Penanganan “Jamur Powdery Mildew/Embun Tepung ” pada tanaman anggur

Embun Tepung (Powdery Mildew) adalah jamur fungus
(Micrsphaera diffusa) yang sering sekali menyerang tanaman

anggur. Jamur ini mudah menyebar dilokasi lembab dengan sirkulasi udara buruk terutama pada musim hujan.

Awal infeksi tumbuh berbentuk bercak putih lalu keabu-abuan dan
meluas kemudian daun mengering & berguguran, dampak terparah ketika menyerang diwaktu pembuahaan.

Memang tidak begitu berbahaya namun jika tidak segera ditangani
baik secara mekanik & kimia akan berdampak negatif terhadap
pertumbuhan pohon terutama pada saat pembuahan karena akan menyebabkan pada bunga rontok. Buah yang terjangkit jamur ini permukaanya akan diselimuti bercak putih dan tidak akan matang sempurna.

Dua hal yang harus dilakukan yaitu penanganan secara mekanik dengan cara membuang semua daun yang terinfeksi dan kemudian dibuang jauh dari area pohon atau dibakar.

Jika pohon sudah terinfeksi berat terpaksa harus penanganan kimia disemprot rutin.1 minggu 1x, bisa aplikasi “Fungisida Amistartop, Dithane atau Antrol” Dosis 4 gram/mili per liter air.

Lihat video lengkapnya di youtube -> disini

TMaGroup.

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Black Panther
    Jenis anggur Black Panther udah adaptasi dan berhasil dibuahkan dinegri kita, jenis asal ukraina ini direlease pada tahun 2005 hasil persilangan silang AIA 1 x Harapan EPA + Valek yang melahirkan nama Black Panther dengan warna buah hitam dengan bentuk oval mampu menghasilkan ukuran buah relatif besar mencapai 25-35mm, dengan tingkat resistensi terhadap jamur cukup baik dan tahan terhadap suhu exstrim  dingin. Mari kita bandingkan deskripsi diatas dengan hasil percobaan kawan kita dibawah ini: Nama Varietas: Black Panther
    – Country of origin: ukraine – Masa Pematangan buah: 100hsp – Ujicoba Penanaman mdpl: 85mdpl – Bentuk buah: oval – Rasa: manis – Warna: hitam – Brix: 17-19 – Seedless atau seeded: seeded – Resistance terhadap jamur, air, hama: sedang – GA3 treatment: no – Tingkat adaptasi: bagus – Perlakuan Teknik pruning: spur pruning – Dormex treatment: no
    Sekali lagi perlu diketahui bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan dengan tujuan supaya menjadi bahan informasi bahwa hampir 100% varietas yang berhasil berbuah  sudah mirip dengan yang dihasilkan negara aslinya. Adapun untuk mengembangkan dan memaksimalkanya,  Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.
  • Tips dan Cara Pembibitan Anggur
    Pengadaan benih terbaik direkomendasikan secara vegetatif yaitu perbanyakan stek/cutting dengan panjang standar sekitar 25 cm (3 ruas mata tunas), berwarna coklat matang, berdiameter 1 cm (pensil) yang diambil dari pohon induk berumur di atas satu tahun. Metode pembibitan dilakukan dengan cara mencelupkan bagian bawah stek kedalam zat perangsang tumbuh (Rooting Up) kemudian disemai dalam polybag hitam berukuran 30 yang diletakan didalam green house selama enam bulan dan bibit siap dipindahkan kelapangan.
    1. Persiapan metan:  Tanah gembur/berpasir  Sekam bakar  NPK  Dolomit  Pupuk kandang terfrementasi  Polybag warna hitam  Perbandingan Tanah 2: Sekam1: Pukam1: npk 1 sendok teh: puradan 1 sendok teh (untuk setiap polybag)
    2. Aduk semua media tanam dan sementara simpan selama minimal 1 minggu sebelum cutting ditancapkan.
    3. Setelah cutting ditanam sebaiknya ditempatkan ditempat yang terkena matahari tidak langsung/ terhalang plastik dengan tetap memperhatikan sirkulasi udarasupaya tunas yang sprout selalu sehat. Hindari penanaman cutting ditempat teduh atau bahkan tidak terjangkau sinar matahari karna akan mengundang jamur & tunas tidak sehat dan cepat layu.
    4. Penyiraman bisa dikondisikan dengan suhu setempat. Untuk anggur tidak mesti disiram setiap hari karna kalau terlalu becek akan berakibat akar busuk dan tunas layu, cukup masukan telunjuk kedalam polybag kalau masih terasa lembab tidak mesti disiram. Yang saya lakukan idealnya 3x1minggu dimusim hujan.
    5. Penyemprotan insektisida pembasmi hama juga harus diperhatikan sebelum terserang meskipun dalam ruangan semut/serangga pemakan daun selalu ada.
    6. Nutrisi daun bisa disemprotkan setelah cuting tumbuh daun beberapa helai. Bisa menggunakan POC atau apa saja yang terpenting ada asupan zat/unsur nutrisi yang dibutuhkan.
    7. Pemberian NPK bisa dilakukan 3 minggu 1x (1 sendok teh disetiap bagian pinggir polybag).
    8. Setelah umur bibit minimal 6 bulan bisa dipindahkan ketempat yang lebih besar atau ditanam ditanah langsung.

    TMA
  • Tips & Rahasiah Menyemai Biji Anggur
    1. Rendam biji anggur selama 3 hari 3 malam supaya cangkang terkelupas dan biji agak melunak. 2. Pilih biji anggur yg bener tenggelam untuk disemai, biji yg mengapung di buang karna kurang baik. 3. Setelah proses pengangkatan, biji siap disemai dimedia cocopeat. Supaya mudah ketika pemisahan, usahakan disemai satu2 diwadah yang berbeda. 4. Kemudian semaian anggur simpan  ditempat teduh tapi tetap memperhatikan sirkulasi udara. 5. Penyiraman selama proses penyemaian cukup 3 kali dalam 1 minggu. 6. Untuk hasil yang baik biasanya biji anggur akan mulai berkecambah mulai 1 minggu pasca penyemaian. 7. Setelah keluar daun beberapa helai, usahakan dikenalkan sinar matahari pagi supaya sehat. 8. Kemudian setelah benyak tumbuh daun dan mulai tinggi , bibit siap dipindahkan ketempat yang lebih besar. (hati-hati ketika proses pemindahan jangan sampai melukai akar, usahakan kebawa sama media semai cocopeat) Lebih lanjut mengenai cara penyemaian biji anggur bisa berdiskusi dilink berikut -> kunjungi Selamat mencoba semoga sukses. TMAGROUP
  • Catatan & Spesifikasi Anggur Viking
    Anggur Jenis viking hasil persilangan Vostorg Krasnyj x Kodrianka. Dengan bentuk buah menarik, rasa manis dan cripsy, viking diantara jenis anggur yang wajib dimiliki setiap pengANGURAan :D. Deskripsi:
    – Nama Varietas: VIKING/ВИКИНГ – Country of origin: Ukraina – Hasil Persilangan: Vostorg Krasnyj x Kodrianka – Masa Pematangan buah: Early (100-11O days) – Bentuk buah: oval – Rasa: manis – Diameter Buah: (22 x 34 mm) – Warna: Hitam – Aroma: Harmonious – Kulit Buah: Tipis dengan daging padat – Berat Tandan: 500-700 g, up to 1 kg – Berat Butiran: 8-13 g – seeded: Berbiji – Resistance: mildew 3.5-4 points, to oidium – 3 points. – Frost resistance: -21 ° C; – Pollination Requirements: This Grape is (bisexual) – Jenis Rootstock:No – Dormex pasca pruning: no – Tingkat adaptasi: Baik – Teknik pruning: cane and spur
    Deskripsi diatas adalah hasil terjemahan dari situs саженец, jika ada kekeliruan ataupun yang perlu  ditambahkan silahkan masukan dikolom komentar.

Leave a Reply