Revisi Free Market (TMA)

Revisi Free Market (TMA)
====================
Mohon dibaca dengan baik.

Berawal dari banyaknya member yang mengajukan diri untuk berpartisipasi menjadi seller dan kemudian TMA masih belum bisa menerimanya mengingat banyak syarat yang belum terpenuhi sebagaimana ketentuan.

Namun disisi lain, TMA juga tidak ingin menutup jalan rezeki seseorang dan dirasa kurang fair jika ada kesan pilih kasih. Maka dari itu TMA membuat kebijakan baru untuk peraturan #FREE_MARKET dan semoga menjadi jalan penengah supaya lebih nyaman bagi semua pihak.

Berikut revisi peraturan FM untuk acuan kedepan:

#Ketentuan
==========
1: Free market adalah program bulanan yang diadakan setiap satu minggu diawal bulan pertama dibawah pengawasan komunitas group. FM merupakan solusi bagi setiap warga yang berkeinginan mempromosikan lapaknya dari mulai bibit anggur, alat pertanian dan pupuk.

Peraturan free market secara spesifik diatur dalam point berikut:

#a: Pelapak menggunakan akun asli dengan nama manusia bukan tumbuhan, hewan atau sejenisnya. FM akan menolak akun yang diluar ketentuan.

#b: Pelapak adalah member aktif digroup, bukan yang muncul tiba-tiba ketika FM berjalan.

#c: Pelapak selain seller TMA hanya sebatas promosi dijadwal FM, jika dalam komentar diluar jadwal FM terdeteksi promosi akan dibanned.

#d: Produk/Item yang dijual berupa peralatan tani, pupuk, obat pertanian, bibit anggur berupa cutting, bibit hidup hasil grafting, hasil cutting, cangkok atau bahkan dongkelan.

#e: Hanya promosi bulanan dengan batas waktu promosi -+1 minggu (Produk ditawarkan dikolom yang akan disediakan setiap tanggal 1)

#f: Wajib mencantumkan harga, deskripsi dan pendukung lainya jika diperlukan.

#g: Wajib matermark photo produk dengan nama free market

#h: Setiap pelaku yang berpartisipasi dalam program free market wajib bertanggung jawab atas keaslian dan kwalitas produk yang dijual sesuai spesifikasi yang ditawarkan.

#i: Terkait sumber bibit yang diperjual belikan dikomunitas, baik berasal dari menanam sendiri, reseller, import sendiri dan lainya adalah diluar pengetahuan dan tanggung jawab group.

#Persyaratan Bibit
===============
#a: Untuk kategory bibit hidup asal grafting, minimal umur 2,5 bulan HSS (hari setelah sambung)

#b: Untuk kategory bibit hidup asal cutting ,minimal umur 4 bulan & akar sdh keluar dr polybag.

#c: Untuk category bibit bareroot (cabutan) minimal umur 6 bulan dan akar sudah gondrong.

#d: Untuk kategory cutting, minimal 3 bud dengan diameter pensil & sudah berkayu. Wajib treatment pungsida & rooting up dan didistribusikan maksimal 2 hsp atau sebelum FM ditutup.

#e: Untuk category bibit cangkok tidak diperbolehkan FC (masih fresh). Wajib sudah disimpan terlebih dahulu minimal 2 bulan dan sudah berdaun baru.

#Harga
======
a: Bibit anggur

Pada dasarnya TMA tidak berhak untuk mengatur dan menentukan harga bibit karena itu merupakan hak seller dimedia manapun promosi termasuk TMA. Namun dalam hal ini group bertanggung jawab mengatur urusan internal supaya tertib dan teratur. TMA sendiri disamping kordinasi dengan berbagai seller terkait , akan terus mengikuti perkembangan harga pasar diberbagai group anggur dan media lainya.

Harga bibit anggur standar pasar yang sudah berjalan yaitu:

#Bibit category import

– Cutting Rp. 25.000
– Bibit asal grafting Rp. 125.000
– Bibit hidup asal cutting Rp. 125.000
– Bibit bareroot (cabutan) Rp. 150.000
– Bibit hidup asal cangkok Rp. 150.000
– Bibit asal dongkelan belum ada ketentuan karna masih jarang.

#Bibit category lokal

– Cutting Rp. 10.000
– Bibit hidup asal cutting Rp. 45.000
– Bibit bareroot (cabutan) Rp. 125.000
– Bibit hidup asal cangkok Rp. 100.000
– Bibit asal dongkelan Rp. 250.000

b: Non bibit
Harga produk non bibit tidak diatur dalan ketentuan FM, silahkan diajukan harga terbaiknya.
Harga diatas adalah harga minimal yang wajib tercantum dilapak FM, adapun jika ada penawaran harga khusus via inbox, itu urusan buyer dan seller.

2. Postingan FM berupa album, jadi setiap pelapak yang menawarkan produknya untuk menambahkan foto kedalam album supaya memudahkan monitoring dan tidak tercampur sama pelapak lain dalam satu komentar

3. Batas waktu free market 5 hari dimulai dari tanggal 1-5

4. TMA akan mengambil fee 5% dari total transaksi setiap pelapak yang akan dimasukan saldo DOMPET Group untuk kepentingan sosial.

5: Dana transaksi melalui rekening pengurus (Opsional) bagi pembeli yang merasa kurang yakin jika pelapak belum dikenal bisa menggunakan fasilitas ini.

#Bank BTPN Wow
Nomor: 081542975046
A.n Wibisono Bayu Giri Murti

jika memakai fasilitas rekening bersama ada tambahan biaya trex ke seller 6500 + 5% fee buat Dompet Group.

#Pelanggaran yang dilakukan diluar ketentuan diatas termasuk transaksi tidak amanah akan ditindaklanjuti dengan pemblokiran.
#Ketentuan ini berlaku untuk FM bulan juli dan selanjunya jadi Siapkan produk terbaiknya.
#Jika terjadi komplen akibat packing kurang baik atau bibit tidak sesuai yang ditawarkan, entah kesalahan varietas atau keluar dari deskripsi produk, maka pelapak wajib menggantinya 100%.

14-Juni-2018
——-
TTD
TMA GROUP

  • Manfaat Giberrelin GA3 Untuk Anggur.

    Aplikasi Giberrelin GA3 Pada Anggur.

    klik gambar untuk zoom

    Asam Gibberellic (GA3) adalah senyawa alami/hormon tanaman yang disebut gib-berellins. Ada 2 respont pasca aplikasi GA3 pada cluster yaitu:

    Respon Positif:
    a. Biasanya anggur kategory seedless (tanpa biji) memiliki ukuran diameter standar secara alami, namun setelah aplikasi gibrelin sering kali secara dramatis meningkatkan size berry. kenapa ? presumably because they partially substitute for the natural production of gibberellins from seeds.

    b. Aplikasi GA3 pertama pada waktu midbloom/timing bloom tidak hanya bisa meningkatkan ukuran berry namun pada beberapa varietas tertentu bisa mengurangi jumlah butiran buah per/cluster. Waktu optimum untuk aplikasi dalam upaya meningkatkan ukuran buah sering dilakukan pada timing berry berdiameter 4 sampai 12 mm, dengan 1 atau 2 kali semprot/celup.

    c. Aplikasi percobaan GA3 untuk varietas tanpa biji yang sebelumnya belum pernah dilakukan treatment GA3 dengan konsentrasi 40-50 ppm hasilnya cukup efektif, namun kadang hanya 25 ppm yang harus digunakan pada jenis tertentu seperti ‘venesa dan hanya 5 ppm yang dianggap optimal untuk beberapa varietas lainya.

    Respon Negatif:
    a. Aplikasi GA3 juga memiliki efek negatif pada buah anggur, pengaruh terhadap rasa buah, penuruan ketahanan pada musim dingin dan penurunan tingkat kesuburan. Jadi gunakanlah dengan bijaksana dan sesuai aturan.

    b. Regulator pertumbuhan tanaman (PGRs), seperti GA3, diklasifikasikan sebagai pestisida dan mungkin disebagian wilayah tertentu penggunaanya tidak direkomendasikan untuk anggur atau untuk kultivar tertentu.

    c. Memiliki efek pada homeostasis redoks, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel (we found that GA3 application had an effect on redox homeostasis, which could potentially cause cell damage and subsequent seed abortion.)

    Pertanyaanya adalah Kenapa cluster/tandan buah yang terlalu bergerombol sering kali bermasalah dan membuat buah tidak optimal..?

    Karna pada beberapa varietas anggur, ketika set buah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu berdesakan yang berdampak pada buah rentan membusuk dan size tidak serempak. Dengan demikian, kita sering melakukan penjarangan jumlah buah dalam 1 tandan, terutama pada categori table grape. Maka dari itu, penjarangan buah dan aplikasi asam giberelat (GA3), dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal diatas.

    Aplikasi & Dosis:

    Jumlah GA3 yang dibutuhkan untuk optimalisasi size berry tergantung pada varietas dan beberapa faktor lainnya, namun 10 sampai 60 g /H adalah termasuk tingkat dosis pada umumnya. GA3 juga dapat diterapkan 1x atau beberapa kali pada varietas tertentu.

    Waktu aplikasi sangat penting dan juga bervariasi , bagi banyak varietas, aplikasi pertama dilakukan pada awal ketika kondisi bunga mekar (Timing bloom) 50%-90%,  selanjutnya pada timing  size berry, atau ketika diameter buah mencapai sekitar 3-5 mm,6-7mm,4-5mm,8-10mm dan 12-15mm. Telat Aplikasi akan berdampak pada waktu pematangan buah terlambat dan bisa menghambat terhadap penyempurnaan set warna buah.

    Pada Anggur seeded(Berbiji) umumnya aplikasi dengan GA3 sekitar tiga minggu sebelum mekar dengan larutan yang mengandung 1 sampai 10 mg/L, hanya hasilnya akan kurang responsif terhadap perlakuan GA3 dibandingkan varietas seedless. Maka dari itu, penggunaan GA3 terhadap jenis anggur berbiji dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran/size buah tidak terlalu banyak dilakukan.

    Adapun untuk anggur seedless (Tanpa biji) pada umumnya berlaku antara 0,5 sampai 20 g / hektar dan jenis seedless lebih toleran terhadap GA3 daripada anggur seeded.

    Berikut table hasil percobaan terhadap anggur jenis  Berbiji jenis Khoyo-Red Globe-Thomson Seedless

    Karna artikel ini hasil terjemahan sealakadarnya dari beberapa sumber, jadi jika ada kesalahan terjemah yang kurang sesuai atau informasi yang terlampir kurang tepat dan tidak sama dengan referensi yang om/tante temukan diartikel berbeda, mohon dikoreksi dan diluruskan.

    NEXT Article:
    -> PGR for improving grape berry color
    -> Forchlorfenuron (CPPU), a synthetic cytokinin

    TMAGROUP

  • Catatan & Deskripsi Anggur Souvenir

    Meski jenis anggur ini masing tergolong baru masuk Indonesia beberapa tahun kebelakang, namun tidak dipungkiri sudah menyebar dan banyak dikoleksi diberbagai daerah.

    Dari hasil testimoni & pengalaman, souvenir cukup mudah berbuah dibanding dengan jenis lainya. Penampilan buahnya juga menarik, diameter standar layaknya table grape & memiliki rasa manis. Cukup eksotik untuk dikoleksi dan menghiasi pekarangan rumah Anda.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Souvenir
    Warna buah: Hitam
    Bentuk: Oval
    Rasa: manis
    Berat tandan: 300-400gram
    Diameter rata2 buah: P 22-29 mm, L 12-15 mm
    Brix: 16-20%
    Pematangan: 110-120 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor

    Ayo tunggu apalagi segera mulai menanamnya.

    Lihat videonya disini

    TMAgroup

  • Alasan Kenapa Rasa Buah Anggur Kecut

    Pada umumnya kita lebih suka memakan buah anggur dalam keadaan segar apalagi hasil petik sendiri. Namun apa jadinya jika buah anggur yang kita konsumsi rasanya asam bin kecut.

    Memang selain dikonsumsi langsung, buah anggur juga dapat diolah menjadi berbagai produk olahan yang disimpan dalam waktu relatif lama seperti kismis. Tapi itupun jika buahnya banyak melimpah :D

    Jadi mana yang Anda pilih, mengkonsumsinya dalam keadaan segar atau diolah..?

    Setiap jenis/ varietas anggur memiliki beberapa kandungan zat dan bahan berbeda-beda, asam, vitamin c, kandungan ph dll. Tiap jenis memiliki karakteristik dan tingkat kematangan beragam sehingga membuat kandungan zat didalmnya berbeda.

    Banyak Faktor-faktor yang mempengaruhi rasa dan kelezatan buah anggur diantaranya: Varietas, Iklim tempat tumbuh, Pemeliharaan, Tingkat kematangan dan waktu panen.

    Tidak semua jenis anggur memiliki ukuran buah dan rasa manis seperti yang kita harapkan. Banyak juga jenis yang rasanya didominasi kandungan asam seperti jenis anggur “Isabela dan Red master”. Tentunya hal itu dipengaruhi oleh varietasnya dan juga tingkat kematangan ketika dipetik.

    Sebenarnya Isabela & Red master jika tingkat kematanganya sudah maksimal, rasa manis dan asamnya seimbang “segar”. Hanya disayangkan masa pematanganya tidak serempak, kadang pada satu tandan memiliki tingkat kematangan berbeda, sebagian kadang masih hijau, merah dan susah agak kecoklatan.

    Jangan kecewa jika Anda terlanjur menanam varietas kedua anggur diatas, karena dari sisi lain memiliki keunggulan istimewa yaitu mudah adaptasi dan tahan pada berbagai cuaca. Jadi solusi terbaik bisa disambung dengan jenis unggulan ‘table grape’ sesuai selera.

    Begitu juga jenis varietas bagus seperti misalkan Red Globe, Souvenir, Jupiter dan jenis lainya yang sudah banyak beredar di Kita. Meski rasa manisnya dominan, namun kadang hasil penanaman didaerah a & b tingkat kadar asamnya berbeda meski dari varietas sama. Artinya banyak sekali faktor yang mempengaruhi rasa buah anggur yang kita tanam, termasuk cara pemeliharaan dan pemupukan.

    TMAgroup.

  • DAFTAR PESERTA LGT 1

    DAFTAR PESERTA LGT-1
    ===================

    1. Adji -> Update
    2. Abdul -> Update
    3. Ayu -> Update
    4. Achmad -> Update
    5. Arifin -> Update
    6. Andi -> Update
    7. Adi RACHMAN -> Update
    8. Agus Purwanto -> Update
    9. Alfa Alfaris -> diskualifikasi
    10. Arya Nareswara -> Update
    11. S Hadi -> diskualifikasi
    12. Asgar Ikamaja -> diskualifikasi
    13. sam -> Update
    14. Budiyanto -> Update
    15. Badrudin -> diskualifikasi
    16. cholis -> Update
    17. cornelia -> diskualifikasi
    18. Chandra -> Update
    19. Dadan -> Update
    20. Dodo suhanda -> Update
    21. Domex -> Update
    22. Yuyun -> update
    23. Dewi -> diskualifikasi
    24. Diny -> Update
    25. Eri Permadi -> Update
    26. Edy kusnanto -> Update
    27. Anwar -> Update
    28. Glondo Wiharto -> Update
    29. Hadian -> Update
    30. Hendry -> Update
    31. Hendri Tan -> Update
    32. Husain -> Update
    33. Haris Athok -> Update
    34. Hairul -> Update
    35. Indra -> Update
    36. Iwan Setiawan -> diskualifikasi
    37. wahyu -> Update
    38. Ina YATI -> diskualifikasi
    39. Isnaeni -> diskualifikasi
    40. IHSAN -> Update
    41. Jarwanto -> Update
    42. Khurmen -> Update
    43. liza -> Update
    44. Mara Bunta -> Update
    45. Marles -> Update
    46. Mey Ridwan -> Update
    47. Mulyadi -> Update
    48. Mustakwa -> diskualifikasi
    49. MUhsoni -> Update
    50. M aries -> Update
    51. M aslam -> kick
    52. Maulana widagdo -> update
    53. M Azhar -> Update
    54. Nurdin -> Update
    55. Nur Kholis -> diskualifikasi
    56. Nur Ali -> Update
    57. Kang puguh -> diskualifikasi
    58. Robi Obink -> diskualifikasi
    59. Rini syarif -> Update
    60. Romi Ardiansyah -> Update
    61 Rapso-kick
    62 Resnu Aldin -> diskualifikasi
    63 Rahmat -> Update
    64 M sodiq -> Update
    65 Rustaman -> Update
    66 Rosyid -> Update
    67 Rio Aditya -> Update
    68 Ridwan Thea -> Update
    69 Rizky Eka -> Update
    70 Siti Alfiyah -> Update
    71 Syamsudin -> Update
    72 Sugianto -> diskualifikasi
    73 Sigit- -> Update
    74 Suparjan- -> Update
    75. Suntoro -> diskualifikasi
    76 Setyo Wibowo -> Update
    77 Syarif Pavin -> Update
    78 Samirzon -> Update
    79 Sonny -> Update
    80 Taufik Hidayat -> Update
    81 Teguh Riyanto -> Update
    82 Tri Wahyuni -> Update
    83 Tarjo -> Update
    84 Tutut Setiyani -> diskualifikasi
    85 Uwes Hujjatul -> diskualifikasi
    86 Vitri Anggriani -> Update
    87 Wisbar -> Update
    88 Kang Yadi -> Update
    89 Yudi Hariyanto -> Update
    90 M.Ardan -> Update
    91. yuliastuti -> Update
    92. Yusa -> Update
    93. Yadi -> Update
    94. Yunus -> Update
    95. Yudhi -> Update
    96. Tutin sitianah -> Update
    97. Ahmad jauhari -> Update
    98. Uli bebek -> diskualifikasi
    99. Kang warso -> Update
    100. Lutfhi Alphonso -> Update
    101. Yudhi karawang -> update
    102. cipto -> Update
    103. Agus susanto -> Update
    104. Markus -> Update
    105. Nikki Zaen -> Update
    106. Wahid -> diskualifikasi
    107. M yusuf -> Update
    108. Arifin arzi -> diskualifikasi
    109. Dedi heryanto -> Update
    110. supri handoko -> Update
    111. dian triadi -> Update
    112. M alatsari -> Update
    113. Rini Djauhari -> Update
    114. Febriyanto -> Update
    115. Heriyansyah -> Update
    116. setiadi -> Update
    117. saiful anwar -> Update
    118. Nurmiati -> diskualifikasi
    119. Wibisini bgm -> Update
    120. Bambang dwi -> Update
    121. Arisun -> Update
    122. Aryo -> Update
    123. Eko yulianto -> Update
    124. Mansyur -> Update
    125. Agus prawijaya -> Update
    126. Ade umy -> Update
    127. Taroni -> Update
    128. Windy dw -> Update
    129. Ardiansyah -> Update
    130. Kaerudin -> Update
    131. ANANG -> diskualifikasi
    132. Sasa -> Update
    133. Ibad -> diskualifikasi
    134. I made sutarma -> Update
    135. Tini Suwartini -> Update
    136. Yusep -> Update
    137. Dyah layung -> Update
    138. Catur pamungkas -> Update
    139. Buyung kurbua -> Update
    140. Rahmad HN -> Update
    141. Muslehadi -> Update
    142. M mursyid -> Update
    143. HAEDAR IN -> diskualifikasi
    144. Dwi martawi -> Update
    145. Ridwan Effd -> Update
    146. Ludiono -> Update
    147. Tony -> Update
    148. Agus suntoro -> Update
    149. Setia bangun -> diskualifikasi
    150. Openg -> Update
    152. Tjom Kaswrin -> Update

    CATATAN:

    1. Laporan ini terhitung mulai dari kedatangan stek yang dilaprkan dikolom ID lama dan baru.
    2. Setelah laporan ini dipublikasikan, kolom update SAH selanjutnya adalah stikerbaru dan jikalau masih kosong akan dikick dari lomba part1. jadi silahkan kalau
    memrlukan informasi link tanyakan kepada pengurus Group atau lihat di file group.
    3. Data ini masih terfokus pada laporan update peserta “hidup dan tidaknya stek belum menjadi prioritas, jadi ada kemungkinan besar dilaporan Panitia selanjutnya hanya 50% peserta tersisa.
    4. Jikalau ada peserta yang sudah berstatus DISKUALIFIKASI karna kesalahan penulisan atau memundurkan diri karna sudah menyerah, silahkan untuk segera melapor.
    Informasi:

    -> Link ketentuan lomba, kriteria dan hadiah LGT Part1 disini > http://tma-group.net/2017/syarat-ketentuan/
    LAPORAN INI AKAN DIPUBLIKASIKAN SETIAP AWAL BULAN.

    LGT-1
    ———
    TMA-GROUP

Leave a Reply