Peserta LGT-1 November

Berikut daftar peserta lomba LGT-1 yang masih bertahan sampai batas waktu penutupan bulan desember.

Total peserta tersisa 14 orang

[table id=4 /]

Klik untuk memperbesar gambar.

[su_custom_gallery source="media: 3407,3408,3409,3410,3411,3412,3413,3414,3415,3416,3417,3418,3419,3420" limit="24" link="lightbox" width="50" height="50" title="never"]

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Queen Nina

    Catatan Tentang Anggur Queen Nina

    Queen Nina adalah varietas anggur yang direlease pada tahun 1992 oleh National Agriculture and Food Research Organization, Institute of Fruit Tree Science, Akitsu (NIFTS) Jepang. Awal percobaan masal yang diuji di 36 lokasi pada tahun 2010-2004 yang kemudian pada tahun 2009 mendapat SK pelepasan sebagai anggur pilihan dan rekomendasi dengan daftar No. 20733 dibawah pengawasan ‘The Plant Variety and Seedling Act of Japan’

    Queen Nina hasil persilangan Akitsu-20 X Aki Queen’ yang mana Akitsu-20 sendiri adalah anggur hibryd hasil silang ‘Benizuiho’ × ‘Hakuho’. Buah dengan ukuran cukup besar Ini memiliki rasa manis, renyah, warna kulit merah, butiran buah mencapai 15 sampai 20 g dengan tingkat konsentrasi keasaman sangat rendah. Meskipun pada awalnya tergolong seedeed ‘berbiji namun berhasil dikonversi menjadi seedless dengan aplikasi GA3 pada stage full bloom + 15 hari dan hasil setelahnya menjadi varietas unggulan seedless.

    Pematangan pada akhir Agustus sampai awal September di Akitsu sekitar 4-7 hari lebih dini dari jenis Kyoho dan Pione. Ketahanan terhadap cuaca exstrim dingin diperkirakan cukup kuat daripada ‘Kyoho’, dan terkait perlakuan penjarangan Kluster bunga sangat direkomendasikan untuk mendapatkan kluster yang menarik selayaknya kultivar komersial lainya di Jepang.

    Deskripsi:

    – Prime name: QUEEN NINA (4N)
    – Color of berry skin: ROUGE
    – Variety number VIVC: 24056
    – Country of origin of the variety: JAPAN
    – Location of publication : Tsukuba
    – Species : VITIS INTERSPECIFIC CROSSING
    – Pedigree as given by breeder/bibliography: AKITSU 20 X AKI QUEEN
    – Prime name of parent 1: AKITSU 20 (4N)
    – Prime name of parent 2: AKI QUEEN (4N)
    – Year of crossing: 1992

    Mari kita lihat Deskripsi (made in indonesia)

    by: Om Handika Permana
    – Nama Varietas: QUEEN NINA
    – Country of origin:jepang
    – Masa Pematangan buah:100hsp
    – Ujicoba Penanaman mdpl: kurleb 80
    – Bentuk buah:bulat-oval
    – Rasa:manis
    – Warna:merah
    – Aroma:_
    – Brix:16-20
    – Seedless atau seeded:seeded
    – Resistance thdap jamur, air, hama:cukup tahan jamur
    – GA3 treatment:no
    – Tingkat adaptasi:bagus
    – Perlakuan Teknik pruning: sekedar potes
    – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga :
    – Dormex treatment:no
    – Berat buah 7,9-10gr

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • Hama & Penyakit Tanaman Anggur

    Sahabat TMA yang baik hati & tidak sombong :D. Semoga beneran.Amin

    Dalam budidaya tanaman tidak terkecuali anggur, pasti Kita dihadapkan dengan berbagai kendala entah serangan hama atau infeksi penyakit yang kadang sulit mencari sulusinya. Liku perjuangan dari mulai menanam cutting/stek tidak sedikit menyita pikiran dan tenaga. Tapi tetap semangat dan berdoa meski hasilnya kadang keluar dari jalur yang diinginkan.

    Edisi kali ini Kita akan sedikit mengenal beberapa penyakit dan hama yang menjadi musuh bubuyutan tanaman anggur.

    Sebelumnya seperti biasa siapkan alat perang, eh tulis, kopi pahit, padud, terutama cemilan jangan terlewatkan :D.

    Back to point…

    • HAMA

    1. Phylloxera Vitifolia
    Hama ini menyerang tanaman anggur di semua umur baik tanaman yang masih bibit maupun yang sudah tua, dan akibat yang ditimbulkannya adalah kering dan mati. Infeksi bagian tanaman yang diserang adalah daun dan akar tanaman secara langsung. Gejala umum yaitu daun terbentuk bisul-bisul kecil sedangkan akar tanamannya membengkak seperti kutil. Letak hama Phylloxera Vitifolia menetap di bawah kulit batang yang terkelupas dan dalam jaringan akar.

    2. Kumbang Apogonia destructor
    Berbentuk kumbang kecil dan warnanya hitam mengkilat. Bagian yang diserang adalah daun anggur saat waktu malam hari dan karakteristik kumbang Apogonia destructor adalah mudah tertarik oleh sinar lampu.

    3. Wereng Daun
    Akibat yang ditimbulkan dari serangan wereng ini adalah menyebabkan daun anggur berbintik putih, kemudian menjadi kuning coklat kemudian gugur.

    4. Kutu Putih
    Akibat yang terlihat dari serangan kutu putih ini adalah dapat menyebabkan pucuk/tunas menjadi kerdil.

    5. Ulat Daun
    Sesuai dengan namanya bagian yang diserang adalah bagian daun yang menjadikan daun anggur sebagai makanannya.

    6. Rayap
    Akibat yang terlihat jika serangan rayap datang saat menggerogoti akar tanaman yang masih muda sehingga membuat jadi layu yang akhirnya akhirnya mati.

    Penanggulangan yaitu dengan menyemprotkan insektisida pada bagian yang terkena hama yang dilakukan secara rutin. Tanya tukang obat :D ‘ sesuai hama yang mau dibasmi.

    • PENYAKIT

    A. (Die-back) adalah terjadinya kematian ranting atau cabang pada tanaman anggur dari bagian ujung atas kemudian meluas kebagian bawah akibat serangan patogen tanaman “Eutypa armeniacae” yang mengakibatkan terjadinya perubahan seperti pada bentuk cabang, ukuran, warna, tekstur dan kwalitas buah. Juga merupakan akibat kandungan air dalam tanah yang tinggi dan miskin unsur Cu (logam)

    Gejala:

    • Terjadi perubahan bentuk dan warna cabang/ranting tidak normal disebabkan etioplas (kurangnya cahaya sinar matahari)mulanya ditandai dengan munculnya getah berwarna kuning mengkilap diujung cabang kemudian keropos, mengering.
    • Curl/keriting, menguning dan kerdil dibagian daun dari cabang yang terinfeksi.
    • Pertumbuhan cabang pembuahan tidak sempurna dan mengakibatkan bunga berguguran atau buah tidak matang dan kurang berkwalitas.

    B. Lichen/lumut kerak sebagai dua organisme komposit yang terdiri dari alga biru/hijau dengan jamur jenis Ascomycotina atau Basidiomycotina yang bisa kita temukan pada kulit, cabang/ ranting pohon anggur,terutama sering terjadi dibeberapa lingkungan yang memiliki cuaca panas extrim,tidak terkecuali Indonesia kalau datang musim kemarau bisa mudah terinfeksi.

    C. Downy Mildew (Jamur)
    Gejalanya fisik yang kelihatan adalah daun kelihatan kuning, di bagian bawah terlihat ada tepung warna putih-kuning. Daun, bunga maupun tandan muda bisa mati bila terkena penyakit ini terutama saat musim penghujan atau kelembaban yang tinggi.

    D. Powdery Mildew

    Gejala fisik yang terlihat adalah pada permukaan daun terdapat bedak tipis putih kelabu. Bagian yang diserang pada tanaman anggur adalah bagian pucuk, bunga dan buah muda bahkan dapat merusak ranting sehingga jadi kerdil dan rusak.

    E. Penyakit busuk hitam

    Akibat yang ditimbulkan dari penyakit busuk hitam ini adalah buah anggur menjadi keriput, busuk dan gugur.

    F. Phakospora Vitis
    Ciri fisik yang terlihat adalah daun bagian bawah tertutup tepung berwarna orange (massa sporanya).

    G. Peronospora

    Bagian yang diserang adalah bagian daun anggur. Jika keadaan udara terlalu lembab, maka jamur ini menyerang daun anggur dan dapat dikenali karena spora berwarna kuning di bawah daun.

    Penanggulangan penyakit secara mekanis dan kimia

    • Menata dan merapihkan ranting tanaman anggur dengan selalu diikat pada kawat rambatan.
    • Menjaga kelembaban sekitar tanaman anggur
    • Membuang ranting tidak produktif dan ranting terinfeksi yang kemudian membakarnya diluar area perkebunan.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif tembaga oksiklorida, (28,5%) /100 liter air dengan jarak semprot 250cm dari tanaman.
    • Penyemprotan fungisida dengan bahan aktif tembaga hidroksida 250 g / 100 liter air.
    • Penyemprotan pestisida dengan bahan aktif Tembaga oksi sulfat (10%) atau belerang dengan kadar 125 g/100liter air.
    • Selalu menjaga kadar air tanah jangan sampai perakaran tanaman anggur tergenang air.
    • Menambahkan sedikit pupuk berunsur Cu (logam) bertujuan untuk pembentukan enzim-enzim dan pemulihan hijau daun (khlorofil)

    Sumber artikel: Kumpulan hasil searcing Mbah Google.

    TMA-Group

     

  • Media Tanam Anggur Terbaik

    Media tanam anggur terbaik (versi TMA)

    Artikel ini sebenarnya sudah ada dalam artikel Tips Pembibitan Anggur hanya sedikit perapihan dan modifikasi supaya lebih spesifik.

    Baca juga 3 Cara Kreatif Menanam Anggur

    Dalam Memilih dan menentukan struktur tanah sebagai media tanam sangatlah penting, mengingat bahwa proses pertumbuhan akar suatu tanaman merupakan cermin dari akar sehat dalam memberikan hasil maksimal.

    Media tanam senantiasa disesuaikan dengan karakteristik jenis tanamanya, media padat atau terlalu poros sering sekali menjadi faktor penyebab tanaman anggur kita tidak dapat tumbuh dengan baik. Ya, permasalahan serius akan berdampak pada tanaman anggur Kita stagnan ataupun busuk akar. Memang banyak alasan, namun secara umum yang menjadi pemicu tersebut biasanya dari media tanam yang kita gunakan.

    Nah, untuk itu dalam membuat/mencampur komposisi bahan-bahan yang akan kita jadikan media sebaiknya menjadi bahan pertimbangan terutama untuk media tabulampot dan polybag. Bagi kawan-kawan bisa mencoba resep berikut sesuai pengalaman pribadi, siapa tahu cocok dan berhasil.

    METAN (Media tanam) pilihan:

    1. Tanah gembur (Om/tante bisa mengambilnya dari daerah yang banyak ditanami bamboo/jagung atau tanah bekas ditumbuhin tanaman berakar serabut seperti bekas menanam bawang, cabe, kentang dll.
    2. Kompos / Bokashi (pupuk kandang terfermentasi)
    3. Arang sekam
    4. Cocopeat atau sabut kelapa yang dihaluskan
    5. dolomit / kapur pertanian secukupnya
    6. Pupuk kandang terfrementasi
    7. Tambkan NPK 16:16:16

    perbandinga tanah2 : kompos2: arang sekam1: cocopeat1: pukan1:
    Aduk semua media dan simpan selama -+2 minggu baru siap digunakan.

    TMAGROUP

  • Pengunguman Hasil Lomba Grafting Anggur Antar Korda
    PENGUNGUMAN
    Berdasarkan hasil kegiatan lomba grafting antar korda dengan menggunakan media cutting (Hardwood Vs Hardwood) dan scion jenis giovani, berikut panitia sampaikan pengunguman pemenang juara -1.
     
    KRITERIA JUARA.
    1. Prioritas bagi yang ke-10 grafting hidup, jika tidak ada akan diambil terbanyak.
    2. Berdasarkan tinggi bibit
    3. Berdaun paling banyak/rimbun.
     
    HADIAH.
    1. Uang tunai senilai Rp. 500.000
    2. Piala
     
    Setelah melihat ketentuan yang tertera dalam peraturan lomba diatas. untuk kreiteria point 1 semua korda gugur karna tidak ada yang mencapai batas 10 bibit yang hidup, untuk point 2&3 korda NGAPAK & PALEMBANG masuk kriteria.
     
    Hasil akhir panitia putuskan bahwa juara lomba grafting diraih oleh korda #PALEMBANG dengan bibit berhasil hidup 2 dan berdaun paling banyak dan subur.
     
    Kewajiban pemenang yang harus dipenuhi:
    1. Kirim alamat kumplit untuk pengiriman piala.
    2. Kirim no rekening untuk transfer dana.
    3. Dokumentasi silaturahmi antar anggota korda dalam berbentuk video.
    4. File bisa dikirim melalui FB saya atau google drive.
     
    Demikian hasil keputusan panitia dan semoga dengan diselenggarakanya lomba ini akan lebih menambah semangat dalam menyebarkan anggur.
     
    #Tunggu lomba selanjutnya yang akan segera direlease.
     
    Terimakasih.
    TTD
    Panitia Lomba

Leave a Reply