4.9
(3872)

Pruning adalah suatu proses pemangkasan dan pemeliharaan pohon anggur dari mulai pembentukan dimasa vegetatif sampai seterusnya.

Langkah awal pembentukan dimulai dengan pemotongan batang primer/utama setelah mencapai ketinggian para-para

Tujuanya agar batang utama  tidak memanjang lagi dan untuk merangsang tumbuhnya cabang kedua/sekunder yang nantinya akan diatur dan diarahkan kearah berbeda.

Saat cabang sekunder mencapai panjang 2 meter, ujungnya harus dipotong agar tumbuh cabang ketiga yaitu tersier selanjutnya pemangkasan pruduksi/pembuahan pada saat pohon anggur sudah sempurna atau memiliki cabang kedua dan ketiga.

Untuk mengoptimalkan pemeliharaan dan pemangkasan dalam upaya peningkatan kwalitas dan kuantitas produksi pohon anggur, sebaiknya menerapkan metode yang sudah teruji dilapangan yaitu perpaduan antara spur dan cane.

  • Pertama: Spur adalah timing back to 2 bud ( pemangkasan cabang ketiga/tersier dengan menyisakan 2 mata tunas yang dan diremajakan setiap dilakukan pemangkasan

langkah pemangkasan model spur:

  • kedua: Cane adalah pemangkasan dicabang ketiga/tersier dengan menyisakan 8-12 mata.

Langkah pemangkasan model cane:

Perlu diperhatikan ! setiap jenis anggur pasti memiliki karakter berbeda. Jadi dalam masalah pemangkasan juga pasti berbeda pula. Solusi paling baik adalah mencoba sendiri dan terus uji coba sampai benar-benar menemukan cara pangkas yang pas sesuai karakter yang kita tanam.

||| Lihat Tips lainya

All For Grape.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 3872

No votes so far! Be the first to rate this post.