Cara pangkas anggur yang baik

Pruning adalah suatu proses pemangkasan dan pemeliharaan pohon anggur dari mulai pembentukan dimasa vegetatif sampai seterusnya yang diawali dengan pemotongan batang primer/utama setelah mencapai ketinggian para-para yang tujuanya untuk supaya batang utama tersebut tidak memanjang lagi dan untuk merangsang tumbuhnya cabang kedua/sekunder yang nantinya akan diatur dan diarahkan kearah berbeda. Saat cabang sekunder mencapai panjang 2 meter, ujungnya harus dipotong agar tumbuh cabang ketiga yaitu tersier selanjutnya pemangkasan pruduksi/pembuahan pada saat pohon anggur sudah sempurna atau memiliki cabang kedua dan ketiga.

Untuk mengoptimalkan pemeliharaan dan pemangkasan didalam upaya peningkatan kwalitas dan kuantitas produksi pohon anggur, sebaiknya menerapkan metode yang sudah teruji dilapangan yaitu perpaduan antara spur dan cane.

Pertama: Spur adalah timing backto 2 bud ( pemangkasan cabang ketiga/tersier dengan menyisakan 2 mata tunas yang kedua mata tunas tersebut akan selalu diremajakan disetiap pemangkasan)

langkah pemangkasan model spur:

kedua: Cane adalah pemangkasan dicabang ketiga/tersier dengan menyisakan 8-12 mata tunas yang secara praktek sama dengan metode spur.
Langkah pemangkasan model cane:

All For Grape.

  • Penanganan “Jamur Powdery Mildew/Embun Tepung ” pada tanaman anggur

    Embun Tepung (Powdery Mildew) adalah jamur fungus
    (Micrsphaera diffusa) yang sering sekali menyerang tanaman

    anggur. Jamur ini mudah menyebar dilokasi lembab dengan sirkulasi udara buruk terutama pada musim hujan.

    Awal infeksi tumbuh berbentuk bercak putih lalu keabu-abuan dan
    meluas kemudian daun mengering & berguguran, dampak terparah ketika menyerang diwaktu pembuahaan.

    Memang tidak begitu berbahaya namun jika tidak segera ditangani
    baik secara mekanik & kimia akan berdampak negatif terhadap
    pertumbuhan pohon terutama pada saat pembuahan karena akan menyebabkan pada bunga rontok. Buah yang terjangkit jamur ini permukaanya akan diselimuti bercak putih dan tidak akan matang sempurna.

    Dua hal yang harus dilakukan yaitu penanganan secara mekanik dengan cara membuang semua daun yang terinfeksi dan kemudian dibuang jauh dari area pohon atau dibakar.

    Jika pohon sudah terinfeksi berat terpaksa harus penanganan kimia disemprot rutin.1 minggu 1x, bisa aplikasi “Fungisida Amistartop, Dithane atau Antrol” Dosis 4 gram/mili per liter air.

    Lihat video lengkapnya di youtube -> disini

    TMaGroup.

  • Manfaat Giberrelin GA3 Untuk Anggur.

    Aplikasi Giberrelin GA3 Pada Anggur.

    klik gambar untuk zoom

    Asam Gibberellic (GA3) adalah senyawa alami/hormon tanaman yang disebut gib-berellins. Ada 2 respont pasca aplikasi GA3 pada cluster yaitu:

    Respon Positif:
    a. Biasanya anggur kategory seedless (tanpa biji) memiliki ukuran diameter standar secara alami, namun setelah aplikasi gibrelin sering kali secara dramatis meningkatkan size berry. kenapa ? presumably because they partially substitute for the natural production of gibberellins from seeds.

    b. Aplikasi GA3 pertama pada waktu midbloom/timing bloom tidak hanya bisa meningkatkan ukuran berry namun pada beberapa varietas tertentu bisa mengurangi jumlah butiran buah per/cluster. Waktu optimum untuk aplikasi dalam upaya meningkatkan ukuran buah sering dilakukan pada timing berry berdiameter 4 sampai 12 mm, dengan 1 atau 2 kali semprot/celup.

    c. Aplikasi percobaan GA3 untuk varietas tanpa biji yang sebelumnya belum pernah dilakukan treatment GA3 dengan konsentrasi 40-50 ppm hasilnya cukup efektif, namun kadang hanya 25 ppm yang harus digunakan pada jenis tertentu seperti ‘venesa dan hanya 5 ppm yang dianggap optimal untuk beberapa varietas lainya.

    Respon Negatif:
    a. Aplikasi GA3 juga memiliki efek negatif pada buah anggur, pengaruh terhadap rasa buah, penuruan ketahanan pada musim dingin dan penurunan tingkat kesuburan. Jadi gunakanlah dengan bijaksana dan sesuai aturan.

    b. Regulator pertumbuhan tanaman (PGRs), seperti GA3, diklasifikasikan sebagai pestisida dan mungkin disebagian wilayah tertentu penggunaanya tidak direkomendasikan untuk anggur atau untuk kultivar tertentu.

    c. Memiliki efek pada homeostasis redoks, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel (we found that GA3 application had an effect on redox homeostasis, which could potentially cause cell damage and subsequent seed abortion.)

    Pertanyaanya adalah Kenapa cluster/tandan buah yang terlalu bergerombol sering kali bermasalah dan membuat buah tidak optimal..?

    Karna pada beberapa varietas anggur, ketika set buah yang berlebihan dapat menyebabkan terlalu berdesakan yang berdampak pada buah rentan membusuk dan size tidak serempak. Dengan demikian, kita sering melakukan penjarangan jumlah buah dalam 1 tandan, terutama pada categori table grape. Maka dari itu, penjarangan buah dan aplikasi asam giberelat (GA3), dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi hal diatas.

    Aplikasi & Dosis:

    Jumlah GA3 yang dibutuhkan untuk optimalisasi size berry tergantung pada varietas dan beberapa faktor lainnya, namun 10 sampai 60 g /H adalah termasuk tingkat dosis pada umumnya. GA3 juga dapat diterapkan 1x atau beberapa kali pada varietas tertentu.

    Waktu aplikasi sangat penting dan juga bervariasi , bagi banyak varietas, aplikasi pertama dilakukan pada awal ketika kondisi bunga mekar (Timing bloom) 50%-90%,  selanjutnya pada timing  size berry, atau ketika diameter buah mencapai sekitar 3-5 mm,6-7mm,4-5mm,8-10mm dan 12-15mm. Telat Aplikasi akan berdampak pada waktu pematangan buah terlambat dan bisa menghambat terhadap penyempurnaan set warna buah.

    Pada Anggur seeded(Berbiji) umumnya aplikasi dengan GA3 sekitar tiga minggu sebelum mekar dengan larutan yang mengandung 1 sampai 10 mg/L, hanya hasilnya akan kurang responsif terhadap perlakuan GA3 dibandingkan varietas seedless. Maka dari itu, penggunaan GA3 terhadap jenis anggur berbiji dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran/size buah tidak terlalu banyak dilakukan.

    Adapun untuk anggur seedless (Tanpa biji) pada umumnya berlaku antara 0,5 sampai 20 g / hektar dan jenis seedless lebih toleran terhadap GA3 daripada anggur seeded.

    Berikut table hasil percobaan terhadap anggur jenis  Berbiji jenis Khoyo-Red Globe-Thomson Seedless

    Karna artikel ini hasil terjemahan sealakadarnya dari beberapa sumber, jadi jika ada kesalahan terjemah yang kurang sesuai atau informasi yang terlampir kurang tepat dan tidak sama dengan referensi yang om/tante temukan diartikel berbeda, mohon dikoreksi dan diluruskan.

    NEXT Article:
    -> PGR for improving grape berry color
    -> Forchlorfenuron (CPPU), a synthetic cytokinin

    TMAGROUP

  • Peserta LGT-1 November

    Berikut daftar peserta lomba LGT-1 yang masih bertahan sampai batas waktu penutupan bulan desember.

    Total peserta tersisa 14 orang

    Klik untuk memperbesar gambar.

  • Panduan Menanam Anggur Dalam Pot (TMA).

    Panduan Menanam Anggur Dalam Pot (TMA).

    Siapa tidak tergiur dengan pemandangan tabulampot anggur yang sedang berbuah, semua orang pasti ingin memilikinya.
    Nah berikut tips cara membuat tabulampot anggur (versi TMA)
    sebelumnya baca mengenai cara membibitkan anggur.

    Persiapan:
    1. Siapkan bibit yang sudah melalui proses pembibitan.
    2. Siapkan pot minimal berdiameter 25 cm.
    3. Pasang 3 tiang penyangga berikut 2 lingkaran kawat atas dan tengah untuk rambatan.

    Pemeliharaan:
    1. Setelah bibit ditanam, pelihara 1 batang utama lalu rambatkan lurus mengikuti tiang samai batas ketinggian maksimal.
    2. Potong bagain ujung batang utama supaya pertumbuhanya terhenti sampai batas yang kita potong.
    3. Setelah keluar cabang kedua dari batang utama tersebut, rambatkan menelusuri kawat yang posisinya ditengah.
    4. Setelah cabang kedua panjang, wajib dipotong kembali seperti batang utama.
    5. Nah sekarang kita fokus dicabang ke 3 (tersier pembawa buah) yang akan dirambatkan dikawat paling atas sehingga hasilnya nanti buah bergelantung pas diposisi tengah.

    Pemupukan:
    1, Dari awal penanaman bisa mencampur media tanam dengan kohe kambing terfrementasi.
    2. Masa pertumbuhan cukup menambahkan NPK 16:16:16 atau 19:19:19
    3. Untuk melaju ketahap selanjutnya yaitu setelah cabang kedua (skunder) dipotong bisa tambahkan MKP atau KNO3 secara teratur.

    Tips Penempatan & Penyiraman:
    1. Tempatkan tabulampot diarea yang terkena matahari supaya sehat.
    2. Penyiraman dikondisikan sesuai media yang dipakai, cara termudah mendeteksi tanaman anggur memerlukan penyiraman adalah dengan mamasukan telunjuk kedalam media, jika terasa masih lembab jangan terburu-buru disiram.

    Selamat berkarya dan jangan lupa berdo’a.
    TMAGROUP.

10 thoughts on “Cara pangkas anggur yang baik

Leave a Reply