Media Tanam Anggur Terbaik

Media tanam anggur terbaik (versi TMA)

Artikel ini sebenarnya sudah ada dalam artikel Tips Pembibitan Anggur hanya sedikit perapihan dan modifikasi supaya lebih spesifik.

Baca juga 3 Cara Kreatif Menanam Anggur

Dalam Memilih dan menentukan struktur tanah sebagai media tanam sangatlah penting, mengingat bahwa proses pertumbuhan akar suatu tanaman merupakan cermin dari akar sehat dalam memberikan hasil maksimal.

Media tanam senantiasa disesuaikan dengan karakteristik jenis tanamanya, media padat atau terlalu poros sering sekali menjadi faktor penyebab tanaman anggur kita tidak dapat tumbuh dengan baik. Ya, permasalahan serius akan berdampak pada tanaman anggur Kita stagnan ataupun busuk akar. Memang banyak alasan, namun secara umum yang menjadi pemicu tersebut biasanya dari media tanam yang kita gunakan.

Nah, untuk itu dalam membuat/mencampur komposisi bahan-bahan yang akan kita jadikan media sebaiknya menjadi bahan pertimbangan terutama untuk media tabulampot dan polybag. Bagi kawan-kawan bisa mencoba resep berikut sesuai pengalaman pribadi, siapa tahu cocok dan berhasil.

METAN (Media tanam) pilihan:

1. Tanah gembur (Om/tante bisa mengambilnya dari daerah yang banyak ditanami bamboo/jagung atau tanah bekas ditumbuhin tanaman berakar serabut seperti bekas menanam bawang, cabe, kentang dll.
2. Kompos / Bokashi (pupuk kandang terfermentasi)
3. Arang sekam
4. Cocopeat atau sabut kelapa yang dihaluskan
5. dolomit / kapur pertanian secukupnya
6. Pupuk kandang terfrementasi
7. Tambkan NPK 16:16:16

perbandinga tanah2 : kompos2: arang sekam1: cocopeat1: pukan1:
Aduk semua media dan simpan selama -+2 minggu baru siap digunakan.

TMAGROUP

  • Tips Mencangkok Anggur Tanpa Kerat.

    Tips Mencangkok Anggur (Alami) Tanpa Kerat.

    Diantara teknik perbanyak bibit anggur secara vegetatif yaitu dengan cara dicangkok. Jika dalam tanaman lain dengan menggunakan teknik ini diharapkan cepat berbuah, tapi untuk anggur saya pribadi tidak yakin akan secepat itu karna tetap melalui step pembentukan (bahan diskusi).

    Baca juga tips pembibitan anggur dari cutting disini

    Untung & rugi:

    1. Sifat cangkok anggur yang dihasilkan akan sama dengan induknya meski belum berbuah atau mencangkok dari batang air, tidak lazim memang karna baisanya mencangkok dilakukan pada tanaman yang sudah berbuah.
    2. Teknik mencangkok anggur lebih praktis dibanding teknik stek dan okulasi. Faktanya bisa dilihat sendiri bahwa akar anggur meskipun hanya terkena media air atau keadaan area setempat lembab akan mudah mengeluarkan akar.
    3. Jika pohon induk terlalu banyak dicangkok biasanya akan sulit dibuahkan karna cabang yang berpotensi produktif pembawa bunga habis (cangkok tingkat extrim), curhatan Om Kresno Dewanto :D

    Tips:

    1. Siapkan media cangkok (cocopeat/tanah/dll)
    2. Siapkan wadah plastik, gelas plastik, polybag atau apa saja yang bisa menampung media cangkok.
    3. Setelah media cangkok siap, Bungkuskan/tempelkan pada bagian cabang yang hendak dicangkok. (entah hasil kerat, sudah keluar akar, atau bahkan tanpa kerat semua memungkinkan berhasil)

    -> selesai, hanya dengan 3 step diatas om/tant sudah memiliki bibit hasil cangkok sendiri.
    -> Hasil dari 5 percobaan mencangkok tanpa kerat 100% berhasil (Oleh Om Mustafa Akafi)
    -> Nanti ada tambahan dari ahli cangkok dikolom komentar.

    Selamat mencangkok ria

    TMAGRoup.

  • Penanganan “Jamur Powdery Mildew/Embun Tepung ” pada tanaman anggur

    Embun Tepung (Powdery Mildew) adalah jamur fungus
    (Micrsphaera diffusa) yang sering sekali menyerang tanaman

    anggur. Jamur ini mudah menyebar dilokasi lembab dengan sirkulasi udara buruk terutama pada musim hujan.

    Awal infeksi tumbuh berbentuk bercak putih lalu keabu-abuan dan
    meluas kemudian daun mengering & berguguran, dampak terparah ketika menyerang diwaktu pembuahaan.

    Memang tidak begitu berbahaya namun jika tidak segera ditangani
    baik secara mekanik & kimia akan berdampak negatif terhadap
    pertumbuhan pohon terutama pada saat pembuahan karena akan menyebabkan pada bunga rontok. Buah yang terjangkit jamur ini permukaanya akan diselimuti bercak putih dan tidak akan matang sempurna.

    Dua hal yang harus dilakukan yaitu penanganan secara mekanik dengan cara membuang semua daun yang terinfeksi dan kemudian dibuang jauh dari area pohon atau dibakar.

    Jika pohon sudah terinfeksi berat terpaksa harus penanganan kimia disemprot rutin.1 minggu 1x, bisa aplikasi “Fungisida Amistartop, Dithane atau Antrol” Dosis 4 gram/mili per liter air.

    Lihat video lengkapnya di youtube -> disini

    TMaGroup.

  • 3 Destinasi Wisata Kebun Anggur

    Nah mungpung sebentar lagi tahun baru dan bagi warga TMA yang berniat menghabiskan liburan dikebun anggur, daftar dibawah ini bisa dimasukan agenda target wisata. Tapi jangan lupa jika pulang bawa cutting ya :D.

    1. France

    Data terakhir versi United States Department of Agriculture bahwa Prancis termasuk 10 besar negara penghasil anggur dunia dan disana terdapat sedikitnya 110.000 vineyard (perkebunan anggur) seluas 920.000 hektar yang tersebar di seluruh wilayah.

    Bukan hanya itu, kebun anggur di francis juga menawarkan destinasi wisata untuk penikmat dan pecinta anggur, sebut saja “Les Sources des Caudalies” kawasan yang terletak di kota Bordeaux menyuguhkan pemandangan kebun anggur yang luar biasa, diarea seluas 56 hektar ini, Om/Tante bisa bebas menghabiskan liburan sepuasnya.

    Jangan khawatir tidak mendapatkan pelayanan memuaskan karna disana sudah disediakan hotel paling mewah dan terbaik di Eropa versi majalah Condé Naste Traveller. Penasaran lihat detail

    2. Afrika Selatan

    Afrika selatan termasuk daftar no urut 9 penghasil anggur dunia tahun 2016, jadi tidak heran jika disana banyak destinasi wisata anggur yang disuguhkan untuk memanjakan para pecinta anggur.

    Contohnya penginapan atau kebun anggur Franschoek Pass villa yang terletak dilembah Franschoek Pass. Tempat ini akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya dengan pemandangan kebun anggur sekaligus salah satu lembah Afrika yang paling spektakuler!. Disini Om/Tante bisa menghabiskan liburan hanya sekedar berjalan-jalan, main golf atau renang dengan panorama alam indah dan menakjubkan. Supaya tidak penasaran kunjungi situs resminya

    3. Australia

    Jika berlibur ke France atau afrika selatan terlalu jauh :D coba dengan destinasi wisata yang lebih dekat, yeah Kita bisa mencoba berlibur ke Australia.

    Kawasan wisata yang Terletak diatas bukit dengan pemandangan ribuan hektar kebun anggur yang subur dirancang dalam gaya kontemporer dengan menyediakan hotel mewah yang memiliki restoran terbaik yang ada di Australia menjadikan target wisata populer. yaitu”the Louise Hotel is at the heart of the Barossa wine country.” visit here

    Tambahkan destinasi wisata terbaik menurut kalian dikomentar.

    TMAGROUP

  • Laporan Dompet TMA (Desember 2017)

    Selain misi dalam mengajak semua member untuk selalu giat dan semangat dalam menanam anggur, TMA-GROUP berencana mencanangkan program santunan jompo, anak yatim dan piatu yang dananya akan dikumpulkan dari hasil donasi, penjualan dan lelang bibit amal. Kemudian setelah terkumpul dan mencapai angka yang pantas akan disalurkan melalui ketua korda/provinsi masing-masing yang telah ditunjuk dan disepakati.

    Info saldo dompet TMA-GROUP bulan desember 2017.

    KET: PENGAMBILAN DANA GRAFTING (SISA DANA PENDAFTARAN DARI MASING2 KORDA YANG DISIMPAN DALAM REKENING DOMPET TMA) YANG KEMUDIAN DIANGGARKAN BUAT PIALA SEBESAR Rp 200.000 & Hadiah Rp.500.000. UNTUK KEKURANGANYA SUDAH DITUTUP SAMA PANITIA LOMBA.

    Info saldo sebelumnya disini

    DAFTAR PENGURUS:

    -> Kang Yadi (Admin)
    -> Romi Ardiansyah (Admin)
    -> Raspo (Admin)
    -> Rawnaa Na (Admin)
    -> Yuliastuti (Bendahara)
    -> Hasan (Admin)
    -> Bayu W Giri (Admin)
    -> Hen Bobon (Admin)
    -> Ecko (Modrator)
    -> Noory Ali (Moderator)
    -> Windy (Modrator)
    -> Ahmad Syafei (Modrator)

    Rekening A/N Yuli Widi Hastuti (BRI No.6912-01-025971-53-8)
    Link via group facebook disini

    Mari Kita menanam & beramal.
    TMA-GROUP

Leave a Reply