Tips dan Cara Pembibitan Anggur

Pengadaan benih terbaik direkomendasikan secara vegetatif yaitu perbanyakan stek/cutting dengan panjang standar sekitar 25 cm (3 ruas mata tunas), berwarna coklat matang, berdiameter 1 cm (pensil) yang diambil dari pohon induk berumur di atas satu

tahun. Metode pembibitan dilakukan dengan cara mencelupkan bagian bawah stek kedalam zat perangsang tumbuh (Rooting Up) kemudian disemai dalam polybag hitam berukuran 30 yang diletakan didalam green house selama enam bulan dan bibit siap dipindahkan kelapangan.

  1. Persiapan metan:
     Tanah gembur/berpasir
     Sekam bakar
     NPK
     Dolomit
     Pupuk kandang terfrementasi
     Polybag warna hitam
     Perbandingan Tanah 2: Sekam1: Pukam1: npk 1 sendok teh: puradan 1 sendok teh (untuk setiap polybag)
  2. Aduk semua media tanam dan sementara simpan selama minimal 1 minggu sebelum cutting ditancapkan.
  3. Setelah cutting ditanam sebaiknya ditempatkan ditempat yang terkena matahari tidak langsung/ terhalang plastik dengan tetap memperhatikan sirkulasi udarasupaya tunas yang sprout selalu sehat. Hindari penanaman cutting ditempat teduh atau bahkan tidak terjangkau sinar matahari karna akan mengundang jamur & tunas tidak sehat dan cepat layu.
  4. Penyiraman bisa dikondisikan dengan suhu setempat. Untuk anggur tidak mesti disiram setiap hari karna kalau terlalu becek akan berakibat akar busuk dan tunas layu, cukup masukan telunjuk kedalam polybag kalau masih terasa lembab tidak mesti disiram. Yang saya lakukan idealnya 3x1minggu dimusim hujan.
  5. Penyemprotan insektisida pembasmi hama juga harus diperhatikan sebelum terserang meskipun dalam ruangan semut/serangga pemakan daun selalu ada.
  6. Nutrisi daun bisa disemprotkan setelah cuting tumbuh daun beberapa helai. Bisa menggunakan POC atau apa saja yang terpenting ada asupan zat/unsur nutrisi yang dibutuhkan.
  7. Pemberian NPK bisa dilakukan 3 minggu 1x (1 sendok teh disetiap bagian pinggir polybag).
  8. Setelah umur bibit minimal 6 bulan bisa dipindahkan ketempat yang lebih besar atau ditanam ditanah langsung.

TMA

  • Catatan & Deskripsi Anggur Siyana

    Satu lagi jenis table grape yang menjadi incaran koleksi pecinta anggur yaitu jenis anggur #Siyana. Awal pemulaan jenis ini oleh Dimitar Todorov di Institut Pertanian dan Produksi Benih Sifovtsov Chiflik, Ruse, Bulgaria dan sudah terdaftar dalam list varietas anggur di Bulgaria pada tahun 2007.

    Masa pematangan cukup lama rata-rata 115 – 125, meskipun hampir menembus 151 hari dibagian wilayah Bulgaria selatan dan 181 hari dibagian utara. Pertumbuhanya tidak terlalu vigor alias sedang layaknya anggur seperti biasanya, cukup memiliki ketahanan terhadap embun beku dimusim dingin dan juga cukup tahan terhadap phylloxera, jamur, oidium, busuk abu-abu.

    Berikut rangkumanya:

    Ingin melihat lebih jelas bentuk buahnya lihat vidieonya di YOUTUBE_TMA

    Jelajahi deskripsi jenis anggur lainya disini

    Join FB Group disini

  • Tips Membeli dan Memilih Bibit Anggur

    Jaman dahulu kala, banyak keluhan berseliweran dari warga yang baru mengenal anggur dan ingin mulai nanam, jika ternyata jenis anggur yang dibelinya tidak sesuai varietas alias kena tipu.

    Dari ribuan jenis anggur didunia yang sebagian kecil sudah beredar di Kita, tidak menutup kemungkinan banyak Oknum yang memanfaatkan keadaan. Sangat memungkinkan bilang emas padahal isinya tembaga atau saat dijual bilang emas, beberapa tahun setelah terbukti berbuah sama Pembelinya, dia bilang bla,bla,bla :D

    Nah bagi Anda yang belum terlanjur membelinya dan supaya tidak menyesal dikemudian hari, Om Demit akan berbagi tips dan coba deh ikuti, semoga tidak nyasar.

    1). Langkah pertama join dan gali informasi diberbagai group anggur. Ingat group anggur ya, bukan group elektronik apalagi kuliner 😀. Om Demit laparrr.

    Nih Om Demit kasih bocoranya dibawah.

    – Budi Daya Tanaman Anggur
    – Pecinta Tanaman Anggur
    – Belajar Budidaya Anggur
    – Anggur Indonesia
    – Seni Menanam Anggur
    – Komunitas Pecinta Tanaman Anggur
    – Anggur Mania Karawang
    – Tips Menanam Anggur

    Tunggu apalagi ayoo langsung join dan gali informasinya.

    2). Sebelum Anda membeli bibit, sangat penting Anda mengetahui jam terbang seller terkait, supaya yakin jelajahi wall pribadinya apa benar penjual bibit atau abal-abal.

    Pertanyakan juga apakah dia mengetahui informasi varietas yang dijualnya atau sekedar mencari untung belaka, supaya keaslian varietasnya valid. Jangan sampai Anda mencari jenis anggur Isabela malah dikasihnya Rubi Roman, Misalkan :D

    3). Pastikan bibit ketika ingin dibeli dalam keadaan sehat walafiyat, tidak berpenyakit, daun bagus tidak terkena hama dan minta garansi jika bibit rusak diperjalanan atau tidak sesuai spesifikasi seperti yang Anda lihat dicatalog yang disajikan.

    4). Jika Anda benar2 pemulia baru mengenal anggur, Om Demit rekomendasikan membeli bibit jenis yang sudah adaptasi dan tidak sulit dibuahkan. Caranya pieee ? sering nongkrong dan scroll group, lalu lihat testimoni orang lain.

    Sebagian sudah didokumentasikan dilink berikut.-> Disini

    5). Sayangi tanaman Anda, mulailah memahami karakternya dan cara merawatnya. Jangan hanya beli lalu ditanam namun dibiarkan dan tidak dipelihara.

    Sekian tips kali ini semoga bermanfaat.

  • Daftar Peserta LGT-2

    NAMA PESERTA

    ============

    1. Andre budiyanto
    2. Sugianto
    3. Khothibulloh Muhammad/Intan Gumalo
    4. Nur ali
    5. Bhre Chakrabhuma /Sumardi
    6. Yenny
    7. Yanto Khansa /Eko Aryanto
    8. Sri Anita Damayanti
    9. Thoyeb Jumin
    10. Hanafi Kentos Hanafi
    11. Beny Kurniawan
    12. Kaesaryo Ministy
    13. Indra Giri
    14. Hening/didin
    15. BADARUDIN SAFEI
    16. Danang Nugroho
    17. Erfan Hannz Mansiz erfan fahroji
    18. Andika eko prastowo
    19. Dian arfendie
    20. Ilyas sholihin
    21. Holis
    22. Rizal
    23. Elly Rochlia
    24. Syahrir Bima
    25. ecih nurhayati
    26. Sidareja
    27. Ridwan effendi
    28. Wahyudi
    29. Selistyanto
    30. Ujang sujana

     

    TMA-GROUP

  • Catatan & Deskripsi Anggur Nizina

    Bukan hoak namun nyatanya benar bahwa jenis anggur nizina sangat mudah dibuahkan bahkan tanpa melalui pemangkasan secara normal “alias sembarang dipotes pucuknya” bisa mengeluarkan bunga. Tidak jauh beda dengan jenis ninel,souvenir dari sisi mudah berbuah.

    Jika dilihat dari postingan kawan-kawan digroup, jenis ini cukup digemari dan dimasukan list koleksi dipekarangan mereka atau bahkan dikebun.

    Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.

    Berikut deskripsinya:

    Nama Varietas: Nizinia
    Persilangan: Talisman x Tomaysky
    Warna buah: merah/violet
    Bentuk: Bulat
    Rasa: manis
    Berat butiran: 12-16gram
    Berat tandan: 600-800gram
    Brix: 19,5%
    Pematangan: 110-120 hari
    Tingkat adptasi: sangat baik & vigor (rekomended)

    Lihat videonya di YOUTUBE

    TMAgroup

6 thoughts on “Tips dan Cara Pembibitan Anggur

Leave a Reply