Tips Membeli dan Memilih Bibit Anggur

Tma-Group
4.9
(2754)
Read Time1 Minute, 36 Seconds

Tips Membeli Bibit Anggur

Jaman dahulu kala, banyak keluhan berseliweran dari warga yang baru mengenal anggur dan ingin mulai nanam, jika ternyata jenis anggur yang dibelinya tidak sesuai varietas alias kena tipu.

Dari ribuan jenis anggur didunia yang sebagian kecil sudah beredar di Kita, tidak menutup kemungkinan banyak Oknum yang memanfaatkan keadaan.

Sangat memungkinkan bilang emas padahal isinya tembaga atau saat dijual bilang emas, beberapa tahun setelah terbukti berbuah sama Pembelinya, dia bilang bla,bla,bla 😀

Nah bagi Anda yang belum terlanjur membelinya dan supaya tidak menyesal dikemudian hari, Om Demit akan berbagi tips dan coba deh ikuti, semoga tidak nyasar.

1). Langkah pertama join dan gali informasi di berbagai group anggur. Ingat group anggur ya, bukan group elektronik apalagi kuliner.

Berikut di antara group anggur yang masih eksis:

  • Budi Daya Tanaman Anggur
  • Pecinta Tanaman Anggur
  • Belajar Budidaya Anggur
  • Anggur Indonesia
  • Seni Menanam Anggur
  • Komunitas Pecinta Tanaman Anggur
  • Anggur Mania Karawang
  • Tips Menanam Anggur

Tunggu apalagi ayoo langsung join dan gali informasinya.

2). Sebelum Anda membeli bibit, sangat penting Anda mengetahui jam terbang seller terkait. Agar yakin jelajahi wall pribadinya apakah benar penjual bibit atau abal-abal.

Pertanyakan juga apakah dia mengetahui informasi varietas yang dijualnya atau sekedar mencari untung belaka, supaya keaslian varietasnya valid.

Jangan sampai Anda mencari jenis anggur Isabela malah dikasihnya Rubi Roman, Misalkan 😀

||| Baca juga Tips Menyemai Cutting dengan Air

3). Pastikan bibit ketika ingin dibeli dalam keadaan sehat walafiyat, tidak berpenyakit, daun bagus tidak terkena hama dan minta garansi jika bibit rusak diperjalanan atau tidak sesuai spesifikasi seperti yang Anda lihat dicatalog yang disajikan.

4). Jika Anda benar-benar baru mengenal anggur, direkmendasikan membeli bibit jenis yang sudah adaptasi dan tidak terlalu sulit dibuahkan. Caranya pieee ? sering nongkrong dan scroll group, lalu lihat testimoni orang lain.

Sebagian sudah didokumentasikan dilink berikut.-> Disini

5). Sayangi tanaman Anda, mulailah memahami karakternya dan cara merawatnya. Jangan hanya beli lalu ditanam namun dibiarkan dan tidak dipelihara.

Sekian tips kali ini semoga bermanfaat.

 

0 0

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 2754

Leave a Reply

Next Post

Penanganan "Jamur Powdery Mildew/Embun Tepung " pada tanaman anggur

4.9 (2754) Embun Tepung (Powdery Mildew) adalah jamur fungus (Micrsphaera diffusa) yang sering sekali menyerang tanaman anggur. Jamur ini mudah menyebar dilokasi lembab dengan sirkulasi udara buruk terutama pada musim hujan. Awal infeksi tumbuh berbentuk bercak putih lalu keabu-abuan dan meluas kemudian daun mengering & berguguran, dampak terparah ketika menyerang […]

Subscribe US Now