KETENTUAN

PENDAHULUAN:

Bismillahirahmanirahim. Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, semoga kita senantiasa berada dalam lindunga-Nya.Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anugrah yang wajib disyukuri, berjuta pesonanya meninggalkan kesan yang dalam bagi setiap orang yang lahir dan besar dinegri ini. Pribahasa mengatakan “Gemah Ripah Loh Jinawi” & “Tongkat,kayu,batu jadi tanaman” sudah sangat mewakili dalam mengekspresikan atas tanah Indonesia yang sangat subur. Sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana.

Lets go together ‘Kita mulai dari diri sendiri & bersama kita bisa.Sebagai dasar acuan operasional kegiatan, kebijakan,keputusan dan kinerja dalam menjaga eksistensi komunitas ‘Tips Menanam Anggur, maka dianggap perlu adanya penyusunan AD/ART untuk dijadikan landasan aturan utama yang mengikat.

Ketundukan dan kepatuhan terhadap AD/ART merupakan manifestasi dari ketaatan setiap warga dalam menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan suatu berkomunitas yang harmonis.Dengan hasil rumusan AD/ART ini, diharapkan menjadikan TMAGROUP sebagai komunitas yang berjalan diatas aturan dan etika yang jelas, dimana segala bentuk ketidakselarasan akan dapat ditolak dengan mudah.

Untuk itu penerbitan AD/ART hasil musyawarah Tim Pengurus akan menjadi pedoman bagi setiap warga yang tergabung didalamnya. Semoga atas ijin-Nya senantiasa memberikan Rahmat dan Petunjuk dalam merealisasikan setiap point peraturan ini.

BAB I

NAMA, WAKTU DAN DOMISILI

Pasal 1: Nama Komunitas Tips Menanam Anggur (TMA)

Pasal 2: Komunitas ini didirikan pada tanggal 24 juli 2016 sampai batas waktu yang tidak ditentukan

Pasal 3: Berlokasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia

BAB II

AZAS , CIRI & SIFAT

Pasal 1: AZAS Komunitas ini berdasarkan azas kerukunan dan kekeluargaan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai silaturahmi dan solidaritas antar sesama warga

Pasal 2: CIRI Komunitas ini dibentuk atas kesadaran bersosial, beriteraksi, berkelompok yang terdiri dari semua kalangan pecinta anggur seluruh tanah air, sehingga ciri khas dari pada setiap warga adalah memiliki hobby yang sama, dengan tujuan sama, tanpa tekanan ataupun intervensi pihak lain.

Pasal 3: SIFAT Terbentuknya komunitas ini berasal dari jiwa dan rasa ingin menjaga dan mengembangkan komoditas anggur, maka semua angota berhak aktif berkarya, mengembangkan potensi, berinovasi tanpa batas dengan tunduk kepada aturan yang ditetapkan.

BAB III

VISI & MISI

Pasal 1: VISI

Visi dari terbentuknya komunitas TMA Adalah dalam rangka mempersatukan & mempererat silaturahmi sesama hobbies, sharing tips, motivasi, diskusi, berbagi ilmu dan pengalaman tanpa memandang suatu suku, ras, agama, daerah dll. Semua bersatu dari Sabang sampai Merouke dengan visi & misi sama yaitu pecinta anggur.

Pasal 2: MISI

Untuk mencapai target dan tujuanya, komunitas TMA akan terus giat mendorong dan memotivasi warganya agar selalu terlibat dalam menyebarkan dan mengajak masyarakat luas ikut berpartisipasi sehingga potensi menjadikan tanaman anggur sebagai komoditas primadona dan agribisnis kreatif masyarakat akan semakin nyata.

BAB IV

ATURAN PERALIHAN DAN PENUTUP

Pasal 1: Hal yang belum tercantum dalam Anggaran Dasar ini akan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.

Pasal 2: Apabila kemudian terdapat kekurangan dan kekeliruan dalam Anggaran Dasar ini, akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya setelah melakukan musyawarah tim pengurus

Pasal 3: Anggaran Dasar ini disusun atas dasar hasil musyawarah tim pengurus sebagai follow up dari rangkuman kritik dan saran warga.

Pasal 4: Anggaran Dasar ditetapkan dan diberlakukan untuk satu tahun kedepan 2019 atas persetujuan semua tim pengurus.

BAB I

JOB DESCRIPTION PENGURUS

Pasal 1: Tim pengurus terdiri dari 13 orang meliputi Administrator, Moderator dan Bendahara yaitu Kang Yadi, Romi Ardiansyah, Ridwan Ijah Tea, Raspo, Aanwar, Yuliastuti, Bayu W Giri, Ahmad Safei, Windy, Noori Aly, Hasan, Hen Bobon, Ecko.

Pasal 2: Tim pengurus berkewajiban mengawasi dan mengatur semua aktivitas dalam group sekaligus memoderasinya.

Pasal 3: Setiap pengurus diberikan hak prerogatif dalam mengambil keputusan tanpa harus melalui musyawarah mufakat jika dianggap mendesak terkait point-point sebagaimana tertera dalam ayat berikut.

Ayat 1: Menghapus postingan dan komentar yang tidak sesuai dengan peraturan atau bahkan cendrung provokatif atau berpotensi mengganggu ketertiban.

Ayat 2: Memblokir anggota yang melanggar ketentuan

Ayat 3: Menyetujui setiap postingan anggota

Pasal 4: Tim pengurus wajib memberikan arahan dalam setiap postingan anggota yang memerlukan informasi.

Pasal 5: Setiap tim pengurus berkewajiban mendapatkan giliran untuk membuat kolom update bulanan terkaik laporan peserta LGT.

Pasal 6: Setiap tim pengurus wajib mendengarkan aspirasi dan kritik warga untuk kemajuan bersama.

BAB II

KEANGGOTAAN

Pasal 1: MEMBER NON ID Anggota Member biasa yaitu meliputi semua warga yang tergabung dalam komunitas group tanpa terkecuali.

Pasal 2: MEMBER BER IDAnggota Ber-ID yaitu warga yang diberikan data pengenal pribadi setelah mengajukan ID + STIKER dikolom yang sudah ditentukan.

Pasal 3: MEMBER PREMIUMAnggota premium adalah warga yang diberikan hak lebih setelah memenuhi kewajiban yang tercantum dalam ayat berikut:

Ayat 1: Hak mendapatkan diskon 25% untuk pembelian bibit dari seller yang telah ditetapkan.

Ayat 2: Hak mendapatkan stiker khusus premium member.

Ayat 3: Hak mendapatkan diskon 5% untuk pembelian kaos dan souvenir TMA.

Ayat 4: Berdonasi senilai Rp. 75.000 melalui rekening bendahara group.

Ayat 5: Ketentuan premium hanya berlaku 6 bulan dihitung dari waktu dana clear transfer.

Ayat 6: Donasi dana dimasukan kedalam saldo dompet komunitas yang kemudian dipergunakan untuk program santunan anak yatim dan jompo.

BAB III

KORDA

Pasal 1: Dalam upaya meningkatkan silaturahmi dan solidaritas sesama hobbis anggur, TMA membentuk KORDA [Kordinator Daerah] sebagai wadah yang berkonsentrasi diwilayahnya masing-masing, baik itu untuk memudahkan komunikasi, informasi dan lain sebagainya.

Pasal 2: Setiap warga berhak mengajukan daerahnya untuk dijadikan KORDA sebagaimana diatur dalam ayat berikut

Ayat 1: Syarat sah pengajuan diterima jika anggota korda sudah mencapai minimal 10 orang.

Ayat 2: Mambuat album korda dan giat merekrut warga yang berasal dari daerahnya.

Ayat 3: Ikut andil dalam merealisasikan agenda komunitas group yang selama ini sudah berjalan seperti distribusi dana bantuan social.

Ayat 4: Ikut berpartisipasi dan mengajak warganya untuk meramaikan setiap event yang diselenggarakan.

Ayat 5: Giat memberikan informasi kepada masyarakat setempat dan mengajaknya untuk menanam anggur.

Selengkapnya silahkan download disini