasa nganuuu banget.

    3. Dari segi spiritual.
    Bagi orang Islam khususnya, memakmurkan bumi dan memanfaatkan lahan supaya produktif dengan cara bercocok tanam merupakan anjuran dan perintah yang senantiasa diperhatikan dengan baik.

    Anjuran yang tertera dalam pedoman kitab suci Al-Quran & Al-Hadist untuk menanam tanaman yang berumur panjang supaya bisa dimanfaatkan semasa hidupnya dan bagi orang-orang setelahnya adalah investasi jangka panjang bagi seorang muslim.

    Sejalan dengan itu, Anggur sudah memenuhi kriteria pohon berumur untuk dijadikan pilihan investasi akhirat. Ya, tidak salah lagi anggur salah satu pilihan tepat apalagi sudah jelas tertera dalam Al-Quran.

    Satu kata “Rugi bagi yang belum menenamnya” :D

    Bagaimana menurut Anda ?

  • Alasan Kenapa Rasa Buah Anggur Kecut

    Pada umumnya kita lebih suka memakan buah anggur dalam keadaan segar apalagi hasil petik sendiri. Namun apa jadinya jika buah anggur yang kita konsumsi rasanya asam bin kecut.

    Memang selain dikonsumsi langsung, buah anggur juga dapat diolah menjadi berbagai produk olahan yang disimpan dalam waktu relatif lama seperti kismis. Tapi itupun jika buahnya banyak melimpah :D

    Jadi mana yang Anda pilih, mengkonsumsinya dalam keadaan segar atau diolah..?

    Setiap jenis/ varietas anggur memiliki beberapa kandungan zat dan bahan berbeda-beda, asam, vitamin c, kandungan ph dll. Tiap jenis memiliki karakteristik dan tingkat kematangan beragam sehingga membuat kandungan zat didalmnya berbeda.

    Banyak Faktor-faktor yang mempengaruhi rasa dan kelezatan buah anggur diantaranya: Varietas, Iklim tempat tumbuh, Pemeliharaan, Tingkat kematangan dan waktu panen.

    Tidak semua jenis anggur memiliki ukuran buah dan rasa manis seperti yang kita harapkan. Banyak juga jenis yang rasanya didominasi kandungan asam seperti jenis anggur “Isabela dan Red master”. Tentunya hal itu dipengaruhi oleh varietasnya dan juga tingkat kematangan ketika dipetik.

    Sebenarnya Isabela & Red master jika tingkat kematanganya sudah maksimal, rasa manis dan asamnya seimbang “segar”. Hanya disayangkan masa pematanganya tidak serempak, kadang pada satu tandan memiliki tingkat kematangan berbeda, sebagian kadang masih hijau, merah dan susah agak kecoklatan.

    Jangan kecewa jika Anda terlanjur menanam varietas kedua anggur diatas, karena dari sisi lain memiliki keunggulan istimewa yaitu mudah adaptasi dan tahan pada berbagai cuaca. Jadi solusi terbaik bisa disambung dengan jenis unggulan ‘table grape’ sesuai selera.

    Begitu juga jenis varietas bagus seperti misalkan Red Globe, Souvenir, Jupiter dan jenis lainya yang sudah banyak beredar di Kita. Meski rasa manisnya dominan, namun kadang hasil penanaman didaerah a & b tingkat kadar asamnya berbeda meski dari varietas sama. Artinya banyak sekali faktor yang mempengaruhi rasa buah anggur yang kita tanam, termasuk cara pemeliharaan dan pemupukan.

    TMAgroup.

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Galahad

    Jangan dulu nanya rasa, sabar ya pastinya nyosss, jangan iri juga karna saya akan dapat kiriman 1 dompol buat testy :D, nanti tak sisakan bijinya buat semai.

    Jangan khawatir susah dibuahkan untuk jenis ini karna sudah terbukti berhasil dibuahkan meski belum maksimal. Let’s Go…

    Berikut deskripsinya.

    by Roni Tiger

    – Nama Varietas: Galahad
    – Country of origin: Ukraine
    – Masa Pematangan buah: 120-127 HSP, jika didalam deskripsi asli luar 95-100 HSP, jadi pematangan diKita sedikit maju mungkin pengaruh iklim.
    – Ujicoba Penanaman mdpl: 25mdpl
    – Bentuk buah: bulat oval
    – Rasa: manis dan renyah dengan lapisan kulit cukup tebal.
    – Warna: hijau
    – Aroma: strong
    – Brix: 19-21
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Resistance terhadap mildew, ketahanan air, hama cukup kuat
    – GA3 treatment: no
    – Tingkat adaptasi: cukup bagus
    – Perlakuan Teknik pruning: cane pruning (menyisakan 4 meta keatas)
    – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga :5 up
    – Dormex treatment: no

    Bahan Perbandingan dengan deskripsi aslinya (Vinograd.info)

    (( Talisman x Delight ) x Muscat delight )
    – Galahad – dining room is a hybrid form of grapes.
    – The maturation period is very early, in the conditions of Novocherkassk it ripens at the end of July (95-100 days).
    Bushes vigorous.
    – The flower is bisexual.
    – The clusters are cylindrical, very large, 600-1100 g, moderate density.
    – The berries are oval-ovoid, 27.5 x 21.5 mm, amber-yellow, very large, average weight 10-12 g.
    Flesh is fleshy, the skin is moderately dense. Gf has very high taste qualities, a tasting evaluation of fresh grapes is 8.9 points.
    – The sugar content is 18-21 g / 100 cm 3 ,
    – the acidity is 5-6 g / dm 3 .
    – The maturation of shoots is good.
    – The percentage of fertile shoots is 60-75%.
    – The fruiting ratio is 1.3-1.5. Frost resistance to -25 ° C, stability of the hybrid form of Galahad to mildew 2.5 points, to oidium 3.0 points, resistant to gray rot. Transportability is high.

    TMAGROUP

2 thoughts on “Cara Mudah Semai Cutting/Stek Anggur (LENGKAP)

Leave a Reply