Catatan & Deskripsi Anggur Romeo

Ternyata sosok “Romeo” bukan hanya berada dalam kisah cinta Juliet karya Wiliam Shakerspeare bahkan dalam kisah pengANGGURan juga ikut eksis.

Hasil jelajah digroup anggur, ada postingan buah jenis romeo dari Om Tonnie Wong Juniarto. Buahnya cukup lebat dan membuat semangat kawan2. Warna buah menggiurkan dengan bentuk lonjong meski tanpa perlakuan ga3.

Setelah scroll kebawah ternyata banyak juga yang posting buah anggur jenis romeo ini, tentunya ditanam didaerah berbeda dan dengan perlakuan bervariatif.

Bisa disimpulkan bahwa jenis ini sudah adaptasi dan wajib dikoleksi. Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

Berikut deskripsinya:

Nama Varietas: Romeo
Warna buah: merah
Bentuk: Oval
Rasa: manis
Berat butiran: 9-10gram
Berat tandan: 500-800gram
Brix: 19-22%
Pematangan: 120-130 hari
Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

Lihat videonya di YOUTUBE

  • Lomba Grafting Anggur Korda
    LOMBA GRAFTING ANTAR KORDA (Hardwood Vs Hardwood) #SYARAT & KETENTUAN: ————————————-> 1. Durasi lomba 2 bulan terhitung dari awal september – awal november 2017 2. Pendaftaran hanya diajukan oleh ketua korda. 3. Stek calon rootstock berjumlah 8 cutting dan calon scion berjumlah 10-12 bud/mata tunas. Kedua varietas tersebut rahasiah hanya panitia yang tahu. 4. Setiap stek calon rootstock hanya boleh disambung dengan 1 bud, untuk lebihnya yaitu 2 bud/mata tunas boleh buat cadangan. 5. Teknik sambung dibebaskan sesuai keahlian masing-masing. Silahkan dimusyawarahkan melalui forum kordanya. 6. Peralatan grafting dibebaskan, pisau, grafting tool, plastik es, wrap, parafilm dll. 7. Setelah proses sambung selesai, wajib ditancap langsung dipolybag warna hitam dengan media tanam bebas. 8. Wajib dokumentasi mulai stek diterima sampai perlombaaan selesai. 9. Konstribusi wajib Rp.100.000/korda (untuk packing, ongkos kirim dan sisanya buat tambahan hadiah) 10. Pengiriman bahan lomba hanya melalui alamat ketua korda atau jika dalam suatu korda terkendala dengan jarak tempuh, boleh dikirim langsung ke masing2 anggotanya yang ditunjuk untuk mewakili dengan syarat ongkir diluar biaya diatas dan dokumentasi tetap melalui ketuanya. #KRITERIA JUARA. —————————> 1. Prioritas bagi yang ke-10 grafting hidup, jika tidak ada akan diambil terbanyak. 2. Berdasarkan tinggi bibit (diphoto menggunakan meteran). 3. Berdaun paling banyak/rimbun. #HADIAH. ====== 1. Uang tunai senilai Rp. 500.000 2. Piala 3. Sumbangan bibit dari donatur (jika ada) BATAS AKHIR PENDAFTARAN DAN PELUNASAN ADMINISTRASI SAMPAI TANGGAL 30 AGUSTUS. -> Dana bisa ditransfer ke rekening bendahara TMA a.n Yuli widi hastuti BRI No.6912-01-025971-53-8 Informasi link korda melalui -> KLIK DISINI #KET: -> Jika dalam perlombaan melanggar point 4,7 & 8, maka akan dianggap gugur. -> Jika peserta yang daftar hanya sedikit, akan dialihkan ke perorangan. —————— TMA GROUP cc: Yuliastuti, Raspo, Ridwan Ijan Thea, Romi Ardiansyah, Aanwar, Hen Bobon, Ahmad Syafei, W Bayu G Murti, Hasan, Nooray Ali, Ecko Famika, Windy DeWe.
  • Catatan & Spesifikasi Tentang Anggur Sherkhan
    Catatan Tentang Anggur Sherkhan/Шерхан Berikut deskripsinya made in ukraina:
    – Country of origin: Unknow – Variety Name: Sherkhan/Шерхан – Parentage: Talisman x Kish-mish radiant – Ripening: Eearly-middle maturity on August 25-30. – Period is 125-130 days./ 115-125 days. – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile (bisexual) – Color of berry skin: Dark Pink – Bushes: vigorous – Brix : 21-23% – Berry weight: 14-16 g, Size 38×26 mm – Bunch weight: 700-1500 g. – Taste Berries: Harmonious – Seeded – Resistance to mildew 3 points. Frost resistance of -22 ° C .
    Deskripsi made in INDONESIA
    by: Om Wie Day – Nama Varietas: Sherkhan/Шерхан – Country of origin: – – Masa Pematangan buah: 115-120 hsp – Ujicoba Penanaman: 0 – 25 m dpl – Rasa : hasil hampir sama transfiguran – Warna: Pink – Aroma: – – Kulit Buah: Relatif tebal – Brix: 24 – Seedless/seeded: seeded – Resistance terhadap jamur: baik namun daun kadang kriting. – GA3 treatment: No – Dormex pasca pruning: No – Tingkat adaptasi: baik – Teknik pruning: cane 6-10
    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.
  • Tips Membentuk Pohon Anggur
    Pembentukan pohon anggur dari mulai primer, sekunder dan tersier sangat penting karena berperan dalam menentukan cabang yang akan dipangkas ketika masa gerneratif atau menginjang pangkas pembahan. Berikut ini langkah step  by step dari masa penanaman sampai pembuahan.
    • Biarkan pohon anggur tumbuh lurus keatas mengikuti tiang ajir untuk membentuk batang primernya.
    • Setelah tingginya 3 m atau diameter sebesar pensil harus segera dipotong diketinggian sama dengan tinggi tiang. Pemotongan bertujuan untuk membentuk cabang sekunder yang nantinya ketika sudah dipotong akan keluar dari bud/mata tunas batang utama.
    • Ketika masa pertumbuhan diatas, cabang yang keluar dari ketiak daun akan selalu dibuang supaya pertumbuhanya cepat. Banyaknya cabang sekunder yang dipelihara idealnya tidak lebih dari 4 cabang atau minimal 2 cabang (cordon)
    • Pengaturan cabang sekunder/kedua diarahkan kearah berbeda dan diikat rapi. Setelah cabang sekunder memiliki diameter pensil harus dipotong untuk merangsang pertumbuhan cabang ketiga/tersier.
    • Perlakuan ketika memelihara sekunder sama dengan ketika pemeliharaan primer yaitu setiap cabang yang keluar dari ketiak selalu dibuang.
    • Selanjutnya ketika sekunder sudah dipotong nanti akan keluar tersier dari setiap bud/mata tunas sekunder dan siap dipelihara.
    • Setelah tersier berdiameter pensil harus dipotong untuk dilakukan ketahap pembuahan dengan perpaduan metode spur & cane. Jarak setiap cabang tersier tidak terlalu rapat maksimal berjarak 1 jengkal.
    Selanjutnya masuk ketahap pemupukan baca selengkapnya disini
  • Panduan Menanam Anggur Dalam Pot (TMA).
    Panduan Menanam Anggur Dalam Pot (TMA). Siapa tidak tergiur dengan pemandangan tabulampot anggur yang sedang berbuah, semua orang pasti ingin memilikinya. Nah berikut tips cara membuat tabulampot anggur (versi TMA) sebelumnya baca mengenai cara membibitkan anggur. Persiapan: 1. Siapkan bibit yang sudah melalui proses pembibitan. 2. Siapkan pot minimal berdiameter 25 cm. 3. Pasang 3 tiang penyangga berikut 2 lingkaran kawat atas dan tengah untuk rambatan. Pemeliharaan: 1. Setelah bibit ditanam, pelihara 1 batang utama lalu rambatkan lurus mengikuti tiang samai batas ketinggian maksimal. 2. Potong bagain ujung batang utama supaya pertumbuhanya terhenti sampai batas yang kita potong. 3. Setelah keluar cabang kedua dari batang utama tersebut, rambatkan menelusuri kawat yang posisinya ditengah. 4. Setelah cabang kedua panjang, wajib dipotong kembali seperti batang utama. 5. Nah sekarang kita fokus dicabang ke 3 (tersier pembawa buah) yang akan dirambatkan dikawat paling atas sehingga hasilnya nanti buah bergelantung pas diposisi tengah. Pemupukan: 1, Dari awal penanaman bisa mencampur media tanam dengan kohe kambing terfrementasi. 2. Masa pertumbuhan cukup menambahkan NPK 16:16:16 atau 19:19:19 3. Untuk melaju ketahap selanjutnya yaitu setelah cabang kedua (skunder) dipotong bisa tambahkan MKP atau KNO3 secara teratur. Tips Penempatan & Penyiraman: 1. Tempatkan tabulampot diarea yang terkena matahari supaya sehat. 2. Penyiraman dikondisikan sesuai media yang dipakai, cara termudah mendeteksi tanaman anggur memerlukan penyiraman adalah dengan mamasukan telunjuk kedalam media, jika terasa masih lembab jangan terburu-buru disiram. Selamat berkarya dan jangan lupa berdo’a. TMAGROUP.

Leave a Reply