Cara Pemupukan Anggur (TMA)

Cara Pemupukan Anggur.

Pemupukan anggur dari mulai ditanam sampai menginjak masa pembuahan secara continue sangat penting untuk supaya maksimal. Meski kuantitas dan kualitas buah dipengaruhi faktor lain seperti pemangkasan/pruning, namun pemberian nutrisi dan gizi yang diperlukan akan saling berkorelasi dengan teknik pruning yang diterapkan. Sebalumnya bisa baca Teknik Pruning Terbaik 

Baca juga artikel berhubungan Tips Pembuahan Anggur dan Cara Memangkas Anggur 

Dalam masa pertumbuhan awal pohon anggur yang kita tanam sebenarnya sudah cukup dengan pemberian pupuk dasar ketika bibit ditanam seperti pupuk kandang terfrementasi. Tapi setelah tanaman tumbuh besar tentu akan memerlukan nutrisi tambahaan lain yang lebih banyak dari unsur hara yang dibutuhkan. Kadang kita sembrono memberikan pupuk diluar proporsi kebutuhan dengan alasan ingin supaya cepat tinggi dan subur, padahal teknik pemupukan yang baik menurut saya yaitu pemberian unsur hara makro & mikro setelah kita melihat dan mengamati gejala/indikasi kekurangan/kelebihanya pada tanaman tersebut.

Tidak akan efektif ketika tanaman anggur Kita misalkan memiliki daun berwarna hijau tua lalu kita malah menambahkan lagi pupuk kandungan unsur N tinggi, konsekwnesi daun terlalu hijau dan subur akan mudah mengundang hama dan penyakit. Begitu juga sebaliknya, jika keadaan daun anggur kuning kemudian kita pelit memberikan pupuk kadar N tentu kurang bijak karna kurang tepat.

Jadi menurut saya pribadi, semua pupuk itu bagus dan bermanfaat apapun bentuk dan merknya, tinggal kita yang lebih bijak dalam meilih dan memberikan takaran sesuai kebutuhan tanaman anggur kita. Maaf sampai saat ini saya sendiri tidak percaya jika ada yang merekomendasikan merek pupuk tertentu dengan iming bahwa bagus dan bisa membuat pohon anggur lebat. Semua tetap kembali kepada bagaimana kita mengaplikasikannya setelah kita mempelajari karakter tanaman dan pengetahuan tentang unsur hara makro & mikronya.

Berikut catatan saya tentang cara pemupukan yang sudah diaplikasikan pada anggur jenis red globe.

1.  Pemupukan Awal

a. Pupuk kadang + NPK 16:16:16 (Awal penanaman) Pemberian NpK rutin 1 sendok teh setiap 2 minggu.
b. Jika tanaman sudah lumayan besar dan mulai menginjak pase pemotongan primer, tingkatkan NPK 19:19:19, Rutin setiap 2 minggu 1x sampai batas pembentukan sekunder.
c. Jika dalam masa tersebut terindikasi kekurangan unsur hara mikro dan urgent untuk diberikan, segera tambahkan POC daun/Gandasil D dengan harus sangat hati-hati karena biasanya suka OD dan membuat daun gosong. Berikan perlahan dengan dosis rendah.

2. Pemupukan sebelum pangkas pembuahan (setelah pohon anggur benar-benar terbentuk dan memiliki cabang sempurna).

a. Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi ph tanah,
b. pemberian pupuk SP 36 atau MKP 2 sendok/pohon dan KCL 1 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.
c. Stres Air ( selama 2 minggu-1 bulan total tidak dilakukan pengairan dan setelahnya pengairan secara priodik 2 hari 1 x. Dalam masa ini, pohon anggur akan ditandai dengan daun menguning akibat kehausan dan ranting akan menuju proses pematangan berubah warna kecoklatan, berarti pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.

Ya, stres air jika tidak ada hujan atau tanaman berada didalam green house, tips ini sama saja bohong jika hujan terus menerus. :D ya siapa suruh pangkas dimusim hujan. hihi

d. Setelah pemangkasan dilakukan, penyemprotan ZPT/Dormex jika menginginkanya, kemudian tambahkan NPK 19:19:19 + MKP dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.”(setiap pohon bertambah usia tentu dosis pupuk akan ditambah, takaran ini hanya untuk pangkas perdana sesuai umur pohon)Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada sekaligus over dosis.
e. Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk kandungan unsur hara mikro “jika diperlukan atau terindikasi, tapi biasanya tunas-tunas baru akan segar dan tidak akan kekurangan unsur mikro tersebut”
f. Inti dari pemupukan menuju masa generatif usahakan untuk pupuk berkandungan unsur P & K jangan sampai terlewat karna sangat penting.

3. Pasca panen

Setelah masa panen segera tambahkan kembali NPK 19:19:19. Biarkan pohon induk melalui masa istirahat minimal 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali. Ya ibu hamil habis melahirkan saja mesti istiraha tho…

Sekali lagi masalah pemupukan yang baik belum tentu mengasilkan produksi yang baik/pohon anggur berbuah lebat. Jika tidak diimbangin dengan pemangkasan yang baik, ya akan sia-sia. Simpanan nutrisi banyak namun potensi cabang pembawa cluster buah tidak ada maka hasilnya kurang optimal.

TMAGROUP

  • Tips dan Cara Pembibitan Anggur

    Pengadaan benih terbaik direkomendasikan secara vegetatif yaitu perbanyakan stek/cutting dengan panjang standar sekitar 25 cm (3 ruas mata tunas), berwarna coklat matang, berdiameter 1 cm (pensil) yang diambil dari pohon induk berumur di atas satu

    tahun. Metode pembibitan dilakukan dengan cara mencelupkan bagian bawah stek kedalam zat perangsang tumbuh (Rooting Up) kemudian disemai dalam polybag hitam berukuran 30 yang diletakan didalam green house selama enam bulan dan bibit siap dipindahkan kelapangan.

    1. Persiapan metan:
       Tanah gembur/berpasir
       Sekam bakar
       NPK
       Dolomit
       Pupuk kandang terfrementasi
       Polybag warna hitam
       Perbandingan Tanah 2: Sekam1: Pukam1: npk 1 sendok teh: puradan 1 sendok teh (untuk setiap polybag)
    2. Aduk semua media tanam dan sementara simpan selama minimal 1 minggu sebelum cutting ditancapkan.
    3. Setelah cutting ditanam sebaiknya ditempatkan ditempat yang terkena matahari tidak langsung/ terhalang plastik dengan tetap memperhatikan sirkulasi udarasupaya tunas yang sprout selalu sehat. Hindari penanaman cutting ditempat teduh atau bahkan tidak terjangkau sinar matahari karna akan mengundang jamur & tunas tidak sehat dan cepat layu.
    4. Penyiraman bisa dikondisikan dengan suhu setempat. Untuk anggur tidak mesti disiram setiap hari karna kalau terlalu becek akan berakibat akar busuk dan tunas layu, cukup masukan telunjuk kedalam polybag kalau masih terasa lembab tidak mesti disiram. Yang saya lakukan idealnya 3x1minggu dimusim hujan.
    5. Penyemprotan insektisida pembasmi hama juga harus diperhatikan sebelum terserang meskipun dalam ruangan semut/serangga pemakan daun selalu ada.
    6. Nutrisi daun bisa disemprotkan setelah cuting tumbuh daun beberapa helai. Bisa menggunakan POC atau apa saja yang terpenting ada asupan zat/unsur nutrisi yang dibutuhkan.
    7. Pemberian NPK bisa dilakukan 3 minggu 1x (1 sendok teh disetiap bagian pinggir polybag).
    8. Setelah umur bibit minimal 6 bulan bisa dipindahkan ketempat yang lebih besar atau ditanam ditanah langsung.

    TMA

  • Daftar Peserta LGT-2

    NAMA PESERTA

    ============

    1. Andre budiyanto
    2. Sugianto
    3. Khothibulloh Muhammad/Intan Gumalo
    4. Nur ali
    5. Bhre Chakrabhuma /Sumardi
    6. Yenny
    7. Yanto Khansa /Eko Aryanto
    8. Sri Anita Damayanti
    9. Thoyeb Jumin
    10. Hanafi Kentos Hanafi
    11. Beny Kurniawan
    12. Kaesaryo Ministy
    13. Indra Giri
    14. Hening/didin
    15. BADARUDIN SAFEI
    16. Danang Nugroho
    17. Erfan Hannz Mansiz erfan fahroji
    18. Andika eko prastowo
    19. Dian arfendie
    20. Ilyas sholihin
    21. Holis
    22. Rizal
    23. Elly Rochlia
    24. Syahrir Bima
    25. ecih nurhayati
    26. Sidareja
    27. Ridwan effendi
    28. Wahyudi
    29. Selistyanto
    30. Ujang sujana

     

    TMA-GROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Galahad

    Jangan dulu nanya rasa, sabar ya pastinya nyosss, jangan iri juga karna saya akan dapat kiriman 1 dompol buat testy :D, nanti tak sisakan bijinya buat semai.

    Jangan khawatir susah dibuahkan untuk jenis ini karna sudah terbukti berhasil dibuahkan meski belum maksimal. Let’s Go…

    Berikut deskripsinya.

    by Roni Tiger

    – Nama Varietas: Galahad
    – Country of origin: Ukraine
    – Masa Pematangan buah: 120-127 HSP, jika didalam deskripsi asli luar 95-100 HSP, jadi pematangan diKita sedikit maju mungkin pengaruh iklim.
    – Ujicoba Penanaman mdpl: 25mdpl
    – Bentuk buah: bulat oval
    – Rasa: manis dan renyah dengan lapisan kulit cukup tebal.
    – Warna: hijau
    – Aroma: strong
    – Brix: 19-21
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Resistance terhadap mildew, ketahanan air, hama cukup kuat
    – GA3 treatment: no
    – Tingkat adaptasi: cukup bagus
    – Perlakuan Teknik pruning: cane pruning (menyisakan 4 meta keatas)
    – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga :5 up
    – Dormex treatment: no

    Bahan Perbandingan dengan deskripsi aslinya (Vinograd.info)

    (( Talisman x Delight ) x Muscat delight )
    – Galahad – dining room is a hybrid form of grapes.
    – The maturation period is very early, in the conditions of Novocherkassk it ripens at the end of July (95-100 days).
    Bushes vigorous.
    – The flower is bisexual.
    – The clusters are cylindrical, very large, 600-1100 g, moderate density.
    – The berries are oval-ovoid, 27.5 x 21.5 mm, amber-yellow, very large, average weight 10-12 g.
    Flesh is fleshy, the skin is moderately dense. Gf has very high taste qualities, a tasting evaluation of fresh grapes is 8.9 points.
    – The sugar content is 18-21 g / 100 cm 3 ,
    – the acidity is 5-6 g / dm 3 .
    – The maturation of shoots is good.
    – The percentage of fertile shoots is 60-75%.
    – The fruiting ratio is 1.3-1.5. Frost resistance to -25 ° C, stability of the hybrid form of Galahad to mildew 2.5 points, to oidium 3.0 points, resistant to gray rot. Transportability is high.

    TMAGROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Jupiter

    Catatan Tentang Anggur Jupiter

    Varietas anggur Jupiter seedless (tanpa biji)pertama kali dikembangkan dan dipatenkan oleh University of Arkansas pada tahun 1998. Jenis ini sangat direkomendasikan karna bisa produktif dan beradaptasi dengan baik diberbagai darah dengan suhu berbeda, hasil produksi/H berpotensi mencapai 13 ton, pencapaian diangka tersebut cukup baik untuk mendorong pelaku usaha perkebunan anggur komersial dalam pengembanganya.

    Berikut deskripsinya:

    Grape Color: Blue, Black
    Primary Use: Table
    The variety can attain: 21 Brix
    Berry weight : 4 to 5 g in Arkansas
    Resistance to : fungal diseases
    Wine Color: Not Applicable
    Variety Origin: University of Arkansas
    Parents: Arkansas 1258 x Arkansas 1762
    Pseudonym (Tested As): ARK 1985
    Year Released: 1998
    Harvest Season: Early Season
    USDA Hardiness Zone: 5
    Sulfur Sensitivity: Not susceptible
    Vine Vigor: Medium Vigor
    Growth Habit: Trailing
    Suggested Distance Between Vines: 6 ft – 8 ft
    Vine Training System: Modified Munson
    Bud Break: Mid-Season with Concord

    Percobaan penanaman dinegri kita, ternyata jenis ini tidak begitu jauh dengan deskripsi aslinya, sangat mudah beradaptasi, tahan jamur dan tidak terlalu sulit dibuahkan. Untuk pengembangan dan pemantapan, silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

    By Tant Ina Ramdhani
    Nama Varietas: Jupiter Seedless
    – Country of origin: USA
    – Masa Pematangan buah: 100-110 HSP
    – Ujicoba Penanaman mdpl: 20mdpl
    – Bentuk buah: Oval
    – Rasa: Harmonis (harum manis)
    – Warna: Merah tua to blue and black
    – Aroma: Kuat
    – Brix: –
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Resistance: Sangat Baik terhadap jamur
    – GA3 treatment: tidak pakai
    – Tingkat adaptasi: Sangat Baik
    – Perlakuan Teknik pruning: 4-9 bud
    – Pengamatan Potensi bud fruitful : 7 up
    – Lain-lain: foto buah 85 hsp, tanam 1-2-2017 ‘belum matang 100% jadi diphoto masih kelihatan berwarna merah’

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan

Leave a Reply