Optimalisasi Warna Buah Anggur

Ethephon adalah seyawa 2-chloroethyl phosphonic acid yang jika diaplikasikan akan berpengaruh terhadap pematangan buah dan pengaturan warna. Berdasarkan beberapa hasil penelitian ternyata pemberian atau pemakaian Ethephon memang dapat meningkatkan kemasakan yang seragam pada buah anggur dengan catatan keberhasilan dipengaruhi oleh konsentrasi, cara penggunaan,dan varietasnya.

[su_custom_gallery source="media: 4219" limit="100" link="lightbox" width="150" height="150" title="never"]

Konsentrasi yang direkomendasikan hasil penelitian dimaroco pada percobaan beberapa kultivar anggur di dua perkebunan komersial adalah berkisar 100 sampai 960 ppm dengan efek dan hasil berbeda. Seperti aplikasi ketika masa veraison dengan konsentrasi 300 ppm untuk jenis thompson seedless, cardinal dan red flame dan 500 ppm untuk jenis beauty seedless cendrung meningkatkan berat buah, level brix dan pematangan serempak yang cukup signifikan

Efek dari konsentrasi ethephonn terlalu tinggi dapat enyebabkan warna anggur kusam dan kerusakan apikal meristem. Tentunya  juga karna termasuk bahan kimia jadi akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan jika kurang bijaksana dalam penggunaanya.

Berikut artikel pdf download dibawah.

Link-1

Link-2

TMAGROUP

  • Analisa Usaha Budidaya Anggur
    Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
    Let’s Go Together
     
    #Pendahuluan:
     
    Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
     
    Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
     
    Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
     
    Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
     
    Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
     
    Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
     
    #Kondisi_Alam:
     
    Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
     
    Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
     
    Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
     
    Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
     
    Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
     
    Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
     
    #Tujuan:
     
    Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
     
    – Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
     
    – Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
     
    – Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
     
    – Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
     
    – Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
     
    – Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
    NEXT….
     
    -> KOMPONEN:
    -> METODE PENERAPAN:
    -> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
     
    TMAGROUP
  • Media Tanam Anggur Terbaik

    Media tanam anggur terbaik (versi TMA)

    Artikel ini sebenarnya sudah ada dalam artikel Tips Pembibitan Anggur hanya sedikit perapihan dan modifikasi supaya lebih spesifik.

    Baca juga 3 Cara Kreatif Menanam Anggur

    Dalam Memilih dan menentukan struktur tanah sebagai media tanam sangatlah penting, mengingat bahwa proses pertumbuhan akar suatu tanaman merupakan cermin dari akar sehat dalam memberikan hasil maksimal.

    Media tanam senantiasa disesuaikan dengan karakteristik jenis tanamanya, media padat atau terlalu poros sering sekali menjadi faktor penyebab tanaman anggur kita tidak dapat tumbuh dengan baik. Ya, permasalahan serius akan berdampak pada tanaman anggur Kita stagnan ataupun busuk akar. Memang banyak alasan, namun secara umum yang menjadi pemicu tersebut biasanya dari media tanam yang kita gunakan.

    Nah, untuk itu dalam membuat/mencampur komposisi bahan-bahan yang akan kita jadikan media sebaiknya menjadi bahan pertimbangan terutama untuk media tabulampot dan polybag. Bagi kawan-kawan bisa mencoba resep berikut sesuai pengalaman pribadi, siapa tahu cocok dan berhasil.

    METAN (Media tanam) pilihan:

    1. Tanah gembur (Om/tante bisa mengambilnya dari daerah yang banyak ditanami bamboo/jagung atau tanah bekas ditumbuhin tanaman berakar serabut seperti bekas menanam bawang, cabe, kentang dll.
    2. Kompos / Bokashi (pupuk kandang terfermentasi)
    3. Arang sekam
    4. Cocopeat atau sabut kelapa yang dihaluskan
    5. dolomit / kapur pertanian secukupnya
    6. Pupuk kandang terfrementasi
    7. Tambkan NPK 16:16:16

    perbandinga tanah2 : kompos2: arang sekam1: cocopeat1: pukan1:
    Aduk semua media dan simpan selama -+2 minggu baru siap digunakan.

    TMAGROUP

  • 3 Alasan mengapa anggur disukai banyak orang

    Inilah rangkuman hasil survey melalui warga TMA

    1. Dari segi vertikultura
    Bukan hanya buahnya yang lezat kita santap, anggur juga memiliki keistimewaan dan daya tarik tersendiri yang begitu mempesona. Variasi bentuk yang indah & eksotis merupakan salah satu daya pikat yang membuat klepek2. Sebagai pengANGGURan kita selalu mengkreasikan berbagai cara untuk membuat anggur yang kita tanam terlihat menggoda dan mendapatkan hasil yang sempurna.

    Mulai dari tempat menanam, media rambatan dll semua kita siapkan yang terbaik, kita atur sedemikian rupa supaya indah dan elok dipandang. Jika suatu saat tiba-tiba layu paniknya bukan main, tanya sana sini, keluarkan semua alat, obat dan vitamin, tanya kawan,tanya google, kunjungi TMA, makan tak enak, ngopi pun pahit rasanya :D.

    Itulah cara kita memperhatikannya, pagi ditatap, siang ditengok, malam pun tak luput dari menatap indahnya dedaunan dan buah bergelantungan “untung tak berulat”. Hanya satu kata terlontar’akan ku tetap menjaga dikau seumur hidup’

    2. Dari segi Farmakologi.
    Ya, nilai kandungan gizi yang terkadung dalam anggur sudah tidak kita ragukan lagi banyak manfaat yang bisa kita ambil bagi kesehatan maupun pengobatan alami, sudah banyak penelitian ilmiyah yang bisa kita jadikan rujukan, sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara proporsional sesuai butuhan, apalagi jika hasil menanam sendiri akan terasa nganuuu banget.

    3. Dari segi spiritual.
    Bagi orang Islam khususnya, memakmurkan bumi dan memanfaatkan lahan supaya produktif dengan cara bercocok tanam merupakan anjuran dan perintah yang senantiasa diperhatikan dengan baik.

    Anjuran yang tertera dalam pedoman kitab suci Al-Quran & Al-Hadist untuk menanam tanaman yang berumur panjang supaya bisa dimanfaatkan semasa hidupnya dan bagi orang-orang setelahnya adalah investasi jangka panjang bagi seorang muslim.

    Sejalan dengan itu, Anggur sudah memenuhi kriteria pohon berumur untuk dijadikan pilihan investasi akhirat. Ya, tidak salah lagi anggur salah satu pilihan tepat apalagi sudah jelas tertera dalam Al-Quran.

    Satu kata “Rugi bagi yang belum menenamnya” :D

    Bagaimana menurut Anda ?

  • Selfie Terkece dan Terkeren versi TMA

    Setelah ditutupnya lomba selfie terkece versi TMA minggu kemarin yang hasil pilihan panitia tungal ‘Om Mas Ben menjagokan Tant Dewi Septiana Sulira sebagai urutan pertama.

    Karna Momen seperti ini mungkin sulit untuk diulangi lagi, maka Panitia berinisiaif mendokumentasikan karna bisa dibilang cukup spesial dan merupakan lomba selfie perdana yang diselenggarakan.

    Nah yuk bagi kita yang belum lihat bagaimana photo-photo kece dan kerenya mereka :D, lihat satu2. Klik untuk zoom gambar

    Gambar lagi diperbaiki.

Leave a Reply