Management Practices & Grapevine Nutrition

[su_service title="Mari didownload" icon="icon: thumbs-up"][/su_service] [su_box title="Grapevine Nutrition (Download PDF) Bag-1" style="glass" box_color="#9ee239"] »Management Practices for Fertilization of Grapevines DOWNLOAD
»Effect of nitrogen and potassium fertilization DOWNLOAD
»Sugested Fertilizer Practices For Grapes DOWNLOAD
»Grape Vine Nutrition DOWNLOAD
»grapefertilization DOWNLOAD
»Grapevine Nutrition DOWNLOAD
»Growing Table Grapes DOWNLOAD
»Mineral Nutrition and Fertilization DOWNLOAD
»PPT Fruit Grape Nutrition DOWNLOAD
»Vineyard Nutrition DOWNLOAD[/su_box] [su_box title="Grapevine Nutrition (Download PDF) Bag-2" style="glass" box_color="#9932CC "] »Table grape in soilless system DOWNLOAD
»Basis Grape Mineral Nutrition 1 DOWNLOAD
»Basis Grapevine Nutrition 2 DOWNLOAD
»Grapevine Mineral Nutrition 2 DOWNLOAD
»Grapevine Nutrition Literature Review DOWNLOAD
»Growing Grapes in home garden DOWNLOAD
»Harvest care of vines DOWNLOAD
»Healthy Vines = Hardy Vines DOWNLOAD
»Managing grapevine nutrition DOWNLOAD
»Vineyard Nutrition DOWNLOAD[/su_box]

  • Cara Pemupukan Anggur (TMA)

    Cara Pemupukan Anggur.

    Pemupukan anggur dari mulai ditanam sampai menginjak masa pembuahan secara continue sangat penting untuk supaya maksimal. Meski kuantitas dan kualitas buah dipengaruhi faktor lain seperti pemangkasan/pruning, namun pemberian nutrisi dan gizi yang diperlukan akan saling berkorelasi dengan teknik pruning yang diterapkan. Sebalumnya bisa baca Teknik Pruning Terbaik 

    Baca juga artikel berhubungan Tips Pembuahan Anggur dan Cara Memangkas Anggur 

    Dalam masa pertumbuhan awal pohon anggur yang kita tanam sebenarnya sudah cukup dengan pemberian pupuk dasar ketika bibit ditanam seperti pupuk kandang terfrementasi. Tapi setelah tanaman tumbuh besar tentu akan memerlukan nutrisi tambahaan lain yang lebih banyak dari unsur hara yang dibutuhkan. Kadang kita sembrono memberikan pupuk diluar proporsi kebutuhan dengan alasan ingin supaya cepat tinggi dan subur, padahal teknik pemupukan yang baik menurut saya yaitu pemberian unsur hara makro & mikro setelah kita melihat dan mengamati gejala/indikasi kekurangan/kelebihanya pada tanaman tersebut.

    Tidak akan efektif ketika tanaman anggur Kita misalkan memiliki daun berwarna hijau tua lalu kita malah menambahkan lagi pupuk kandungan unsur N tinggi, konsekwnesi daun terlalu hijau dan subur akan mudah mengundang hama dan penyakit. Begitu juga sebaliknya, jika keadaan daun anggur kuning kemudian kita pelit memberikan pupuk kadar N tentu kurang bijak karna kurang tepat.

    Jadi menurut saya pribadi, semua pupuk itu bagus dan bermanfaat apapun bentuk dan merknya, tinggal kita yang lebih bijak dalam meilih dan memberikan takaran sesuai kebutuhan tanaman anggur kita. Maaf sampai saat ini saya sendiri tidak percaya jika ada yang merekomendasikan merek pupuk tertentu dengan iming bahwa bagus dan bisa membuat pohon anggur lebat. Semua tetap kembali kepada bagaimana kita mengaplikasikannya setelah kita mempelajari karakter tanaman dan pengetahuan tentang unsur hara makro & mikronya.

    Berikut catatan saya tentang cara pemupukan yang sudah diaplikasikan pada anggur jenis red globe.

    1.  Pemupukan Awal

    a. Pupuk kadang + NPK 16:16:16 (Awal penanaman) Pemberian NpK rutin 1 sendok teh setiap 2 minggu.
    b. Jika tanaman sudah lumayan besar dan mulai menginjak pase pemotongan primer, tingkatkan NPK 19:19:19, Rutin setiap 2 minggu 1x sampai batas pembentukan sekunder.
    c. Jika dalam masa tersebut terindikasi kekurangan unsur hara mikro dan urgent untuk diberikan, segera tambahkan POC daun/Gandasil D dengan harus sangat hati-hati karena biasanya suka OD dan membuat daun gosong. Berikan perlahan dengan dosis rendah.

    2. Pemupukan sebelum pangkas pembuahan (setelah pohon anggur benar-benar terbentuk dan memiliki cabang sempurna).

    a. Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi ph tanah,
    b. pemberian pupuk SP 36 atau MKP 2 sendok/pohon dan KCL 1 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.
    c. Stres Air ( selama 2 minggu-1 bulan total tidak dilakukan pengairan dan setelahnya pengairan secara priodik 2 hari 1 x. Dalam masa ini, pohon anggur akan ditandai dengan daun menguning akibat kehausan dan ranting akan menuju proses pematangan berubah warna kecoklatan, berarti pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.

    Ya, stres air jika tidak ada hujan atau tanaman berada didalam green house, tips ini sama saja bohong jika hujan terus menerus. :D ya siapa suruh pangkas dimusim hujan. hihi

    d. Setelah pemangkasan dilakukan, penyemprotan ZPT/Dormex jika menginginkanya, kemudian tambahkan NPK 19:19:19 + MKP dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.”(setiap pohon bertambah usia tentu dosis pupuk akan ditambah, takaran ini hanya untuk pangkas perdana sesuai umur pohon)Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada sekaligus over dosis.
    e. Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk kandungan unsur hara mikro “jika diperlukan atau terindikasi, tapi biasanya tunas-tunas baru akan segar dan tidak akan kekurangan unsur mikro tersebut”
    f. Inti dari pemupukan menuju masa generatif usahakan untuk pupuk berkandungan unsur P & K jangan sampai terlewat karna sangat penting.

    3. Pasca panen

    Setelah masa panen segera tambahkan kembali NPK 19:19:19. Biarkan pohon induk melalui masa istirahat minimal 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali. Ya ibu hamil habis melahirkan saja mesti istiraha tho…

    Sekali lagi masalah pemupukan yang baik belum tentu mengasilkan produksi yang baik/pohon anggur berbuah lebat. Jika tidak diimbangin dengan pemangkasan yang baik, ya akan sia-sia. Simpanan nutrisi banyak namun potensi cabang pembawa cluster buah tidak ada maka hasilnya kurang optimal.

    TMAGROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Schiava Grossa

    Sekilas tentang anggur Schiava grossa/Black Hamburg/Trolyn.

    Dinegara Jerman nama varietas ini dikenal dengan sinonim Trollinger yang kemungkinan pertama kali ditanam di daerah South Tyrol dan Trentino, kemudian versi lain mengatakan bahwa jenis anggur ini berasal dari negara itailia yang dikenal dengan nama sinonimnya Schiava. Namun saat ini hampir secara eksklusif dibudidayakan diwilayah Württemberg Baden-Württemberg.

    Sebagai anggur meja, varietas ini kadang-kadang dikenal sebagai Black Hamburg dan kadang namanya suka tertukar dengan sinonim serupa yaitu Black Muscat (varietas yang sebenarnya hasil persilangan Trollinger dan Muscat dari Alexandria.

    Berikut deskripsi hasil ujicoba dinegri kita.

    by: Om Jimy

    – Nama Varietas: Schiava grossa/Black Hamburg/Trolyn.
    – Country of origin: Italia
    – Masa Pematangan buah: 120 hari
    – Ujicoba Penanaman:400 mdpl
    – Bentuk buah: bulat
    – Rasa: sedikit asam,dan manis bila pematangan sempurna
    – Diameter Buah: 20mm
    – Warna: Merah keunguan – mendekati hitam.
    – Daging Buah: kulit tebal
    – Berat Tandan: 100-125 gram
    – Brix: 18 -20 brix
    – Seedless/seeded: Seeded
    – Resistance terhadap jamur/air: yellow mildew
    – GA3 treatment: tidak
    – Jenis Rootstock: Roptstock
    – Dormex pasca pruning: no
    – Tingkat adaptasi: adaptif di dataran rendah sampai sedang
    – Teknik pruning: pangkas batang, cane, spur, potes pun jadi. :D

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan.

    Untuk pengembangan dan pemantapan, silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • 3 Penyebab Gagal Menanam Anggur

    1. Pesimistis
    Tidak sedikit kawan-kawan yang baru mengenal tanaman anggur merasa putus asa dan hilang semangat ketika pohon anggur kesayanganya tidak sesuai harapan. Proses dari menumbuhkan stek sampai pohon dewasa tidak semudah membalikan telapak tangan, bahkan mulai memelihara dari yang sudah hidup juga pasti banyak kendala.

    Kita semua mungkin berpotensi dihadapkan rasa pesimistis dan tidak lagi memiliki semangat menanam anggur. Ya, itu manusiawi dan wajar. Untuk selalu konsisten dan mempunyai jiwa pengANGGURan sejati, ada beberapa tips yang akan membantu motivasi ketika semangat mulai kendor.

    1.) Silaturahmi antar pengANGGURan. Tips ini sangat jitu dan bermanfaat karna mengandung nilai positif dan bisa merangsang kembal semangat menanam.
    interaksi dan saling memotivasi secara langsung akan lebih baik untuk menumbuhkan kembali gairah yang sempat hilang.

    2.) Aktif diberbagai group tanaman anggur. Ini penting karena disamping saling berbagi tips dan wadah berdiskusi, group juga sebagai sarana informasi.

    2. Tidak ada kemauan
    ‘Where there is a will there is a way’. Kenapa kita menanam anggur? karna kita ingin semua orang tahu bahwa anggur bisa berbuah, karna kita suka buah anggur,
    karna untuk peneduh pekarangan, karna kita suka koleksi anggur, atau mungkin karna kita mau membuka agrowisata anggur.

    “well, semua orang pasti punya alasan masing-masing. Intinya ada kemauan yang terus dipupuk apapun tujuanya.

    3. Minim Informasi
    Kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai jenis anggur yang kita tanam, terutama bagi yang baru mulai terjun dan mengenal anggur bisa berpotensi menjadikan seseorang pensiun dini.

    Bagaimana tidak, sudah menanam bertahun-tahun ternyata rasa buahnya kecut tidak enak dikonsumsi. Pada akhirnya ditebang dan tidak mau lagi menanam karna trauma. Apalagi ketika awal membeli bibit tersebut diimingi dengan rasa buah manis, genjah dan memiliki warna nan elok.

    Untuk itu sangatlah perlu untuk menggali informasi dan menambah wawasan terkait jenis anggur yang kita tanam sebelum menyesal dikemudian.

    Grape For All

    TMAGROUP

  • Tips & Rahasiah Menyemai Biji Anggur

    1. Rendam biji anggur selama 3 hari 3 malam supaya cangkang terkelupas dan biji agak melunak.
    2. Pilih biji anggur yg bener tenggelam untuk disemai, biji yg mengapung di buang karna kurang baik.
    3. Setelah proses pengangkatan, biji siap disemai dimedia cocopeat. Supaya mudah ketika pemisahan, usahakan disemai satu2 diwadah yang berbeda.
    4. Kemudian semaian anggur simpan  ditempat teduh tapi tetap memperhatikan sirkulasi udara.
    5. Penyiraman selama proses penyemaian cukup 3 kali dalam 1 minggu.
    6. Untuk hasil yang baik biasanya biji anggur akan mulai berkecambah mulai 1 minggu pasca penyemaian.
    7. Setelah keluar daun beberapa helai, usahakan dikenalkan sinar matahari pagi supaya sehat.
    8. Kemudian setelah benyak tumbuh daun dan mulai tinggi , bibit siap dipindahkan ketempat yang lebih besar.
    (hati-hati ketika proses pemindahan jangan sampai melukai akar, usahakan kebawa sama media semai cocopeat)

    Lebih lanjut mengenai cara penyemaian biji anggur bisa berdiskusi dilink berikut -> kunjungi

    Selamat mencoba semoga sukses.

    TMAGROUP

Leave a Reply