Laporan LGT#5 Desember 2018

DAFTAR PESERTA BERTAHAN LGT5, Update ke#8 (Desember) 2018.

Perlu diperhatikan bahwa laporan peserta setiap bulan sifatnya wajib, jadi jika tdk ada akan diskualifikasi dari lomba.

Format Laporan #No_Varietas

3. Bie Moeslem ✓Update
6. Anna Widyanti ✓Update
7. Saifudin ✓Update
9. Muh Har ✓Update
11. Aryo Haryono Hry ✓Update
16. Sarif Paving ✓Update
21. Dani Setiawan ✓Update
32. Pa Itam ✓Update
38. Samli Marrung Jaya ✓Update
46. Dharma Sirait ✓Update
50. Saifudin St ✓Update
70. Cecep Mangku Langit ✓Update
73. Yusuf Anwari ✓Update
75. Muhammad Mursyid ✓Update
79. Adenk Deni ✓Update
87. Hendry Tan ✓Update
89. Uzie Tok ✓Update
93. Trisha oh Trisha ✓Update
97. Tsukumo Mutsu ✓Update
100. Arifin Sumar ✓Update
101. Dhe Susanto ✓Update
102. Yudi Marsudiharjo ✓Update
104. Nazhirul Asrofi Hanan ✓Update
105. Alin Sardjito ✓Update
109. Supri Handoko ✓Update
112. Suparno Anotesa ✓Update
115. Cacai Gunawan ✓Update
116. Rahman dental ✓Update
118. Putri Putri ✓Update
119. Syafran Riyadi ✓Update

Update via group klik disini

TMA
Panitia LGT#5

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Crimson
    Catatan Tentang Crimson Seedless. Sumber: Crimson seedless promise WA table grape boon Oleh: Ian Cameron Link Crimson Seedless
    -> Crimson termasuk jenis anggur pematangan lambat dibandingkan jenis lainya. -> Menggunakan Own Root tidak direkomendasikan karna berdampak hasil produksi rendah, kualitas buah buruk. -> Rekomendasi menggunakan RootStock vigor akan  meningkatkan ukuran berry. -> Suhu panas saat malam hari berdampak mengurangi pewarnaan buah. -> Tahan disimpan hingga 6 bulan dalam pendingin. -> Kadar asam tinggi, berpadu dengan kadar gula tinggi, menghasilkan karakteristik rasa yang bagus. -> Buah tergolong tahan  hujan sampai matang dibanding varian lainya yang kebanyakan rawan pecah akibat hujan. -> Waktu Pruning/pemangkasan yang tepat akan memberikan nilai positif terhadap peningkatan hasil produksi. Waktu pruning sangat vital, jadi jika terlalu dini maka produksi akan rendah.
    Tanah:
    -> Direkomendasikan ditanam pada tanah dalam (lapisan top soil minimal 40cm). Makin dalam makin bagus. Perakaran yang bagus mempengaruhi pertumbuhan pohon dan penyaluran nutrisi akan baik untuk ukuran berry ketika pembuahan. -> Warna buah lebih menarik pada jenis tanah berpasir dan kurang subur. Dengan catatan, irigasi dan nutrisi dimajanemen dengan baik. Koreksi defisiensi nutrisi diperlukan.
    Penggunaan Rootstock:
    -> Direkomendasikan menanam jenis ini dengan menggunakan rootstock. -> Menggunakan RS yang tepat bisa melipat gandakan hasil panen dan meningkatkan prosentase buah kategori premium hingga 84℅. -> Penggunaan Ramsey atau K51-32 terbukti cocok pada tanah berpasir. -> Ruggery dan 99 Richter menghasilkan berry yang besar. -> Grafting pada pohon induk Red Globe, Calmeria, Sultana dan Chordinary menghasilkan produksi yang bagus tetapi pewarnaan buah buruk.
    Jarak Tanam:
    -> Ideal 3,3 meter. Pada tanah dalam 2,4 meter. Sedang 2,7 meter. -> Penggunaan RS 99 Richter dan 110 Richter tercatat cocok pada beragam jenis tanah.
    Manajemen:
    -> Crimson tercatat masuk kedalam varian vigor di dunia. -> Pertumbuhan pohon perlu dikendalikan dan perhatian maksimal/ -> Jika menggunakan trellis, disarankan untuk memisah kanopi dengan bentuk Y. Pemangkasan pucuk dan perampingan pohon dimusim panas perlu dilakukan guna menghindari jamur. -> Pruning Cane. Disesusaikan dengan umur dan vigoritas pohon. Diawali dengan 2 cane pendek pada musim pertama. Ditambah jadi 4 cane, 6-8, 6-10 cane pada musim-musim berikutnya. -> Produksi pohon dewasa 25-45 tandan/pohon, 25-30 ton/hektar
    Pematangan Buah:
    -> Tidak mengalami pematangan setelah dipetik. -> Dipanen setelah kadar gula di atas 21 brix
    TMAGROUP
  • Inilah 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia
    Buah anggur termasuk tanaman paling disukai tidak terkecuali warga TMA, Terdapat ribuan varietas anggur yang berbeda diseluruh dunia.  Selain dimakan secara langsung, anggur bisa kita konsumsi dalam berbagai ragam olahan atau minuman.  Berikut 5 negara penghasil anggur terbesar di dunia versi TMAGROUP. Kapankah Negara Kita akan masuk urutan 5 terbesar ? … Mari semangat menanam
    TMAGROUP sumber -> kontan
  • Cara Menumbuhkan Cutting/Stek Anggur Dengan Media Air [Mudah]

    Cara Cutting/Stek Anggur Dengan Media Air

    Tips By: Yudi Hariyanto Hai Sahabat TMA, kali ini akan membagikan Tips Menumbuhkan Cutting dengan Media Air. Banyak sekali teknik menumbuhkan cutting/stek batang anggur dari mulai dengan cara dipendam terlebih dahulu atau bahkan ditancap langsung dipolybag, setiap teknik pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan. Contoh misalkan teknik pendam cocopeat, setelah pertumbuhan cukup baik, Kita harus memindahkanya ke media tanam tanah dipolybag. Nah jika tidak ekstra hati-hati, kadang meskipun akar sudah terlihat lebat dan sehat, menjelang beberapa hari pasca pemindahan suka tiba-tiba layu dan akar busuk. Beda dengan teknik semai langsung dimedia tanah (polybag) semaian bibit tidak akan terganggu karena tidak dipindah-pindah kecuali jika bibit sudah siap ditanam ditanah langsung. Begitu juga dengan Teknik Semai Air, kita harus hati2 ketika proses pemindahan ke media padat. Jika Sahabat TMA ingin mencoba teknik semai air, ikuti langkah berikut: Siapkan Cutting/Stek anggur yang akan Kita semai air dengan kriteria sebagai berikut:

    1. Pilih cutting anggur yang sehat, bebas hama dan jamur.

    2. Pilih diameter standar “minimal ukuran pensil

    3. Pilih cutting yang sudah matang (warna kecoklatan)

    4. Ambilah minimal 3 mata tunas setiap cutting

    Langkah Penyemaian:

    1. Siapkan wadah/gelas transparan, bisa bekas air mimeral atau gelas.

    2. Isi wadah dengan air biasa, percobaan yang dilakukan 0,5cm atau kurang lebih mata tunas pertama terendam.

    3. Masukan Cutting yang sudah kita potong, posisi berdiri tegak

    4. Simpan semaian ditempat teduh (tidak tersinari matahari extrim kecuali pagi)

    5. Biarkan semaian sampak akar serabut muncul

    6. Ketika proses perendaman, ganti air secara berkala jika sudah keruh.

    Proses Pemindahan:

    1. Setelah muncul akar-akar serabut, boleh dikatakan persemaian cutting sudah 99% keatas survive.

    2. Cutting sudah bisa dipindahkan ke Polybag, Pot atau Planterbag untuk proses pertumbuhan selanjutnya.

    3. Gunakan Media tanam yang porous. komposisi yang dipakai pada percobaan sekam 2 : tanah 1 : kohe 1.

    4. Frekuensi penyiraman dilakukan 2 – 3 hari sekali.

    5. Semaian disimpan ditempat Sinar Matahari pagi.

    Selamat Mencoba TMAgroup
  • Tips Mencangkok Anggur Tanpa Kerat.
    Tips Mencangkok Anggur (Alami) Tanpa Kerat. Diantara teknik perbanyak bibit anggur secara vegetatif yaitu dengan cara dicangkok. Jika dalam tanaman lain dengan menggunakan teknik ini diharapkan cepat berbuah, tapi untuk anggur saya pribadi tidak yakin akan secepat itu karna tetap melalui step pembentukan (bahan diskusi). Baca juga tips pembibitan anggur dari cutting disini Untung & rugi:
    1. Sifat cangkok anggur yang dihasilkan akan sama dengan induknya meski belum berbuah atau mencangkok dari batang air, tidak lazim memang karna baisanya mencangkok dilakukan pada tanaman yang sudah berbuah. 2. Teknik mencangkok anggur lebih praktis dibanding teknik stek dan okulasi. Faktanya bisa dilihat sendiri bahwa akar anggur meskipun hanya terkena media air atau keadaan area setempat lembab akan mudah mengeluarkan akar. 3. Jika pohon induk terlalu banyak dicangkok biasanya akan sulit dibuahkan karna cabang yang berpotensi produktif pembawa bunga habis (cangkok tingkat extrim), curhatan Om Kresno Dewanto :D
    Tips:
    1. Siapkan media cangkok (cocopeat/tanah/dll) 2. Siapkan wadah plastik, gelas plastik, polybag atau apa saja yang bisa menampung media cangkok. 3. Setelah media cangkok siap, Bungkuskan/tempelkan pada bagian cabang yang hendak dicangkok. (entah hasil kerat, sudah keluar akar, atau bahkan tanpa kerat semua memungkinkan berhasil)
    -> selesai, hanya dengan 3 step diatas om/tant sudah memiliki bibit hasil cangkok sendiri. -> Hasil dari 5 percobaan mencangkok tanpa kerat 100% berhasil (Oleh Om Mustafa Akafi) -> Nanti ada tambahan dari ahli cangkok dikolom komentar. Selamat mencangkok ria TMAGRoup.

Leave a Reply