Cara pangkas anggur yang baik

Pruning adalah suatu proses pemangkasan dan pemeliharaan pohon anggur dari mulai pembentukan dimasa vegetatif sampai seterusnya yang diawali dengan pemotongan batang primer/utama setelah mencapai ketinggian para-para yang tujuanya untuk supaya batang utama tersebut tidak memanjang lagi dan untuk merangsang tumbuhnya cabang kedua/sekunder yang nantinya akan diatur dan diarahkan kearah berbeda. Saat cabang sekunder mencapai panjang 2 meter, ujungnya harus dipotong agar tumbuh cabang ketiga yaitu tersier selanjutnya pemangkasan pruduksi/pembuahan pada saat pohon anggur sudah sempurna atau memiliki cabang kedua dan ketiga.

Untuk mengoptimalkan pemeliharaan dan pemangkasan didalam upaya peningkatan kwalitas dan kuantitas produksi pohon anggur, sebaiknya menerapkan metode yang sudah teruji dilapangan yaitu perpaduan antara spur dan cane.

Pertama: Spur adalah timing backto 2 bud ( pemangkasan cabang ketiga/tersier dengan menyisakan 2 mata tunas yang kedua mata tunas tersebut akan selalu diremajakan disetiap pemangkasan)

langkah pemangkasan model spur:

kedua: Cane adalah pemangkasan dicabang ketiga/tersier dengan menyisakan 8-12 mata tunas yang secara praktek sama dengan metode spur.
Langkah pemangkasan model cane:

All For Grape.

  • How to Prune a Grape Vine

    How to Prune a Grape Vine.

    Andrew Teubes-VG Nurseries link pdf download

    In this presentation

    1. Pruning objectives

    a. Controlling the size and structure of the vine
    b. Regulate crop size
    c. Maintain a balance between vegetative growth and fruiting – maximizing the yield potential while maintaining the health of the plant

    2. Grape fruitfulness

    a. Fruitfulness depends on
    – Grape variety (genetic)
    – Foliage management (summer practices)
    b. Sunlight penetration into canopy during and after flowering
    c. Fruitfulness involves the number of clusters per bud as well as the weight of the clusters per bud as well as the weight of the clusters

    3. Types of pruning

    a. Short spurs/bearers (2 buds)
    – High fertility cultivars on cordon trellis
    – Flame Seedless, Victoria, Dan-ben-Hannah, Alphonse Lavalleé

    – Used for varieties that shows high enough fruitfulness on basal buds
    – Vine structure is permanent cordon system
    – Shoot positioning normally vertical (VSP) or at angle (Gable, Y-trellis)
    – Spacing between spurs of 12-15 cm important ( Sunlight penetration, Space for the clusters)

    c. Cane/short canes (5-8 buds) & Canes (10-14 buds)

    – Medium fertile cultivars
    – Red Globe, Autumn Royal
    – Low fertility cultivars
    – Thompson Seedless/Kishmish

    – Used for varieties with low natural fruitfulness on basal buds (1-3)
    – Vine structure consists of permanent trunk with annual renewal canes
    – Shoot positioning can be vertical or horizontal
    – VERY IMPORTANT: For every one (1) cane that is pruned, one (1) 2 bud spur must also be left below the cane for renewal
    – Length of cane depends on the position of highest bud fruitfulness

    For more information please visit our website  here

     

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Beauty

    Catatan Anggur Jenis Beauty

    Klik bagian gambar untuk zoom
    Kabar baik bagi pecinta anggur bahwa daftar jenis anggur yang berhasil dibuahkan sudah bertambah banyak, Meskipun masih hanya sebatas koleksi dan belum dibudidayakan secara masal, namun cukup menjadikan informasi awal bagi yang serius mengadopsinya.

    Berikut spesifikasi jenis anggur beauty yang wajib Om/Tante miliki:

    By: Ale Suryadi Saleh

    – Nama Varietas: Beauty
    – Country of origin: Rusia/Ukraina
    – Masa Pematangan buah: 100-110 HSP
    – Ujicoba Penanaman: 1500-1700 mdpl
    – Bentuk buah: oval
    – Rasa: Manis
    – Diameter Buah: Ukuran koin 500/±3 cm
    – Warna: Merah Marun / Merah Gradasi Ungu
    – Aroma: dominan ( sangat terasa )
    – Daging Buah: Crunchy
    – Berat Tandan: Rata-rata 387gram
    – Berat Butiran: Rata-rata 7 gram.
    – Brix: 17-20
    – Seedless/seeded: Seeded(berbiji), 1-4 biji untuk ukuran besar dan seedless untuk buah ukuran kecil
    – Resistance: Sangat baik dengan menggunakan ownroot (tanpa grafting) & Cukup tahan terhadap serangan jamur.
    – GA3 treatment: No
    – Dormex pasca pruning: No
    – Tingkat adaptasi: Mudah beradaptasi ditanam diberbagai daerah.
    – Teknik pruning: spur (2-4 bud )Potensi pembuahan keluar dari tunas 2-4, namun jika berniat mencoba dengan teknik cane (diatas 6 bud/tersier) bisa dicoba untuk melihat hasilnya.

    Note : Recomended untuk ditanam dan dibudidayakan skala kebun.

    Hasil data ini sewaktu-waktu bisa berubah berdasarkan hasil percobaan disetiap daerah dengan suhu berbeda. Namun setidaknya jenis ini sudah beradaptasi dengan baik untuk daerah dengan ketinggian 1700 mdpl, jadi bisa disimpulkan ketika ditanam didataran rendah kurang dari 300 mdpl dengan suhu panas hasilnya akan semakin optimal.

    TMAGROUP

  • Analisa Usaha Budidaya Anggur
    Catatan 12-29-2017 (Analisa Usaha Anggur)
    Let’s Go Together
     
    #Pendahuluan:
     
    Salam sejahtera teruntuk semua warga pecinta anggur dimanapun berada, salam sejahtra & sukses selalu.
     
    Meningkatnya para pemerhati tanaman anggur skala rumahan dengan pemanfaatan lahan pekarangan sudah mulai menyentuh angka yang cukup dijadikan data bahwa virus virus anggur bisa dengan cepat menyebar meskipun 99% belum menuju target produksi buah, namun sikap optimisme kawan-kawan sudah sangat jelas terlihat.
     
    Kesuburan tanah tempat kita berinjak adalah anurgrah yang wajib disyukuri, tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara maksimal dan bijaksana. Lets go together ‘Kita mulai dari diri & bersama kita bisa.
     
    Misi mengajak masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengembangan anggur skala rumahan bisa menjadi langkah awal dalam proses uji coba dan tebar pesona bagi yang lain. Usaha mengkikis paradigma yang selama ini menjadi momok menakutkan dan penghambat baik mental maupun spiritual akan sangat penting untuk perjalanan anggur kedepan. Asumsi masyarakat bahwa anggur tidak bisa produktif dengan baik dan ditambah bumbu warisan keyakinan tanpa dasar selalu melahirkan sikap pesimitis. Inilah diantara tugas kita sebagai peng-ANGGUR-an dalam memperbaikinya.
     
    Jikalau melihat perkembanganya, sudah banyak varietas anggur yang behasil dibuahkan yang tentunya akan menjadi dokumentasi dan data penting untuk dijadikan bukti bahwa budidaya anggur skala besar memiliki potensi strategis yang cukup baik untuk persaingan kedepan.
     
    Oleh sebabnya, kelompok tani dan pemerintah daerah memegang peranan penting untuk secara bersama-sama melangkah, menganalisis potensi dan survei yang kemudian menjadikan komoditas anggur sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan dalam meningkatkan kesejahtraan penduduk. Maka dianggap perlu adanya kebijakan yang mengarahkan kepada pemanfaatan lahan-lahan yang belum tergarap secara optimal sebagai fasilitas kondusif untuk kegiatan usaha tani anggur.
     
    #Kondisi_Alam:
     
    Jika dibanyak referensi mennyatakan bahwa pertumbuhan anggur hanya akan baik dan produktivitas tinggi ketika dibudidayakan didaerah dataran rendah dengan suhu rata-rata siang hari 28-35 °C) kelembaban udara 75% sd 80%, namun hal tersebut tidak menjadi tolak ukur bagi siapa saja yang berkeinginan terjun budidaya dan bukan pula keadaan daerah dibawah standar kelayakan tidak cocok untuk budidaya anggur.
     
    Kita sebagai penghobi sudah membuktikanya menanam dibeberapa daerah berbeda dengan tingkat suhu bervariasi, hasilnya cukup signifikan dan tidak menjadi kendala berarti. Data terbaru menunjukan bahwa percobaan yang dilakukan di 1500-1800 mdpl hasilnya tidak kalah dengan 10-300 mdpl.
     
    Kendala terbesar menurut hemat saya terdapat pada curah hujan tinggi yang kadang tidak bisa diprediksi untuk wilayah tertentu, sehingga demi tercapainya target perlu optimalisasi dan antisipasi dengan cara budidaya dibawah naungan plastic UV. Metode ini akan memberikan nilai positif terkait managament dan meminimalisir gangguan hama & penyakit.
     
    Dalam meningkatkan produktivitas dan mutu anggur perlu diterapkanya teknologi, sistem tepat dan metode teruji hasil adopsi dari negara penghasil anggur sebagai referensi dalam penerapan system meskipun berada diiklim berbeda. Sampai detik ini, KitaTidak bisa menafyikan bahwa kiblat khazanah ilmu anggur masih harus merujuk negara subtropika meskipun pada kenyataaya bertolak belakang dari segi geogerafis dan iklim. Perjalanan waktu masih panjang untuk terus berkreasi & berinovasi menuju hari esok yang lebih baik.
     
    Secara ekonomis budidaya anggur merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan waktu relatif lama minimal dua tahun untuk menghasilkan produksi stabil walaupun secara faktual dalam jangka satu tahun sudah bisa memproduksi buah perdana. Kondisi ini karena pada tahun pertama pohon anggur masih dalam tahap fondation sehingga secara perhitungan investasi termasuk merugi.
     
    Proporsi pengeluaran biaya yang diperlukan tahun pertama cukup besar karena dana yang diperuntukan untuk pengadaan benih, sarana & prasarana yang dibutuhkan kemudian pada tahun berikutnya akan berkurang karna hanya diperlukan buat biaya oprasional tetap termasuk pegawai, pupuk dll.
     
    #Tujuan:
     
    Perencanaan budidaya anggur ditujukan untuk meningkatkan kegiatan daerah, dunia usaha dan masyarakat umum, dimana sasaran yang hendak dicapai adalah:
     
    – Terwujudnya panduan/percontohan awal dalam perencanaan dan pengembangan jangka panjang yaitu agrowisata.
     
    – Terwujudnya motivasi bagi masyarakat untuk lebih mencintai dan berpartisipasi dalam upaya meningkatkan sumber daya alam hortikultura khususnya anggur.
     
    – Terwujudnya peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah/masyarakat.
     
    – Mendorong apresiasi yang lebih baik bagi masyarakat luas tentang pentingnya mengembangkan sumber hortukultura sebagai penompang ekonomi daerah.
     
    – Memberikan nilai tambah bagi produk-produk lokal dan meningkatkan pendapatan sektor agribisnis.
     
    – Merangsang tumbuhnya lapangan kerja baru bagi penduduk setempat.
    NEXT….
     
    -> KOMPONEN:
    -> METODE PENERAPAN:
    -> ANALIS USAHA & KENUNTUNGAN
     
    TMAGROUP
  • 3 Cara Kreatif Menanam Anggur

    3 Cara Kreatif Menanam Anggur

    By Ria Wijiati Ras

    Menanam pohon anggur agar bisa tumbuh dan berbuah memang menjadi suatu tantangan tersendiri karena memerlukan perlakuan khusus mulai dari media, lingkungan hingga penanganan hama serta penyakit. Kemajuan jaman now begitu memudahkan para pecinta tanaman anggur untuk mendapatkan informasi tentang segala macam hal tentang tanaman anggur yang mereka tanam termasuk inspirasi menanam tanaman anggur agar terlihat bagus dipandang mata.

    Ada tiga cara kreatif menanam anggur yang bisa diterapkan, yaitu:

    1. Menanam tanaman anggur langsung ditanah (grounding)
    Kebanyakan tanaman anggur dapat tumbuh dengan baik ketika ditanam langsung dilahan. Namun kondisi lahan juga harus diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan tanaman anggur seperti kondisi tanah gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

    Keadaan tanah yang terlalu lembab akan mengakibatkan pembusukan akar sehingga menghambat pertumbuhan tanaman anggur. Proses grounding lebih baik dilakukan pada awal musim kemarau karena intensitas hujan juga tidak banyak sehingga tanaman bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang tidak terlalu becek dan perakarannya sudah kuat ketika musim hujan tiba.

    Tanaman anggur adalah tanaman yang tumbuh merambat, maka ketika tanaman sudah tumbuh tinggi perlu adanya pemangkasan untuk pembentukan batang sekunder dan batang tersier. Batang tersier ini yang nantinya akan membawa bunga dan buah anggur yang pasti akan memanjakan mata ketika sudah bergelantung manis diantara dedaunan.

     

    2. Menanam tanaman anggur dalam pot (tanggurlampot)
    Tren menanam pohon buah dalam pot memang banyak digunakan terutama bagi pecinta tanaman yang mempunyai lahan terbatas tapi tetap ingin menghijaukan rumah. Prinsip menanam anggur dalam pot hampir sama dengan grounding, tanah dalam pot yang digunakan untuk menanam harus gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

    Selain itu ukuran pot yang digunakan juga harus menyesuaikan dengan besarnya tanaman agar pertumbuhan akar tidak stagnan sehingga produksitvitas pohon tetap bagus. Perlakuan tambahan seperti pupuk atau penanganan hama penyakit pun hampir sama dengan metode grounding.

    3. Menanam tanaman anggur metode hidroponik
    Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

    Tanaman anggur pun bisa ditanam menggunakan metode hidroponik seperti yang dilansir dari laman berikut bahwa tanaman anggur jenis Cabernet franc bisa ditanam menggunakan metode hidroponik. Batang bawah tanaman anggur diletakkan dalam ember besar yang ditengahnya terdapat net pot yang berisi batu agar posisi batang tetap stabil, sedangkan akar menjuntai melebihi net pot dan terendam larutan nutrisi beroksigen.

    Sebuah stopper di setiap reservoir memungkinkan akses untuk memeriksa dan menjaga pH hara, tingkat air, dan EC (konduktivitas listrik) nutrisi. Setiap 10-14 hari nutrisi dalam ember nutrisi diganti dan nutrisi dalam ember tanaman anggur juga dibuang dan diganti dengan yang baru.

    Metode penanaman menggunakan hidroponik biasanya menggunakan media tanam berupa rockwool, spons, kerikil, arang sekam, serbuk kayu, serbuk sabut kelapa (cocopeat), pasir, batang pakis, moss, kompos, pupuk kandang, pecahan batubata, humus, tanah liat, gabus/styrofoam. Ada media tanam lain yang masih jarang digunakan antara lain hydrogel, perlit, vermikulit, pumice dan expanded clay/hydroton.

    Sekedar inspirasi
    Perakaran tanaman dapat ditingkatkan dengan membuat dua lubang disekitar tanaman dimana satu lubang bermanfaat sebagai aerasi agar oksigen dalam tanah meningkat dan sebagai drainase agar air dapat cepat meresap kedalam tanah.

    Aerasi dan drainase saling mendukung sama lain, ketika drainase buruk maka aerasi tanah juga akan berkurang dan menyebabkan akar kekurangan oksigen dalam tanah. Satu lubang dibuat dengan menancapkan pipa pralon yang bagian pinggirnya telah dilubangi dan satu lubang lagi bisa menggunakan kawat ayak pasir yang digulung.

    Pipa pralon bisa digunakan sebagai sarana irigasi, pemberian pupuk atau perlakuan lainnya. Sedangkan lubang berisi kawat ayak pasir sebagai pemasok oksigen dalam tanah.

    Artikel ini hasil quis ‘ide kreatif menanam anggur’

    TMAGROUP

     

10 thoughts on “Cara pangkas anggur yang baik

Leave a Reply