Catatan & Deskripsi Anggur Manicure Finger

Sayang sekali jika Anda sebagai pecinta anggur belum memiliki dan menanam jenis Manicure Finger. Jenis ini termasuk favorit dan banyak dicari, lhoo kenapa? ya pertama karna bentuk buah lonjong dan diameter buah diatas rata2 akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.

Bisa dikatakan hampir 99% sudah dimiliki para pecinta anggur diberbagai daerah dan hampir sudah bisa nikmati buahnya.

Jenis ini juga termasuk jenis yang biasanya masuk etalase rekomended untuk para pemula diberbagai group anggur.

Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

Berikut deskripsinya:

Nama Varietas: Manicure Finger
Persilangan: Unicorn x Baladi2
Warna buah: merah/violet bercorak kuning jika belum 100% matang
Bentuk: Oval
Rasa: manis
Berat butiran: 13-20gram
Diameter rata2 buah: P 46mm, L21mm
Pematangan: 110-120 hari
Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

Lihat videonya di YOUTUBE

Lihat varietas buah lainya dara koleksi warga tma disini

TMAgroup

  • Optimalisasi Warna Buah Anggur
    Ethephon adalah seyawa 2-chloroethyl phosphonic acid yang jika diaplikasikan akan berpengaruh terhadap pematangan buah dan pengaturan warna. Berdasarkan beberapa hasil penelitian ternyata pemberian atau pemakaian Ethephon memang dapat meningkatkan kemasakan yang seragam pada buah anggur dengan catatan keberhasilan dipengaruhi oleh konsentrasi, cara penggunaan,dan varietasnya. Konsentrasi yang direkomendasikan hasil penelitian dimaroco pada percobaan beberapa kultivar anggur di dua perkebunan komersial adalah berkisar 100 sampai 960 ppm dengan efek dan hasil berbeda. Seperti aplikasi ketika masa veraison dengan konsentrasi 300 ppm untuk jenis thompson seedless, cardinal dan red flame dan 500 ppm untuk jenis beauty seedless cendrung meningkatkan berat buah, level brix dan pematangan serempak yang cukup signifikan Efek dari konsentrasi ethephonn terlalu tinggi dapat enyebabkan warna anggur kusam dan kerusakan apikal meristem. Tentunya  juga karna termasuk bahan kimia jadi akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan jika kurang bijaksana dalam penggunaanya. Berikut artikel pdf download dibawah. Link-1 Link-2 TMAGROUP
  • Tips Membeli dan Memilih Bibit Anggur

    Jaman dahulu kala, banyak keluhan berseliweran dari warga yang baru mengenal anggur dan ingin mulai nanam, jika ternyata jenis anggur yang dibelinya tidak sesuai varietas alias kena tipu.

    Dari ribuan jenis anggur didunia yang sebagian kecil sudah beredar di Kita, tidak menutup kemungkinan banyak Oknum yang memanfaatkan keadaan. Sangat memungkinkan bilang emas padahal isinya tembaga atau saat dijual bilang emas, beberapa tahun setelah terbukti berbuah sama Pembelinya, dia bilang bla,bla,bla :D

    Nah bagi Anda yang belum terlanjur membelinya dan supaya tidak menyesal dikemudian hari, Om Demit akan berbagi tips dan coba deh ikuti, semoga tidak nyasar.

    1). Langkah pertama join dan gali informasi diberbagai group anggur. Ingat group anggur ya, bukan group elektronik apalagi kuliner 😀. Om Demit laparrr.

    Nih Om Demit kasih bocoranya dibawah.

    – Budi Daya Tanaman Anggur
    – Pecinta Tanaman Anggur
    – Belajar Budidaya Anggur
    – Anggur Indonesia
    – Seni Menanam Anggur
    – Komunitas Pecinta Tanaman Anggur
    – Anggur Mania Karawang
    – Tips Menanam Anggur

    Tunggu apalagi ayoo langsung join dan gali informasinya.

    2). Sebelum Anda membeli bibit, sangat penting Anda mengetahui jam terbang seller terkait, supaya yakin jelajahi wall pribadinya apa benar penjual bibit atau abal-abal.

    Pertanyakan juga apakah dia mengetahui informasi varietas yang dijualnya atau sekedar mencari untung belaka, supaya keaslian varietasnya valid. Jangan sampai Anda mencari jenis anggur Isabela malah dikasihnya Rubi Roman, Misalkan :D

    3). Pastikan bibit ketika ingin dibeli dalam keadaan sehat walafiyat, tidak berpenyakit, daun bagus tidak terkena hama dan minta garansi jika bibit rusak diperjalanan atau tidak sesuai spesifikasi seperti yang Anda lihat dicatalog yang disajikan.

    4). Jika Anda benar2 pemulia baru mengenal anggur, Om Demit rekomendasikan membeli bibit jenis yang sudah adaptasi dan tidak sulit dibuahkan. Caranya pieee ? sering nongkrong dan scroll group, lalu lihat testimoni orang lain.

    Sebagian sudah didokumentasikan dilink berikut.-> Disini

    5). Sayangi tanaman Anda, mulailah memahami karakternya dan cara merawatnya. Jangan hanya beli lalu ditanam namun dibiarkan dan tidak dipelihara.

    Sekian tips kali ini semoga bermanfaat.

  • 3 Tips Memperhatikan Tanaman Anggur (Musim Hujan)
    Anggur sebagai tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah yang relatif sedikit dibanding tanaman lain akan sedikit mabuk :D dan kejang-jenag  jika diguyur air hujan terus menerus. Meskipun belum menemukan data pasti untuk daerah kita berapa banyak pasokan air yang dibutuhkan tanaman anggur secara proporsional.  Usaha kita hanya berdo’a dan memberikan perhatian exstra ketika musim penghujan datang karna bukan cerita lagi jika dimusim hujan akan banyak menemui kendala dan tantangan. Berikut 3 hal yang mesti diwaspadai: 1. Populasi OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) meningkat. Jika dimusim kemarau Kita kadang hanya dihadapkan dengan sedikit serangan hama dan penyakit, untuk musim hujan seperti ini saatnya kita masuk SIAGA-1, siapkan alat tempur terbaik (pestisida insektisida & pestisida pungisida). Serangan OPT Downy Mildew yang sering sekali menyerang bagian pucuk daun bahkan bunga anggur akan sangat menyeramkan, ditambah dengan serangan grilya antraknosa rasanya sudah cukup beban penderitaan anggur kesayangan kita. ‘Ah ngeri ngeri sedap.!’ Untuk itu, Kita harus ekstra waspada, selalu memonitoring dan antisipasi sebelum semuanya terlambat. Baca juga tips pembibitan cutting anggur  dan cara pangkas pohon anggur yang baik Gejala akibat serangan kedua OPT tersebut: 1. Downy Mildew (Jamur) Gejala fisik awal biasanya berupa bercak kecil berwarna kuning, kemudian jika dibiarkan akan terus merambat sampai daun kelihatan kuning totol coklat mirip terbakar dan kadang  jika serangan penyakit parah, daun-daun tersebut dapat mengering sehingga daun akan mudah hancur dan tentu memiliki dampak negatif terhadap pertumbuhan pohon anggur secara keseluruhan akibat kerusakan dan kinerja daun tidak optimal. “Begono ceritane, cukup mengerikan bukan :D” 2. Antakronsa (gambar detail bisa dilihat dilik berikut Read)
    a. Indikasi pada daun – Daun anggur ditandai dengan bintik- bintik kecil, bulat gelap – Bintik meluas dan berkembang menjadi berwarna pucat putih dengan tepi berwarna coklat dan kemudian hitam – Membentuk lingkaran dan lobang pada daun. – Infeksi berat mengakibatkan daun cacat, mengkerut dan drop tanpa didahului menguning. b. Indikasi pada tunas/shoots/ranting – Membentuk garis lurus memanjang dengan tepi berwarna abu dan coklat kemerahan. – infeksi berat mengakibatkan ranting pecah dan rapuh. c. Indikasi pada buah – Size berry small (hanya mencapai diameter 6mm) – Ditemukan bintik merah melingkar & dibagian tengah lingkaran berwarna abu kehitaman. – Exstrimnya buah menjadi retak dan tidak membesar lagi akhirnya gugur.
    Tips Antisipasi Mekanis:
    – Rajin memperhatikan dan membuang daun atau ranting yang terindikasi infeksi kedua opt ini. – Memperhatikan drainase setiap saat supaya bagian area penanaman anggur tidak tergenang. – Membuat GH jika ada modal lebih :D – Membuat pernyataan mundur jadi pengANGGURan ( jangan terlalu baperan )kikikkk – Ya intinya sering patroli siang dan malam, begitu.
      Tips Antisipasi Kimia:
    – Siapkan alat tempur bermerk antacol (pestisida pungsida) lalu disemprotkan secara rutin. – Nanti nunggu tukang obat berkomentar jika mau tahu merk merknya :D
    2. Perebutan Nutrisi Biji2an yang kadang kita buang dimusim kemarau saatnya menampakan kehidupan, ya salah siapa buang sampah tidak pada tempatnya :D. Perebutan nutrisi tanaman anggur kita VS gulma-gulma berkeliaran cukup mengganggu dan menguras tenaga. Selalu bawa pacul dan parang kemanapun Anda pergi, hihi, Kasihan dunk anggurnya masa malah gulma yang subur sedangkan anggur kerdil. 3. Kurang Intensitas Matahari Yaaa mendung lagi, kapan mataharinya keluar, namanya juga musim hujan mak ya ademmm. Tanaman anggur kita tidak mau tahu bagaimana jalanya yang pasti mereka butuh sinar matahari yang cukup untuk berfotosintesis. Solusi bijaknya jika kita sayang sama itu anggur yaitu dengan cara mengatur tanaman jangan sampai terlalu rimbun supaya sinar masuk merata dan mengenai sasaran. Potongin aja yang kira2 mengahalangi, bisa terapkan jurus “potestock” siapa tahu bawa bunga. hihi. TAMAT TMAGROUP      
  • Tips dan Cara Pembibitan Anggur
    Pengadaan benih terbaik direkomendasikan secara vegetatif yaitu perbanyakan stek/cutting dengan panjang standar sekitar 25 cm (3 ruas mata tunas), berwarna coklat matang, berdiameter 1 cm (pensil) yang diambil dari pohon induk berumur di atas satu tahun. Metode pembibitan dilakukan dengan cara mencelupkan bagian bawah stek kedalam zat perangsang tumbuh (Rooting Up) kemudian disemai dalam polybag hitam berukuran 30 yang diletakan didalam green house selama enam bulan dan bibit siap dipindahkan kelapangan.
    1. Persiapan metan:  Tanah gembur/berpasir  Sekam bakar  NPK  Dolomit  Pupuk kandang terfrementasi  Polybag warna hitam  Perbandingan Tanah 2: Sekam1: Pukam1: npk 1 sendok teh: puradan 1 sendok teh (untuk setiap polybag)
    2. Aduk semua media tanam dan sementara simpan selama minimal 1 minggu sebelum cutting ditancapkan.
    3. Setelah cutting ditanam sebaiknya ditempatkan ditempat yang terkena matahari tidak langsung/ terhalang plastik dengan tetap memperhatikan sirkulasi udarasupaya tunas yang sprout selalu sehat. Hindari penanaman cutting ditempat teduh atau bahkan tidak terjangkau sinar matahari karna akan mengundang jamur & tunas tidak sehat dan cepat layu.
    4. Penyiraman bisa dikondisikan dengan suhu setempat. Untuk anggur tidak mesti disiram setiap hari karna kalau terlalu becek akan berakibat akar busuk dan tunas layu, cukup masukan telunjuk kedalam polybag kalau masih terasa lembab tidak mesti disiram. Yang saya lakukan idealnya 3x1minggu dimusim hujan.
    5. Penyemprotan insektisida pembasmi hama juga harus diperhatikan sebelum terserang meskipun dalam ruangan semut/serangga pemakan daun selalu ada.
    6. Nutrisi daun bisa disemprotkan setelah cuting tumbuh daun beberapa helai. Bisa menggunakan POC atau apa saja yang terpenting ada asupan zat/unsur nutrisi yang dibutuhkan.
    7. Pemberian NPK bisa dilakukan 3 minggu 1x (1 sendok teh disetiap bagian pinggir polybag).
    8. Setelah umur bibit minimal 6 bulan bisa dipindahkan ketempat yang lebih besar atau ditanam ditanah langsung.

    TMA

Leave a Reply