Catatan & Deskripsi Anggur Romeo

Ternyata sosok “Romeo” bukan hanya berada dalam kisah cinta Juliet karya Wiliam Shakerspeare bahkan dalam kisah pengANGGURan juga ikut eksis.

Hasil jelajah digroup anggur, ada postingan buah jenis romeo dari Om Tonnie Wong Juniarto. Buahnya cukup lebat dan membuat semangat kawan2. Warna buah menggiurkan dengan bentuk lonjong meski tanpa perlakuan ga3.

Setelah scroll kebawah ternyata banyak juga yang posting buah anggur jenis romeo ini, tentunya ditanam didaerah berbeda dan dengan perlakuan bervariatif.

Bisa disimpulkan bahwa jenis ini sudah adaptasi dan wajib dikoleksi. Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

Berikut deskripsinya:

Nama Varietas: Romeo
Warna buah: merah
Bentuk: Oval
Rasa: manis
Berat butiran: 9-10gram
Berat tandan: 500-800gram
Brix: 19-22%
Pematangan: 120-130 hari
Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

Lihat videonya di YOUTUBE

  • Pengendalian Busuk Akar Pada Anggur
    Pengendalian Busuk Akar Pada Anggur Jangan heran ketika tanaman anggur kita tiba-tiba layu atau mati mendadak, kemungkinan terbesar yang terjadi adalah disebabkan busuk akar dimana hal tersebut disebabkan kedua faktor berikut: 1. Busuk akar bisa terjadi akibat infeksi patogen jamur seperti fusarium solani, Rhizoctonia solani dkk yang menyerang area perakara tanaman anggur kita. Indikasi awal ditandai dengan daun menguning-mengering-berguguran sampai ranting gosong yang mengakibatkan pertumbuhan terhambat dan menyebabkan kematian. 2. Busuk akar akibat kadar air tanah berlebih. Bukan rahasiah lagi bahwa disamping berkahnya musim penghujan tiba, adakalanya menjadi momok menyeramkan bagi kita selalu pecinta anggur, ya karna dampak dari air berlebih bisa mengancam keselamatan anggur kesayangan. Gejala:
    a. Tanaman anggur yang terkena busuk akar biasanya kerdil dan pertumbuhan stagnan karena terhambat. b. Tanaman anggur kurang kokoh dan ketika tanaman dicabut akar melepuh busuk. c. selain kedua point diatas juga dapat ditemukan benang (hifa) berwarna putih beraroma bau busuk. d. Gejala dini bisa dilihat dari daun yang dihasilkan tidak normal atau kecil dibandingkan dengan tanaman sehat seusianya.
    Pengendalian mekanis dan kimia:
    1. Selalu memperhatikan dan memperbaikin drainese aliran air sehingga media tanam atau seputar tanaman anggur kita tidak tergenang. 2. Mengurangi penggunaan pupuk berunsur Nitrogen tinggi dan mulai aplikasi pupuk berkalium untum memperkokoh bagian perakaran. 3. Menaburkan kapur pertanian (dolomit) seputar tanaman. 4. Memperhatikan & menjaga supaya jangan sampai perakaran terkena luka atau goresan benda tajam. 5. Pemberian trichoderma dan PGPR dengan terget meminimalisir serangan patogen jahat. 6. Siapkan fungisida antracol/dithane dan sejenisnya kemudian dikocor pada bagian perakaran anggur.
    Semoga Bermanfaat. TMAGROUP
  • Catatan & Spesifikasi Anggur Vanessa
    Catatan Tentang Anggur Vanessa Vanessa seedless dikembangkan oleh HRIO di Canada pada tahun 1983, adaptasinya cukup baik dan vigorous untuk sekelas jenis anggur seedless lainya. Data hasil percobaan okulasi menggunakan rootstock Teleki 5C di Fredonia, New York, hasilnya menunjukan produksi buah buruk dengan ukuran sangat kecil. Namu untuk kawasan tertentu mungkin direkomendasikan memakai rootstock yang kompetible dalam upaya meningkatkan size buah. Deskripsi
    – Originally from Canada. – Parentage, Seneca x New York 45910. – Good in cooler climates. – Winter wood ripening is good – so can be grown both outdoors or under protection (greenhouse, polytunnel or conservatory). – Can be trained using either the cane replacement method or spur pruning. – Self fertile. – Seedless. – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile. – Hardiness: This Grape is hardy to minus 15° F. – Bearing Age: 2-3 years after planting. – Size at Maturity: 10-12 ft. in width on fence, trellis, arbor or other support. – Bloom Time: May – Ripening Time: Mid-September-October – Fruit deep rose, red, with very spicy, complex, sweet taste, 20 brix – Susceptibility to downy mildew low, powdery mildew medium, sprays control outbreaks – Early season harvest, right after Somerset, eight weeks of harvest 8/25 – 9/19, good storage – Clusters 0.342 lbs., average 16.77 lbs. – Vines medium vigor Medium winter hardiness – Excellent with good vine management
    Deskripsi made in INDONESIA
    By: Om Dwikary (Tabulampot Sidabowa) – Nama Varietas: Vanessa – Country of origin: Canada – seedless (tanpa biji) meskipun ada sebagian buah yang masih tersisa biji lunak. – Masa Pematangan buah: 100 HDP – Ujicoba Penanaman mdpl: 75 mdpl, – Bentuk buah: oval – Rasa: manis sedikit asam – Aroma: Harum manis – Tingkat adaptasi: Cukup Baik – Perlakuan Teknik pruning: 2 bud – untuk pengembangan dan pemantapan, silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.
    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan.
  • Peserta LGT-1 November
    Berikut daftar peserta lomba LGT-1 yang masih bertahan sampai batas waktu penutupan bulan desember. Total peserta tersisa 14 orang Klik untuk memperbesar gambar.
  • Tips Membuahkan Pohon Angur Supaya Lebat
    Tips Pembuahan Ada dua teori penting yang perlu diperhatikan tentang pembuahan pohon anggur.
    • Pembungaan / pembuahan tidak akan optimal kecuali dirangsang (diinduksi).
    • Tidak terjadi pembungaan dikarenakan kondisi cuaca tidak sesuai dan adanya kandungan zat atau jaringan penghambat dalam pohon yang mesti Kita cegah.
      Dari kedua teori diatas bisa simpulkan bahwa untuk membuat pohon anggur keluar bunga ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.
    1. Stres air ( tidak disiram selama beberapa waktu kalau terkendala hujan bisa direkayasa dengan penutupan bagian perakaran dengan mulsa perak dan memperbaiki drainese.  Stres air sangat penting karna kondisi kering memacu pertumbuhan generatif jadi untuk mengoptimalkan induksi pembungaan, pertumbuham vegetatif harus ditekan semaksimal mungkin.
    2. Mengatur suhu udara, dalam hal ini bisa dilakukan dengan pemasangam green house.
    3. Stabilisasi Ph tanah supaya tetap diantara 6-7 (pemberian dolomit rutin)
    4. Pemberian nutrisi pupuk makro dan mikro (N,P,K,CA,BORON,ZINC,CU,FE dll.) Saya sendiri aplikasi pakai NPK, kalium Nitrat (kno3), gandasil D&B. Kcl atau mkp.
    5. Penyemprotan zpt. Hal yang mungkin dilakukan untuk merangsang pembungaan adalah dengan penyemprotan ZPT tujuanya untuk menurunkan enzim proteolitik dan meningkatkan protein yang menunjang terjadinya pembungaan. biasanya saya menggunakan pupuk hantu atau pilih apa saja yang ada ditoko.
    6. Aplikasi teknik girdling. Girdling adalah proses menguliti kulit pohon atau cabang yang akan diinduksi pembungaanya selebar 2.5mm tergantung diameter pohonya.Keberhasilan girdling dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kodisi tanaman, waktu yang tepat saat diaplikasikan & prosedur atau tekniknya.Tingkat keberhasilan gridling yaitu pada saat kambium literal aktif dan ketika kulit mudah dikuliti. (sebelum kemarau tiba). Sehinga pemberesihan floem & xilem mudah dilakukan tanpa melukai bagian dalam batang.Ketika Xilem yang berfungsi untuk mengangkut bahan fotosintesis yang berupa mineral dan air dan floem yang berfungsi untuk mengangkut hasil dari fotosintesis berupa nutrsisi makanan dari daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan dihambat dengan proses gridling, maka semua nutrisi akan terfokus dibagian atas pohon anggur karena pertumbuhan vegetatif dan akumulasi karbohidrat dibagian atas akan meningkat. Efeknya dapat merangsang dan mempercepat proses pembungaan. Disamping itu untuk mengoptimalkan berry size, tingkat brix dan color.Untuk memastikan proses pembersihanjaringan floem sempurna, bisa ditunggu sekitar 30 menit kalau masih tersisa segera dibersihkan. Setelah proses selesai biasanya jaringan——–
    TMA-Group

Leave a Reply