Tips dan Cara Pembibitan Anggur

Pengadaan benih terbaik direkomendasikan secara vegetatif yaitu perbanyakan stek/cutting dengan panjang standar sekitar 25 cm (3 ruas mata tunas), berwarna coklat matang, berdiameter 1 cm (pensil) yang diambil dari pohon induk berumur di atas satu

tahun. Metode pembibitan dilakukan dengan cara mencelupkan bagian bawah stek kedalam zat perangsang tumbuh (Rooting Up) kemudian disemai dalam polybag hitam berukuran 30 yang diletakan didalam green house selama enam bulan dan bibit siap dipindahkan kelapangan.

  1. Persiapan metan:
     Tanah gembur/berpasir
     Sekam bakar
     NPK
     Dolomit
     Pupuk kandang terfrementasi
     Polybag warna hitam
     Perbandingan Tanah 2: Sekam1: Pukam1: npk 1 sendok teh: puradan 1 sendok teh (untuk setiap polybag)
  2. Aduk semua media tanam dan sementara simpan selama minimal 1 minggu sebelum cutting ditancapkan.
  3. Setelah cutting ditanam sebaiknya ditempatkan ditempat yang terkena matahari tidak langsung/ terhalang plastik dengan tetap memperhatikan sirkulasi udarasupaya tunas yang sprout selalu sehat. Hindari penanaman cutting ditempat teduh atau bahkan tidak terjangkau sinar matahari karna akan mengundang jamur & tunas tidak sehat dan cepat layu.
  4. Penyiraman bisa dikondisikan dengan suhu setempat. Untuk anggur tidak mesti disiram setiap hari karna kalau terlalu becek akan berakibat akar busuk dan tunas layu, cukup masukan telunjuk kedalam polybag kalau masih terasa lembab tidak mesti disiram. Yang saya lakukan idealnya 3x1minggu dimusim hujan.
  5. Penyemprotan insektisida pembasmi hama juga harus diperhatikan sebelum terserang meskipun dalam ruangan semut/serangga pemakan daun selalu ada.
  6. Nutrisi daun bisa disemprotkan setelah cuting tumbuh daun beberapa helai. Bisa menggunakan POC atau apa saja yang terpenting ada asupan zat/unsur nutrisi yang dibutuhkan.
  7. Pemberian NPK bisa dilakukan 3 minggu 1x (1 sendok teh disetiap bagian pinggir polybag).
  8. Setelah umur bibit minimal 6 bulan bisa dipindahkan ketempat yang lebih besar atau ditanam ditanah langsung.

TMA

  • Catatan & Spesifikasi Tentang Anggur Rizamat

    Catatan Tentang Anggur Rizamat/Ризамат

    Varietas rizamat berasal dari Uzbekistan hasil persilangan jenis Katta-Kurgan X Parkent. Sejahrah penamaan dengan rizamat dikaitkan dengan seorang pemerhati/petani anggur uzbekistan bernama Rizamat Musamukhamedov. Jenis ini termasuk table grape yang memiliki tingkat adaptasi pertumbuhan cukup baik dan menghasilkan tandan besar dengan butiran buah rata-rata 14 gram tanpa treatment GA3, adapun jika aplikasi ga3 diperkirakan bisa mencapai 20g/berries.

    Menurut deskripsi aslinya bahwa kwalitas akar rizamat tanpa grafting (ownroot) cukup baik dan kuat dibandingkan varietas lainya, namun tidak menutup kemungkina jika digunakan batang bawah (rootstock) akan lebih meningkatkan kwalitas.

    Berikut deskripsinya:

    – Country of origin: Uzbekistan
    – Variety Name: Rizamat/Ризамат
    – Parentage: Katta-Kurgan x Parkent
    – Ripening: Early-middle (125-135 days)
    – Pollination Requirements: This Grape is self-fertile (bisexual)
    – Color of berry skin: Red
    – Brix – 20-25% dengan keasaman 5 g / l.
    – Berry weight: 9-14 g (45 x 25 mm)
    – Bunch weight: 600-1000 g
    – The sugar content is up to 25% brix with an acidity of 5 g / l.
    – Taste Berries: Harmonious & pulp is fleshy, skin is not felt when eating
    – Seeded
    – Resistance to : Oidiumlow, -18 ° С

      Deskripsi made in INDONESIA

    by: Om R Shodik Manunggal
    – Nama Varietas: Rizamat/Ризамат
    – Country of origin: Ukraina
    – Masa Pematangan buah: 140-150 hsp
    – Ujicoba Penanaman: 0-10 mdpl
    – Bentuk buah: bulat memanjang
    – Rasa: kombinasi fleshy dan crunch
    – Diameter Buah: 1.8 cm -2.3cm
    – Warna: merah kehitam
    – Aroma: normal
    – Daging Buah:
    – Berat Tandan: 500 gr – 1.000 (belum max)
    – Berat Butiran: 8 -14 gr
    – Brix: 18-20
    – Seedless/seeded: seeded
    – Resistance terhadap jamur/air: cukup kuat
    – GA3 treatment: ya
    – Dormex pasca pruning: no
    – Tingkat adaptasi: sangat baik
    – Teknik pruning: spur 3-5 bud

    Semua varietas & spesifikasi yang dipublikasikan adalah hasil dokumentasi kawan-kawan sebagai bahan informasi untuk memudahkan pencarian bagi yang membutuhkan. Untuk optimalisasi dan pemantapan silahkan Om/Tante bisa mencoba menanamnya sendiri.

  • Cara Pemupukan Anggur (TMA)

    Cara Pemupukan Anggur.

    Pemupukan anggur dari mulai ditanam sampai menginjak masa pembuahan secara continue sangat penting untuk supaya maksimal. Meski kuantitas dan kualitas buah dipengaruhi faktor lain seperti pemangkasan/pruning, namun pemberian nutrisi dan gizi yang diperlukan akan saling berkorelasi dengan teknik pruning yang diterapkan. Sebalumnya bisa baca Teknik Pruning Terbaik 

    Baca juga artikel berhubungan Tips Pembuahan Anggur dan Cara Memangkas Anggur 

    Dalam masa pertumbuhan awal pohon anggur yang kita tanam sebenarnya sudah cukup dengan pemberian pupuk dasar ketika bibit ditanam seperti pupuk kandang terfrementasi. Tapi setelah tanaman tumbuh besar tentu akan memerlukan nutrisi tambahaan lain yang lebih banyak dari unsur hara yang dibutuhkan. Kadang kita sembrono memberikan pupuk diluar proporsi kebutuhan dengan alasan ingin supaya cepat tinggi dan subur, padahal teknik pemupukan yang baik menurut saya yaitu pemberian unsur hara makro & mikro setelah kita melihat dan mengamati gejala/indikasi kekurangan/kelebihanya pada tanaman tersebut.

    Tidak akan efektif ketika tanaman anggur Kita misalkan memiliki daun berwarna hijau tua lalu kita malah menambahkan lagi pupuk kandungan unsur N tinggi, konsekwnesi daun terlalu hijau dan subur akan mudah mengundang hama dan penyakit. Begitu juga sebaliknya, jika keadaan daun anggur kuning kemudian kita pelit memberikan pupuk kadar N tentu kurang bijak karna kurang tepat.

    Jadi menurut saya pribadi, semua pupuk itu bagus dan bermanfaat apapun bentuk dan merknya, tinggal kita yang lebih bijak dalam meilih dan memberikan takaran sesuai kebutuhan tanaman anggur kita. Maaf sampai saat ini saya sendiri tidak percaya jika ada yang merekomendasikan merek pupuk tertentu dengan iming bahwa bagus dan bisa membuat pohon anggur lebat. Semua tetap kembali kepada bagaimana kita mengaplikasikannya setelah kita mempelajari karakter tanaman dan pengetahuan tentang unsur hara makro & mikronya.

    Berikut catatan saya tentang cara pemupukan yang sudah diaplikasikan pada anggur jenis red globe.

    1.  Pemupukan Awal

    a. Pupuk kadang + NPK 16:16:16 (Awal penanaman) Pemberian NpK rutin 1 sendok teh setiap 2 minggu.
    b. Jika tanaman sudah lumayan besar dan mulai menginjak pase pemotongan primer, tingkatkan NPK 19:19:19, Rutin setiap 2 minggu 1x sampai batas pembentukan sekunder.
    c. Jika dalam masa tersebut terindikasi kekurangan unsur hara mikro dan urgent untuk diberikan, segera tambahkan POC daun/Gandasil D dengan harus sangat hati-hati karena biasanya suka OD dan membuat daun gosong. Berikan perlahan dengan dosis rendah.

    2. Pemupukan sebelum pangkas pembuahan (setelah pohon anggur benar-benar terbentuk dan memiliki cabang sempurna).

    a. Pemberian kapur dolomit 2 sendok/pohon untuk stabilisasi ph tanah,
    b. pemberian pupuk SP 36 atau MKP 2 sendok/pohon dan KCL 1 sendok/pohon kemudian dilakukan pengairan.
    c. Stres Air ( selama 2 minggu-1 bulan total tidak dilakukan pengairan dan setelahnya pengairan secara priodik 2 hari 1 x. Dalam masa ini, pohon anggur akan ditandai dengan daun menguning akibat kehausan dan ranting akan menuju proses pematangan berubah warna kecoklatan, berarti pohon anggur sudah siap dipruning/pangkas.

    Ya, stres air jika tidak ada hujan atau tanaman berada didalam green house, tips ini sama saja bohong jika hujan terus menerus. :D ya siapa suruh pangkas dimusim hujan. hihi

    d. Setelah pemangkasan dilakukan, penyemprotan ZPT/Dormex jika menginginkanya, kemudian tambahkan NPK 19:19:19 + MKP dosis 2 sendok/pohon merata seputar perakaran.”(setiap pohon bertambah usia tentu dosis pupuk akan ditambah, takaran ini hanya untuk pangkas perdana sesuai umur pohon)Lebih baik rutin sedikit demi sedikit daripada sekaligus over dosis.
    e. Tunas-tunas baru setelah tumbuh pasca pemangkasan disemprot cairan pupuk kandungan unsur hara mikro “jika diperlukan atau terindikasi, tapi biasanya tunas-tunas baru akan segar dan tidak akan kekurangan unsur mikro tersebut”
    f. Inti dari pemupukan menuju masa generatif usahakan untuk pupuk berkandungan unsur P & K jangan sampai terlewat karna sangat penting.

    3. Pasca panen

    Setelah masa panen segera tambahkan kembali NPK 19:19:19. Biarkan pohon induk melalui masa istirahat minimal 1-2 bulan sampai siap dilakukan pemangkasan kembali. Ya ibu hamil habis melahirkan saja mesti istiraha tho…

    Sekali lagi masalah pemupukan yang baik belum tentu mengasilkan produksi yang baik/pohon anggur berbuah lebat. Jika tidak diimbangin dengan pemangkasan yang baik, ya akan sia-sia. Simpanan nutrisi banyak namun potensi cabang pembawa cluster buah tidak ada maka hasilnya kurang optimal.

    TMAGROUP

  • Tips Mencangkok Anggur Tanpa Kerat.

    Tips Mencangkok Anggur (Alami) Tanpa Kerat.

    Diantara teknik perbanyak bibit anggur secara vegetatif yaitu dengan cara dicangkok. Jika dalam tanaman lain dengan menggunakan teknik ini diharapkan cepat berbuah, tapi untuk anggur saya pribadi tidak yakin akan secepat itu karna tetap melalui step pembentukan (bahan diskusi).

    Baca juga tips pembibitan anggur dari cutting disini

    Untung & rugi:

    1. Sifat cangkok anggur yang dihasilkan akan sama dengan induknya meski belum berbuah atau mencangkok dari batang air, tidak lazim memang karna baisanya mencangkok dilakukan pada tanaman yang sudah berbuah.
    2. Teknik mencangkok anggur lebih praktis dibanding teknik stek dan okulasi. Faktanya bisa dilihat sendiri bahwa akar anggur meskipun hanya terkena media air atau keadaan area setempat lembab akan mudah mengeluarkan akar.
    3. Jika pohon induk terlalu banyak dicangkok biasanya akan sulit dibuahkan karna cabang yang berpotensi produktif pembawa bunga habis (cangkok tingkat extrim), curhatan Om Kresno Dewanto :D

    Tips:

    1. Siapkan media cangkok (cocopeat/tanah/dll)
    2. Siapkan wadah plastik, gelas plastik, polybag atau apa saja yang bisa menampung media cangkok.
    3. Setelah media cangkok siap, Bungkuskan/tempelkan pada bagian cabang yang hendak dicangkok. (entah hasil kerat, sudah keluar akar, atau bahkan tanpa kerat semua memungkinkan berhasil)

    -> selesai, hanya dengan 3 step diatas om/tant sudah memiliki bibit hasil cangkok sendiri.
    -> Hasil dari 5 percobaan mencangkok tanpa kerat 100% berhasil (Oleh Om Mustafa Akafi)
    -> Nanti ada tambahan dari ahli cangkok dikolom komentar.

    Selamat mencangkok ria

    TMAGRoup.

  • Tips Membentuk Pohon Anggur

    Pembentukan pohon anggur dari mulai primer, sekunder dan tersier sangat penting karena berperan dalam menentukan cabang yang akan dipangkas ketika masa gerneratif atau menginjang pangkas pembahan. Berikut ini langkah step  by step dari masa penanaman sampai pembuahan.

    • Biarkan pohon anggur tumbuh lurus keatas mengikuti tiang ajir untuk membentuk batang primernya.
    • Setelah tingginya 3 m atau diameter sebesar pensil harus segera dipotong diketinggian sama dengan tinggi tiang. Pemotongan bertujuan untuk membentuk cabang sekunder yang nantinya ketika sudah dipotong akan keluar dari bud/mata tunas batang utama.
    • Ketika masa pertumbuhan diatas, cabang yang keluar dari ketiak daun akan selalu dibuang supaya pertumbuhanya cepat.
      Banyaknya cabang sekunder yang dipelihara idealnya tidak lebih dari 4 cabang atau minimal 2 cabang (cordon)
    • Pengaturan cabang sekunder/kedua diarahkan kearah berbeda dan diikat rapi.
      Setelah cabang sekunder memiliki diameter pensil harus dipotong untuk merangsang pertumbuhan cabang ketiga/tersier.
    • Perlakuan ketika memelihara sekunder sama dengan ketika pemeliharaan primer yaitu setiap cabang yang keluar dari ketiak selalu dibuang.
    • Selanjutnya ketika sekunder sudah dipotong nanti akan keluar tersier dari setiap bud/mata tunas sekunder dan siap dipelihara.
    • Setelah tersier berdiameter pensil harus dipotong untuk dilakukan ketahap pembuahan dengan perpaduan metode spur & cane.
      Jarak setiap cabang tersier tidak terlalu rapat maksimal berjarak 1 jengkal.

    Selanjutnya masuk ketahap pemupukan baca selengkapnya disini

6 thoughts on “Tips dan Cara Pembibitan Anggur

Leave a Reply