Catatan & Deskripsi Anggur Nizina

Bukan hoak namun nyatanya benar bahwa jenis anggur nizina sangat mudah dibuahkan bahkan tanpa melalui pemangkasan secara normal “alias sembarang dipotes pucuknya” bisa mengeluarkan bunga. Tidak jauh beda dengan jenis ninel,souvenir dari sisi mudah berbuah.

Jika dilihat dari postingan kawan-kawan digroup, jenis ini cukup digemari dan dimasukan list koleksi dipekarangan mereka atau bahkan dikebun.

Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

Berikut deskripsinya:

Nama Varietas: Nizinia
Persilangan: Talisman x Tomaysky
Warna buah: merah/violet
Bentuk: Bulat
Rasa: manis
Berat butiran: 12-16gram
Berat tandan: 600-800gram
Brix: 19,5%
Pematangan: 110-120 hari
Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

Lihat videonya di YOUTUBE

TMAgroup

  • 3 Alasan mengapa anggur disukai banyak orang
    Inilah rangkuman hasil survey melalui warga TMA 1. Dari segi vertikultura Bukan hanya buahnya yang lezat kita santap, anggur juga memiliki keistimewaan dan daya tarik tersendiri yang begitu mempesona. Variasi bentuk yang indah & eksotis merupakan salah satu daya pikat yang membuat klepek2. Sebagai pengANGGURan kita selalu mengkreasikan berbagai cara untuk membuat anggur yang kita tanam terlihat menggoda dan mendapatkan hasil yang sempurna. Mulai dari tempat menanam, media rambatan dll semua kita siapkan yang terbaik, kita atur sedemikian rupa supaya indah dan elok dipandang. Jika suatu saat tiba-tiba layu paniknya bukan main, tanya sana sini, keluarkan semua alat, obat dan vitamin, tanya kawan,tanya google, kunjungi TMA, makan tak enak, ngopi pun pahit rasanya :D. Itulah cara kita memperhatikannya, pagi ditatap, siang ditengok, malam pun tak luput dari menatap indahnya dedaunan dan buah bergelantungan “untung tak berulat”. Hanya satu kata terlontar’akan ku tetap menjaga dikau seumur hidup’ 2. Dari segi Farmakologi. Ya, nilai kandungan gizi yang terkadung dalam anggur sudah tidak kita ragukan lagi banyak manfaat yang bisa kita ambil bagi kesehatan maupun pengobatan alami, sudah banyak penelitian ilmiyah yang bisa kita jadikan rujukan, sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara proporsional sesuai butuhan, apalagi jika hasil menanam sendiri akan terasa nganuuu banget. 3. Dari segi spiritual. Bagi orang Islam khususnya, memakmurkan bumi dan memanfaatkan lahan supaya produktif dengan cara bercocok tanam merupakan anjuran dan perintah yang senantiasa diperhatikan dengan baik. Anjuran yang tertera dalam pedoman kitab suci Al-Quran & Al-Hadist untuk menanam tanaman yang berumur panjang supaya bisa dimanfaatkan semasa hidupnya dan bagi orang-orang setelahnya adalah investasi jangka panjang bagi seorang muslim. Sejalan dengan itu, Anggur sudah memenuhi kriteria pohon berumur untuk dijadikan pilihan investasi akhirat. Ya, tidak salah lagi anggur salah satu pilihan tepat apalagi sudah jelas tertera dalam Al-Quran. Satu kata “Rugi bagi yang belum menenamnya” :D Bagaimana menurut Anda ?
  • Catatan Tentang Anggur Angelica
    Catatan Tentang Anggur Angelica/Анжелика/Xenia Varietas Angelica/Анжелика/Xenia hasil persilangan alisman x Kish-mish radiant,It was received by VN Krajonov and already identified by Voroniuk I.N. Dengan ciri khas buah bentuk oval memanjang, daging padat, renyah, ketebalan kulit sedang. Pertumbuhan jenis ini cukup vigor dan tahan terhadap jamur sehingga respont petani untuk memilih dan mengembangkan varietas ini sangat baik dan menjanjikan. Berikut deskripsinya:
    – Country of origin: Ukraina – Variety Name: Angelica/Анжелика/Xenia – Parentage: Talisman x Kish-mish radiant – Ripening: Early (115-125 days) – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile (bisexual) – Color of berry skin: Red – Bushes: vigorous – Brix – 20-25% dengan keasaman 5 g / l. – Berry weight: 10-12 g, sometimes 15-20 g – Bunch weight: 800-1500 g, individual up to 2 kg – The sugar content is up to 25% brix with an acidity of 5 g / l. – Taste Berries: Harmonious – Seeded – Resistance to diseases:high. – Frost resistance: -24 ° С;
    Deskripsi made in INDONESIA
    by: Om R Shodik Manunggal – Nama Varietas: Angelica/Анжелика – Country of origin: Ukraina – Masa Pematangan buah: 100-110 hsp – Ujicoba Penanaman: 0-10 mdpl – Bentuk buah: bulat memanjang silindrik – Rasa : very sweet and crunch – Diameter Buah: 1.5 cm -2.2cm – Warna: orange – Aroma: cukup – Daging Buah: crunch – Berat Tandan: 500 gr – 1.000 (belum max) – Berat Butiran: 7-14 gr – Brix: 22 -26 – Seedless/seeded: seeded (seedless with GA) – Resistance terhadap jamur/air: cukup kuat – GA3 treatment: ya – Dormex pasca pruning: no – Tingkat adaptasi: sangat baik – Teknik pruning: spur 3-5 bud
    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.
  • 11 Kunci Sukses Budidaya Anggur
    11 Kunci Sukses Budidaya Anggur
     
    1. Niat
    Ingat-ingat, tidak ada sebab akibat tanpa niat, maka tanamkanlah niat, dan luruskanlah :D
     
    2. Modal
    Niat menanam anggur sudah bulat tapi dompet kempes, BLT pun tak kunjung datang, hasilnya null.
     
    3. Bibit
    Tak ada bibit anggur ya beli atau ikut program LGT, pohon beringin mustahil berbuah anggur :D
     
    4. Praktek
    Teori tanpa praktek kadang membuat kepala botak :D bijaklah dalam penggunaan minyak rambut, :D
     
    5. lahan
    Gak mungkinlah panci dapur habis dan beralih fungsi, kecuali ricecooker kosong dan piring melayang :D
     
    6. Pengetahuan
    Jika berjalan malam biasakan bawa senter/obor, mungkin saja PLN gangguan.
     
    7. Yakin
    Make today amazing, tegap memandang hari esok yang lama biarlah berlalu.
     
    8. Berdo’a
    Penting! untuk melucuti kesombongan dalam diri
     
    9. Tawakkal
    tanam dan lupakan :D
     
    10. Memetik hasil
    hihi panen panen…
     
    11. Bersyukur
    Kontrol diri, kritik, intropeksi & beramal niscaya barokah dan anggurnya tambah subur.
    TAMAT.
  • Panduan Menanam Anggur Dalam Pot (TMA).
    Panduan Menanam Anggur Dalam Pot (TMA). Siapa tidak tergiur dengan pemandangan tabulampot anggur yang sedang berbuah, semua orang pasti ingin memilikinya. Nah berikut tips cara membuat tabulampot anggur (versi TMA) sebelumnya baca mengenai cara membibitkan anggur. Persiapan: 1. Siapkan bibit yang sudah melalui proses pembibitan. 2. Siapkan pot minimal berdiameter 25 cm. 3. Pasang 3 tiang penyangga berikut 2 lingkaran kawat atas dan tengah untuk rambatan. Pemeliharaan: 1. Setelah bibit ditanam, pelihara 1 batang utama lalu rambatkan lurus mengikuti tiang samai batas ketinggian maksimal. 2. Potong bagain ujung batang utama supaya pertumbuhanya terhenti sampai batas yang kita potong. 3. Setelah keluar cabang kedua dari batang utama tersebut, rambatkan menelusuri kawat yang posisinya ditengah. 4. Setelah cabang kedua panjang, wajib dipotong kembali seperti batang utama. 5. Nah sekarang kita fokus dicabang ke 3 (tersier pembawa buah) yang akan dirambatkan dikawat paling atas sehingga hasilnya nanti buah bergelantung pas diposisi tengah. Pemupukan: 1, Dari awal penanaman bisa mencampur media tanam dengan kohe kambing terfrementasi. 2. Masa pertumbuhan cukup menambahkan NPK 16:16:16 atau 19:19:19 3. Untuk melaju ketahap selanjutnya yaitu setelah cabang kedua (skunder) dipotong bisa tambahkan MKP atau KNO3 secara teratur. Tips Penempatan & Penyiraman: 1. Tempatkan tabulampot diarea yang terkena matahari supaya sehat. 2. Penyiraman dikondisikan sesuai media yang dipakai, cara termudah mendeteksi tanaman anggur memerlukan penyiraman adalah dengan mamasukan telunjuk kedalam media, jika terasa masih lembab jangan terburu-buru disiram. Selamat berkarya dan jangan lupa berdo’a. TMAGROUP.

One thought on “Catatan & Deskripsi Anggur Nizina

Leave a Reply