Cara Pemupukan Anggur (TMA)

Tma-Group
4.9
(4875)
Read Time3 Minutes, 16 Seconds

Cara Pemupukan Anggur.

Pemupukan anggur dari mulai ditanam sampai menginjak masa pembuahan secara continue sangat penting untuk supaya maksimal.

Meski kuantitas dan kualitas buah dipengaruhi faktor lain seperti pemangkasan/pruning, namun pemberian nutrisi dan gizi yang diperlukan akan saling berkorelasi dengan teknik pruning yang diterapkan. Sebalumnya bisa baca Teknik Pruning Terbaik 

Baca juga artikel berhubungan Tips Pembuahan Anggur dan Cara Memangkas Anggur 

Dalam masa pertumbuhan awal pohon anggur yang kita tanam sebenarnya sudah cukup dengan pemberian pupuk dasar ketika bibit ditanam seperti pupuk kandang terfrementasi.

Namun setelah tanaman tumbuh besar tentu akan memerlukan nutrisi tambahaan lain yang lebih banyak dari unsur hara yang dibutuhkan. Kadang kita sembrono memberikan pupuk diluar proporsi kebutuhan dengan alasan ingin supaya cepat tinggi dan subur

Padahal teknik pemupukan yang baik menurut saya yaitu pemberian unsur hara makro & mikro setelah kita melihat dan mengamati gejala/indikasi kekurangan/kelebihanya pada tanaman tersebut.

Tidak akan efektif ketika tanaman anggur Kita misalkan memiliki daun berwarna hijau tua lalu kita malah menambahkan lagi pupuk kandungan unsur N tinggi.

Konsekwnesi daun terlalu hijau dan subur akan mudah mengundang hama dan penyakit. Begitu juga sebaliknya, jika keadaan daun anggur kuning kemudian kita pelit memberikan pupuk kadar N tentu kurang bijak karna kurang tepat.

Jadi menurut saya pribadi, semua pupuk itu bagus dan bermanfaat apapun bentuk dan merknya, tinggal kita yang lebih bijak dalam meilih dan memberikan takaran sesuai kebutuhan tanaman anggur kita.

Maaf sampai saat ini saya sendiri tidak percaya jika ada yang merekomendasikan merek pupuk tertentu dengan iming bahwa bagus dan bisa membuat pohon anggur lebat.

Semua tetap kembali kepada bagaimana kita mengaplikasikannya setelah kita mempelajari karakter tanaman dan pengetahuan tentang unsur hara makro & mikronya.

Berikut catatan saya tentang cara pemupukan yang sudah diaplikasikan pada anggur jenis red globe.

1.  Pemupukan Awal

a. Pupuk kadang + NPK 16:16:16 (Awal penanaman) Pemberian NpK rutin 1 sendok teh setiap 2 minggu.

b. Jika tanaman sudah lumayan besar dan mulai menginjak pase pemotongan primer, tingkatkan NPK 19:19:19, Rutin setiap 2 minggu 1x sampai batas pembentukan sekunder.

c. Jika dalam masa tersebut terindikasi kekurangan unsur hara mikro dan urgent untuk diberikan, segera tambahkan POC daun/Gandasil D dengan harus sangat hati-hati karena biasanya suka OD dan membuat daun gosong. Berikan perlahan dengan dosis rendah.

2. Pemupukan sebelum pangkas pembuahan (setelah pohon anggur benar-benar terbentuk dan memiliki cabang sempurna).

a. Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi ph tanah.

b. pemberian pupuk SP 36 atau MKP 2 sendok/pohon dan KCL 1 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.

c. Stres Air ( selama 2 minggu-1 bulan total tidak dilakukan pengairan dan setelahnya pengairan secara priodik 2 hari 1 x.

Pada masa ini, pohon anggur akan ditandai dengan daun menguning akibat kehausan dan ranting akan menuju proses pematangan berubah warna kecoklatan, berarti pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.

Ya, stres air jika tidak ada hujan atau tanaman berada didalam green house, tips ini sama saja bohong jika hujan terus menerus. 😀 ya siapa suruh pangkas dimusim hujan. hihi

d. Setelah pemangkasan dilakukan, penyemprotan ZPT/Dormex jika menginginkanya, kemudian tambahkan NPK 19:19:19 + MKP dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.”(setiap pohon bertambah usia tentu dosis pupuk akan ditambah

Takaran ini hanya untuk pangkas perdana sesuai umur pohon)Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada sekaligus over dosis.

e. Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk kandungan unsur hara mikro “jika diperlukan atau terindikasi, tapi biasanya tunas-tunas baru akan segar dan tidak akan kekurangan unsur mikro tersebut”

f. Inti dari pemupukan menuju masa generatif usahakan untuk pupuk berkandungan unsur P & K jangan sampai terlewat karna sangat penting.

3. Pasca panen

Setelah masa panen segera tambahkan kembali NPK 19:19:19. Biarkan pohon induk melalui masa istirahat minimal 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali. Ya ibu hamil habis melahirkan saja mesti istiraha tho…

||| Baca juga Tips Penyemaian Cutting

Sekali lagi masalah pemupukan yang baik belum tentu mengasilkan produksi yang baik/pohon anggur berbuah lebat. Jika tidak diimbangin dengan pemangkasan yang baik, ya akan sia-sia. Simpanan nutrisi banyak namun potensi cabang pembawa cluster buah tidak ada maka hasilnya kurang optimal.

TMAGROUP

0 0

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 4875

Leave a Reply

Next Post

Pengendalian Busuk Akar Pada Anggur

4.9 (4875) Pengendalian Busuk Akar Pada Anggur Jangan heran ketika tanaman anggur kita tiba-tiba layu atau mati mendadak, kemungkinan terbesar yang terjadi adalah disebabkan busuk akar dimana hal tersebut disebabkan kedua faktor berikut: 1. Busuk akar bisa terjadi akibat infeksi patogen jamur seperti fusarium solani, Rhizoctonia solani dkk yang menyerang […]

Subscribe US Now