Catatan & Deskripsi Anggur Nizina

Bukan hoak namun nyatanya benar bahwa jenis anggur nizina sangat mudah dibuahkan bahkan tanpa melalui pemangkasan secara normal “alias sembarang dipotes pucuknya” bisa mengeluarkan bunga. Tidak jauh beda dengan jenis ninel,souvenir dari sisi mudah berbuah.

Jika dilihat dari postingan kawan-kawan digroup, jenis ini cukup digemari dan dimasukan list koleksi dipekarangan mereka atau bahkan dikebun.

Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

Berikut deskripsinya:

Nama Varietas: Nizinia
Persilangan: Talisman x Tomaysky
Warna buah: merah/violet
Bentuk: Bulat
Rasa: manis
Berat butiran: 12-16gram
Berat tandan: 600-800gram
Brix: 19,5%
Pematangan: 110-120 hari
Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

Lihat videonya di YOUTUBE

TMAgroup

  • Dompet TMA bulan Agustus
    DOMPET TMA-GROUPSelain misi dalam mengajak semua member untuk selalu giat dan semangat dalam menanam anggur, TMA-GROUP berencana mencanangkan program santunan jompo, anak yatim dan piatu yang dananya akan dikumpulkan dari hasil donasi, penjualan dan lelang bibit amal. Kemudian setelah terkumpul dan mencapai angka yang pantas akan disalurkan melalui ketua korda/provinsi masing-masing yang telah ditunjuk dan disepakati. DAFTAR PENGURUS:
    -> Kang Yadi (Admin)
    -> Romi Ardiansyah (Admin)
    -> Raspo (Admin)
    -> Rawnaa Na (Admin)
    -> Yuliastuti (Bendahara)
    -> Hasan (Admin)
    -> Bayu W Giri (Admin)
    -> Hen Bobon (Admin)
    -> Ecko (Modrator)
    -> Noory Ali (Moderator)
    -> Windy (Modrator)
    -> Ahmad Syafei (Modrator)
     
    Info saldo dompet TMA-GROUP.
     
    Rekening A/N Yuli Widi Hastuti (BRI No.6912-01-025971-53-8)
    Link via group facebook disini
     
    Mari Kita menanam & beramal.
    TMA-GROUP
  • Menanam Anggur Bersama TMA (LGT)

    Jika pada event LGT (Lets Grow Together ) sebelumnya masih bergelut seputar menumbuhkan stek/cutting anggur, untuk lgt6 2019 kali ini ada yang berbeda dan lebih menantang bagi para pejuang LGT mengingat target dari perlombaan adalah kwalitas buah.

    Ini menjadi daya tarik bagi penghobi untuk berusaha seoptimal mungkin dan membawa varietas jagoanya dijuara tiga besar.

    Tentunya menjadi juara bukan hal utama yang lebih penting dari itu semua adalah konsistensi & kontinuitas dalam menjalin persatuan dan kebersamaan sehobi sepeng-anggur-an.

    LGT#6 (2019) akan dikemas menjadi dua seri lomba yaitu.

    #SeriA “Lomba membuahkan” dengan bahan pohon induk yang dimiliki setiap peserta
    #SeriB “Lomba membuahkan” dari mulai menanam cutting/grafting

    Berikut syarat & mekanisme #LGT6_SeriA

    1. Bahan & Teknis

    a. Bahan lomba adalah pohon induk yang dimiliki peserta
    b. Umur pohon tidak dibatasi
    c. Varietas bebas (“Lokal/Import”)
    d. Model pruning bebas
    e. Treatment bebas

    2. Kategori Point & Penilaian:
    a. Jumlah tandan/pohon = 20 point
    b. Berat tandan = 25 point
    c. Berat butiran buah = 5 point
    d. Banyak butiran/tandan = 5 point
    e. Kwalitas warna buah = 10 point.
    f. Mulus tidak berjamur 25 point
    g. Dokumentasi + tips diakhir lomba = 10 point

    Kenapa varietasnya bebas …?
    1. Karena tidak setiap orang memiliki induk jenis tertentu.
    2. Supaya lebih variatif mengingat setiap jenis berbeda karakter dan hasil, begitu juga pengaruh alam dan campur tangan pemiliknya.

    Contoh: Peserta No1 memilih varietas A, anggap saja genjah, mudah berbuah, mantep, top markotop bla, bla,bla. Namun hasil akhir belum tentu mendapatkan ke-7 point diatas yang berjumlah 100 point. Semua kemungkinan bisa terjadi meskipun mengandalkan varietas biasa.

    #Pemenang
    adalah yang berhasil mengumpulkan 100 point, jika tidak ada akan diambil yang paling besar. Pertama, kedua dan ketiga.

    #Diskualifikasi
    – Peserta yang pohon anggurnya zonk pasca pruning “tidak membawa bunga”, otomatis dianggap gugur.
    – Peserta yang tidak laporan bulanan otomatis gugur

    #Waktu_Pruning
    Waktu pemangkasan akan diberlakukan awal bulan 3 (maret) sampai akhir. Bagi peserta lomba bisa memilih tanggal tertentu dibulan 3 dan harus mendokumentasikanya untuk laporan pertama.

    #Dana_konstribusi
    Untuk menambah biaya pengadaan hadiah cuma-cuma diakhir lomba, setiap peserta akan dibebani sejumlah Rp. 25.000 (Transfer ke dompet TMA)

    #Hadiah
    Hadiah berupa uang tunai dan pernak pernik lainya akan diinfokan setelah melihat calon terdaftar.

    #Pendaftaran
    Waktu pendaftaran dibuka mulai sekarang dan bisa diajukan dikolom komentar link disini

    dengan format: Nama + Varietas + Umur pohon Contoh: Bayu + Isabela

    Yukk meriahkan LGT kali ini dengan warna warni buah anggur dan ajukan varietas terbaik-mu diajang #LGT6_SeriA.

    #Ketentuan yang dianggap perlu akan ditambahkan kemudian.

    #Silahkan untuk mengajukan saran & pertanyaan jika kurang difahami.

    Tim LGT#6TMAgroup

  • 3 Alasan mengapa anggur disukai banyak orang
    Inilah rangkuman hasil survey melalui warga TMA 1. Dari segi vertikultura Bukan hanya buahnya yang lezat kita santap, anggur juga memiliki keistimewaan dan daya tarik tersendiri yang begitu mempesona. Variasi bentuk yang indah & eksotis merupakan salah satu daya pikat yang membuat klepek2. Sebagai pengANGGURan kita selalu mengkreasikan berbagai cara untuk membuat anggur yang kita tanam terlihat menggoda dan mendapatkan hasil yang sempurna. Mulai dari tempat menanam, media rambatan dll semua kita siapkan yang terbaik, kita atur sedemikian rupa supaya indah dan elok dipandang. Jika suatu saat tiba-tiba layu paniknya bukan main, tanya sana sini, keluarkan semua alat, obat dan vitamin, tanya kawan,tanya google, kunjungi TMA, makan tak enak, ngopi pun pahit rasanya :D. Itulah cara kita memperhatikannya, pagi ditatap, siang ditengok, malam pun tak luput dari menatap indahnya dedaunan dan buah bergelantungan “untung tak berulat”. Hanya satu kata terlontar’akan ku tetap menjaga dikau seumur hidup’ 2. Dari segi Farmakologi. Ya, nilai kandungan gizi yang terkadung dalam anggur sudah tidak kita ragukan lagi banyak manfaat yang bisa kita ambil bagi kesehatan maupun pengobatan alami, sudah banyak penelitian ilmiyah yang bisa kita jadikan rujukan, sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara proporsional sesuai butuhan, apalagi jika hasil menanam sendiri akan terasa nganuuu banget. 3. Dari segi spiritual. Bagi orang Islam khususnya, memakmurkan bumi dan memanfaatkan lahan supaya produktif dengan cara bercocok tanam merupakan anjuran dan perintah yang senantiasa diperhatikan dengan baik. Anjuran yang tertera dalam pedoman kitab suci Al-Quran & Al-Hadist untuk menanam tanaman yang berumur panjang supaya bisa dimanfaatkan semasa hidupnya dan bagi orang-orang setelahnya adalah investasi jangka panjang bagi seorang muslim. Sejalan dengan itu, Anggur sudah memenuhi kriteria pohon berumur untuk dijadikan pilihan investasi akhirat. Ya, tidak salah lagi anggur salah satu pilihan tepat apalagi sudah jelas tertera dalam Al-Quran. Satu kata “Rugi bagi yang belum menenamnya” :D Bagaimana menurut Anda ?
  • Daftar Premium Member
    Hak & Kewajiban: ===============> 1. Hak mendapatkan entres gratis/BLT (ketika ready & jikalau mau) 2. Hak mendapatkan diskon 25% untuk pembelian stek (ketika ready) dari TMA dan seller yang telah ditetapkan. 3. Hak mendapatkan diskon 25% untuk pembelian bibit dari seller yang telah ditetapkan. 4. Hak akses konten/area private untuk kategori kuis yang diadakan via website. 5. Hak masuk list lomba secara otomatis tanpa pendataan. 6. Hak mendapatkan stiker khusus premium member. 7. Hak mendapatkan diskon 5% untuk pembelian kaos TMA. -> Ketentuan ini hanya berlaku 6 bulan dan setelahnya wajib daftar ulang. -> Kas/iuran khusus premium member akan masuk dompet TMA dan dipergunakan untuk program santunan Jompo dan Yatim Piatu. -> Bagi member yang berminat dengan program diatas silahkan ketik YES dan infokan nama FB yang akan diaktifkan dikolom komentar. Ketentuan diskon seller ======================= -> Om Ann 25% -> Om Roni Tiger 25% -> Om Rio Aditya 25% -> Om Failal Kamal 10% -> Bang Jimy 25% -> Om Muhamad Nasron )500/pcs minimal order 3 kg planter bag Diskon 1000/pcs minimal order 5 kg planter bag) ======================= -> Dana bisa ditransfer ke rekening bendahara TMA a.n Yuli widi hastuti BRI No.6912-01-025971-53-8 -> Upload bukti transfer dikolom komentar. -> Pendaftaran tidak dibatasi kapan saja bisa dan nanti untuk masalah jangka membership akan dihitung dari mulai transaksi dana masuk. Informasi premium member terdaftar plus stiker bisa kunjungi link berikut -> KLIK DISINI  =========================== TMA GROUP

One thought on “Catatan & Deskripsi Anggur Nizina

Leave a Reply