Catatan & Spesifikasi Anggur Velez

VELEZ adalah salah satu jenis anggur Hybrid hasil persilangan Sofia X Rusbol oleh seorang pemulia tanaman anggur Zagorulko Vitaly Vladimirovich dari wilayah Zaporozhye. Jenis ini termasuk koleksi terbaik yang telah memenangkan medali emas pada kompetisi international di Simferopol dan membawanya sebagai jenis anggur paling populer dan memiliki prospek bagus diwilayah CIS Ukraina.

Diantara keunggulan jenis ini diantaranya termasuk kategory very early/pematangan tidak terlalu lama, hanya memakan waktu -+100-105 hari. Ukuran tandan buah beratnya bisa mencapai 1500 gram bahkan sering sekali mencapai ukuran yang sangat fantastik up 3 kg. Ditambah dengan polesan warna kulit luar pink dan bentuk buah oval sudah begitu menjadi daya tarik luar biasa.

Deskripsi:

– Nama Varietas: VELEZ/ВЕЛЕС
– Country of origin: Ukraina
– Masa Pematangan buah: very early (100-105 days)
– Bentuk buah: oval
– Rasa: manis
– Diameter Buah:
– Warna: pink
– Aroma: Muscat flavor
– Kulit Buah: Tipis
– Berat Tandan: 500-1500 g, up to 3 kg
– Berat Butiran: 4-6 g
– seeded: Berbiji
– Resistance terhadap jamur dan oidium: to mildew and oidium 3.5 points
– Frost resistance: -21 ° C;
– GA3 treatment: 40 mg/L (Pre Bloom stage – 10 hari setelahnya)
– Jenis Rootstock:No
– Dormex pasca pruning:
– Tingkat adaptasi: Baik
– Teknik pruning: cane (8 mata tunas)

Deskripsi diatas hanyalah hasil terjemahan dari situs саженец, jika ada kekeliruan ataupun yang perlu ditambahkan silahkan masukan dikolom komentar.

  • Catatan & Deskripsi Anggur Souvenir

    Meski jenis anggur ini masing tergolong baru masuk Indonesia beberapa tahun kebelakang, namun tidak dipungkiri sudah menyebar dan banyak dikoleksi diberbagai daerah.

    Dari hasil testimoni & pengalaman, souvenir cukup mudah berbuah dibanding dengan jenis lainya. Penampilan buahnya juga menarik, diameter standar layaknya table grape & memiliki rasa manis. Cukup eksotik untuk dikoleksi dan menghiasi pekarangan rumah Anda.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Souvenir
    Warna buah: Hitam
    Bentuk: Oval
    Rasa: manis
    Berat tandan: 300-400gram
    Diameter rata2 buah: P 22-29 mm, L 12-15 mm
    Brix: 16-20%
    Pematangan: 110-120 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor

    Ayo tunggu apalagi segera mulai menanamnya.

    Lihat videonya disini

    TMAgroup

  • Cara pangkas anggur yang baik

    Pruning adalah suatu proses pemangkasan dan pemeliharaan pohon anggur dari mulai pembentukan dimasa vegetatif sampai seterusnya yang diawali dengan pemotongan batang primer/utama setelah mencapai ketinggian para-para yang tujuanya untuk supaya batang utama tersebut tidak memanjang lagi dan untuk merangsang tumbuhnya cabang kedua/sekunder yang nantinya akan diatur dan diarahkan kearah berbeda. Saat cabang sekunder mencapai panjang 2 meter, ujungnya harus dipotong agar tumbuh cabang ketiga yaitu tersier selanjutnya pemangkasan pruduksi/pembuahan pada saat pohon anggur sudah sempurna atau memiliki cabang kedua dan ketiga.

    Untuk mengoptimalkan pemeliharaan dan pemangkasan didalam upaya peningkatan kwalitas dan kuantitas produksi pohon anggur, sebaiknya menerapkan metode yang sudah teruji dilapangan yaitu perpaduan antara spur dan cane.

    Pertama: Spur adalah timing backto 2 bud ( pemangkasan cabang ketiga/tersier dengan menyisakan 2 mata tunas yang kedua mata tunas tersebut akan selalu diremajakan disetiap pemangkasan)

    langkah pemangkasan model spur:

    kedua: Cane adalah pemangkasan dicabang ketiga/tersier dengan menyisakan 8-12 mata tunas yang secara praktek sama dengan metode spur.
    Langkah pemangkasan model cane:

    All For Grape.

  • Catatan & Deskripsi Anggur Siyana

    Satu lagi jenis table grape yang menjadi incaran koleksi pecinta anggur yaitu jenis anggur #Siyana. Awal pemulaan jenis ini oleh Dimitar Todorov di Institut Pertanian dan Produksi Benih Sifovtsov Chiflik, Ruse, Bulgaria dan sudah terdaftar dalam list varietas anggur di Bulgaria pada tahun 2007.

    Masa pematangan cukup lama rata-rata 115 – 125, meskipun hampir menembus 151 hari dibagian wilayah Bulgaria selatan dan 181 hari dibagian utara. Pertumbuhanya tidak terlalu vigor alias sedang layaknya anggur seperti biasanya, cukup memiliki ketahanan terhadap embun beku dimusim dingin dan juga cukup tahan terhadap phylloxera, jamur, oidium, busuk abu-abu.

    Berikut rangkumanya:

    Ingin melihat lebih jelas bentuk buahnya lihat vidieonya di YOUTUBE_TMA

    Jelajahi deskripsi jenis anggur lainya disini

    Join FB Group disini

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Black Panther

    Jenis anggur Black Panther udah adaptasi dan berhasil dibuahkan dinegri kita, jenis asal ukraina ini direlease pada tahun 2005 hasil persilangan silang AIA 1 x Harapan EPA + Valek yang melahirkan nama Black Panther dengan warna buah hitam dengan bentuk oval mampu menghasilkan ukuran buah relatif besar mencapai 25-35mm, dengan tingkat resistensi terhadap jamur cukup baik dan tahan terhadap suhu exstrim  dingin.

    Mari kita bandingkan deskripsi diatas dengan hasil percobaan kawan kita dibawah ini:

    Nama Varietas: Black Panther

    – Country of origin: ukraine
    – Masa Pematangan buah: 100hsp
    – Ujicoba Penanaman mdpl: 85mdpl
    – Bentuk buah: oval
    – Rasa: manis
    – Warna: hitam
    – Brix: 17-19
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Resistance terhadap jamur, air, hama: sedang
    – GA3 treatment: no
    – Tingkat adaptasi: bagus
    – Perlakuan Teknik pruning: spur pruning
    – Dormex treatment: no

    Sekali lagi perlu diketahui bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan dengan tujuan supaya menjadi bahan informasi bahwa hampir 100% varietas yang berhasil berbuah  sudah mirip dengan yang dihasilkan negara aslinya. Adapun untuk mengembangkan dan memaksimalkanya,  Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

Leave a Reply