Cara Pemupukan Anggur (TMA)

Cara Pemupukan Anggur.

Pemupukan anggur dari mulai ditanam sampai menginjak masa pembuahan secara continue sangat penting untuk supaya maksimal. Meski kuantitas dan kualitas buah dipengaruhi faktor lain seperti pemangkasan/pruning, namun pemberian nutrisi dan gizi yang diperlukan akan saling berkorelasi dengan teknik pruning yang diterapkan. Sebalumnya bisa baca Teknik Pruning Terbaik 

Baca juga artikel berhubungan Tips Pembuahan Anggur dan Cara Memangkas Anggur 

Dalam masa pertumbuhan awal pohon anggur yang kita tanam sebenarnya sudah cukup dengan pemberian pupuk dasar ketika bibit ditanam seperti pupuk kandang terfrementasi. Tapi setelah tanaman tumbuh besar tentu akan memerlukan nutrisi tambahaan lain yang lebih banyak dari unsur hara yang dibutuhkan. Kadang kita sembrono memberikan pupuk diluar proporsi kebutuhan dengan alasan ingin supaya cepat tinggi dan subur, padahal teknik pemupukan yang baik menurut saya yaitu pemberian unsur hara makro & mikro setelah kita melihat dan mengamati gejala/indikasi kekurangan/kelebihanya pada tanaman tersebut.

Tidak akan efektif ketika tanaman anggur Kita misalkan memiliki daun berwarna hijau tua lalu kita malah menambahkan lagi pupuk kandungan unsur N tinggi, konsekwnesi daun terlalu hijau dan subur akan mudah mengundang hama dan penyakit. Begitu juga sebaliknya, jika keadaan daun anggur kuning kemudian kita pelit memberikan pupuk kadar N tentu kurang bijak karna kurang tepat.

Jadi menurut saya pribadi, semua pupuk itu bagus dan bermanfaat apapun bentuk dan merknya, tinggal kita yang lebih bijak dalam meilih dan memberikan takaran sesuai kebutuhan tanaman anggur kita. Maaf sampai saat ini saya sendiri tidak percaya jika ada yang merekomendasikan merek pupuk tertentu dengan iming bahwa bagus dan bisa membuat pohon anggur lebat. Semua tetap kembali kepada bagaimana kita mengaplikasikannya setelah kita mempelajari karakter tanaman dan pengetahuan tentang unsur hara makro & mikronya.

Berikut catatan saya tentang cara pemupukan yang sudah diaplikasikan pada anggur jenis red globe.

1.  Pemupukan Awal

a. Pupuk kadang + NPK 16:16:16 (Awal penanaman) Pemberian NpK rutin 1 sendok teh setiap 2 minggu.
b. Jika tanaman sudah lumayan besar dan mulai menginjak pase pemotongan primer, tingkatkan NPK 19:19:19, Rutin setiap 2 minggu 1x sampai batas pembentukan sekunder.
c. Jika dalam masa tersebut terindikasi kekurangan unsur hara mikro dan urgent untuk diberikan, segera tambahkan POC daun/Gandasil D dengan harus sangat hati-hati karena biasanya suka OD dan membuat daun gosong. Berikan perlahan dengan dosis rendah.

2. Pemupukan sebelum pangkas pembuahan (setelah pohon anggur benar-benar terbentuk dan memiliki cabang sempurna).

a. Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi ph tanah,
b. pemberian pupuk SP 36 atau MKP 2 sendok/pohon dan KCL 1 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.
c. Stres Air ( selama 2 minggu-1 bulan total tidak dilakukan pengairan dan setelahnya pengairan secara priodik 2 hari 1 x. Dalam masa ini, pohon anggur akan ditandai dengan daun menguning akibat kehausan dan ranting akan menuju proses pematangan berubah warna kecoklatan, berarti pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.

Ya, stres air jika tidak ada hujan atau tanaman berada didalam green house, tips ini sama saja bohong jika hujan terus menerus. :D ya siapa suruh pangkas dimusim hujan. hihi

d. Setelah pemangkasan dilakukan, penyemprotan ZPT/Dormex jika menginginkanya, kemudian tambahkan NPK 19:19:19 + MKP dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.”(setiap pohon bertambah usia tentu dosis pupuk akan ditambah, takaran ini hanya untuk pangkas perdana sesuai umur pohon)Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada sekaligus over dosis.
e. Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk kandungan unsur hara mikro “jika diperlukan atau terindikasi, tapi biasanya tunas-tunas baru akan segar dan tidak akan kekurangan unsur mikro tersebut”
f. Inti dari pemupukan menuju masa generatif usahakan untuk pupuk berkandungan unsur P & K jangan sampai terlewat karna sangat penting.

3. Pasca panen

Setelah masa panen segera tambahkan kembali NPK 19:19:19. Biarkan pohon induk melalui masa istirahat minimal 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali. Ya ibu hamil habis melahirkan saja mesti istiraha tho…

Sekali lagi masalah pemupukan yang baik belum tentu mengasilkan produksi yang baik/pohon anggur berbuah lebat. Jika tidak diimbangin dengan pemangkasan yang baik, ya akan sia-sia. Simpanan nutrisi banyak namun potensi cabang pembawa cluster buah tidak ada maka hasilnya kurang optimal.

TMAGROUP

  • Manfaat Giberrelin GA3 Untuk Anggur.

    Aplikasi Giberrelin GA3 Pada Anggur.

    klik gambar untuk zoom

    Asam Gibberellic (GA3) adalah senyawa alami/hormon tanaman yang disebut gib-berellins. Ada 2 respont pasca aplikasi GA3 pada cluster yaitu:

    Respon Positif:
    a. Biasanya anggur kategory seedless (tanpa biji) memiliki ukuran diameter standar secara alami, namun setelah aplikasi gibrelin sering kali secara dramatis meningkatkan size berry. kenapa ? presumably because they partially substitute for the natural production of gibberellins from seeds.

    b. Aplikasi GA3 pertama pada waktu midbloom/timing bloom tidak hanya bisa meningkatkan ukuran berry namun pada beberapa varietas tertentu bisa mengurangi jumlah butiran buah per/cluster. Waktu optimum untuk aplikasi dalam upaya meningkatkan ukuran buah sering dilakukan pada timing berry berdiameter 4 sampai 12 mm, dengan 1 atau 2 kali semprot/celup.

    c. Aplikasi percobaan GA3 untuk varietas tanpa biji yang sebelumnya belum pernah dilakukan treatment GA3 dengan konsentrasi 40-50 ppm hasilnya cukup efektif, namun kadang hanya 25 ppm yang harus digunakan pada jenis tertentu seperti ‘venesa dan hanya 5 ppm yang dianggap optimal untuk beberapa varietas lainya.

    Respon Negatif:
    a. Aplikasi GA3 juga memiliki efek negatif pada buah anggur, pengaruh terhadap rasa buah, penuruan ketahanan pada musim dingin dan penurunan tingkat kesuburan. Jadi gunakanlah dengan bijaksana dan sesuai aturan.

    b. Regulator pertumbuhan tanaman (PGRs), seperti GA3, diklasifikasikan sebagai pestisida dan mungkin disebagian wilayah tertentu penggunaanya tidak direkomendasikan untuk anggur atau untuk kultivar tertentu.

    c. Memiliki efek pada homeostasis redoks, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel (we found that GA3 application had an effect on redox homeostasis, which could potentially cause cell damage and subsequent seed abortion.)

    Pertanyaanya adalah Kenapa cluster/tandan buah yang terlalu bergerombol sering kali bermasalah dan membuat buah tidak optimal..?

    Karna pada beberapa varietas anggur, ketika set buah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu berdesakan yang berdampak pada buah rentan membusuk dan size tidak serempak. Dengan demikian, kita sering melakukan penjarangan jumlah buah dalam 1 tandan, terutama pada categori table grape. Maka dari itu, penjarangan buah dan aplikasi asam giberelat (GA3), dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal diatas.

    Aplikasi & Dosis:

    Jumlah GA3 yang dibutuhkan untuk optimalisasi size berry tergantung pada varietas dan beberapa faktor lainnya, namun 10 sampai 60 g /H adalah termasuk tingkat dosis pada umumnya. GA3 juga dapat diterapkan 1x atau beberapa kali pada varietas tertentu.

    Waktu aplikasi sangat penting dan juga bervariasi , bagi banyak varietas, aplikasi pertama dilakukan pada awal ketika kondisi bunga mekar (Timing bloom) 50%-90%,  selanjutnya pada timing  size berry, atau ketika diameter buah mencapai sekitar 3-5 mm,6-7mm,4-5mm,8-10mm dan 12-15mm. Telat Aplikasi akan berdampak pada waktu pematangan buah terlambat dan bisa menghambat terhadap penyempurnaan set warna buah.

    Pada Anggur seeded(Berbiji) umumnya aplikasi dengan GA3 sekitar tiga minggu sebelum mekar dengan larutan yang mengandung 1 sampai 10 mg/L, hanya hasilnya akan kurang responsif terhadap perlakuan GA3 dibandingkan varietas seedless. Maka dari itu, penggunaan GA3 terhadap jenis anggur berbiji dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran/size buah tidak terlalu banyak dilakukan.

    Adapun untuk anggur seedless (Tanpa biji) pada umumnya berlaku antara 0,5 sampai 20 g / hektar dan jenis seedless lebih toleran terhadap GA3 daripada anggur seeded.

    Berikut table hasil percobaan terhadap anggur jenis  Berbiji jenis Khoyo-Red Globe-Thomson Seedless

    Karna artikel ini hasil terjemahan sealakadarnya dari beberapa sumber, jadi jika ada kesalahan terjemah yang kurang sesuai atau informasi yang terlampir kurang tepat dan tidak sama dengan referensi yang om/tante temukan diartikel berbeda, mohon dikoreksi dan diluruskan.

    NEXT Article:
    -> PGR for improving grape berry color
    -> Forchlorfenuron (CPPU), a synthetic cytokinin

    TMAGROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Galahad

    Jangan dulu nanya rasa, sabar ya pastinya nyosss, jangan iri juga karna saya akan dapat kiriman 1 dompol buat testy :D, nanti tak sisakan bijinya buat semai.

    Jangan khawatir susah dibuahkan untuk jenis ini karna sudah terbukti berhasil dibuahkan meski belum maksimal. Let’s Go…

    Berikut deskripsinya.

    by Roni Tiger

    – Nama Varietas: Galahad
    – Country of origin: Ukraine
    – Masa Pematangan buah: 120-127 HSP, jika didalam deskripsi asli luar 95-100 HSP, jadi pematangan diKita sedikit maju mungkin pengaruh iklim.
    – Ujicoba Penanaman mdpl: 25mdpl
    – Bentuk buah: bulat oval
    – Rasa: manis dan renyah dengan lapisan kulit cukup tebal.
    – Warna: hijau
    – Aroma: strong
    – Brix: 19-21
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Resistance terhadap mildew, ketahanan air, hama cukup kuat
    – GA3 treatment: no
    – Tingkat adaptasi: cukup bagus
    – Perlakuan Teknik pruning: cane pruning (menyisakan 4 meta keatas)
    – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga :5 up
    – Dormex treatment: no

    Bahan Perbandingan dengan deskripsi aslinya (Vinograd.info)

    (( Talisman x Delight ) x Muscat delight )
    – Galahad – dining room is a hybrid form of grapes.
    – The maturation period is very early, in the conditions of Novocherkassk it ripens at the end of July (95-100 days).
    Bushes vigorous.
    – The flower is bisexual.
    – The clusters are cylindrical, very large, 600-1100 g, moderate density.
    – The berries are oval-ovoid, 27.5 x 21.5 mm, amber-yellow, very large, average weight 10-12 g.
    Flesh is fleshy, the skin is moderately dense. Gf has very high taste qualities, a tasting evaluation of fresh grapes is 8.9 points.
    – The sugar content is 18-21 g / 100 cm 3 ,
    – the acidity is 5-6 g / dm 3 .
    – The maturation of shoots is good.
    – The percentage of fertile shoots is 60-75%.
    – The fruiting ratio is 1.3-1.5. Frost resistance to -25 ° C, stability of the hybrid form of Galahad to mildew 2.5 points, to oidium 3.0 points, resistant to gray rot. Transportability is high.

    TMAGROUP

  • Basic Questions & Answers Seputar Anggur

    ( Basic Questions & Answers)
    =======================
    Pertanyaan dan jawaban ini merupakan basis yang sering muncul dan Jawaban atas sebagian pertanyaan hanyalah hasil pengalaman dengan sedikit pengetahuan, tentu banyak kekurangan dan perlu disempurnakan.
    Bagi yang berkenan menambahkan Q & A ini bisa dilanjutkan dari no 51 dikolom komentar. Akan sangat peting untuk membantu bagi yang baru mengenal anggur.

    1. Bagaimana supaya mudah mencari postingan atau dokumentasi digroup TMA.?
    Melalui link deskripsi dan catalog. -> KLIK DISINI

    2. Bagaimana cara berdonasi & menjadi member premium ?
    Informasi melalui link berikut -> KLIK DISINI

    3. Bagaimana cara bergabung dalam komunitas KORDA?
    Informasi melalui link berikut -> KLIK DISINI

    4. Apakah boleh mengajukan saran & kritik dan bagaimana caranya ?
    Ya, tentu boleh dan semua aspirasi akan ditampung. Caranya ajukan lewat link berikut ->  KLIK DISINI

    5. Apakah TMA menyediakan kolom DISKUSI untuk saling pendapat ?
    Ya, kolom diakusi sudah dipersiapkan melalui link berikut -> KLIK DISINI

    6. Apakah boleh mengadakan BARTER tanaman atau pupuk ?
    Ya boleh, silahkan kunjungi link berikut -> KLIK DISINI

    7. Bagaimana cara menanam anggur ?
    Menanam anggur dengan dua cara, vegetatif (menanam dari potongan batang stek) & generatif ( menanam dari biji)
    Informasi penyemaian stek dan biji kunjungi link berkut ->KLIK DISINI

    8. Bagaimana cara penyemaian yang baik ?
    Banyak metode yang bisa digunakan untuk menumbuhkan stek.
    a. Langsung ditanan dipolybag
    b. Melalui penyemaian media air
    c. Dengan cara dipendam terlebih dahulu
    Info lebih lanjut kunjungi link berikut -> KLIK DISINI

    9. Bagaimana cara mendapatkan bibit anggur.
    a. Membeli dari seller Group
    b. Mengikuti program LGT ( Lets Grow Together)
    c. Mengikuti program BLT (Bantuan langsung Tancap)

    10. Apakah menanam anggur sulit & bagaimana cara perawatanya ?
    Menanam anggur sangat mudah asal ada kemauan dan rajin merawat ditambah sedikit pengetahuan, sering membaca & bertanya jika tidak tahu.

    11. Pohon anggur stagnan, bagaimana solusinya ?
    a. Perhatikan media tanam mungkin terlalu padat sehingga akar tidak bebas.
    b. Perhatikan bagian daun dan ranting bisa jadi terkena jamur/hama. Segera semprot insektisida dan fungisida.
    c. Kenali suhu dan tempat penanaman, bisa jadi kurang penyinaran sehingga proses fotosintesis tidak optimal.

    12. Kenapa pohon anggur tidak berbuah.
    a. Belum saatnya
    b. Kurang pemberian pupuk kandungan unsur kalium tinggi.
    c. Perlu dipruning (pangkas)

    13. Apakah menanam anggur cocok diketinggian 1000 mdpl keatas ?
    Cocok dan tidak bukan masalah, mencoba menanam tidak akan rugi, apapun dan dimanapun ditanam akan melahirkan nilai positif. Fakta yang ditanam di 1700 mdpl dengan hasil buah cukup bagus kunjungi link berikut -> KLIK DISINI

    14. Apa pengertian pruning & bagaimana caranya.
    Kunjungi link berikut -> KLIK DISINI

    15. Bagaimana cara pembentukan/fondation awal pohon anggur ?
    Untuk membuat stuktur pohon anggur sempurna harus dilakukan sejak dini dimasa pertumbuhan. Rangkaian primer, skunder & tersier akan sangat menentukan untuk melaju tahap pembuahan. Informasi step by step kunjungi link berikut -> http://tma-group.net/2017/2017/03/02/tips-pemelihraan/

    16. Bagaimana teknik grafting anggur ?
    Bayak metode yang digunakan, contoh sederhananya bisa kunjungi link berikut -> KLIK DISINI

    17. Apakah anggur yang ada dinegri Kita sudah adavtasi dan berbuah semua ?
    Belum semua berbuah karna masih tahap percobaan dan baru dikembangkan. 10% sudah sangat memuaskan. “dari berbagai sumber”

    18. Jenis anggur apa yang cocok ditanam.
    Semua tergantung orientasinya dan tentu dipegaruhi keadaan lingkungan setempat, jikalau skala berkebun cari varietas yang sudah berhasil dibuahkan. Jika sebatas koleksi apapun jenisnya boleh dicoba dan suatu saat akan dipetik hasilnya.

    19. Bagaimana untuk mengetahui jenis anggur, kebetulan tag name hilang ?
    Bisa diajukan dikolom identifikasi daun melalui link berikut -> https://www.facebook.com/groups/743331959143089/permalink/977671742375775/

    20. Bagaimana cara identifikasi tanaman anggur yang kekurangan unsur hara ?
    Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan unsur hara bisa dilihat dari warna dan bentuk daun. Informasi lebih lanjut kunjungi link berikut -> KLIK DISINI

    21. Tanaman anggur terinfeksi ANTRAK, bagimana cara pengendalianya ?
    Antrak merupakan musuh utama anggur terutama dimusim hujan, lambat penanganan bisa berakibat patal, langkah baik kenali waktu dini sebelum terserang. Penanggulangan secara mekanis bisa dilihat dilink berikut -> KLIK DISINI

    22. Pupuk apa saja yang diperlukan tanaman anggur ?
    Semua jenis/merek pupuk mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kebutuhan tanaman anggur terhadap pupuk sama seperti tanaman lainya.
    Asupan nutrisi kandungan unsur hara makro & mikro akan membantu memberikan stamina pertumbuhan dan pembuahan.
    N,P,K,ZINC,BORON,FE,CU dll bisa diwakili dengan pupuk merk NPK, GANDASIL B&D, pupuk HANTU, KNO3. MKP. PUKAN dll.

    23. Bagaimana cara mengenal hama tanaman anggur berikut pengendalianya ?
    Informasi mengenai hama & penyakit melalui link berikut -> KLIK DISINI

    24. Berapa lama semaian stek/cutting bisa bertunas ?
    Bervariasi tergantung kwalitas & penanganan, kadang diawali keluar akar atau bahkan tunas duluan. Normalnya 10-15 HST.

    25. Lalu apakah jika dalam waktu normal stek belum ada tanda kehidupan ?
    Jangan cepat mengklaim stek mati atau tidak berhasil hidup, pastikan dulu kambium bagian dalam, jika masih berkambium berarti peluang hidup masih ada.

    26. Apa penyebab tunas tiba-tiba layu ?
    Kondisi seperti ini biasanya membuat Kita panik dan galau, ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan.
    a. Periksa metan mungkin terlalu basah atau tergenang air.
    b. Cutting baru keluar tunas tp tidak berakar
    c. Metan panas akibat terburu2 sedangkan masih panas pupuk kimia
    d. Over Dosis
    e. Terlalu kena sinar matahari
    Solusi bisa dipindahkan ketempat teduh atau disungkup, tambahkan metan steril, siram secukupnya (hanya lembab) jika akibat over dosis bisa ganti media tanam atau siram sampai jenuh. Bibit yang layu Jangan dibuang biasanya akan tumbuh kembali.

    27. Bagaimana cara mengawetkan cutting supaya tahan sebelum disemai ?
    Direndam terlebih dahulu kemudian bungkus serabut kelapa atau tisue/koran dan masukan dalam kulkas. 1-2 bulan tahan dan bisa jadi malah berakar.

    28. Bagaimana cara perlakuan cutting/stek sebelum disemai ?
    Bersihkan stek dari noda bisa disikat tapi hati-hati jangan sampai bud/mata tunas rusak. Selanjutnya direndam dengan fungisida anti jamut, tambahkan perangsang akar (rooting up) jika ada.

    29. Apakah ketika penyemaian perlu disungkup plastik ?
    Kondisional, bisa dicoba keduanya jika perlu. Tidak akan sia-sia supaya kedepan lebih paham teknik mana yang akan diterapkan.

    30. Apakah penyemaian mesti terkena sinar matahari.
    Ya, jika berada dalam GH bisa dibiarkan full sun dari mulai penyemaian stek , Jika diluar usahakan tidak full tp tetap terkena sinar supaya sehat.

    31. Berapa tahun anggur mulai bisa belajar berbuah ?
    Bervariasi dipengaruhi jenis, penanganan seseorang, pertumbuhan tanaman. Ada yang mulai -+ 1 tahun.

    32. Bagus mana bibit dari stek, cangkok, grafting ?
    Semua kembali kepada fanatisme & kesukaan masing-masing. Ketika suka dengan hasil grafting maka akan 100% memperhatikan tanamanya sampai lupa dengan yang lain. Begitu pula dengan cangkok.

    33. Apakah menanam anggur memerlukan para-para rambatan ?
    Ya diperlukan media rambat kawat atau sejenisnya untuk menahan beban rambatan dan buah kecuali dibentuk mini seperti bonsai.

    34. Berapa tinggi idealnya batang utama/primer pohon anggur.
    Jika merujuk standar & ideal luar negri, tinggi batang utama 1,75 m, skunder 1 -1,5 dan tersier disesuaikan denga teknik pemangkasanya ( spur, cane atau kolaborasi keduanya)

    35. Treatment apa yang dilakukan sebelum dan sesudah pruning ?
    Sebelum pangkas:
    Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi ph tanah,
    pemberian pupuk SP 36 atau KNO3 atau MKP 2 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.

    Stres Air ( selama 2 minggu total tidak dilakukan pengairan dan -+ 1 bulan setelahnya dilakukan pengairan secara priodik 2 hari 1 x.
    Kemudian ketika pohon anggur ditandai dengan daun menguning, ranting berubah warna kecoklatan, pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.
    Setelah pemangkasan dilakukan, kemudian tambahkan NPK dan MKP dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.
    Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk kandungan unsur hara mikro. (gandasi B)

    Pasca panen:
    Setelah masa panen biarkan pohon induk melalui masa istirahat 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali.

    36. Apakah tips supaya anggur berbunga ?
    Sebagian tips bisa kunjungi link berikut -> KLIK DISINI

    37. Apakah anggur bisa ditanam dipot ?
    Ya bisa, menanam anggur dipot adalah alternatif kekurangan lahan. Asal dipelihara dengan baik, akan menghasilkan yang diharapkan.

    38. Diameter pot berpa yang cocok ?
    Usahakan minimal size 50, semakin besar lebih bagus dan leluasa.

    39. Apakah sama pemeliharan tabumalpot dengan ditanah langsung ?
    Dari segi tinggi pohon dan jumlah ranting tentu berbeda, untuk tabulampot bisa diperpendek supaya lebih seimbang.

    40. Apakah menanam dalam pot bisa berbuah
    Ya bisa. Sudah banyak dokumentasi anggur berbuah dipot dengan berbagai bentuk dan kreasi.

    41. Apakah setiap jenis anggur sama pemeliharanya.
    Ya hampir semua pemeliharaan sama hanya semua jenis anggur mempunyai karakter berbeda, ada yang genjah dan standar, begitupula sistem pruning yang diterapkan.
    Untuk jenis genjah/vigor ketika pruning bisa cara pangkas cane (mata tunas lebih dari 3 keatas disetiap cabang tersier). Adapun jenis yang standar bisa menambahkan renewal spur untuk cadangan jikalau ranting tersier utama perlu pembaharuan.

    42. Apakah perlu aplikasi dormex pasca pruning ?
    Tidak menjadi keharusan, bahkan untuk LN juga tidak semua mengaplikasikanya, tergantung kebutuhan & keadaan pohon.

    43. Apakah aplikasi GA3 dianjurkan ?
    Ya, dianjurkan ketika bunga 50% bloom sampai size berry 10 mm.
    Aturan ini tidak baku karna tergantung jenis anggur dan sumber mana yang dipakai.

    44. Kenapa buah anggur masam & kecil ?
    a. Pengaruh varietasnya
    b. Belum matang sempurna
    c. Intensitas cahaya kurang
    d. Suhu setempat kurang mendukung “Adem”

    45. pohon induk anggur sudah besar tapi buahnya tidak enak, adakah solusi ?
    Solusi tepat dengan cara menyambungnya dengan jenis lain, bisa mencoba digrafting dengan berbagai varian entres/cutting. jangan pernah berpikir menebangnya, pohon induk yang berhasil tumbuh dilingkungan tanamnya berarti itulah jenis yang cocok dan perlu dipertahankan untuk dijadikan bahan bawah.

    46. Bagaimana jika berniat mengembangkan anggur secara komersial / bertujuan bisnis ?
    Ya tentu sangat bagus, hanya usahakan kajian terlebih dahulu masalah lokasi, dana, dsb. Seberapa banyak pun produksi buah belum tentu cukup memasok wilayah NKRI, Sabang – Merauke.

    47. Lokasi bagaimana yang lebih cocok untuk pengembangan anggur ?
    a. Lingkungan dengan suhu panas menambah point positif.
    b. Sumber air tercukupi
    c. Intensitas cahaya full

    48. Apakah benar perakaran anggur rawan busuk ?
    Ya, perakaran rawan terkena busuk untuk itu drainase ketika musim hujan tiba mesti selalu diperbaiki.

    49. Berapa kali pohon anggur berbuah dalam setahun ?
    a. Daerah subtropika hanya 1 tahun sekali karna terhalang masa dormance.
    b. Daerah tropika seperti Kita tidak bisa ditentukan, tergantung mood sipemilik kapan mau dibuahkan.
    c. Idealnya supaya ada masa tenggang waktu istirahat pohon, bisa mencoba 2 kali dalam setahun.

    50. Kapan waktu tepat untuk pruning pembuahan ?
    a. Sebaiknya diawal kemarau untuk menghindari masa pembungaan dari hujan berlebih kecuali penanaman dalam GH pengaturan akan lebih flexible.
    b. Kapan saja selagi pohon anggur siap dibuahkan.
    —————-

    Terimakasih
    TMA GROUP.

  • Laporan LGT bulan juni 2017.

    Nama-nama yang masuk sesi selanjutnya di LGT 1.2&3.
    _____________

    LGT PART -1

    1. Adjie -> Update
    7. Adi rahman -> Update
    14. Budiyanto -> Update
    22. Yuyun -> Update
    27. Aanwar -> Update
    30. Hendry -> Update
    35. Indra -> Update
    41. Jarwanto -> Update
    47. Mulyadi -> Update
    53. M azhar -> Update
    56. Nur ali -> Update
    60. Romi ardiansyah -> Update
    68. Ridwan Itje thea -> Update
    74. Suparjan -> Update
    78. Samirzon -> Update
    80. Taufik hidayat -> Update
    82. Tri wahyuni -> Update
    86. Vitri Anggriani -> Update
    87. Wisbar -> Update
    93. Mas yadi kokka -> Update
    94. Yunus Indra -> Update
    107. M yusuf -> Update
    110. Supri handoko -> Update
    116. Setiadi tailor -> Update
    119. W bayu g murti -> Update
    120. Bambang dwi -> Update
    122. Aryo -> Update
    130. Kaerudin -> Update
    132. Sasa -> Update
    137. Dyah layung -> Update
    141. Muslehadi -> Update
    144. Dwi martawi -> Update
    67. Rio aditya
    ___________

    LGT PART -2

    Benny kurniawan –> hidup 2
    Selis tyanto –> hidup 3
    Nooray Ali -> hidup 3
    Bre kabhumian -> hidup 5
    De arfendie -> hidup 2
    Sri anita -> hidup 5
    Elly rochlia -> hidup 2
    Thoyeb -> hidup 2
    ____________

    LGT PART -3

    1. Mdwim martawi -> Update
    2. Kodok idjoe -> Update
    3. Tiyin sutinah -> Update
    4. Nooray ali -> Update
    5. Slamet mukidi -> Update
    6. Setiadi tailor -> Update
    7. Muhammad mursyid -> Update
    8. Agus soesanto -> Update
    9. Setiawan iwan -> Update
    10. Hasan -> Update
    11. Wahyu -> Update
    12. Eliss Elisajja -> Update
    13. Fahmi Rakha -> Update
    14. Rohmandolop -> Update
    15. M Hary adv -> Update
    16. Rizki alid -> Update
    17. Ayu jogja -> Update
    18. Yulia latief -> Update
    19. Mulyadi -> Update
    20. Hen bo bon -> Update
    21. Yuni djarkasih -> Update
    22. Tini suwartini -> Update
    23. Dadan kurniawan -> Update
    24. Tri idra jaelani -> Update
    25. Pak ros canarys -> Update
    26. W bayu g murti -> Update
    27. Madhe sumardhana -> Update
    28. Yusep bray -> Update
    29. Algca vatira -> Update
    30. Kang bro bin mas bro -> Update
    31. Nashrul alam -> Update
    32. Huseinbasyuni -> Update
    33. Sarif paving -> Update
    34. Ayung cecy almeera -> Update
    35. Nikki zaen -> Update
    36. Kaerudin didin -> Update
    37. At tin/ M azhar -> Update
    38. Ina ramdhani -> Update
    39. Agung epo darmawan -> Update
    40. Aryono Arya Lingga -> Update
    41. Bhre kabhumian -> Update
    42. Ade umy -> Update
    43. Erfan hannz -> Update
    44. Indra syafri -> Update
    45. Hanafi Kentos
    46. Setiadi Tailor

    Mohon dikoreksi jikalau ada kesalahan.
    ——————–
    TMA GROUP

Leave a Reply