Tips Membuahkan Pohon Angur Supaya Lebat

Tips Pembuahan
Ada dua teori penting yang perlu diperhatikan tentang pembuahan pohon anggur.

  • Pembungaan / pembuahan tidak akan optimal kecuali dirangsang (diinduksi).
  • Tidak terjadi pembungaan dikarenakan kondisi cuaca tidak sesuai dan adanya kandungan zat atau jaringan penghambat dalam pohon yang mesti Kita cegah.

 

Dari kedua teori diatas bisa simpulkan bahwa untuk membuat pohon anggur keluar bunga ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  1. Stres air ( tidak disiram selama beberapa waktu kalau terkendala hujan bisa direkayasa dengan penutupan bagian perakaran dengan mulsa perak dan memperbaiki drainese.  Stres air sangat penting karna kondisi kering memacu pertumbuhan generatif jadi untuk mengoptimalkan induksi pembungaan, pertumbuham vegetatif harus ditekan semaksimal mungkin.
  2. Mengatur suhu udara, dalam hal ini bisa dilakukan dengan pemasangam green house.
  3. Stabilisasi Ph tanah supaya tetap diantara 6-7 (pemberian dolomit rutin)
  4. Pemberian nutrisi pupuk makro dan mikro (N,P,K,CA,BORON,ZINC,CU,FE dll.)
    Saya sendiri aplikasi pakai NPK, kalium Nitrat (kno3), gandasil D&B. Kcl atau mkp.
  5. Penyemprotan zpt. Hal yang mungkin dilakukan untuk merangsang pembungaan adalah dengan penyemprotan ZPT tujuanya untuk menurunkan enzim proteolitik dan meningkatkan protein yang menunjang terjadinya pembungaan. biasanya saya menggunakan pupuk hantu atau pilih apa saja yang ada ditoko.
  6. Aplikasi teknik girdling.
    Girdling adalah proses menguliti kulit pohon atau cabang yang akan diinduksi pembungaanya selebar 2.5mm tergantung diameter pohonya.Keberhasilan girdling dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kodisi tanaman, waktu yang tepat saat diaplikasikan & prosedur atau tekniknya.Tingkat keberhasilan gridling yaitu pada saat kambium literal aktif dan ketika kulit mudah dikuliti. (sebelum kemarau tiba). Sehinga pemberesihan floem & xilem mudah dilakukan tanpa melukai bagian dalam batang.Ketika Xilem yang berfungsi untuk mengangkut bahan fotosintesis yang berupa mineral dan air dan floem yang berfungsi untuk mengangkut hasil dari fotosintesis berupa nutrsisi makanan dari daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan dihambat dengan proses gridling, maka semua nutrisi akan terfokus dibagian atas pohon anggur karena pertumbuhan vegetatif dan akumulasi karbohidrat dibagian atas akan meningkat. Efeknya dapat merangsang dan mempercepat proses pembungaan. Disamping itu untuk mengoptimalkan berry size, tingkat brix dan color.Untuk memastikan proses pembersihanjaringan floem sempurna, bisa ditunggu sekitar 30 menit kalau masih tersisa segera dibersihkan. Setelah proses selesai biasanya jaringan——–

TMA-Group

  • Jenis Anggur Dubovsky Pink

    Satu lagi jenis anggur yang harus dikoleksi setiap hobbies anggur yaitu jenis dubovsky pink. Jenis ini sudah berhasil dibuahkan di Indonesia dengan bentuk dan warna sesuai varietasnya. Pokonya tidak akan menyesal deh. ayo segera hunting bibitnya dan mulai menanamnya.

    Berikut  Spesifkasi Dubovsky Pink

    Maturing term: early, Mass of a cluster: 0.7-1.5 kg, Berry weight: 14-20 gr
    Berry size: 30-45 mm, Coloring berries: pink-red, Pulp consistency: crispy
    Taste (taste) berries: harmonious, Susceptibility to diseases: – points
    Resistance to frost: -23 ° C, Growth force: vigorous

    Tonton Videony di YOUTUBE

    Join Group disini

  • 3 Cara Kreatif Menanam Anggur

    3 Cara Kreatif Menanam Anggur

    By Ria Wijiati Ras

    Menanam pohon anggur agar bisa tumbuh dan berbuah memang menjadi suatu tantangan tersendiri karena memerlukan perlakuan khusus mulai dari media, lingkungan hingga penanganan hama serta penyakit. Kemajuan jaman now begitu memudahkan para pecinta tanaman anggur untuk mendapatkan informasi tentang segala macam hal tentang tanaman anggur yang mereka tanam termasuk inspirasi menanam tanaman anggur agar terlihat bagus dipandang mata.

    Ada tiga cara kreatif menanam anggur yang bisa diterapkan, yaitu:

    1. Menanam tanaman anggur langsung ditanah (grounding)
    Kebanyakan tanaman anggur dapat tumbuh dengan baik ketika ditanam langsung dilahan. Namun kondisi lahan juga harus diperhatikan untuk menunjang pertumbuhan tanaman anggur seperti kondisi tanah gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

    Keadaan tanah yang terlalu lembab akan mengakibatkan pembusukan akar sehingga menghambat pertumbuhan tanaman anggur. Proses grounding lebih baik dilakukan pada awal musim kemarau karena intensitas hujan juga tidak banyak sehingga tanaman bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang tidak terlalu becek dan perakarannya sudah kuat ketika musim hujan tiba.

    Tanaman anggur adalah tanaman yang tumbuh merambat, maka ketika tanaman sudah tumbuh tinggi perlu adanya pemangkasan untuk pembentukan batang sekunder dan batang tersier. Batang tersier ini yang nantinya akan membawa bunga dan buah anggur yang pasti akan memanjakan mata ketika sudah bergelantung manis diantara dedaunan.

     

    2. Menanam tanaman anggur dalam pot (tanggurlampot)
    Tren menanam pohon buah dalam pot memang banyak digunakan terutama bagi pecinta tanaman yang mempunyai lahan terbatas tapi tetap ingin menghijaukan rumah. Prinsip menanam anggur dalam pot hampir sama dengan grounding, tanah dalam pot yang digunakan untuk menanam harus gembur dan subur dengan sistem drainase yang baik.

    Selain itu ukuran pot yang digunakan juga harus menyesuaikan dengan besarnya tanaman agar pertumbuhan akar tidak stagnan sehingga produksitvitas pohon tetap bagus. Perlakuan tambahan seperti pupuk atau penanganan hama penyakit pun hampir sama dengan metode grounding.

    3. Menanam tanaman anggur metode hidroponik
    Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

    Tanaman anggur pun bisa ditanam menggunakan metode hidroponik seperti yang dilansir dari laman berikut bahwa tanaman anggur jenis Cabernet franc bisa ditanam menggunakan metode hidroponik. Batang bawah tanaman anggur diletakkan dalam ember besar yang ditengahnya terdapat net pot yang berisi batu agar posisi batang tetap stabil, sedangkan akar menjuntai melebihi net pot dan terendam larutan nutrisi beroksigen.

    Sebuah stopper di setiap reservoir memungkinkan akses untuk memeriksa dan menjaga pH hara, tingkat air, dan EC (konduktivitas listrik) nutrisi. Setiap 10-14 hari nutrisi dalam ember nutrisi diganti dan nutrisi dalam ember tanaman anggur juga dibuang dan diganti dengan yang baru.

    Metode penanaman menggunakan hidroponik biasanya menggunakan media tanam berupa rockwool, spons, kerikil, arang sekam, serbuk kayu, serbuk sabut kelapa (cocopeat), pasir, batang pakis, moss, kompos, pupuk kandang, pecahan batubata, humus, tanah liat, gabus/styrofoam. Ada media tanam lain yang masih jarang digunakan antara lain hydrogel, perlit, vermikulit, pumice dan expanded clay/hydroton.

    Sekedar inspirasi
    Perakaran tanaman dapat ditingkatkan dengan membuat dua lubang disekitar tanaman dimana satu lubang bermanfaat sebagai aerasi agar oksigen dalam tanah meningkat dan sebagai drainase agar air dapat cepat meresap kedalam tanah.

    Aerasi dan drainase saling mendukung sama lain, ketika drainase buruk maka aerasi tanah juga akan berkurang dan menyebabkan akar kekurangan oksigen dalam tanah. Satu lubang dibuat dengan menancapkan pipa pralon yang bagian pinggirnya telah dilubangi dan satu lubang lagi bisa menggunakan kawat ayak pasir yang digulung.

    Pipa pralon bisa digunakan sebagai sarana irigasi, pemberian pupuk atau perlakuan lainnya. Sedangkan lubang berisi kawat ayak pasir sebagai pemasok oksigen dalam tanah.

    Artikel ini hasil quis ‘ide kreatif menanam anggur’

    TMAGROUP

     

  • Catatan & Deskripsi Anggur Husayn Kelin Barmak

    Dalam hal rasa & selera, jenis anggur yang berasal dari Uzbekistan ini termasuk salah satu jajaran anggur meja/siap santap terbaik di Asia Tenggara. Meski tingkat brix tidak terlalu tinggi, berada dikisaran 17-18, namun dari segi bentuk buah, rasa & skin cukup menarik minat para kolektor & konsumen.

    Meskipunn jenis ini disebagian wilayah pertumbuhanya cukup baik dan adaptasi, namun dibagian wilayah Asia tenggara lainya membutuhkan perhatian extra. Varietas ini juga peka terhadap komposisi tanah/media tanam yang cendrung lebih responsif jika media gembur.

    Berikut deskripsinya:

    Lihat juga deskripsi jenis lainya disini

    Konsultasi via Whatsapp

    Join Group Facebook

    Liht video Tma On Youtube

  • Dokumentasi LGT 1

    Lomba perdana yang diikuti 150 peserta akhirnya menyisakan 16 peserta yang berhasil lanjut sampai batas penutupan bulan desember. Lihat syarat lgt-1 disini

    Semoga ke3 pemenang nantinya sesuai kriteria yang ditetapkan.

6 thoughts on “Tips Membuahkan Pohon Angur Supaya Lebat

  1. Bunga atau buah adalah bentuk balasan cinta kita yg telah tulus merawat dg penuh kasih sayang,pencinta anggur sejati tidak akan terburu2 berharap balasan sebelum waktu nya.
    Kecuali kalau sudah masuk industri.Cintailah dulu sepenuh hati layak nya pujaan hati.Jangan dulu di paksa untuk berbuah.

  2. Selalu deg”an tiap menunggu tunas yg muncul,setelah pemangkasan,,, kira” bawa bunga g’ yaaa nanti ,,, (:itulah sekilas pengalaman dr “pemula” 😀 😉 )

Leave a Reply