Catatan & Deskripsi Anggur Siyana

Satu lagi jenis table grape yang menjadi incaran koleksi pecinta anggur yaitu jenis anggur #Siyana. Awal pemulaan jenis ini oleh Dimitar Todorov di Institut Pertanian dan Produksi Benih Sifovtsov Chiflik, Ruse, Bulgaria dan sudah terdaftar dalam list varietas anggur di Bulgaria pada tahun 2007.

Masa pematangan cukup lama rata-rata 115 – 125, meskipun hampir menembus 151 hari dibagian wilayah Bulgaria selatan dan 181 hari dibagian utara. Pertumbuhanya tidak terlalu vigor alias sedang layaknya anggur seperti biasanya, cukup memiliki ketahanan terhadap embun beku dimusim dingin dan juga cukup tahan terhadap phylloxera, jamur, oidium, busuk abu-abu.

Berikut rangkumanya:

Nama varietas:Siyana(Selection: D. Todorov, Bulgaria)
Periode Panen: 115 – 125 days
Tingkat adaptasi: Baik
Berat tandan: 500-800 g
Diameter butiran: 30 x 36 mm
Berat butiran: 10-15 g
Brix: 17%
Flower functionality: bisexual
Karakter buah: manis, bentuk lonjong daging tebal, kulit tipis,
Warna buah: blue-black
Resistance to mildew, oidium,gray rot,phylloxera

Ingin melihat lebih jelas bentuk buahnya lihat vidieonya di YOUTUBE_TMA

Jelajahi deskripsi jenis anggur lainya disini

Join FB Group disini

  • Catatan & Deskripsi Anggur Romeo

    Ternyata sosok “Romeo” bukan hanya berada dalam kisah cinta Juliet karya Wiliam Shakerspeare bahkan dalam kisah pengANGGURan juga ikut eksis.

    Hasil jelajah digroup anggur, ada postingan buah jenis romeo dari Om Tonnie Wong Juniarto. Buahnya cukup lebat dan membuat semangat kawan2. Warna buah menggiurkan dengan bentuk lonjong meski tanpa perlakuan ga3.

    Setelah scroll kebawah ternyata banyak juga yang posting buah anggur jenis romeo ini, tentunya ditanam didaerah berbeda dan dengan perlakuan bervariatif.

    Bisa disimpulkan bahwa jenis ini sudah adaptasi dan wajib dikoleksi. Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Romeo
    Warna buah: merah
    Bentuk: Oval
    Rasa: manis
    Berat butiran: 9-10gram
    Berat tandan: 500-800gram
    Brix: 19-22%
    Pematangan: 120-130 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

    Lihat videonya di YOUTUBE

  • Daftar Premium Member
    Hak & Kewajiban: ===============> 1. Hak mendapatkan entres gratis/BLT (ketika ready & jikalau mau) 2. Hak mendapatkan diskon 25% untuk pembelian stek (ketika ready) dari TMA dan seller yang telah ditetapkan. 3. Hak mendapatkan diskon 25% untuk pembelian bibit dari seller yang telah ditetapkan. 4. Hak akses konten/area private untuk kategori kuis yang diadakan via website. 5. Hak masuk list lomba secara otomatis tanpa pendataan. 6. Hak mendapatkan stiker khusus premium member. 7. Hak mendapatkan diskon 5% untuk pembelian kaos TMA. -> Ketentuan ini hanya berlaku 6 bulan dan setelahnya wajib daftar ulang. -> Kas/iuran khusus premium member akan masuk dompet TMA dan dipergunakan untuk program santunan Jompo dan Yatim Piatu. -> Bagi member yang berminat dengan program diatas silahkan ketik YES dan infokan nama FB yang akan diaktifkan dikolom komentar. Ketentuan diskon seller ======================= -> Om Ann 25% -> Om Roni Tiger 25% -> Om Rio Aditya 25% -> Om Failal Kamal 10% -> Bang Jimy 25% -> Om Muhamad Nasron )500/pcs minimal order 3 kg planter bag Diskon 1000/pcs minimal order 5 kg planter bag) ======================= -> Dana bisa ditransfer ke rekening bendahara TMA a.n Yuli widi hastuti BRI No.6912-01-025971-53-8 -> Upload bukti transfer dikolom komentar. -> Pendaftaran tidak dibatasi kapan saja bisa dan nanti untuk masalah jangka membership akan dihitung dari mulai transaksi dana masuk. Informasi premium member terdaftar plus stiker bisa kunjungi link berikut -> KLIK DISINI  =========================== TMA GROUP
  • Syarat & Ketentuan LGT-4
    PERATURAN LGT-4 ================= LGT (Lets Grow Together )adalah program yang rutin diadakan oleh TMA GROUP dalam rangka bersama-sama menanam dan berusaha menumbuhkan stek anggur sampai pohon tersebut benar-benar memiliki cabang/ranting sempurna dan siap dibuahkan LGT-4 diisi oleh varietas anggur RUBY SEEDLESS & MU7 dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut: 1. Peserta adalah semua anggota TMA. 2. Peserta mempunyai semangat dalam bercocok tanam & memajukan perANGGURan. 3. Sanggup mentaati peraturan group dan khususnya lomba yang diselenggarakan. 4. Lomba berlangsung selama 6 bulan terhitung dari perlombaan dibuka & stek dibagikan ( bulan agustus) 5. Teknik awal penyemaian bebas suka-suka. Media air, tancap polybag langsung, pendam dll. 6. Wajib menginformasikan jikalau peserta memundurkan diri diperjalanan lomba. 7. Dalam jangka 1 minggu dan maksimalnya 2 minggu dari mulai tanam, setiap peserta wajib update proses pertumbuhanya dengan disertakan photo penampakan dikolom khusus yang disediakan setiap bulan. 8. Media tanam bebas yang penting gembur dan subur kaya akan unsur hara. Bisa campuran tanah, kompos, pukan, sekam bakar atau metan siap saji. 9. Tidak diperkenankan mengganti stek selain yang telah diberikan. 10. Bagi yang tidak ada laporan setiap bulan akan masuk diskualifikasi. 11. Penanaman dalam pot atau tanah langsung tidak termasuk ketentuan. Jadi silahkan berkreasi bebas & suka-suka. 12. Wajib share tips diakhir lomba dari mulai penanaman, penanganan, dll bagi yang masuk kategori terpilih 1,2 & 3 versi TMA. Kriteria Penilaian: 1. Penilaian akan terfokus pada stuktur pohon anggur, primer, skunder & tersier. 2. Prioritas bagi yang kedua stek tersebut hidup, tapi bukan berarti layak jikalau pertumbuhanya stagnan. Jadi meskipun 1 stek yang berhasil dipelihara masih banyak kesempatan menjadi terpilih. 3. Penilaian peserta dalam menggunakan kaidah pruning (pemangkasan) entah spur, cane, atau kolaborasi keduanya akan sangat penting. Hadiah: -> Terpilih Pertama: 1. Piala 2. 3 bibit Red Globe 3. Souvenir gantungan kunci TMA 4. Mug sablon TMA 5. 1 bibit white round malta (dari Om Ahmad Riezqo) 6. 1 bibit chocolate (dari Om Ahmad Riezqo) -> Terpilih Kedua: 1. Piala 2. 2 bibit Red Globe 3. 1 bibit chocolate (dari Om Ahmad Riezqo) 4. Souvenir gantungan kunci TMA 5. Mug sablon TMA -> Terpilih Ketiga: 1. Piala 2. 1 bibit Red Globe 3. 1 bibit chocolate (dari Om Ahmad Riezqo​) 4. Souvenir gantungan kunci TMA 5. Mug sablon TMA —————————— Kolom laporan perdana diposting melalui link berikut-> https://www.facebook.com/groups/743331959143089/permalink/979734335502849/ Bagi donatur yang berkenan menambah hadiah sangat diharapkan supaya lebih semangat. Kolom laporan bulan september melalui link berikut -> KLIK DISINI  Terimakasih kepada relawan khususnya om Yunus Indrapraja​, panitia, donatur dan jajaran pengurus Group TMA. TMA GROUP
  • Catatan & Spesifikasi Anggur Queen Nina
    Catatan Tentang Anggur Queen Nina Queen Nina adalah varietas anggur yang direlease pada tahun 1992 oleh National Agriculture and Food Research Organization, Institute of Fruit Tree Science, Akitsu (NIFTS) Jepang. Awal percobaan masal yang diuji di 36 lokasi pada tahun 2010-2004 yang kemudian pada tahun 2009 mendapat SK pelepasan sebagai anggur pilihan dan rekomendasi dengan daftar No. 20733 dibawah pengawasan ‘The Plant Variety and Seedling Act of Japan’ Queen Nina hasil persilangan Akitsu-20 X Aki Queen’ yang mana Akitsu-20 sendiri adalah anggur hibryd hasil silang ‘Benizuiho’ × ‘Hakuho’. Buah dengan ukuran cukup besar Ini memiliki rasa manis, renyah, warna kulit merah, butiran buah mencapai 15 sampai 20 g dengan tingkat konsentrasi keasaman sangat rendah. Meskipun pada awalnya tergolong seedeed ‘berbiji namun berhasil dikonversi menjadi seedless dengan aplikasi GA3 pada stage full bloom + 15 hari dan hasil setelahnya menjadi varietas unggulan seedless. Pematangan pada akhir Agustus sampai awal September di Akitsu sekitar 4-7 hari lebih dini dari jenis Kyoho dan Pione. Ketahanan terhadap cuaca exstrim dingin diperkirakan cukup kuat daripada ‘Kyoho’, dan terkait perlakuan penjarangan Kluster bunga sangat direkomendasikan untuk mendapatkan kluster yang menarik selayaknya kultivar komersial lainya di Jepang. Deskripsi:
    – Prime name: QUEEN NINA (4N) – Color of berry skin: ROUGE – Variety number VIVC: 24056 – Country of origin of the variety: JAPAN – Location of publication : Tsukuba – Species : VITIS INTERSPECIFIC CROSSING – Pedigree as given by breeder/bibliography: AKITSU 20 X AKI QUEEN – Prime name of parent 1: AKITSU 20 (4N) – Prime name of parent 2: AKI QUEEN (4N) – Year of crossing: 1992
    Mari kita lihat Deskripsi (made in indonesia)
    by: Om Handika Permana – Nama Varietas: QUEEN NINA – Country of origin:jepang – Masa Pematangan buah:100hsp – Ujicoba Penanaman mdpl: kurleb 80 – Bentuk buah:bulat-oval – Rasa:manis – Warna:merah – Aroma:_ – Brix:16-20 – Seedless atau seeded:seeded – Resistance thdap jamur, air, hama:cukup tahan jamur – GA3 treatment:no – Tingkat adaptasi:bagus – Perlakuan Teknik pruning: sekedar potes – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga : – Dormex treatment:no – Berat buah 7,9-10gr
    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

Leave a Reply