Cara pangkas anggur yang baik

Pruning adalah suatu proses pemangkasan dan pemeliharaan pohon anggur dari mulai pembentukan dimasa vegetatif sampai seterusnya yang diawali dengan pemotongan batang primer/utama setelah mencapai ketinggian para-para yang tujuanya untuk supaya batang utama tersebut tidak memanjang lagi dan untuk merangsang tumbuhnya cabang kedua/sekunder yang nantinya akan diatur dan diarahkan kearah berbeda. Saat cabang sekunder mencapai panjang 2 meter, ujungnya harus dipotong agar tumbuh cabang ketiga yaitu tersier selanjutnya pemangkasan pruduksi/pembuahan pada saat pohon anggur sudah sempurna atau memiliki cabang kedua dan ketiga.

Untuk mengoptimalkan pemeliharaan dan pemangkasan didalam upaya peningkatan kwalitas dan kuantitas produksi pohon anggur, sebaiknya menerapkan metode yang sudah teruji dilapangan yaitu perpaduan antara spur dan cane.

Pertama: Spur adalah timing backto 2 bud ( pemangkasan cabang ketiga/tersier dengan menyisakan 2 mata tunas yang kedua mata tunas tersebut akan selalu diremajakan disetiap pemangkasan)

langkah pemangkasan model spur:

kedua: Cane adalah pemangkasan dicabang ketiga/tersier dengan menyisakan 8-12 mata tunas yang secara praktek sama dengan metode spur.
Langkah pemangkasan model cane:

All For Grape.

  • Catatan & Spesifikasi Tentang Anggur Rizamat

    Catatan Tentang Anggur Rizamat/Ризамат

    Varietas rizamat berasal dari Uzbekistan hasil persilangan jenis Katta-Kurgan X Parkent. Sejahrah penamaan dengan rizamat dikaitkan dengan seorang pemerhati/petani anggur uzbekistan bernama Rizamat Musamukhamedov. Jenis ini termasuk table grape yang memiliki tingkat adaptasi pertumbuhan cukup baik dan menghasilkan tandan besar dengan butiran buah rata-rata 14 gram tanpa treatment GA3, adapun jika aplikasi ga3 diperkirakan bisa mencapai 20g/berries.

    Menurut deskripsi aslinya bahwa kwalitas akar rizamat tanpa grafting (ownroot) cukup baik dan kuat dibandingkan varietas lainya, namun tidak menutup kemungkina jika digunakan batang bawah (rootstock) akan lebih meningkatkan kwalitas.

    Berikut deskripsinya:

    – Country of origin: Uzbekistan
    – Variety Name: Rizamat/Ризамат
    – Parentage: Katta-Kurgan x Parkent
    – Ripening: Early-middle (125-135 days)
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile (bisexual)
    – Color of berry skin: Red
    – Brix – 20-25% dengan keasaman 5 g / l.
    – Berry weight: 9-14 g (45 x 25 mm)
    – Bunch weight: 600-1000 g
    – The sugar content is up to 25% brix with an acidity of 5 g / l.
    – Taste Berries: Harmonious & pulp is fleshy, skin is not felt when eating
    – Seeded
    – Resistance to : Oidiumlow, -18 ° С

      Deskripsi made in INDONESIA

    by: Om R Shodik Manunggal
    – Nama Varietas: Rizamat/Ризамат
    – Country of origin: Ukraina
    – Masa Pematangan buah: 140-150 hsp
    – Ujicoba Penanaman: 0-10 mdpl
    – Bentuk buah: bulat memanjang
    – Rasa: kombinasi fleshy dan crunch
    – Diameter Buah: 1.8 cm -2.3cm
    – Warna: merah kehitam
    – Aroma: normal
    – Daging Buah:
    – Berat Tandan: 500 gr – 1.000 (belum max)
    – Berat Butiran: 8 -14 gr
    – Brix: 18-20
    – Seedless/seeded: seeded
    – Resistance terhadap jamur/air: cukup kuat
    – GA3 treatment: ya
    – Dormex pasca pruning: no
    – Tingkat adaptasi: sangat baik
    – Teknik pruning: spur 3-5 bud

    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • Catatan & Deskripsi Anggur Transfiguration

    Belum kumplit jika Anda sebagai Kolektor belum menanam jenis ini, ya Transfiguration sudah sangat populer dikalangan pecinta anggur. Rasa buah tidak kalah dengan jenis lain, manis, warna menarik, sudah sangat beradaptasi ditanam diberbagai daerah dan mudah berbuah. Tidak heran jika sebagai pemula yang baru mengenal anggur akan mendapat rekomendasi menanam jenis ini.

    Ayo hiasi pekarangan rumah Anda dengan menanam anggur jenis Transfiguration, dijamin akan membuat perhatian orang lewat.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Transfiguration
    Warna buah: Merah kekuningan
    Bentuk: Oval
    Rasa: manis
    Berat tandan: 1000gram
    Berat butiran: 13-20gram
    Diameter rata2 buah: 2,5-3,5 cm
    Brix: 20-23%
    Pematangan: 110-120 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

    Lihat videonya dilink berikut YOUTUBE

    Bergbung dengan group Tips Menanam Anggur

    TMAgroup

  • 10 Jenis Anggur Hitam Lengkap Deskripsinya

    Tidak kalah dengan warna buah anggur lainya, buah anggur warna hitam sangat digemari konsumen maupun kolektor, dari segi rasa dan penampilan sangat menggoda.

    Jenis anggur berwarna hitam yang sudah banyak dikoleksi kawan2 yang pertumbuhanya cukup adaptasi baik dan mudah dibuahkan seperti akademik, souvenir dkk, Read. Ada juga yang menurut testimoni memerlukan perawatan extra seperti autumn royal. Tentunya banyak faktor pendukung supaya tanaman anggur kita lebih berkwalitas.

    Berikut 10 Jenis Anggur Hitam Lengkap Deskripsinya

    Rhombic

    Athos

    Lorano

    Autumn Royal

    Autumn Black

    Swallow

    Dominic

    Kodryanka

    Monaco

    Charade

    Ini deskripsi asli di Ukraina, adapun deskripsi hasil penanaman di Indonesia belum ada testimoni dari ke 10 jenis diatas kecuali autumn royal dan autumn black yang memang memerlukan perhatian extra untuk lebih giat lagi dalam membuahkanya seoptimal mungkin.

    Lihat videonya via YOUTUBE

    TMA

  • 3 Alasan mengapa anggur disukai banyak orang

    Inilah rangkuman hasil survey melalui warga TMA

    1. Dari segi vertikultura
    Bukan hanya buahnya yang lezat kita santap, anggur juga memiliki keistimewaan dan daya tarik tersendiri yang begitu mempesona. Variasi bentuk yang indah & eksotis merupakan salah satu daya pikat yang membuat klepek2. Sebagai pengANGGURan kita selalu mengkreasikan berbagai cara untuk membuat anggur yang kita tanam terlihat menggoda dan mendapatkan hasil yang sempurna.

    Mulai dari tempat menanam, media rambatan dll semua kita siapkan yang terbaik, kita atur sedemikian rupa supaya indah dan elok dipandang. Jika suatu saat tiba-tiba layu paniknya bukan main, tanya sana sini, keluarkan semua alat, obat dan vitamin, tanya kawan,tanya google, kunjungi TMA, makan tak enak, ngopi pun pahit rasanya :D.

    Itulah cara kita memperhatikannya, pagi ditatap, siang ditengok, malam pun tak luput dari menatap indahnya dedaunan dan buah bergelantungan “untung tak berulat”. Hanya satu kata terlontar’akan ku tetap menjaga dikau seumur hidup’

    2. Dari segi Farmakologi.
    Ya, nilai kandungan gizi yang terkadung dalam anggur sudah tidak kita ragukan lagi banyak manfaat yang bisa kita ambil bagi kesehatan maupun pengobatan alami, sudah banyak penelitian ilmiyah yang bisa kita jadikan rujukan, sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkanya secara proporsional sesuai butuhan, apalagi jika hasil menanam sendiri akan terasa nganuuu banget.

    3. Dari segi spiritual.
    Bagi orang Islam khususnya, memakmurkan bumi dan memanfaatkan lahan supaya produktif dengan cara bercocok tanam merupakan anjuran dan perintah yang senantiasa diperhatikan dengan baik.

    Anjuran yang tertera dalam pedoman kitab suci Al-Quran & Al-Hadist untuk menanam tanaman yang berumur panjang supaya bisa dimanfaatkan semasa hidupnya dan bagi orang-orang setelahnya adalah investasi jangka panjang bagi seorang muslim.

    Sejalan dengan itu, Anggur sudah memenuhi kriteria pohon berumur untuk dijadikan pilihan investasi akhirat. Ya, tidak salah lagi anggur salah satu pilihan tepat apalagi sudah jelas tertera dalam Al-Quran.

    Satu kata “Rugi bagi yang belum menenamnya” :D

    Bagaimana menurut Anda ?

10 thoughts on “Cara pangkas anggur yang baik

Leave a Reply