Cara Mudah Semai Cutting/Stek Anggur (LENGKAP)

Banyak cara yang digunakan untuk meyemai cutting/stek anggur berikut media yang digunakan. Mulai dari semai air, pendam dengan cocopeat, sampai tancap masal dalam satu wadah besar. Terlepas dari semua itu, berikut tips semai cutting anggur termudah dengan megunakan media sederhana dan tingkat keberhasilan cukup tinggi.

By: Hasan

Media tanam yang digunakan:

  1. Tanah diambil dari bekas galian pohon pisang 25 kg
  2. Kohe kambing 5 kg
  3. Sekam bakar 1/4 karung ukuran 50 kg
  4. Tambahkan EM4 secukupnya kemudian semua media campuran harus didiamkan selama -+ 3 minggu.

Langkah:

  • Siapkan wadah berisi air sumur, pam atau air hujan, kemudian campurkan fungisida+atonik+B1 sesuai dosis dalam kemasan.
  • Kenali posisi mata tunas jangan sampai terbalik ketika tancap. Bagian bawah biasanya terdapat goresan bekas tangkai daun.
  • Potong bagian bawah cutting sekitar +- 2cm dari mata tunas.
  • Sayat 3 atau 4 goresan pada bagian bawah cutting secara horizontal.
  • Selanjutnya cutting direndam dengan air yang sudah dicampur fungisida selama 1 malam. lalu ketika sudah setelah proses perendaman angkat dan tiriskan.
  • Dihari berikutnya, ambil sedikit air dari sisa rendaman cutting ke dalam wadah secukupnya, Lalu tuangkan perangsang akar bentuk powder/pasta//cair, bebas sesuai yang dipesiapkan kemudian aduk hingga merata.
  • Rendam bagian bawah cutting dengan larutan perangsang akar beberapa saat sekitar 1/2jam, kemudian angkat dan diamkan selama beberapa saat.
  • Selanjutnya bungkus bagian atas cutting dengan plastik wrap/parfilm/lilin untuk menjaga kelembaban ketika kita semai.
  • Sediakan wadah semai berupa polybag atau cup pop ice atau apa saja yang bisa dipergunakan untuk penyemaian.
  • Masukan media tanam yang sudah kita persiapkan kedalam polibag lalu padatkan, pastikan media benar-benar padat dengan cara menekanya dengan jari. Cutting siap disemai.

Sekian dan semoga bermanfaat.

  • Tips dan Cara Pembibitan Anggur

    Pengadaan benih terbaik direkomendasikan secara vegetatif yaitu perbanyakan stek/cutting dengan panjang standar sekitar 25 cm (3 ruas mata tunas), berwarna coklat matang, berdiameter 1 cm (pensil) yang diambil dari pohon induk berumur di atas satu

    tahun. Metode pembibitan dilakukan dengan cara mencelupkan bagian bawah stek kedalam zat perangsang tumbuh (Rooting Up) kemudian disemai dalam polybag hitam berukuran 30 yang diletakan didalam green house selama enam bulan dan bibit siap dipindahkan kelapangan.

    1. Persiapan metan:
       Tanah gembur/berpasir
       Sekam bakar
       NPK
       Dolomit
       Pupuk kandang terfrementasi
       Polybag warna hitam
       Perbandingan Tanah 2: Sekam1: Pukam1: npk 1 sendok teh: puradan 1 sendok teh (untuk setiap polybag)
    2. Aduk semua media tanam dan sementara simpan selama minimal 1 minggu sebelum cutting ditancapkan.
    3. Setelah cutting ditanam sebaiknya ditempatkan ditempat yang terkena matahari tidak langsung/ terhalang plastik dengan tetap memperhatikan sirkulasi udarasupaya tunas yang sprout selalu sehat. Hindari penanaman cutting ditempat teduh atau bahkan tidak terjangkau sinar matahari karna akan mengundang jamur & tunas tidak sehat dan cepat layu.
    4. Penyiraman bisa dikondisikan dengan suhu setempat. Untuk anggur tidak mesti disiram setiap hari karna kalau terlalu becek akan berakibat akar busuk dan tunas layu, cukup masukan telunjuk kedalam polybag kalau masih terasa lembab tidak mesti disiram. Yang saya lakukan idealnya 3x1minggu dimusim hujan.
    5. Penyemprotan insektisida pembasmi hama juga harus diperhatikan sebelum terserang meskipun dalam ruangan semut/serangga pemakan daun selalu ada.
    6. Nutrisi daun bisa disemprotkan setelah cuting tumbuh daun beberapa helai. Bisa menggunakan POC atau apa saja yang terpenting ada asupan zat/unsur nutrisi yang dibutuhkan.
    7. Pemberian NPK bisa dilakukan 3 minggu 1x (1 sendok teh disetiap bagian pinggir polybag).
    8. Setelah umur bibit minimal 6 bulan bisa dipindahkan ketempat yang lebih besar atau ditanam ditanah langsung.

    TMA

  • 3 Destinasi Wisata Kebun Anggur

    Nah mungpung sebentar lagi tahun baru dan bagi warga TMA yang berniat menghabiskan liburan dikebun anggur, daftar dibawah ini bisa dimasukan agenda target wisata. Tapi jangan lupa jika pulang bawa cutting ya :D.

    1. France

    Data terakhir versi United States Department of Agriculture bahwa Prancis termasuk 10 besar negara penghasil anggur dunia dan disana terdapat sedikitnya 110.000 vineyard (perkebunan anggur) seluas 920.000 hektar yang tersebar di seluruh wilayah.

    Bukan hanya itu, kebun anggur di francis juga menawarkan destinasi wisata untuk penikmat dan pecinta anggur, sebut saja “Les Sources des Caudalies” kawasan yang terletak di kota Bordeaux menyuguhkan pemandangan kebun anggur yang luar biasa, diarea seluas 56 hektar ini, Om/Tante bisa bebas menghabiskan liburan sepuasnya.

    Jangan khawatir tidak mendapatkan pelayanan memuaskan karna disana sudah disediakan hotel paling mewah dan terbaik di Eropa versi majalah Condé Naste Traveller. Penasaran lihat detail

    2. Afrika Selatan

    Afrika selatan termasuk daftar no urut 9 penghasil anggur dunia tahun 2016, jadi tidak heran jika disana banyak destinasi wisata anggur yang disuguhkan untuk memanjakan para pecinta anggur.

    Contohnya penginapan atau kebun anggur Franschoek Pass villa yang terletak dilembah Franschoek Pass. Tempat ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan pemandangan kebun anggur sekaligus salah satu lembah Afrika yang paling spektakuler!. Disini Om/Tante bisa menghabiskan liburan hanya sekedar berjalan-jalan, main golf atau renang dengan panorama alam indah dan menakjubkan. Supaya tidak penasaran kunjungi situs resminya

    3. Australia

    Jika berlibur ke France atau afrika selatan terlalu jauh :D coba dengan destinasi wisata yang lebih dekat, yeah Kita bisa mencoba berlibur ke Australia.

    Kawasan wisata yang Terletak diatas bukit dengan pemandangan ribuan hektar kebun anggur yang subur dirancang dalam gaya kontemporer dengan menyediakan hotel mewah yang memiliki restoran terbaik yang ada di Australia menjadikan target wisata populer. yaitu”the Louise Hotel is at the heart of the Barossa wine country.” visit here

    Tambahkan destinasi wisata terbaik menurut kalian dikomentar.

    TMAGROUP

  • Pengendalian Busuk Akar Pada Anggur

    Pengendalian Busuk Akar Pada Anggur


    Jangan heran ketika tanaman anggur kita tiba-tiba layu atau mati mendadak, kemungkinan terbesar yang terjadi adalah disebabkan busuk akar dimana hal tersebut disebabkan kedua faktor berikut:

    1. Busuk akar bisa terjadi akibat infeksi patogen jamur seperti fusarium solani, Rhizoctonia solani dkk yang menyerang area perakara tanaman anggur kita. Indikasi awal ditandai dengan daun menguning-mengering-berguguran sampai ranting gosong yang mengakibatkan pertumbuhan terhambat dan menyebabkan kematian.

    2. Busuk akar akibat kadar air tanah berlebih. Bukan rahasiah lagi bahwa disamping berkahnya musim penghujan tiba, adakalanya menjadi momok menyeramkan bagi kita selalu pecinta anggur, ya karna dampak dari air berlebih bisa mengancam keselamatan anggur kesayangan.

    Gejala:

    a. Tanaman anggur yang terkena busuk akar biasanya kerdil dan pertumbuhan stagnan karena terhambat.
    b. Tanaman anggur kurang kokoh dan ketika tanaman dicabut akar melepuh busuk.
    c. selain kedua point diatas juga dapat ditemukan benang (hifa) berwarna putih beraroma bau busuk.
    d. Gejala dini bisa dilihat dari daun yang dihasilkan tidak normal atau kecil dibandingkan dengan tanaman sehat seusianya.

    Pengendalian mekanis dan kimia:

    1. Selalu memperhatikan dan memperbaikin drainese aliran air sehingga media tanam atau seputar tanaman anggur kita tidak tergenang.
    2. Mengurangi penggunaan pupuk berunsur Nitrogen tinggi dan mulai aplikasi pupuk berkalium untum memperkokoh bagian perakaran.
    3. Menaburkan kapur pertanian (dolomit) seputar tanaman.
    4. Memperhatikan & menjaga supaya jangan sampai perakaran terkena luka atau goresan benda tajam.
    5. Pemberian trichoderma dan PGPR dengan terget meminimalisir serangan patogen jahat.
    6. Siapkan fungisida antracol/dithane dan sejenisnya kemudian dikocor pada bagian perakaran anggur.

    Semoga Bermanfaat.

    TMAGROUP

  • Peserta LGT-1 November

    Berikut daftar peserta lomba LGT-1 yang masih bertahan sampai batas waktu penutupan bulan desember.

    Total peserta tersisa 14 orang

    Klik untuk memperbesar gambar.

2 thoughts on “Cara Mudah Semai Cutting/Stek Anggur (LENGKAP)

Leave a Reply