Cara Pemupukan Anggur (TMA)

Cara Pemupukan Anggur.

Pemupukan anggur dari mulai ditanam sampai menginjak masa pembuahan secara continue sangat penting untuk supaya maksimal. Meski kuantitas dan kualitas buah dipengaruhi faktor lain seperti pemangkasan/pruning, namun pemberian nutrisi dan gizi yang diperlukan akan saling berkorelasi dengan teknik pruning yang diterapkan. Sebalumnya bisa baca Teknik Pruning Terbaik 

Baca juga artikel berhubungan Tips Pembuahan Anggur dan Cara Memangkas Anggur 

Dalam masa pertumbuhan awal pohon anggur yang kita tanam sebenarnya sudah cukup dengan pemberian pupuk dasar ketika bibit ditanam seperti pupuk kandang terfrementasi. Tapi setelah tanaman tumbuh besar tentu akan memerlukan nutrisi tambahaan lain yang lebih banyak dari unsur hara yang dibutuhkan. Kadang kita sembrono memberikan pupuk diluar proporsi kebutuhan dengan alasan ingin supaya cepat tinggi dan subur, padahal teknik pemupukan yang baik menurut saya yaitu pemberian unsur hara makro & mikro setelah kita melihat dan mengamati gejala/indikasi kekurangan/kelebihanya pada tanaman tersebut.

Tidak akan efektif ketika tanaman anggur Kita misalkan memiliki daun berwarna hijau tua lalu kita malah menambahkan lagi pupuk kandungan unsur N tinggi, konsekwnesi daun terlalu hijau dan subur akan mudah mengundang hama dan penyakit. Begitu juga sebaliknya, jika keadaan daun anggur kuning kemudian kita pelit memberikan pupuk kadar N tentu kurang bijak karna kurang tepat.

Jadi menurut saya pribadi, semua pupuk itu bagus dan bermanfaat apapun bentuk dan merknya, tinggal kita yang lebih bijak dalam meilih dan memberikan takaran sesuai kebutuhan tanaman anggur kita. Maaf sampai saat ini saya sendiri tidak percaya jika ada yang merekomendasikan merek pupuk tertentu dengan iming bahwa bagus dan bisa membuat pohon anggur lebat. Semua tetap kembali kepada bagaimana kita mengaplikasikannya setelah kita mempelajari karakter tanaman dan pengetahuan tentang unsur hara makro & mikronya.

Berikut catatan saya tentang cara pemupukan yang sudah diaplikasikan pada anggur jenis red globe.

1.  Pemupukan Awal

a. Pupuk kadang + NPK 16:16:16 (Awal penanaman) Pemberian NpK rutin 1 sendok teh setiap 2 minggu.
b. Jika tanaman sudah lumayan besar dan mulai menginjak pase pemotongan primer, tingkatkan NPK 19:19:19, Rutin setiap 2 minggu 1x sampai batas pembentukan sekunder.
c. Jika dalam masa tersebut terindikasi kekurangan unsur hara mikro dan urgent untuk diberikan, segera tambahkan POC daun/Gandasil D dengan harus sangat hati-hati karena biasanya suka OD dan membuat daun gosong. Berikan perlahan dengan dosis rendah.

2. Pemupukan sebelum pangkas pembuahan (setelah pohon anggur benar-benar terbentuk dan memiliki cabang sempurna).

a. Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi ph tanah,
b. pemberian pupuk SP 36 atau MKP 2 sendok/pohon dan KCL 1 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.
c. Stres Air ( selama 2 minggu-1 bulan total tidak dilakukan pengairan dan setelahnya pengairan secara priodik 2 hari 1 x. Dalam masa ini, pohon anggur akan ditandai dengan daun menguning akibat kehausan dan ranting akan menuju proses pematangan berubah warna kecoklatan, berarti pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.

Ya, stres air jika tidak ada hujan atau tanaman berada didalam green house, tips ini sama saja bohong jika hujan terus menerus. :D ya siapa suruh pangkas dimusim hujan. hihi

d. Setelah pemangkasan dilakukan, penyemprotan ZPT/Dormex jika menginginkanya, kemudian tambahkan NPK 19:19:19 + MKP dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.”(setiap pohon bertambah usia tentu dosis pupuk akan ditambah, takaran ini hanya untuk pangkas perdana sesuai umur pohon)Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada sekaligus over dosis.
e. Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk kandungan unsur hara mikro “jika diperlukan atau terindikasi, tapi biasanya tunas-tunas baru akan segar dan tidak akan kekurangan unsur mikro tersebut”
f. Inti dari pemupukan menuju masa generatif usahakan untuk pupuk berkandungan unsur P & K jangan sampai terlewat karna sangat penting.

3. Pasca panen

Setelah masa panen segera tambahkan kembali NPK 19:19:19. Biarkan pohon induk melalui masa istirahat minimal 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali. Ya ibu hamil habis melahirkan saja mesti istiraha tho…

Sekali lagi masalah pemupukan yang baik belum tentu mengasilkan produksi yang baik/pohon anggur berbuah lebat. Jika tidak diimbangin dengan pemangkasan yang baik, ya akan sia-sia. Simpanan nutrisi banyak namun potensi cabang pembawa cluster buah tidak ada maka hasilnya kurang optimal.

TMAGROUP

  • Hama & Penyakit Tanaman Anggur

    Sahabat TMA yang baik hati & tidak sombong :D. Semoga beneran.Amin

    Dalam budidaya tanaman tidak terkecuali anggur, pasti Kita dihadapkan dengan berbagai kendala entah serangan hama atau infeksi penyakit yang kadang sulit mencari sulusinya. Liku perjuangan dari mulai menanam cutting/stek tidak sedikit menyita pikiran dan tenaga. Tapi tetap semangat dan berdoa meski hasilnya kadang keluar dari jalur yang diinginkan.

    Edisi kali ini Kita akan sedikit mengenal beberapa penyakit dan hama yang menjadi musuh bubuyutan tanaman anggur.

    Sebelumnya seperti biasa siapkan alat perang, eh tulis, kopi pahit, padud, terutama cemilan jangan terlewatkan :D.

    Back to point…

    • HAMA

    1. Phylloxera Vitifolia
    Hama ini menyerang tanaman anggur di semua umur baik tanaman yang masih bibit maupun yang sudah tua, dan akibat yang ditimbulkannya adalah kering dan mati. Infeksi bagian tanaman yang diserang adalah daun dan akar tanaman secara langsung. Gejala umum yaitu daun terbentuk bisul-bisul kecil sedangkan akar tanamannya membengkak seperti kutil. Letak hama Phylloxera Vitifolia menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.

    2. Kumbang Apogonia destructor
    Berbentuk kumbang kecil dan warnanya hitam mengkilat. Bagian yang diserang adalah daun anggur saat waktu malam hari dan karakteristik kumbang Apogonia destructor adalah mudah tertarik oleh sinar lampu.

    3. Wereng Daun
    Akibat yang ditimbulkan dari serangan wereng ini adalah menyebabkan daun anggur berbintik putih, kemudian menjadi kuning coklat kemudian gugur.

    4. Kutu Putih
    Akibat yang terlihat dari serangan kutu putih ini adalah dapat menyebabkan pucuk/tunas menjadi kerdil.

    5. Ulat Daun
    Sesuai dengan namanya bagian yang diserang adalah bagian daun yang menjadikan daun anggur sebagai makanannya.

    6. Rayap
    Akibat yang terlihat jika serangan rayap datang saat menggerogoti akar tanaman yang masih muda sehingga membuat jadi layu yang akhirnya akhirnya mati.

    Penanggulangan yaitu dengan menyemprotkan insektisida pada bagian yang terkena hama yang dilakukan secara rutin. Tanya tukang obat :D ‘ sesuai hama yang mau dibasmi.

    • PENYAKIT

    A. (Die-back) adalah terjadinya kematian ranting atau cabang pada tanaman anggur dari bagian ujung atas kemudian meluas kebagian bawah akibat serangan patogen tanaman “Eutypa armeniacae” yang mengakibatkan terjadinya perubahan seperti pada bentuk cabang, ukuran, warna, tekstur dan kwalitas buah. Juga merupakan akibat kandungan air dalam tanah yang tinggi dan miskin unsur Cu (logam)

    Gejala:

    • Terjadi perubahan bentuk dan warna cabang/ranting tidak normal disebabkan etioplas (kurangnya cahaya sinar matahari)mulanya ditandai dengan munculnya getah berwarna kuning mengkilap diujung cabang kemudian keropos, mengering.
    • Curl/keriting, menguning dan kerdil dibagian daun dari cabang yang terinfeksi.
    • Pertumbuhan cabang pembuahan tidak sempurna dan mengakibatkan bunga berguguran atau buah tidak matang dan kurang berkwalitas.

    B. Lichen/lumut kerak sebagai dua organisme komposit yang terdiri dari alga biru/hijau dengan jamur jenis Ascomycotina atau Basidiomycotina yang bisa kita temukan pada kulit, cabang/ ranting pohon anggur,terutama sering terjadi dibeberapa lingkungan yang memiliki cuaca panas extrim,tidak terkecuali Indonesia kalau datang musim kemarau bisa mudah terinfeksi.

    C. Downy Mildew (Jamur)
    Gejalanya fisik yang kelihatan adalah daun kelihatan kuning, di bagian bawah terlihat ada tepung warna putih-kuning. Daun, bunga maupun tandan muda bisa mati bila terkena penyakit ini terutama saat musim penghujan atau kelembaban yang tinggi.

    D. Powdery Mildew

    Gejala fisik yang terlihat adalah pada permukaan daun terdapat bedak tipis putih kelabu. Bagian yang diserang pada tanaman anggur adalah bagian pucuk, bunga dan buah muda bahkan dapat merusak ranting sehingga jadi kerdil dan rusak.

    E. Penyakit busuk hitam

    Akibat yang ditimbulkan dari penyakit busuk hitam ini adalah buah anggur menjadi keriput, busuk dan gugur.

    F. Phakospora Vitis
    Ciri fisik yang terlihat adalah daun bagian bawah tertutup tepung berwarna orange (massa sporanya).

    G. Peronospora

    Bagian yang diserang adalah bagian daun anggur. Jika keadaan udara terlalu lembab, maka jamur ini menyerang daun anggur dan dapat dikenali karena spora berwarna kuning di bawah daun.

    Penanggulangan penyakit secara mekanis dan kimia

    • Menata dan merapihkan ranting tanaman anggur dengan selalu diikat pada kawat rambatan.
    • Menjaga kelembaban sekitar tanaman anggur
    • Membuang ranting tidak produktif dan ranting terinfeksi yang kemudian membakarnya diluar area perkebunan.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif tembaga oksiklorida, (28,5%) /100 liter air dengan jarak semprot 250cm dari tanaman.
    • Penyemprotan fungisida dengan bahan aktif tembaga hidroksida 250 g / 100 liter air.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif Tembaga oksi sulfat (10%) atau belerang dengan kadar 125 g/100liter air.
    • Selalu menjaga kadar air tanah jangan sampai perakaran tanaman anggur tergenang air.
    • Menambahkan sedikit pupuk berunsur Cu (logam) bertujuan untuk pembentukan enzim-enzim dan pemulihan hijau daun (khlorofil)

    Sumber artikel: Kumpulan hasil searcing Mbah Google.

    TMA-Group

     

  • DAFTAR PESERTA LGT 1

    DAFTAR PESERTA LGT-1
    ===================

    1. Adji -> Update
    2. Abdul -> Update
    3. Ayu -> Update
    4. Achmad -> Update
    5. Arifin -> Update
    6. Andi -> Update
    7. Adi RACHMAN -> Update
    8. Agus Purwanto -> Update
    9. Alfa Alfaris -> diskualifikasi
    10. Arya Nareswara -> Update
    11. S Hadi -> diskualifikasi
    12. Asgar Ikamaja -> diskualifikasi
    13. sam -> Update
    14. Budiyanto -> Update
    15. Badrudin -> diskualifikasi
    16. cholis -> Update
    17. cornelia -> diskualifikasi
    18. Chandra -> Update
    19. Dadan -> Update
    20. Dodo suhanda -> Update
    21. Domex -> Update
    22. Yuyun -> update
    23. Dewi -> diskualifikasi
    24. Diny -> Update
    25. Eri Permadi -> Update
    26. Edy kusnanto -> Update
    27. Anwar -> Update
    28. Glondo Wiharto -> Update
    29. Hadian -> Update
    30. Hendry -> Update
    31. Hendri Tan -> Update
    32. Husain -> Update
    33. Haris Athok -> Update
    34. Hairul -> Update
    35. Indra -> Update
    36. Iwan Setiawan -> diskualifikasi
    37. wahyu -> Update
    38. Ina YATI -> diskualifikasi
    39. Isnaeni -> diskualifikasi
    40. IHSAN -> Update
    41. Jarwanto -> Update
    42. Khurmen -> Update
    43. liza -> Update
    44. Mara Bunta -> Update
    45. Marles -> Update
    46. Mey Ridwan -> Update
    47. Mulyadi -> Update
    48. Mustakwa -> diskualifikasi
    49. MUhsoni -> Update
    50. M aries -> Update
    51. M aslam -> kick
    52. Maulana widagdo -> update
    53. M Azhar -> Update
    54. Nurdin -> Update
    55. Nur Kholis -> diskualifikasi
    56. Nur Ali -> Update
    57. Kang puguh -> diskualifikasi
    58. Robi Obink -> diskualifikasi
    59. Rini syarif -> Update
    60. Romi Ardiansyah -> Update
    61 Rapso-kick
    62 Resnu Aldin -> diskualifikasi
    63 Rahmat -> Update
    64 M sodiq -> Update
    65 Rustaman -> Update
    66 Rosyid -> Update
    67 Rio Aditya -> Update
    68 Ridwan Thea -> Update
    69 Rizky Eka -> Update
    70 Siti Alfiyah -> Update
    71 Syamsudin -> Update
    72 Sugianto -> diskualifikasi
    73 Sigit- -> Update
    74 Suparjan- -> Update
    75. Suntoro -> diskualifikasi
    76 Setyo Wibowo -> Update
    77 Syarif Pavin -> Update
    78 Samirzon -> Update
    79 Sonny -> Update
    80 Taufik Hidayat -> Update
    81 Teguh Riyanto -> Update
    82 Tri Wahyuni -> Update
    83 Tarjo -> Update
    84 Tutut Setiyani -> diskualifikasi
    85 Uwes Hujjatul -> diskualifikasi
    86 Vitri Anggriani -> Update
    87 Wisbar -> Update
    88 Kang Yadi -> Update
    89 Yudi Hariyanto -> Update
    90 M.Ardan -> Update
    91. yuliastuti -> Update
    92. Yusa -> Update
    93. Yadi -> Update
    94. Yunus -> Update
    95. Yudhi -> Update
    96. Tutin sitianah -> Update
    97. Ahmad jauhari -> Update
    98. Uli bebek -> diskualifikasi
    99. Kang warso -> Update
    100. Lutfhi Alphonso -> Update
    101. Yudhi karawang -> update
    102. cipto -> Update
    103. Agus susanto -> Update
    104. Markus -> Update
    105. Nikki Zaen -> Update
    106. Wahid -> diskualifikasi
    107. M yusuf -> Update
    108. Arifin arzi -> diskualifikasi
    109. Dedi heryanto -> Update
    110. supri handoko -> Update
    111. dian triadi -> Update
    112. M alatsari -> Update
    113. Rini Djauhari -> Update
    114. Febriyanto -> Update
    115. Heriyansyah -> Update
    116. setiadi -> Update
    117. saiful anwar -> Update
    118. Nurmiati -> diskualifikasi
    119. Wibisini bgm -> Update
    120. Bambang dwi -> Update
    121. Arisun -> Update
    122. Aryo -> Update
    123. Eko yulianto -> Update
    124. Mansyur -> Update
    125. Agus prawijaya -> Update
    126. Ade umy -> Update
    127. Taroni -> Update
    128. Windy dw -> Update
    129. Ardiansyah -> Update
    130. Kaerudin -> Update
    131. ANANG -> diskualifikasi
    132. Sasa -> Update
    133. Ibad -> diskualifikasi
    134. I made sutarma -> Update
    135. Tini Suwartini -> Update
    136. Yusep -> Update
    137. Dyah layung -> Update
    138. Catur pamungkas -> Update
    139. Buyung kurbua -> Update
    140. Rahmad HN -> Update
    141. Muslehadi -> Update
    142. M mursyid -> Update
    143. HAEDAR IN -> diskualifikasi
    144. Dwi martawi -> Update
    145. Ridwan Effd -> Update
    146. Ludiono -> Update
    147. Tony -> Update
    148. Agus suntoro -> Update
    149. Setia bangun -> diskualifikasi
    150. Openg -> Update
    152. Tjom Kaswrin -> Update

    CATATAN:

    1. Laporan ini terhitung mulai dari kedatangan stek yang dilaprkan dikolom ID lama dan baru.
    2. Setelah laporan ini dipublikasikan, kolom update SAH selanjutnya adalah stikerbaru dan jikalau masih kosong akan dikick dari lomba part1. jadi silahkan kalau
    memrlukan informasi link tanyakan kepada pengurus Group atau lihat di file group.
    3. Data ini masih terfokus pada laporan update peserta “hidup dan tidaknya stek belum menjadi prioritas, jadi ada kemungkinan besar dilaporan Panitia selanjutnya hanya 50% peserta tersisa.
    4. Jikalau ada peserta yang sudah berstatus DISKUALIFIKASI karna kesalahan penulisan atau memundurkan diri karna sudah menyerah, silahkan untuk segera melapor.
    Informasi:

    -> Link ketentuan lomba, kriteria dan hadiah LGT Part1 disini > http://tma-group.net/2017/syarat-ketentuan/
    LAPORAN INI AKAN DIPUBLIKASIKAN SETIAP AWAL BULAN.

    LGT-1
    ———
    TMA-GROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Prabu Bestari
    1. Jenis Anggur Prabu Bestari (Table Grape)

    Klik dibagian gambar untuk memperbesar.

    Varietas anggur Prabu Bestar/ Redprince dengan kode aksesi BS89 sudah sejak lama dibudidayakan dikebun display balijestro yang berlokasi di Kp, Banjarsari-Probolinggo-JATIM. Berikut hasil rangkuman dari berbagi sumber tentang spesifikasi jenis prabu bestari

    – Nama Varietas: Redprince / Prabu bestari
    – Kebun Display: Kp, Banjarsari-Probolinggo
    – Pendaftaran Varietas No. 29/PPVHP/2008
    – Kode aksesi: BS89
    – Masa Pematangan buah: 120-135 HSP
    – Penanaman: 300 mdpl
    – Bentuk buah: Bulat Telur
    – Rasa: Manis
    – Warna: Merah
    – Aroma: alami
    – Daya simpan buah anggur ini mencapai 7-14 hari pada suhu ruangan.
    – Brix: 18 – 20 brix
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Rootstock: Isabela
    – Resistance terhadap hama dan ketahanan akar cukup kuat  (ownroot), namun jika kawan2 ingin memakai batang bawah bisa diperaktikan seperti contoh pohon yang ada digambar.
    – GA3 treatment: No
    – Dormex: No
    – Tingkat Adaptasi: Beradaptasi dengan baik disemua wilayah.
    – Training System: Para-para
    – Teknik Pruning: CANE 5-9 bud dengan potensi bud fruitful  berada diurutan mata tunas ke 5 up, bukan berarti urutan 5 kebawah tidak akan membawa cluster buah, namun lebih dominan diangka tersebut. Jadi jika menggunakan teknik cane pruning akan lebih optimal karna kemungkinanya tinggi.

    Demikian sekilas tentang anggur jenis prabu bestari, apakah om/tante tertarik untuk menanamnya..?

    TMAGROUP

  • Alasan Kenapa Rasa Buah Anggur Kecut

    Pada umumnya kita lebih suka memakan buah anggur dalam keadaan segar apalagi hasil petik sendiri. Namun apa jadinya jika buah anggur yang kita konsumsi rasanya asam bin kecut.

    Memang selain dikonsumsi langsung, buah anggur juga dapat diolah menjadi berbagai produk olahan yang disimpan dalam waktu relatif lama seperti kismis. Tapi itupun jika buahnya banyak melimpah :D

    Jadi mana yang Anda pilih, mengkonsumsinya dalam keadaan segar atau diolah..?

    Setiap jenis/ varietas anggur memiliki beberapa kandungan zat dan bahan berbeda-beda, asam, vitamin c, kandungan ph dll. Tiap jenis memiliki karakteristik dan tingkat kematangan beragam sehingga membuat kandungan zat didalmnya berbeda.

    Banyak Faktor-faktor yang mempengaruhi rasa dan kelezatan buah anggur diantaranya: Varietas, Iklim tempat tumbuh, Pemeliharaan, Tingkat kematangan dan waktu panen.

    Tidak semua jenis anggur memiliki ukuran buah dan rasa manis seperti yang kita harapkan. Banyak juga jenis yang rasanya didominasi kandungan asam seperti jenis anggur “Isabela dan Red master”. Tentunya hal itu dipengaruhi oleh varietasnya dan juga tingkat kematangan ketika dipetik.

    Sebenarnya Isabela & Red master jika tingkat kematanganya sudah maksimal, rasa manis dan asamnya seimbang “segar”. Hanya disayangkan masa pematanganya tidak serempak, kadang pada satu tandan memiliki tingkat kematangan berbeda, sebagian kadang masih hijau, merah dan susah agak kecoklatan.

    Jangan kecewa jika Anda terlanjur menanam varietas kedua anggur diatas, karena dari sisi lain memiliki keunggulan istimewa yaitu mudah adaptasi dan tahan pada berbagai cuaca. Jadi solusi terbaik bisa disambung dengan jenis unggulan ‘table grape’ sesuai selera.

    Begitu juga jenis varietas bagus seperti misalkan Red Globe, Souvenir, Jupiter dan jenis lainya yang sudah banyak beredar di Kita. Meski rasa manisnya dominan, namun kadang hasil penanaman didaerah a & b tingkat kadar asamnya berbeda meski dari varietas sama. Artinya banyak sekali faktor yang mempengaruhi rasa buah anggur yang kita tanam, termasuk cara pemeliharaan dan pemupukan.

    TMAgroup.

Leave a Reply