Laporan LGT#5 Desember 2018

DAFTAR PESERTA BERTAHAN LGT5, Update ke#8 (Desember) 2018.

Perlu diperhatikan bahwa laporan peserta setiap bulan sifatnya wajib, jadi jika tdk ada akan diskualifikasi dari lomba.

Format Laporan #No_Varietas

3. Bie Moeslem ✓Update
6. Anna Widyanti ✓Update
7. Saifudin ✓Update
9. Muh Har ✓Update
11. Aryo Haryono Hry ✓Update
16. Sarif Paving ✓Update
21. Dani Setiawan ✓Update
32. Pa Itam ✓Update
38. Samli Marrung Jaya ✓Update
46. Dharma Sirait ✓Update
50. Saifudin St ✓Update
70. Cecep Mangku Langit ✓Update
73. Yusuf Anwari ✓Update
75. Muhammad Mursyid ✓Update
79. Adenk Deni ✓Update
87. Hendry Tan ✓Update
89. Uzie Tok ✓Update
93. Trisha oh Trisha ✓Update
97. Tsukumo Mutsu ✓Update
100. Arifin Sumar ✓Update
101. Dhe Susanto ✓Update
102. Yudi Marsudiharjo ✓Update
104. Nazhirul Asrofi Hanan ✓Update
105. Alin Sardjito ✓Update
109. Supri Handoko ✓Update
112. Suparno Anotesa ✓Update
115. Cacai Gunawan ✓Update
116. Rahman dental ✓Update
118. Putri Putri ✓Update
119. Syafran Riyadi ✓Update

Update via group klik disini

TMA
Panitia LGT#5

  • Inilah 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia
    Buah anggur termasuk tanaman paling disukai tidak terkecuali warga TMA, Terdapat ribuan varietas anggur yang berbeda diseluruh dunia.  Selain dimakan secara langsung, anggur bisa kita konsumsi dalam berbagai ragam olahan atau minuman.  Berikut 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia versi TMAGROUP. Kapankah Negara Kita akan masuk urutan 5 terbesar ? … Mari semangat menanam
    TMAGROUP sumber -> kontan
  • Catatan & Deskripsi Anggur Husayn Kelin Barmak

    Dalam hal rasa & selera, jenis anggur yang berasal dari Uzbekistan ini termasuk salah satu jajaran anggur meja/siap santap terbaik di Asia Tenggara. Meski tingkat brix tidak terlalu tinggi, berada dikisaran 17-18, namun dari segi bentuk buah, rasa & skin cukup menarik minat para kolektor & konsumen.

    Meskipunn jenis ini disebagian wilayah pertumbuhanya cukup baik dan adaptasi, namun dibagian wilayah Asia tenggara lainya membutuhkan perhatian extra. Varietas ini juga peka terhadap komposisi tanah/media tanam yang cendrung lebih responsif jika media gembur.

    Berikut deskripsinya:

    Lihat juga deskripsi jenis lainya disini

    Konsultasi via Whatsapp

    Join Group Facebook

    Liht video Tma On Youtube

  • Tips pengendalian antraknosa pada anggur.
    Melakukan pembuahan dimusim hujan mempunyai tantangan tersendiri bagi setiap penghobi anggur.Penyakit kadang datang tak diundang pergi tak dihantar :D. keaadaan lingkungan dimusim hujan yang support terhadap perkembangan patogen seperti antraknosa harus selalu diwaspadai.Tidak menutup kemungkinan hari ini happy besok lemes alias cahuleun :D, kalau tiba-tiba buah anggur terindikasi penyakit ini.Ahhh ngeri ngeri sedap :D Back to Point… Scientific Name : Elsinoe ampelina ( antraknosa/antrak/patek) Identifikasi daun: – Daun anggur ditandai dengan bintik- bintik kecil, bulat gelap – Bintik meluas dan berkembang menjadi berwarna pucat putih dengan tepi berwarna coklat dan kemudian hitam – Membentuk lingkaran dan lobang pada daun. – Infeksi berat mengakibatkan daun cacat, mengkerut dan drop tanpa didahului menguning.   Identifikasi tunas/shoots/ranting: – Membentuk garis lurus memanjang dengan tepi berwarna abu dan coklat kemerahan. – infeksi berat mengakibatkan ranting pecah dan rapuh.     Identifikasi pada buah: – Size berry small (hanya mencapai diameter 6mm) – Ditemukan bintik merah melingkar & dibagian tengah lingkaran berwarna abu kehitaman. – Exstrimnya buah menjadi retak dan tidak membesar lagi akhirnya gugur.   Masa priode infeksi: – Serangan penyakit ini akan dampak pasca pemangkasan ketika daun sudah tumbuh kembali sekitar 4-6 helai. – Kondisi rentan serangan terhadap buah sekitar 4 minggu pasca bloom/bunga mekar. Tips antisipasi: – Selalu rajin menabung, eh maksdnya memperhatikan kondisi daun terutama pada musim hujan. – Membuang daun, ranting dan buah ketika terindikasi gejala. – Penyemprotan pestisida pungsida seperti antracol secara rutin.Promosi dikit :D gpp. Jika suatu saat menemukan gejala seperti diatas/lebih jelasnya lihat contoh digambar, sudah dipastikan merupakan serangan antraknosa. Sumber gambar-> Ministry Of Agriculture TMA-GROUP.
  • Catatan & Deskripsi Anggur Romeo

    Ternyata sosok “Romeo” bukan hanya berada dalam kisah cinta Juliet karya Wiliam Shakerspeare bahkan dalam kisah pengANGGURan juga ikut eksis.

    Hasil jelajah digroup anggur, ada postingan buah jenis romeo dari Om Tonnie Wong Juniarto. Buahnya cukup lebat dan membuat semangat kawan2. Warna buah menggiurkan dengan bentuk lonjong meski tanpa perlakuan ga3.

    Setelah scroll kebawah ternyata banyak juga yang posting buah anggur jenis romeo ini, tentunya ditanam didaerah berbeda dan dengan perlakuan bervariatif.

    Bisa disimpulkan bahwa jenis ini sudah adaptasi dan wajib dikoleksi. Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Romeo
    Warna buah: merah
    Bentuk: Oval
    Rasa: manis
    Berat butiran: 9-10gram
    Berat tandan: 500-800gram
    Brix: 19-22%
    Pematangan: 120-130 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

    Lihat videonya di YOUTUBE

Leave a Reply