Tips Membentuk Pohon Anggur

Pembentukan pohon anggur dari mulai primer, sekunder dan tersier sangat penting karena berperan dalam menentukan cabang yang akan dipangkas ketika masa gerneratif atau menginjang pangkas pembahan. Berikut ini langkah step  by step dari masa penanaman sampai pembuahan.

  • Biarkan pohon anggur tumbuh lurus keatas mengikuti tiang ajir untuk membentuk batang primernya.
  • Setelah tingginya 3 m atau diameter sebesar pensil harus segera dipotong diketinggian sama dengan tinggi tiang. Pemotongan bertujuan untuk membentuk cabang sekunder yang nantinya ketika sudah dipotong akan keluar dari bud/mata tunas batang utama.
  • Ketika masa pertumbuhan diatas, cabang yang keluar dari ketiak daun akan selalu dibuang supaya pertumbuhanya cepat.
    Banyaknya cabang sekunder yang dipelihara idealnya tidak lebih dari 4 cabang atau minimal 2 cabang (cordon)
  • Pengaturan cabang sekunder/kedua diarahkan kearah berbeda dan diikat rapi.
    Setelah cabang sekunder memiliki diameter pensil harus dipotong untuk merangsang pertumbuhan cabang ketiga/tersier.
  • Perlakuan ketika memelihara sekunder sama dengan ketika pemeliharaan primer yaitu setiap cabang yang keluar dari ketiak selalu dibuang.
  • Selanjutnya ketika sekunder sudah dipotong nanti akan keluar tersier dari setiap bud/mata tunas sekunder dan siap dipelihara.
  • Setelah tersier berdiameter pensil harus dipotong untuk dilakukan ketahap pembuahan dengan perpaduan metode spur & cane.
    Jarak setiap cabang tersier tidak terlalu rapat maksimal berjarak 1 jengkal.

Selanjutnya masuk ketahap pemupukan baca selengkapnya disini

  • 3 Penyebab Gagal Menanam Anggur

    1. Pesimistis
    Tidak sedikit kawan-kawan yang baru mengenal tanaman anggur merasa putus asa dan hilang semangat ketika pohon anggur kesayanganya tidak sesuai harapan. Proses dari menumbuhkan stek sampai pohon dewasa tidak semudah membalikan telapak tangan, bahkan mulai memelihara dari yang sudah hidup juga pasti banyak kendala.

    Kita semua mungkin berpotensi dihadapkan rasa pesimistis dan tidak lagi memiliki semangat menanam anggur. Ya, itu manusiawi dan wajar. Untuk selalu konsisten dan mempunyai jiwa pengANGGURan sejati, ada beberapa tips yang akan membantu motivasi ketika semangat mulai kendor.

    1.) Silaturahmi antar pengANGGURan. Tips ini sangat jitu dan bermanfaat karna mengandung nilai positif dan bisa merangsang kembal semangat menanam.
    interaksi dan saling memotivasi secara langsung akan lebih baik untuk menumbuhkan kembali gairah yang sempat hilang.

    2.) Aktif diberbagai group tanaman anggur. Ini penting karena disamping saling berbagi tips dan wadah berdiskusi, group juga sebagai sarana informasi.

    2. Tidak ada kemauan
    ‘Where there is a will there is a way’. Kenapa kita menanam anggur? karna kita ingin semua orang tahu bahwa anggur bisa berbuah, karna kita suka buah anggur,
    karna untuk peneduh pekarangan, karna kita suka koleksi anggur, atau mungkin karna kita mau membuka agrowisata anggur.

    “well, semua orang pasti punya alasan masing-masing. Intinya ada kemauan yang terus dipupuk apapun tujuanya.

    3. Minim Informasi
    Kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai jenis anggur yang kita tanam, terutama bagi yang baru mulai terjun dan mengenal anggur bisa berpotensi menjadikan seseorang pensiun dini.

    Bagaimana tidak, sudah menanam bertahun-tahun ternyata rasa buahnya kecut tidak enak dikonsumsi. Pada akhirnya ditebang dan tidak mau lagi menanam karna trauma. Apalagi ketika awal membeli bibit tersebut diimingi dengan rasa buah manis, genjah dan memiliki warna nan elok.

    Untuk itu sangatlah perlu untuk menggali informasi dan menambah wawasan terkait jenis anggur yang kita tanam sebelum menyesal dikemudian.

    Grape For All

    TMAGROUP

  • Revisi Free Market (TMA)

    Revisi Free Market (TMA)
    ====================
    Mohon dibaca dengan baik.

    Berawal dari banyaknya member yang mengajukan diri untuk berpartisipasi menjadi seller dan kemudian TMA masih belum bisa menerimanya mengingat banyak syarat yang belum terpenuhi sebagaimana ketentuan.

    Namun disisi lain, TMA juga tidak ingin menutup jalan rezeki seseorang dan dirasa kurang fair jika ada kesan pilih kasih. Maka dari itu TMA membuat kebijakan baru untuk peraturan #FREE_MARKET dan semoga menjadi jalan penengah supaya lebih nyaman bagi semua pihak.

    Berikut revisi peraturan FM untuk acuan kedepan:

    #Ketentuan
    ==========
    1: Free market adalah program bulanan yang diadakan setiap satu minggu diawal bulan pertama dibawah pengawasan komunitas group. FM merupakan solusi bagi setiap warga yang berkeinginan mempromosikan lapaknya dari mulai bibit anggur, alat pertanian dan pupuk.

    Peraturan free market secara spesifik diatur dalam point berikut:

    #a: Pelapak menggunakan akun asli dengan nama manusia bukan tumbuhan, hewan atau sejenisnya. FM akan menolak akun yang diluar ketentuan.

    #b: Pelapak adalah member aktif digroup, bukan yang muncul tiba-tiba ketika FM berjalan.

    #c: Pelapak selain seller TMA hanya sebatas promosi dijadwal FM, jika dalam komentar diluar jadwal FM terdeteksi promosi akan dibanned.

    #d: Produk/Item yang dijual berupa peralatan tani, pupuk, obat pertanian, bibit anggur berupa cutting, bibit hidup hasil grafting, hasil cutting, cangkok atau bahkan dongkelan.

    #e: Hanya promosi bulanan dengan batas waktu promosi -+1 minggu (Produk ditawarkan dikolom yang akan disediakan setiap tanggal 1)

    #f: Wajib mencantumkan harga, deskripsi dan pendukung lainya jika diperlukan.

    #g: Wajib matermark photo produk dengan nama free market

    #h: Setiap pelaku yang berpartisipasi dalam program free market wajib bertanggung jawab atas keaslian dan kwalitas produk yang dijual sesuai spesifikasi yang ditawarkan.

    #i: Terkait sumber bibit yang diperjual belikan dikomunitas, baik berasal dari menanam sendiri, reseller, import sendiri dan lainya adalah diluar pengetahuan dan tanggung jawab group.

    #Persyaratan Bibit
    ===============
    #a: Untuk kategory bibit hidup asal grafting, minimal umur 2,5 bulan HSS (hari setelah sambung)

    #b: Untuk kategory bibit hidup asal cutting ,minimal umur 4 bulan & akar sdh keluar dr polybag.

    #c: Untuk category bibit bareroot (cabutan) minimal umur 6 bulan dan akar sudah gondrong.

    #d: Untuk kategory cutting, minimal 3 bud dengan diameter pensil & sudah berkayu. Wajib treatment pungsida & rooting up dan didistribusikan maksimal 2 hsp atau sebelum FM ditutup.

    #e: Untuk category bibit cangkok tidak diperbolehkan FC (masih fresh). Wajib sudah disimpan terlebih dahulu minimal 2 bulan dan sudah berdaun baru.

    #Harga
    ======
    a: Bibit anggur

    Pada dasarnya TMA tidak berhak untuk mengatur dan menentukan harga bibit karena itu merupakan hak seller dimedia manapun promosi termasuk TMA. Namun dalam hal ini group bertanggung jawab mengatur urusan internal supaya tertib dan teratur. TMA sendiri disamping kordinasi dengan berbagai seller terkait , akan terus mengikuti perkembangan harga pasar diberbagai group anggur dan media lainya.

    Harga bibit anggur standar pasar yang sudah berjalan yaitu:

    #Bibit category import

    – Cutting Rp. 25.000
    – Bibit asal grafting Rp. 125.000
    – Bibit hidup asal cutting Rp. 125.000
    – Bibit bareroot (cabutan) Rp. 150.000
    – Bibit hidup asal cangkok Rp. 150.000
    – Bibit asal dongkelan belum ada ketentuan karna masih jarang.

    #Bibit category lokal

    – Cutting Rp. 10.000
    – Bibit hidup asal cutting Rp. 45.000
    – Bibit bareroot (cabutan) Rp. 125.000
    – Bibit hidup asal cangkok Rp. 100.000
    – Bibit asal dongkelan Rp. 250.000

    b: Non bibit
    Harga produk non bibit tidak diatur dalan ketentuan FM, silahkan diajukan harga terbaiknya.
    Harga diatas adalah harga minimal yang wajib tercantum dilapak FM, adapun jika ada penawaran harga khusus via inbox, itu urusan buyer dan seller.

    2. Postingan FM berupa album, jadi setiap pelapak yang menawarkan produknya untuk menambahkan foto kedalam album supaya memudahkan monitoring dan tidak tercampur sama pelapak lain dalam satu komentar

    3. Batas waktu free market 5 hari dimulai dari tanggal 1-5

    4. TMA akan mengambil fee 5% dari total transaksi setiap pelapak yang akan dimasukan saldo DOMPET Group untuk kepentingan sosial.

    5: Dana transaksi melalui rekening pengurus (Opsional) bagi pembeli yang merasa kurang yakin jika pelapak belum dikenal bisa menggunakan fasilitas ini.

    #Bank BTPN Wow
    Nomor: 081542975046
    A.n Wibisono Bayu Giri Murti

    jika memakai fasilitas rekening bersama ada tambahan biaya trex ke seller 6500 + 5% fee buat Dompet Group.

    #Pelanggaran yang dilakukan diluar ketentuan diatas termasuk transaksi tidak amanah akan ditindaklanjuti dengan pemblokiran.
    #Ketentuan ini berlaku untuk FM bulan juli dan selanjunya jadi Siapkan produk terbaiknya.
    #Jika terjadi komplen akibat packing kurang baik atau bibit tidak sesuai yang ditawarkan, entah kesalahan varietas atau keluar dari deskripsi produk, maka pelapak wajib menggantinya 100%.

    14-Juni-2018
    ——-
    TTD
    TMA GROUP

  • Jenis Anggur Dubovsky Pink

    Satu lagi jenis anggur yang harus dikoleksi setiap hobbies anggur yaitu jenis dubovsky pink. Jenis ini sudah berhasil dibuahkan di Indonesia dengan bentuk dan warna sesuai varietasnya. Pokonya tidak akan menyesal deh. ayo segera hunting bibitnya dan mulai menanamnya.

    Berikut  Spesifkasi Dubovsky Pink

    Maturing term: early, Mass of a cluster: 0.7-1.5 kg, Berry weight: 14-20 gr
    Berry size: 30-45 mm, Coloring berries: pink-red, Pulp consistency: crispy
    Taste (taste) berries: harmonious, Susceptibility to diseases: – points
    Resistance to frost: -23 ° C, Growth force: vigorous

    Tonton Videony di YOUTUBE

    Join Group disini

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Prabu Bestari
    1. Jenis Anggur Prabu Bestari (Table Grape)

    Klik dibagian gambar untuk memperbesar.

    Varietas anggur Prabu Bestar/ Redprince dengan kode aksesi BS89 sudah sejak lama dibudidayakan dikebun display balijestro yang berlokasi di Kp, Banjarsari-Probolinggo-JATIM. Berikut hasil rangkuman dari berbagi sumber tentang spesifikasi jenis prabu bestari

    – Nama Varietas: Redprince / Prabu bestari
    – Kebun Display: Kp, Banjarsari-Probolinggo
    – Pendaftaran Varietas No. 29/PPVHP/2008
    – Kode aksesi: BS89
    – Masa Pematangan buah: 120-135 HSP
    – Penanaman: 300 mdpl
    – Bentuk buah: Bulat Telur
    – Rasa: Manis
    – Warna: Merah
    – Aroma: alami
    – Daya simpan buah anggur ini mencapai 7-14 hari pada suhu ruangan.
    – Brix: 18 – 20 brix
    – Seedless atau seeded: seeded
    – Rootstock: Isabela
    – Resistance terhadap hama dan ketahanan akar cukup kuat  (ownroot), namun jika kawan2 ingin memakai batang bawah bisa diperaktikan seperti contoh pohon yang ada digambar.
    – GA3 treatment: No
    – Dormex: No
    – Tingkat Adaptasi: Beradaptasi dengan baik disemua wilayah.
    – Training System: Para-para
    – Teknik Pruning: CANE 5-9 bud dengan potensi bud fruitful  berada diurutan mata tunas ke 5 up, bukan berarti urutan 5 kebawah tidak akan membawa cluster buah, namun lebih dominan diangka tersebut. Jadi jika menggunakan teknik cane pruning akan lebih optimal karna kemungkinanya tinggi.

    Demikian sekilas tentang anggur jenis prabu bestari, apakah om/tante tertarik untuk menanamnya..?

    TMAGROUP

One thought on “Tips Membentuk Pohon Anggur

Leave a Reply