Inilah 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia

Buah anggur termasuk tanaman paling disukai tidak terkecuali warga TMA, Terdapat ribuan varietas anggur yang berbeda diseluruh dunia.  Selain dimakan secara langsung, anggur bisa kita konsumsi dalam berbagai ragam olahan atau minuman.  Berikut 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia versi TMAGROUP.

[su_spoiler title="1. China" icon="folder-1"]
Luas area : 9.596.961 km2
Penduduk : 1.372.820.000 orang (2015)
PDB Nominal : $11,212 triliun
PDB perkapita : $8.154
Produksi Anggur : 5.212.090 metrik ton
Keterangan : Saat ini luasan tanaman anggur di Cina sudah mencapai 6.000 kilometer persegi. Dengan luasan tanaman anggur saat ini saja ini tidak banyak negara lain di dunia yang dapat menyaingi China dalam memproduksi anggur.  Para pengusaha Cina  membangun industri anggur mulai dari awal, termasuk pembangunan pabrik pengolahan dan penyimpanannya. Gurun yang tandus telah diubah menjadi hamparan tanaman anggur dengan sistem irigasi yang sangat canggih. Dan yang paling mengejutkan adalah konsumsi terbesar anggur di dunia saat ini dipegang oleh China.
[/su_spoiler] [su_spoiler title="2. Spanyol" icon="folder-1"]
Negara : Spanyol
Luas area : 505.990 km2
Penduduk : 47.088.000 orang (2015)
PDB Nominal : $1.406 triliun
PDB perkapita : $30.278
Produksi Anggur : 5.676.985 metrik ton
Keterangan : Anggur sudah mulai ditanam di Spanyol sejak abad permulaan. Sedangkan wine diproduksi di Spanyol sejak sebelum abad ke-1. Seorang sejarawan Romawi, Pliny, mencatat wine tertua di Spanyol berasal dari wilayah yang sekarang bernama Alella, dekat Barcelona. Orang Romawi lainnya, Ovid, mencatat bahwa wine yang paling populer di Roma (dari Spanyol tentunya) dikenal sebagai Saguntum. Pemerintah Daerah Catalan menemukan reruntuhan tempat pengolahan wine zaman Romawi kuno di Teia di dekat Alella, dan mereka membangun sebuah museum interaktif untuk memperlihatkan bagaimana proses pembuatan wine pada saat itu.
[/su_spoiler] [su_spoiler title="3. Amerika" icon="folder-1"]
Negara : Amerika
Luas area : 9.826.675 km2
Penduduk : 321.034.355 orang (2015)
PDB Nominal : $17,418 triliun
PDB perkapita : $54.596
Produksi Anggur : 6.206.228 metrik ton
Keterangan : Anggur diproduksi di semua negara bagian Amerika, dengan produksi terbanyak di negara bagian pantai barat, yaitu California, Oregon dan Washington. Namun dalam dekade terakhir, Virginia di wilayah pantai timur juga telah menjadi produsen anggur. Dengan banyaknya lahan pertanian yang kaya akan sinar matahari dan hujan pada bulan-bulan di musim panas, para pecinta anggur mulai melirik Virginia.
[/su_spoiler] [su_spoiler title="4. Prancis" icon="folder-1"]
Negara : Perancis
Luas area : 640.679 km2
Penduduk : 67.012.000 orang (2015)
PDB Nominal : $2.847 triliun
PDB perkapita : $44.538
Produksi Anggur : 6.740.004 metrik ton
Keterangan : Anggur merupakan komoditas ekspor utama Prancis pada sektor pertanian. Terdapat sedikitnya 110.000 vineyard (perkebunan anggur) seluas 920.000 hektar yang tersebar di seluruh wilayah Prancis ini, menjadikannya sebagai salah satu negara penghasil wine terbesar di dunia. Tanaman anggur ini dibawa pertama kali oleh bangsa Romawi pada abad ke-6 sebelum Masehi ke tanah Galia (Prancis). Pada awal perkembangannya, anggur mulai ditanam di wilayah selatan dan tenggara Prancis, yakni Bordeaux, Rhône, dan Languedoc. Kemudian terus berkembang hingga mencapai wilayah Paris.
[/su_spoiler] [su_spoiler title="5. Italia" icon="folder-1"]
Negara : Italia
Luas area : 301.338 km2
Penduduk : 60.788.845 jiwa (2015)
PDB Nominal : US$ 1.843 triliun
PDB perkapita : US$ 30.594
Produksi Anggur : 8.307.514 metrik ton
Keterangan : Italia adalah rumah bagi lebih dari 1 juta kebun anggur yang ada di hampir setiap wilayah Italia. Orang italia sudah memproduksi anggur sejak ribuan tahun lalu. Dimulai pada abad ke dua sebelum masehi, orang-orang Romawi memelopori teknik produksi anggur berskala besar dan mengembangkan solusi penyimpanan yang inovatif, baik untuk pembuatan maupun pembotolan.
[/su_spoiler]

Kapankah Negara Kita akan masuk urutan 5 terbesar ? … Mari semangat menanam


TMAGROUP

sumber -> kontan

  • Catatan & Deskripsi Anggur Husayn Kelin Barmak

    Dalam hal rasa & selera, jenis anggur yang berasal dari Uzbekistan ini termasuk salah satu jajaran anggur meja/siap santap terbaik di Asia Tenggara. Meski tingkat brix tidak terlalu tinggi, berada dikisaran 17-18, namun dari segi bentuk buah, rasa & skin cukup menarik minat para kolektor & konsumen.

    Meskipunn jenis ini disebagian wilayah pertumbuhanya cukup baik dan adaptasi, namun dibagian wilayah Asia tenggara lainya membutuhkan perhatian extra. Varietas ini juga peka terhadap komposisi tanah/media tanam yang cendrung lebih responsif jika media gembur.

    Berikut deskripsinya:

    Lihat juga deskripsi jenis lainya disini

    Konsultasi via Whatsapp

    Join Group Facebook

    Liht video Tma On Youtube

  • Catatan & Spesifikasi Tentang Anggur Sherkhan

    Catatan Tentang Anggur Sherkhan/Шерхан

    Berikut deskripsinya made in ukraina:

    – Country of origin: Unknow
    – Variety Name: Sherkhan/Шерхан
    – Parentage: Talisman x Kish-mish radiant
    – Ripening: Eearly-middle maturity on August 25-30.
    – Period is 125-130 days./ 115-125 days.
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile (bisexual)
    – Color of berry skin: Dark Pink
    – Bushes: vigorous
    – Brix : 21-23%
    – Berry weight: 14-16 g, Size 38×26 mm
    – Bunch weight: 700-1500 g.
    – Taste Berries: Harmonious
    – Seeded
    – Resistance to mildew 3 points. Frost resistance of -22 ° C .

    Deskripsi made in INDONESIA

    by: Om Wie Day
    – Nama Varietas: Sherkhan/Шерхан
    – Country of origin: –
    – Masa Pematangan buah: 115-120 hsp
    – Ujicoba Penanaman: 0 – 25 m dpl
    – Rasa : hasil hampir sama transfiguran
    – Warna: Pink
    – Aroma: –
    – Kulit Buah: Relatif tebal
    – Brix: 24
    – Seedless/seeded: seeded
    – Resistance terhadap jamur: baik namun daun kadang kriting.
    – GA3 treatment: No
    – Dormex pasca pruning: No
    – Tingkat adaptasi: baik
    – Teknik pruning: cane 6-10

    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • 3 Destinasi Wisata Kebun Anggur

    Nah mungpung sebentar lagi tahun baru dan bagi warga TMA yang berniat menghabiskan liburan dikebun anggur, daftar dibawah ini bisa dimasukan agenda target wisata. Tapi jangan lupa jika pulang bawa cutting ya :D.

    1. France

    Data terakhir versi United States Department of Agriculture bahwa Prancis termasuk 10 besar negara penghasil anggur dunia dan disana terdapat sedikitnya 110.000 vineyard (perkebunan anggur) seluas 920.000 hektar yang tersebar di seluruh wilayah.

    Bukan hanya itu, kebun anggur di francis juga menawarkan destinasi wisata untuk penikmat dan pecinta anggur, sebut saja “Les Sources des Caudalies” kawasan yang terletak di kota Bordeaux menyuguhkan pemandangan kebun anggur yang luar biasa, diarea seluas 56 hektar ini, Om/Tante bisa bebas menghabiskan liburan sepuasnya.

    Jangan khawatir tidak mendapatkan pelayanan memuaskan karna disana sudah disediakan hotel paling mewah dan terbaik di Eropa versi majalah Condé Naste Traveller. Penasaran lihat detail

    2. Afrika Selatan

    Afrika selatan termasuk daftar no urut 9 penghasil anggur dunia tahun 2016, jadi tidak heran jika disana banyak destinasi wisata anggur yang disuguhkan untuk memanjakan para pecinta anggur.

    Contohnya penginapan atau kebun anggur Franschoek Pass villa yang terletak dilembah Franschoek Pass. Tempat ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan pemandangan kebun anggur sekaligus salah satu lembah Afrika yang paling spektakuler!. Disini Om/Tante bisa menghabiskan liburan hanya sekedar berjalan-jalan, main golf atau renang dengan panorama alam indah dan menakjubkan. Supaya tidak penasaran kunjungi situs resminya

    3. Australia

    Jika berlibur ke France atau afrika selatan terlalu jauh :D coba dengan destinasi wisata yang lebih dekat, yeah Kita bisa mencoba berlibur ke Australia.

    Kawasan wisata yang Terletak diatas bukit dengan pemandangan ribuan hektar kebun anggur yang subur dirancang dalam gaya kontemporer dengan menyediakan hotel mewah yang memiliki restoran terbaik yang ada di Australia menjadikan target wisata populer. yaitu”the Louise Hotel is at the heart of the Barossa wine country.” visit here

    Tambahkan destinasi wisata terbaik menurut kalian dikomentar.

    TMAGROUP

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Queen Nina

    Catatan Tentang Anggur Queen Nina

    Queen Nina adalah varietas anggur yang direlease pada tahun 1992 oleh National Agriculture and Food Research Organization, Institute of Fruit Tree Science, Akitsu (NIFTS) Jepang. Awal percobaan masal yang diuji di 36 lokasi pada tahun 2010-2004 yang kemudian pada tahun 2009 mendapat SK pelepasan sebagai anggur pilihan dan rekomendasi dengan daftar No. 20733 dibawah pengawasan ‘The Plant Variety and Seedling Act of Japan’

    Queen Nina hasil persilangan Akitsu-20 X Aki Queen’ yang mana Akitsu-20 sendiri adalah anggur hibryd hasil silang ‘Benizuiho’ × ‘Hakuho’. Buah dengan ukuran cukup besar Ini memiliki rasa manis, renyah, warna kulit merah, butiran buah mencapai 15 sampai 20 g dengan tingkat konsentrasi keasaman sangat rendah. Meskipun pada awalnya tergolong seedeed ‘berbiji namun berhasil dikonversi menjadi seedless dengan aplikasi GA3 pada stage full bloom + 15 hari dan hasil setelahnya menjadi varietas unggulan seedless.

    Pematangan pada akhir Agustus sampai awal September di Akitsu sekitar 4-7 hari lebih dini dari jenis Kyoho dan Pione. Ketahanan terhadap cuaca exstrim dingin diperkirakan cukup kuat daripada ‘Kyoho’, dan terkait perlakuan penjarangan Kluster bunga sangat direkomendasikan untuk mendapatkan kluster yang menarik selayaknya kultivar komersial lainya di Jepang.

    Deskripsi:

    – Prime name: QUEEN NINA (4N)
    – Color of berry skin: ROUGE
    – Variety number VIVC: 24056
    – Country of origin of the variety: JAPAN
    – Location of publication : Tsukuba
    – Species : VITIS INTERSPECIFIC CROSSING
    – Pedigree as given by breeder/bibliography: AKITSU 20 X AKI QUEEN
    – Prime name of parent 1: AKITSU 20 (4N)
    – Prime name of parent 2: AKI QUEEN (4N)
    – Year of crossing: 1992

    Mari kita lihat Deskripsi (made in indonesia)

    by: Om Handika Permana
    – Nama Varietas: QUEEN NINA
    – Country of origin:jepang
    – Masa Pematangan buah:100hsp
    – Ujicoba Penanaman mdpl: kurleb 80
    – Bentuk buah:bulat-oval
    – Rasa:manis
    – Warna:merah
    – Aroma:_
    – Brix:16-20
    – Seedless atau seeded:seeded
    – Resistance thdap jamur, air, hama:cukup tahan jamur
    – GA3 treatment:no
    – Tingkat adaptasi:bagus
    – Perlakuan Teknik pruning: sekedar potes
    – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga :
    – Dormex treatment:no
    – Berat buah 7,9-10gr

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

Leave a Reply