Tips Membeli dan Memilih Bibit Anggur

Jaman dahulu kala, banyak keluhan berseliweran dari warga yang baru mengenal anggur dan ingin mulai nanam, jika ternyata jenis anggur yang dibelinya tidak sesuai varietas alias kena tipu.

Dari ribuan jenis anggur didunia yang sebagian kecil sudah beredar di Kita, tidak menutup kemungkinan banyak Oknum yang memanfaatkan keadaan. Sangat memungkinkan bilang emas padahal isinya tembaga atau saat dijual bilang emas, beberapa tahun setelah terbukti berbuah sama Pembelinya, dia bilang bla,bla,bla :D

Nah bagi Anda yang belum terlanjur membelinya dan supaya tidak menyesal dikemudian hari, Om Demit akan berbagi tips dan coba deh ikuti, semoga tidak nyasar.

1). Langkah pertama join dan gali informasi diberbagai group anggur. Ingat group anggur ya, bukan group elektronik apalagi kuliner 😀. Om Demit laparrr.

Nih Om Demit kasih bocoranya dibawah.

– Budi Daya Tanaman Anggur
– Pecinta Tanaman Anggur
– Belajar Budidaya Anggur
– Anggur Indonesia
– Seni Menanam Anggur
– Komunitas Pecinta Tanaman Anggur
– Anggur Mania Karawang
– Tips Menanam Anggur

Tunggu apalagi ayoo langsung join dan gali informasinya.

2). Sebelum Anda membeli bibit, sangat penting Anda mengetahui jam terbang seller terkait, supaya yakin jelajahi wall pribadinya apa benar penjual bibit atau abal-abal.

Pertanyakan juga apakah dia mengetahui informasi varietas yang dijualnya atau sekedar mencari untung belaka, supaya keaslian varietasnya valid. Jangan sampai Anda mencari jenis anggur Isabela malah dikasihnya Rubi Roman, Misalkan :D

3). Pastikan bibit ketika ingin dibeli dalam keadaan sehat walafiyat, tidak berpenyakit, daun bagus tidak terkena hama dan minta garansi jika bibit rusak diperjalanan atau tidak sesuai spesifikasi seperti yang Anda lihat dicatalog yang disajikan.

4). Jika Anda benar2 pemulia baru mengenal anggur, Om Demit rekomendasikan membeli bibit jenis yang sudah adaptasi dan tidak sulit dibuahkan. Caranya pieee ? sering nongkrong dan scroll group, lalu lihat testimoni orang lain.

Sebagian sudah didokumentasikan dilink berikut.-> Disini

5). Sayangi tanaman Anda, mulailah memahami karakternya dan cara merawatnya. Jangan hanya beli lalu ditanam namun dibiarkan dan tidak dipelihara.

Sekian tips kali ini semoga bermanfaat.

  • Catatan & Spesifikasi Tentang Anggur B-2
    Catatan Tentang Anggur B-2 Ini dia varietas anggur yang wajib om/tant tambahkan ke etalase koleksi anggur yaitu  jenis B-2 yang  berhasil berbuah di 1700 mdpl, saya kira jika dilihat dari bentuk buah, warna dan daging siapapun akan tergodanya. Saya punya feeling  sepertinya tidak akan lama lagi bakal ada kiriman 1 dompol buat testy :D. Berikut deskripsi made in ukraina:
    – Country Of Origin: Ukraina – Variety Name: B-2 – Parentage: Zaporozhye Gift” x “Viking – Ripening Period: 125-135 days – Bushes: very strong variety. – Pollination Requirements: Yes, Female Flower – Color of berry skin: Blue – Berry weight: 18×45 mm in length, up to 16 g. – Taste Berries: Harmonious taste with good sugar accumulation – seedless – Resistance to: mildew, oidium 3 points. Frost resistance -22C. Deskripsi made in INDONESIA
    by: Om Ale Suryadi – Nama Varietas: B-2 – Masa Pematangan buah: 120 hsp – Ujicoba Penanaman: 1700 m dpl – Bentuk buah: oval lonjong. – Daging: crisp – Rasa : manis – Warna: blue kehitaman – Aroma: sedap – Kulit Buah: Tipis – Brix: Tidak sempat diuji (perkiraan 17 up) – Seedless : Tanpa biji – Resistance terhadap jamur: Baik terhadap mildew – GA3 treatment: No – Dormex pasca pruning: No – Tingkat adaptasi: baik – Teknik polinasi: Alami karna ditanam berbarengan dengan jenis lain. – Teknik pruning: –
    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.
  • 3 Penyebab Gagal Menanam Anggur
    1. Pesimistis Tidak sedikit kawan-kawan yang baru mengenal tanaman anggur merasa putus asa dan hilang semangat ketika pohon anggur kesayanganya tidak sesuai harapan. Proses dari menumbuhkan stek sampai pohon dewasa tidak semudah membalikan telapak tangan, bahkan mulai memelihara dari yang sudah hidup juga pasti banyak kendala. Kita semua mungkin berpotensi dihadapkan rasa pesimistis dan tidak lagi memiliki semangat menanam anggur. Ya, itu manusiawi dan wajar. Untuk selalu konsisten dan mempunyai jiwa pengANGGURan sejati, ada beberapa tips yang akan membantu motivasi ketika semangat mulai kendor.
    1.) Silaturahmi antar pengANGGURan. Tips ini sangat jitu dan bermanfaat karna mengandung nilai positif dan bisa merangsang kembal semangat menanam. interaksi dan saling memotivasi secara langsung akan lebih baik untuk menumbuhkan kembali gairah yang sempat hilang. 2.) Aktif diberbagai group tanaman anggur. Ini penting karena disamping saling berbagi tips dan wadah berdiskusi, group juga sebagai sarana informasi.
    2. Tidak ada kemauan ‘Where there is a will there is a way’. Kenapa kita menanam anggur? karna kita ingin semua orang tahu bahwa anggur bisa berbuah, karna kita suka buah anggur, karna untuk peneduh pekarangan, karna kita suka koleksi anggur, atau mungkin karna kita mau membuka agrowisata anggur. “well, semua orang pasti punya alasan masing-masing. Intinya ada kemauan yang terus dipupuk apapun tujuanya. 3. Minim Informasi Kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai jenis anggur yang kita tanam, terutama bagi yang baru mulai terjun dan mengenal anggur bisa berpotensi menjadikan seseorang pensiun dini. Bagaimana tidak, sudah menanam bertahun-tahun ternyata rasa buahnya kecut tidak enak dikonsumsi. Pada akhirnya ditebang dan tidak mau lagi menanam karna trauma. Apalagi ketika awal membeli bibit tersebut diimingi dengan rasa buah manis, genjah dan memiliki warna nan elok. Untuk itu sangatlah perlu untuk menggali informasi dan menambah wawasan terkait jenis anggur yang kita tanam sebelum menyesal dikemudian. Grape For All TMAGROUP
  • Catatan Tentang Anggur Tuzbordo
    Catatan Tentang Anggur Tuzbordo/Туз Бордо/Ace Bordeaux Setiap varietas anggur memiliki keunikan tersendiri, mulai bentuk buah, warna, struktur, aroma dan rasa. Belum lagi ditambah dengan karakter bawaan masing-masing pastinya akan menambah tantangan para pengANGGURAn. Berikut deskripsinya:
    – Country of origin: UKRAINA – Variety Name: Tuzbordo/Туз Бордо/Ace Bordeaux – Parentage: [P8 x pollen mix] – Ripening: (July 24-26) – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile. – Color of berry skin: Red – Berry weight: 15 gram – Bunch weight: 900-1500 gram – Taste Berries: Harmonious & pulp is fleshy, skin is not felt when eating – Seeded – Resistance to : Diseases, kept to -23 ° C
    Deskripsi made in INDONESIA
    by: Om St Alamsyah – Nama Varietas: Tuzbordo/Туз Бордо/Ace Bordeaux – Country of origin: Ukraina – Masa Pematangan buah: 115 – 130hsp – Ujicoba Penanaman: 300 mdpl-up – Bentuk buah: bulat – Rasa: manis lumer dimulut – Diameter Buah: 2cm – Warna: merah gelap – Aroma: tidak kentara – Daging Buah: lumer / lembut – Berat Tandan: – – Berat Butiran: – – Brix: – Seedless/seeded: seeded – Resistance terhadap jamur/air:. Kurang tahan jamur – GA3 treatment: no – Jenis Rootstock: isabella – Dormex pasca pruning: no – Tingkat adaptasi: Baik – Teknik pruning: cane 10 bud up – Lain-lain: termasuk jenis pohon bongsor
    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.
  • Catatan & Spesifikasi Anggur Crimson
    Catatan Tentang Crimson Seedless. Sumber: Crimson seedless promise WA table grape boon Oleh: Ian Cameron Link Crimson Seedless
    -> Crimson termasuk jenis anggur pematangan lambat dibandingkan jenis lainya. -> Menggunakan Own Root tidak direkomendasikan karna berdampak hasil produksi rendah, kualitas buah buruk. -> Rekomendasi menggunakan RootStock vigor akan  meningkatkan ukuran berry. -> Suhu panas saat malam hari berdampak mengurangi pewarnaan buah. -> Tahan disimpan hingga 6 bulan dalam pendingin. -> Kadar asam tinggi, berpadu dengan kadar gula tinggi, menghasilkan karakteristik rasa yang bagus. -> Buah tergolong tahan  hujan sampai matang dibanding varian lainya yang kebanyakan rawan pecah akibat hujan. -> Waktu Pruning/pemangkasan yang tepat akan memberikan nilai positif terhadap peningkatan hasil produksi. Waktu pruning sangat vital, jadi jika terlalu dini maka produksi akan rendah.
    Tanah:
    -> Direkomendasikan ditanam pada tanah dalam (lapisan top soil minimal 40cm). Makin dalam makin bagus. Perakaran yang bagus mempengaruhi pertumbuhan pohon dan penyaluran nutrisi akan baik untuk ukuran berry ketika pembuahan. -> Warna buah lebih menarik pada jenis tanah berpasir dan kurang subur. Dengan catatan, irigasi dan nutrisi dimajanemen dengan baik. Koreksi defisiensi nutrisi diperlukan.
    Penggunaan Rootstock:
    -> Direkomendasikan menanam jenis ini dengan menggunakan rootstock. -> Menggunakan RS yang tepat bisa melipat gandakan hasil panen dan meningkatkan prosentase buah kategori premium hingga 84℅. -> Penggunaan Ramsey atau K51-32 terbukti cocok pada tanah berpasir. -> Ruggery dan 99 Richter menghasilkan berry yang besar. -> Grafting pada pohon induk Red Globe, Calmeria, Sultana dan Chordinary menghasilkan produksi yang bagus tetapi pewarnaan buah buruk.
    Jarak Tanam:
    -> Ideal 3,3 meter. Pada tanah dalam 2,4 meter. Sedang 2,7 meter. -> Penggunaan RS 99 Richter dan 110 Richter tercatat cocok pada beragam jenis tanah.
    Manajemen:
    -> Crimson tercatat masuk kedalam varian vigor di dunia. -> Pertumbuhan pohon perlu dikendalikan dan perhatian maksimal/ -> Jika menggunakan trellis, disarankan untuk memisah kanopi dengan bentuk Y. Pemangkasan pucuk dan perampingan pohon dimusim panas perlu dilakukan guna menghindari jamur. -> Pruning Cane. Disesusaikan dengan umur dan vigoritas pohon. Diawali dengan 2 cane pendek pada musim pertama. Ditambah jadi 4 cane, 6-8, 6-10 cane pada musim-musim berikutnya. -> Produksi pohon dewasa 25-45 tandan/pohon, 25-30 ton/hektar
    Pematangan Buah:
    -> Tidak mengalami pematangan setelah dipetik. -> Dipanen setelah kadar gula di atas 21 brix
    TMAGROUP

Leave a Reply