Tips Membentuk Pohon Anggur

Pembentukan pohon anggur dari mulai primer, sekunder dan tersier sangat penting karena berperan dalam menentukan cabang yang akan dipangkas ketika masa gerneratif atau menginjang pangkas pembahan. Berikut ini langkah step  by step dari masa penanaman sampai pembuahan.

  • Biarkan pohon anggur tumbuh lurus keatas mengikuti tiang ajir untuk membentuk batang primernya.
  • Setelah tingginya 3 m atau diameter sebesar pensil harus segera dipotong diketinggian sama dengan tinggi tiang. Pemotongan bertujuan untuk membentuk cabang sekunder yang nantinya ketika sudah dipotong akan keluar dari bud/mata tunas batang utama.
  • Ketika masa pertumbuhan diatas, cabang yang keluar dari ketiak daun akan selalu dibuang supaya pertumbuhanya cepat.
    Banyaknya cabang sekunder yang dipelihara idealnya tidak lebih dari 4 cabang atau minimal 2 cabang (cordon)
  • Pengaturan cabang sekunder/kedua diarahkan kearah berbeda dan diikat rapi.
    Setelah cabang sekunder memiliki diameter pensil harus dipotong untuk merangsang pertumbuhan cabang ketiga/tersier.
  • Perlakuan ketika memelihara sekunder sama dengan ketika pemeliharaan primer yaitu setiap cabang yang keluar dari ketiak selalu dibuang.
  • Selanjutnya ketika sekunder sudah dipotong nanti akan keluar tersier dari setiap bud/mata tunas sekunder dan siap dipelihara.
  • Setelah tersier berdiameter pensil harus dipotong untuk dilakukan ketahap pembuahan dengan perpaduan metode spur & cane.
    Jarak setiap cabang tersier tidak terlalu rapat maksimal berjarak 1 jengkal.

Selanjutnya masuk ketahap pemupukan baca selengkapnya disini

  • Bibit Anggur Gratis

    Dalam rangka syukuran salah seorang Cucu, yang putrinya bertambah usia, Mbah diamanati untuk membagikan hibah bibit.

    Syarat & Ketentuan:

    Penerima hibah, diutamakan adalah mereka yang belum punya jenis introduksi/import. Jadi yang merasa sudah punya, harap tiarap dulu. Berikan kesempatan kepada yang lebih membutuhkan.

    Jika ternyata semua member sudah punya, maka dialihkan kepada mereka yang belum punya banyak. Misal, baru punya satu.

    Bibit hibah diharapkan dirawat dan dipelihara dengan penuh kasih sayang. Dan semoga menjadi berkah untuk penerima dan pemberi.

    Member grup yang belum pernah sama sekali aktif, tidak bisa menerima hibah ini. Keaktifan anggota (posting, komentar, respon like) bisa dicek oleh pengurus.

    Semoga Allah Subhanahu Wata’ala Membalas kebaikan pemberi hibah dengan berlipat ganda & Semoga bermanfaat dan membawa berkah untuk kita semua.

    Berikut daftar penerima hibah:

    Daftar penerima hibah:

    1. Lutfi Zubad
    2. Sis Wae
    3. Sri Sumarahati
    4. Ayik Widodo
    5. Syaiful Kalam
    6. Dudi Di’x
    7. Ayesha
    8. Icko Icky
    9. Verra Newrecruitment
    10. Maftuh
    11. Anggie Ctq
    12. Yanto Jaya
    13. Thahir Mardani
    14. Dwi Setyo
    15. Mahdy Raziq Hanan

    Lihat jenis yang dihibahkan via YOUTUBE

    Ikuti info via group Fb TMA disini

    Terimakasih atas partisipasinya.

  • 3 Penyebab Gagal Menanam Anggur

    1. Pesimistis
    Tidak sedikit kawan-kawan yang baru mengenal tanaman anggur merasa putus asa dan hilang semangat ketika pohon anggur kesayanganya tidak sesuai harapan. Proses dari menumbuhkan stek sampai pohon dewasa tidak semudah membalikan telapak tangan, bahkan mulai memelihara dari yang sudah hidup juga pasti banyak kendala.

    Kita semua mungkin berpotensi dihadapkan rasa pesimistis dan tidak lagi memiliki semangat menanam anggur. Ya, itu manusiawi dan wajar. Untuk selalu konsisten dan mempunyai jiwa pengANGGURan sejati, ada beberapa tips yang akan membantu motivasi ketika semangat mulai kendor.

    1.) Silaturahmi antar pengANGGURan. Tips ini sangat jitu dan bermanfaat karna mengandung nilai positif dan bisa merangsang kembal semangat menanam.
    interaksi dan saling memotivasi secara langsung akan lebih baik untuk menumbuhkan kembali gairah yang sempat hilang.

    2.) Aktif diberbagai group tanaman anggur. Ini penting karena disamping saling berbagi tips dan wadah berdiskusi, group juga sebagai sarana informasi.

    2. Tidak ada kemauan
    ‘Where there is a will there is a way’. Kenapa kita menanam anggur? karna kita ingin semua orang tahu bahwa anggur bisa berbuah, karna kita suka buah anggur,
    karna untuk peneduh pekarangan, karna kita suka koleksi anggur, atau mungkin karna kita mau membuka agrowisata anggur.

    “well, semua orang pasti punya alasan masing-masing. Intinya ada kemauan yang terus dipupuk apapun tujuanya.

    3. Minim Informasi
    Kurangnya informasi dan pengetahuan mengenai jenis anggur yang kita tanam, terutama bagi yang baru mulai terjun dan mengenal anggur bisa berpotensi menjadikan seseorang pensiun dini.

    Bagaimana tidak, sudah menanam bertahun-tahun ternyata rasa buahnya kecut tidak enak dikonsumsi. Pada akhirnya ditebang dan tidak mau lagi menanam karna trauma. Apalagi ketika awal membeli bibit tersebut diimingi dengan rasa buah manis, genjah dan memiliki warna nan elok.

    Untuk itu sangatlah perlu untuk menggali informasi dan menambah wawasan terkait jenis anggur yang kita tanam sebelum menyesal dikemudian.

    Grape For All

    TMAGROUP

  • Catatan & Deskripsi Anggur Husayn Kelin Barmak

    Dalam hal rasa & selera, jenis anggur yang berasal dari Uzbekistan ini termasuk salah satu jajaran anggur meja/siap santap terbaik di Asia Tenggara. Meski tingkat brix tidak terlalu tinggi, berada dikisaran 17-18, namun dari segi bentuk buah, rasa & skin cukup menarik minat para kolektor & konsumen.

    Meskipunn jenis ini disebagian wilayah pertumbuhanya cukup baik dan adaptasi, namun dibagian wilayah Asia tenggara lainya membutuhkan perhatian extra. Varietas ini juga peka terhadap komposisi tanah/media tanam yang cendrung lebih responsif jika media gembur.

    Berikut deskripsinya:

    Lihat juga deskripsi jenis lainya disini

    Konsultasi via Whatsapp

    Join Group Facebook

    Liht video Tma On Youtube

  • Catatan & Spesifikasi Anggur Queen Nina

    Catatan Tentang Anggur Queen Nina

    Queen Nina adalah varietas anggur yang direlease pada tahun 1992 oleh National Agriculture and Food Research Organization, Institute of Fruit Tree Science, Akitsu (NIFTS) Jepang. Awal percobaan masal yang diuji di 36 lokasi pada tahun 2010-2004 yang kemudian pada tahun 2009 mendapat SK pelepasan sebagai anggur pilihan dan rekomendasi dengan daftar No. 20733 dibawah pengawasan ‘The Plant Variety and Seedling Act of Japan’

    Queen Nina hasil persilangan Akitsu-20 X Aki Queen’ yang mana Akitsu-20 sendiri adalah anggur hibryd hasil silang ‘Benizuiho’ × ‘Hakuho’. Buah dengan ukuran cukup besar Ini memiliki rasa manis, renyah, warna kulit merah, butiran buah mencapai 15 sampai 20 g dengan tingkat konsentrasi keasaman sangat rendah. Meskipun pada awalnya tergolong seedeed ‘berbiji namun berhasil dikonversi menjadi seedless dengan aplikasi GA3 pada stage full bloom + 15 hari dan hasil setelahnya menjadi varietas unggulan seedless.

    Pematangan pada akhir Agustus sampai awal September di Akitsu sekitar 4-7 hari lebih dini dari jenis Kyoho dan Pione. Ketahanan terhadap cuaca exstrim dingin diperkirakan cukup kuat daripada ‘Kyoho’, dan terkait perlakuan penjarangan Kluster bunga sangat direkomendasikan untuk mendapatkan kluster yang menarik selayaknya kultivar komersial lainya di Jepang.

    Deskripsi:

    – Prime name: QUEEN NINA (4N)
    – Color of berry skin: ROUGE
    – Variety number VIVC: 24056
    – Country of origin of the variety: JAPAN
    – Location of publication : Tsukuba
    – Species : VITIS INTERSPECIFIC CROSSING
    – Pedigree as given by breeder/bibliography: AKITSU 20 X AKI QUEEN
    – Prime name of parent 1: AKITSU 20 (4N)
    – Prime name of parent 2: AKI QUEEN (4N)
    – Year of crossing: 1992

    Mari kita lihat Deskripsi (made in indonesia)

    by: Om Handika Permana
    – Nama Varietas: QUEEN NINA
    – Country of origin:jepang
    – Masa Pematangan buah:100hsp
    – Ujicoba Penanaman mdpl: kurleb 80
    – Bentuk buah:bulat-oval
    – Rasa:manis
    – Warna:merah
    – Aroma:_
    – Brix:16-20
    – Seedless atau seeded:seeded
    – Resistance thdap jamur, air, hama:cukup tahan jamur
    – GA3 treatment:no
    – Tingkat adaptasi:bagus
    – Perlakuan Teknik pruning: sekedar potes
    – bud fruitfuly/potensi urutan bud pembawa bunga :
    – Dormex treatment:no
    – Berat buah 7,9-10gr

    Seperti biasa bahwa semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

One thought on “Tips Membentuk Pohon Anggur

Leave a Reply