Tips Membeli dan Memilih Bibit Anggur

Jaman dahulu kala, banyak keluhan berseliweran dari warga yang baru mengenal anggur dan ingin mulai nanam, jika ternyata jenis anggur yang dibelinya tidak sesuai varietas alias kena tipu.

Dari ribuan jenis anggur didunia yang sebagian kecil sudah beredar di Kita, tidak menutup kemungkinan banyak Oknum yang memanfaatkan keadaan. Sangat memungkinkan bilang emas padahal isinya tembaga atau saat dijual bilang emas, beberapa tahun setelah terbukti berbuah sama Pembelinya, dia bilang bla,bla,bla :D

Nah bagi Anda yang belum terlanjur membelinya dan supaya tidak menyesal dikemudian hari, Om Demit akan berbagi tips dan coba deh ikuti, semoga tidak nyasar.

1). Langkah pertama join dan gali informasi diberbagai group anggur. Ingat group anggur ya, bukan group elektronik apalagi kuliner 😀. Om Demit laparrr.

Nih Om Demit kasih bocoranya dibawah.

– Budi Daya Tanaman Anggur
– Pecinta Tanaman Anggur
– Belajar Budidaya Anggur
– Anggur Indonesia
– Seni Menanam Anggur
– Komunitas Pecinta Tanaman Anggur
– Anggur Mania Karawang
– Tips Menanam Anggur

Tunggu apalagi ayoo langsung join dan gali informasinya.

2). Sebelum Anda membeli bibit, sangat penting Anda mengetahui jam terbang seller terkait, supaya yakin jelajahi wall pribadinya apa benar penjual bibit atau abal-abal.

Pertanyakan juga apakah dia mengetahui informasi varietas yang dijualnya atau sekedar mencari untung belaka, supaya keaslian varietasnya valid. Jangan sampai Anda mencari jenis anggur Isabela malah dikasihnya Rubi Roman, Misalkan :D

3). Pastikan bibit ketika ingin dibeli dalam keadaan sehat walafiyat, tidak berpenyakit, daun bagus tidak terkena hama dan minta garansi jika bibit rusak diperjalanan atau tidak sesuai spesifikasi seperti yang Anda lihat dicatalog yang disajikan.

4). Jika Anda benar2 pemulia baru mengenal anggur, Om Demit rekomendasikan membeli bibit jenis yang sudah adaptasi dan tidak sulit dibuahkan. Caranya pieee ? sering nongkrong dan scroll group, lalu lihat testimoni orang lain.

Sebagian sudah didokumentasikan dilink berikut.-> Disini

5). Sayangi tanaman Anda, mulailah memahami karakternya dan cara merawatnya. Jangan hanya beli lalu ditanam namun dibiarkan dan tidak dipelihara.

Sekian tips kali ini semoga bermanfaat.

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Jupiter
    Catatan Tentang Anggur Jupiter Varietas anggur Jupiter seedless (tanpa biji)pertama kali dikembangkan dan dipatenkan oleh University of Arkansas pada tahun 1998. Jenis ini sangat direkomendasikan karna bisa produktif dan beradaptasi dengan baik diberbagai darah dengan suhu berbeda, hasil produksi/H berpotensi mencapai 13 ton, pencapaian diangka tersebut cukup baik untuk mendorong pelaku usaha perkebunan anggur komersial dalam pengembanganya. Berikut deskripsinya:
    Grape Color: Blue, Black Primary Use: Table The variety can attain: 21 Brix Berry weight : 4 to 5 g in Arkansas Resistance to : fungal diseases Wine Color: Not Applicable Variety Origin: University of Arkansas Parents: Arkansas 1258 x Arkansas 1762 Pseudonym (Tested As): ARK 1985 Year Released: 1998 Harvest Season: Early Season USDA Hardiness Zone: 5 Sulfur Sensitivity: Not susceptible Vine Vigor: Medium Vigor Growth Habit: Trailing Suggested Distance Between Vines: 6 ft – 8 ft Vine Training System: Modified Munson Bud Break: Mid-Season with Concord Percobaan penanaman dinegri kita, ternyata jenis ini tidak begitu jauh dengan deskripsi aslinya, sangat mudah beradaptasi, tahan jamur dan tidak terlalu sulit dibuahkan. Untuk pengembangan dan pemantapan, silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri. By Tant Ina Ramdhani Nama Varietas: Jupiter Seedless – Country of origin: USA – Masa Pematangan buah: 100-110 HSP – Ujicoba Penanaman mdpl: 20mdpl – Bentuk buah: Oval – Rasa: Harmonis (harum manis) – Warna: Merah tua to blue and black – Aroma: Kuat – Brix: – – Seedless atau seeded: seeded – Resistance: Sangat Baik terhadap jamur – GA3 treatment: tidak pakai – Tingkat adaptasi: Sangat Baik – Perlakuan Teknik pruning: 4-9 bud – Pengamatan Potensi bud fruitful : 7 up – Lain-lain: foto buah 85 hsp, tanam 1-2-2017 ‘belum matang 100% jadi diphoto masih kelihatan berwarna merah’ Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan
  • Catatan & Deskripsi Anggur Siyana

    Satu lagi jenis table grape yang menjadi incaran koleksi pecinta anggur yaitu jenis anggur #Siyana. Awal pemulaan jenis ini oleh Dimitar Todorov di Institut Pertanian dan Produksi Benih Sifovtsov Chiflik, Ruse, Bulgaria dan sudah terdaftar dalam list varietas anggur di Bulgaria pada tahun 2007.

    Masa pematangan cukup lama rata-rata 115 – 125, meskipun hampir menembus 151 hari dibagian wilayah Bulgaria selatan dan 181 hari dibagian utara. Pertumbuhanya tidak terlalu vigor alias sedang layaknya anggur seperti biasanya, cukup memiliki ketahanan terhadap embun beku dimusim dingin dan juga cukup tahan terhadap phylloxera, jamur, oidium, busuk abu-abu.

    Berikut rangkumanya:

    Ingin melihat lebih jelas bentuk buahnya lihat vidieonya di YOUTUBE_TMA

    Jelajahi deskripsi jenis anggur lainya disini

    Join FB Group disini

  • Tips Penanganan Bibit Anggur Pasca Pengiriman
    Bibit hidup:
    1. Jika membeli bibit dari seller TMA, usahakan ketika datang diphoto kondisinya kemudian laporkan kepada seller bersangkutan. 2. Biarkan bibit ditempat wadah dan media bawaanya dan tambahkan media tanam sampai polybag penuh lalu siram. 3. Sementara hindari kontak langsung berlebihan dengan sinar matahari sampai bibit pulih dari stres kecuali pagi supaya sehat. 4. Minggu pertama hindari pemberian pupuk kimia. 5. Jika sudah keluar tunas baru, bibit siap dipindahkan ketempat yang lebih besar.
    Cutting:
    1. Rendam cutting dengan anti jamur jika sebelumnya belum ditreatment. 2. Sayat bagian bawah cutting bentuk horizontal dan celupkan/oles perangsang akar. 3. cutting siap disemai.
    Sekian & Semoga membantu. Tips lainya tambahkan dikolom komentar. TMAGroup.
  • Suka & Duka Menanam Anggur
    Penasaran dengan kisah suka & duka menjadi pengANGGURan..? ini dia hasil rangkumanya. NYesel deh kalau gak dibaca, lucu2, hihi Maaf konten lagi diperbaiki

Leave a Reply